Thank You for Everything, Captain Nogizaka

Pada 8 Juli 2019, Captain Nogizaka, Sakurai Reika akhirnya mengumumkan graduation. Sesuatu yang ditakutkan tapi tidak bisa dihindarkan, dan kali ini berbeda. Sebagai Captain, ini untuk pertama kalinya Nogi, bahkan Sakamichi, akan kehilangan sosok captain. Well, there’s always first case.

Nah, berhubung kali ini Reika yang grad, hal yang bisa kulakukan mungkin sekedar menuangkan uneg-uneg tentang hal ini, dan mungkin, sedikit prediksi tentang siapa member yang bisa jadi mengambil tongkat estafet sebagai captain Nogi. Well, ini topik yang sudah lumayan sering kubahas sejak masuknya Gen 3.

Tapi itu untuk dibahas nanti. Sekarang, ayo melihat kembali bagaimana Reika jadi sosok captain selama 8 tahun ini, yang tidak tergantikan -sampai captain baru ditunjuk nanti- dan legacy apa yang ditinggalkannya di Nogi. Pertama-tama, rasanya tidak banyak yang bisa kutulis kan?

Semuanya sudah ada di dokumenter Nogi, jadi aku hanya akan membahasnya dari sudut pandangku. Apa Reika bisa dibilang sosok captain yang bagus selama ini? Obviously, yes. She didn’t always had the spotlight, but didn’t shy away whenever needs. It’s a charisma on it’s own way.

Yeah, ada satu hal yang sedikit kugarisbawahi, selama ini aku melihat kalau kapabilitas Reika overshadowed dengan fakta kalau dia adalah captain. Kapabilitas dalam artian sebagai performer, sebagai idol sendiri. Nah, she’s good, but as I say, not much could be said about this.

Mungkin kita bisa sepakat dia punya kemampuan vokal yang lumayan, tapi di Nogi, siapa yang hafal dengan ini selain fanbasenya sendiri? Sama dengan dance juga. Well, mengemban tugas sebagai captain punya kelebihan bagi Reika, she’s not forgotten like some others I’d rather not mention.

Kalau aku sendiri, melihat dari sisi ini saja, tidak ada yang spesial dari Reika. Tapi karena dia captain, dan melihat bagaimana dia mengkomando Nogi selama ini, it’s all forgiven. Seperti Takamina, dia bisa mengemban tugas ini dengan baik dan akan jadi benchmark bagi calon captain selanjutnya.

Untuk bagian ini, well, jadi bola panas juga kan. Semuanya heboh membicarakan hal ini dan wajar, karena siapapun yang akan jadi Captain Nogizaka selanjutnya akan meneruskan legacy Reika; menyatukan member, dalam on air & off air, diluar dan dibalik stage, dan tetek bengek lainnya.

Memang dalam dua tahun terakhir aku sudah mengingatkan kalau banyak member yang akan grad, terutama dari OG dan nama-nama yang berpengaruh. Tapi kali ini, juga melebar ke leadership yang jarang bisa kita lihat selain Reika. Bagian ini yang paling menarik sih memang.

Siapa yang punya kemampuan seperti itu dari member Nogi saat ini? Well, hampir semua member OG pasti bisa karena mereka sudah melihat bagaimana Reika dalam 8 tahun terakhir, tapi tidak ada gunanya membuat member OG jadi captain kan? Terutama kalau membicarakan soal “masa bakti” nantinya.

Kalau begitu Gen 2? Nah, that’s just as it is. Okelah, untuk argumen mengenai pengalaman dan semacamnya tidak bisa dibantah, tapi kembali ke bantahan soal “masa bakti” juga. Tapi juga, ada pengecualian untuk beberapa member. Nanti di bawah akan ada vote siapa saja yang berpeluang jadi Captain Nogizaka.

Pilihan ideal ada di Gen 3, dari segi pengalaman sudah lumayan ada, untuk masa bakti juga relatif akan lebih lama. Ini semua dari opini pribadi ya. Beberapa nama muncul dari sini dan peluang mereka lebih besar. Kita bisa mencoret Gen 4 karena masih terlalu hijau, meski aku tidak akan menolak kejutan juga.

Nah, untuk alasannya; Ranze ambisius, mungkin ini yang dibutuhkan Nogi saat ini. Miria pun begitu, dia juga pilihan aman karena relatif “muka baru” bagi general public. Ume sudah pasti jadi favorit banyak orang. Tama punya charm yang mirip Reika di mataku. Mizuki paling tidak difavoritkan untuk posisi ini, tapi dia salah satu member yang paling dikenal luas sekarang. Seira kalem dan sejauh ini dia yang paling cocok untuk kriteria captain dari Gen 4.

