XXIV Senbatsu : A Reminiscence

Well, setelah prediksi yang kali ini lumayan melenceng, sejujurnya untuk 24th senbatsu kali ini memang cukup banyak hal mengejutkan yang terjadi. Terutama untuk highlight Gen 4 benar-benar masuk senbatsu untuk pertama kalinya. Well, tapi itu untuk dibahas di akhir ya, mulai dari jumlahnya dulu.

Setelah dua tahun, akhirnya senbatsu kembali dibawah 20 orang, jumlah yang lebih ideal daripada menumpuk member di 3rd row dan menggelembungkan Fukujin sampai 14 orang seperti yang terjadi dalam dua tahun terakhir. Well, aku jauh lebih suka jumlah yang sedikit seperti ini.

Membuat 20+ senbatsu bukan langkah ideal, terutama karena urusan part & screentime yang selalu sedikit, dan juga membuat jumlah Under jadi semakin berkurang. Kali ini mereka membawa kembali balance antara Senbatsu dan Under.

Pertama, untuk 3rd row. Di 24th senbatsu jadi 7 member, dimana dari nama-nama yang kusebut saat prediksi, hanya Maichun yang benar-benar bertahan. Sisanya adalah mereka yang turun dari 2nd row dari Sing Out; Kiichan, Manatsu, Kuboshi, Kaz, Ume, dan Hoshi. Dan yang cukup mengejutkan, Sayu out untuk pertama kalinya sejak Hadashi de Summer.

Memang bisa dimaklumi mengingat dia cedera, tapi untuk sampai out, ini mengagetkan. Lebih lagi dia termasuk salah satu member yang sangat mungkin graduate di 2019 ini. Tapi yah, mengingat dia out untuk alasan reduksi jumlah dan kesempatan yang diberikan pada Gen 4, kupikir masih bisa diterima.

Miria, Denchan, Tama, Riria, Renka, Aachan, dan bahkan Momo kali ini harus tergeser dari senbatsu untuk alasan yang sama dengan Sayu. Okay, sacrifice has to be done untuk membuat regenerasi dan lepas dari senbatsu yang selama dua tahun ini nyaris fix dan minim kejutan.

DX_c_hoVAAAR-FN

Untuk 2nd row, sudah bisa ditebak akan jadi posisi kembalinya Mizuki, begitu juga dengan Capt dan Ringo. Yoda juga bertahan meski harus digeser ke paling ujung. Tapi kejutan paling kentara jelas kembalinya Maiyan ke 2nd row setelah terakhir kali di Kimi no Na wa Kibou, 6 years prior from today. Such a long time.

Sisi baiknya, Maiyan dan Ringo bisa berdampingan lagi setelah sekian lama. 2nd row punya Twin Tower OG lagi tepat dibelakang member baru yang ada di front row, kupikir ini bisa jadi poin reminiscence yang bagus. Untuk Capt, well, dia tetap senbatsu kan, tidak seperti perkiraan banyak orang. Memang mustahil dia tidak akan merasakan senbatsu untuk terakhir kalinya, dan kali ini momennya juga bagus.

Iku beberapa kali naik turun di single-single terakhir, jadi kali ini dia turun juga bukan kejutan, apalagi untuk alasan diatas. Overall, 2nd row tetap mempertahankan member-member terkuat Nogi, senbatsu terakhir Capt, dan sekaligus membuka jalan bagi era baru. Mungkin….

Nah, untuk front row, ini jadi jumlah paling sedikit sejak Imahana. Dengan AshuMiona sebagai guardian di ujung, dan tiga member Gen 4 sebagai tridente. Well, memang ini diluar prediksiku. Jauh melenceng malah. But undeniably exciting.

Pendapatku memang masih sama untuk masuknya Gen 4; mereka tidak terlalu menonjol, untuk lebih adil karena exposure mereka yang relatif lebih minim dibandingkan MomoYoda dulu. Jadi aku belum bisa menebak sejauh mana Kakki, Ayame, dan Sakura akan membuat perubahan kali ini. Untuk pertama kalinya sejak Nigemizu,

Di Nigemizu, masuknya MomoYoda sebagai WCenter adalah kulminasi dari push yang diberikan, kali ini, lebih mirip situasi Miona saat Barette. Meski member bisa dibilang juga tidak seheboh dulu. Memang, prediksi Gen 4 akan masuk senbatsu sudah kencang, tapi saat benar-benar terjadi, ternyata cukup mengejutkan juga.

Disini aku tidak akan bilang apa-apa karena sekali lagi, I’m as good as knowhere about them. Daripada menebak-nebak, lebih baik menunggu saja sampai 4 September. Dan juga, mengingat Seira tidak masuk, jadi aku tidak mau buang-buang energi.


no title

Untuk pertama kalinya sejak Nigemizu, perubahan besar kembali terjadi di Nogi. Airdropped push, yes. Big shifting, yes. Entah apa ini langkah baik atau buruk, mengingat momennya juga sama dengan 2 tahun lalu; Setelah Influencer dan sebelum Itsudeki, dua rilisan yang dibarengi hype masing-masing, Nigemizu terbilang flop.

Tahun ini Sing Out sudah membuat Nogi “mengamankan” JRA, membuat single yang sama hype, kupikir berkaca dari pengalaman, tidak akan mungkin. 24th single hanya akan jadi intro bagi Kakki, Ayame, Sakura, dan keseluruhan Gen 4. Belum lagi, single kesembilan Keyaki. Meski untuk Hinata bisa diabaikan.

Tapi yah, ini akan kubahas setelah singlenya benar-benar rilis. Untuk 24th senbatsu saja, kali ini tidak lebih dari reminiscence, nostalgia dua tahun lalu dan saat awal Nogi berdiri dimana ada tiga member yang di-push lebih awal. Meski karakteristiknya beda dengan Iku-Ikoma-Hoshi waktu itu. Mirip-mirip lah.

Overall, bisa kubilang responku untuk 24th senbatsu hangat-hangat kuku. Tidak terlalu excited mengingat yang lalu, dan di saat bersamaan menarik untuk melihat bagaimana manajemen akan mengemas 24th single untuk -semoga- bisa lebih baik. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

8 thoughts on “XXIV Senbatsu : A Reminiscence”

  1. jujur kaget banget sih sama pengumuman senbatsu kali ini . walaupun w masih nyesek ranze ga masuk lagi :’)
    pertama pas jumlah member nya diliatin w dah ketebak sih banyak yang drop. ga nyangka aja sih momo turun ke under , kalaupun dia sakit kenapa ga hiatus aja ?
    poor kazumin langsung turun ke row 3 . dan yang paling ga nyangka maiyan turun ke row 2 benar benar suatu keajaiban. padahal awalnya dah pesimis kalo miona yang bakalan turun 2 row. dan langsung girang dong miona tetap bertahan di row1 :v wkowkwo akhirnya para penerus nogi benar benar mulai bergerak. dan masuknya kaki haruka jga bikin w cukup kaget sih. gen 4 kan yang paling populer itu sakura , ayame sama mayu tapi disalip sama haruka Wkwkwowk

    1. Mau gimana lagi, dengan member sejumlah ini, biarpun banyak yang drop, lebih baik daripada terus maksain 20+ senbatsu yang jadi terlalu rame. Liat live Sing Out ane kaya gimana gitu juga.

      Kalo Miona, jelas efek dari filmnya juga sih, jadi bisa stay di front row. Dan ane sih lebih suka Maiyan, Iku, di 2nd row soalnya di posisi mereka, justru lebih sering kesorot kamera daripada ujung front row. Kurangnya mungkin soal part aja.

      Kakki kayanya member yang paling mengejutkan di senbatsu kali ini ya?

  2. hal positif
    1. mizuki balik lgi wlo pun 2nd row. stdak nya ttp fukujin. sempet dag dig dug kalo mizuki bkalan kegeser k under kayak kuboshi dulu. eh malah momo yg out.
    2. jumlah senbatsux sedikit. semoga bisa istiqomah smpek single selanjutnya

    hal negatif
    1. maiyan kedepak 2nd row. bakalan aneh bgt. butuh waktu untuk terbiasa liat dia di belakang center. soalx aq kenal sakamichi pas jaman ikoma lagi kennin k akb. kayakx kalo naachan masih ada mgkin gg sih dia bakalan ditendang k 2nd row. mngmnt to maiyan be like. it’s time to graduate please…hhhe
    2. captain gg dapet posisi seperti ikoma ma waka ketika graduate. mklum sih soalx da maiyan d 2nd row.

    hal yg sdah kuduga
    1. gen 4 bakalan center. dan centerx pasti si sakura. wajahx 11.12 kyk asuka soalx hha. tp gg nyangka kalo bakal model tridente. smpet ke kecoh ngira centerx bkln gen 3 soalx pas taw klo rilisx pas ma anivx gen3.

    hal yg masih jd pertanyaan
    1. posisi mionA di nogi. menurutq koq ambigu. mngmnt suka push and pull gitu ma miona. tak kira yg bkln jadi guardian y ashu maiyan.

    1. Salah satu alasan kenapa Mizuki bisa langsung senbatsu lagi jelas, dia lebih menjual dimata publik daripada Kuboshi.

      Kaya yang ane bilang diatas, posisi Maiyan bisa lebih menguntungkan soalnya pasti lebih banyak kesorot kamera dibanding ujung front row. Misal Naachan masih ada, ane 100% yakin tetep Maiyan yang bakal ke 2nd row, kembali ke image dlst, untung2an sih Double Suns di 2nd row jadi shadow center.

      Yah, tanda2 Sakura jadi center udah keliatan dari Yonbanme no Hikari, justru malah aneh kalau center pertama dari Gen 4 bukan dia 😀

      Miona sih jelas ya, kali ini kebantu sama filmnya yang sukses. 😀

  3. Prediksi ane pas, kakki dan endo masuk. Sebenernya kaget Ayame bisa masuk. Tapi setelah melihat garpu dia, kelenjar iler ane terus memproduksi iler. Itu artinya pilihan manajemen emang tepat. 😀

    Maiyan turun ke 2nd row banyak yang ngeributin. Itu tandanya klo mereka lebih terbiasa dengan Maiyan posisi diatas. Wajar menurut ane. Hanya saja, mereka seharusnya belajar dari fans member Under baris ketiga macam Junna, yang udah biasa merasakan getir pahitnya rasa dihati, saat nama Junna tidak dipanggil masuk ke jajaran Senbatsu. Yakin deh, setelah tahu rasa itu, mereka pasti nggak ribut dan pasti mereka merasa nikmat juga kalo Maiyan sesekali main dibawah. 😀

    Jujur aja, ane ga tertarik sama senbatsu Nogi sejak lama lalu lebih parah lagi pas Rena di tendang keluar dari album. Udah eneg ane sama manajemen. Jadi, terserah mau diapain Senbatsu Nogi, bahkan kalo Kubo ditendang keluar Senbatsu, ane juga ga masalah. Jengah rasanya. Tambah lagi, ane masih belum nemu member dari gen 3 atau 4, bahkan mereka yang disenbatsu selain Iku dan Reika, yang suaranya bisa diterima kuping normal ane. Ini yang bikin ane agak males sama Nogi akhir-akhir ini.

  4. Gak heran 24th ini para 4th gen masuk… tapi trnyata yg masuk malah 3 org dan ambil trio di depan,
    Maiyan yg ke baris 2, gilaaaa udh lama bgt sejak trkahir dia disana, entah apa yg dia rasakan, mmungkin lebih ke arah tenang, dan nostalgia hahaha
    its summer, don’t get too much self defense LOL. mungkin ini yg management mau kita pikirkan

    tapi apapun itu, gua gk sabar bgt liat MV main single ini, dan apakah ada solo song, atau Unit kecil” an yg ada reika nya,

    gua sndiri gk ketebak kira” siapa yg masuk ke senbatsu dr 4th gen, tp gua da sempet kepikiran mungkin mayu,,,
    eitt tp trnyata engga, endo ayame kaki, jujur ane sih gk kpikiran, tp kalo ane bener, mereka bertiga fans nya ckup banyak kan..
    jd kyknya kali ini yg di majuin adalah fans darling punya, it doesn’t matter, ini prtama kali nya merka masuk, gua lbh trtarik kedepan nya, dari ketiga ini, siapa yg bakal stay di senbatsu dan siapa yg bakal di gantiin dengan 4th gen lain nya, atau apakah ini trio nogi di masa depan…

    Maiyan yg ke 2nd row,,, hahahah kyk seolah”…. ”Mai kamu istirahat dlu aja ya, sambil jagain ini dedek’ baru” hahaha

  5. Jd apa yg paling mngejutkan dri senbatsu x ini? Junna, Rena, KTK + Reno, Hazuki, Ayatie gk ada satupun dri mreka yg di up ke senbatsu, atau Gen-4 yg dipush langsung dgn 3 mmber, atau mundurnya Maiyan ke baris 2? 😀

  6. Gua lbh terkejut melihat maiyan ke baris 2 wkwkwk

    kalo gen4 masuk sih, yah bisa kira” 50% masuk/engga nya

Leave a Reply