Reika selalu jadi sosok yang seolah tidak tergantikan, tapi ayolah, semua juga melihat Takamina tidak tergantikan, dan AKB masih jalan sampai sekarang. Fase ini pasti datang dan dari pendapatku, tepat di waktu dimana mulai banyak member generasi baru mengambil alih.

Is it a good thing? Yes. Kalau melihat Nogi keseluruhan, memilih captain baru sekarang menurutku akan lebih baik kalau melihat jangka panjangnya. Tapi yah, semua keputusan kan ada di tangan manajemen. Fans hanya bisa menebak-nebak saja.

Yang pasti, dengan perginya Reika, Nogi akan kehilangan sosok yang istimewa. Yang selama 8 tahun ini memimpin komando meski tidak jarang juga nyeleneh dan koplak. Juga, siapa pilihan kalian sebagai calon captain baru?

Thank you for everything, Captain Nogizaka. Sotsugyo Omedetou. 

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

10 thoughts on “Thank You for Everything, Captain Nogizaka”

  1. Klo Reika ga jd kapten, bisa ga dia jd center? Atau, bisa ga dia bertahan permanen di ssnbatsu? 🙂

    Ane ga terlalu liat peran kapten di Nogi, grup yg hierarki sosialnya kentara banget. Mungkin pernah ditunjukkin atau ditulis diblog members tapi lupa ane. Di Sakamichi, yg ane liat sosok kaptennya menonjol banget dan bener2 keliatan seperti leadernya grup hanya ada di Hinata. Jd, klopun kapten Nogi grad dan Nogi ga pake kapten, ane rasa bakalan ga ada yg berubah.

    1. Jadi center? Well, hardly. Kaya yang ane bilang, so-so soal performance, gak ada yang terlalu menonjol. Bertahan di senbatsu dari awal sampe akhir? Well, mungkin sekali dua kali turun ke Under kaya Hoshi.

      Tanpa captain, kapal bakal oleng 😀
      Kiku sebegitu hebatnyakah di Hinata? Jarang ngikutin ane.

  2. Gk nyangka reika akan grad…
    di kepalaku mungkin nama lain yg akan grad dluan sebelum dia…
    Pastinya sebagai Pemain pertama di jajaran captain sakamichi, engga hanya ngaruh ke nogi saja, tapi keyaki dan hinata juga kurang lebih menganggap dia dengan lbh dari sekedar captain nogizaka46 aja,

    Siapapun yang akan jadi captain selanjutnya, bener” bakal kena stress yg cukup berat, karna jelas itu bukan title yg sembarangan, karna membawa nama grup di depan publikm dan secara gk langsung ada ‘title’ juga di belakang kamera

    Secara logika, bila ingin memilih kapten, pilihlah yg kemugkinan bakal bertahan hingga 5 tahun kedepan, pastinya agak aneh bila baru 3 tahun sudah diganti lagi..
    di lain hal, Publik secara perlahan akan membiasakan diri dengan image captain yg baru ini, ada masa pengenalan dll dll dll

    Jadi siapapun yg jadi captain, ku doakan dapat menghadapi pressure dan tetap kuat.

    Vote: ume
    Reason,,
    aku gk ada alasan khusus, tapi ume trlihat ambisius untuk mengejar sosok maiyan. kuharap dengan semangat seperti ini, dia bsa jadi captain yg baik bagi nogi.

    1. Dari tahun kemarin udah masuk kandidat member grad sih dia, jadi ane gak terlalu kaget.

      Yep, ada pressure sendiri jadi captain, makanya untuk soal ini, pilihannya terbatas. Belum lagi kalau harus milih captain baru, pasti dari senbatsu, kalo dari Under, kemungkinan cuma bakal populer di fandom, di luar itu, misal di internal, bisa jadi ada rift.

      Yang ane agak aneh mungkin di poin “masa pengenalan” sih, ini maksudnya?

      Yep, Ume masih jadi kandidat paling kuat untuk posisi ini, tapi semua masih mungkin…

  3. hinatazaka46 menurut w satu satunya grup yang nggak ngerasain susahnya jadi idol. grup yang emang tinggal senang ae ga ada perjuangan nya sama sekali. dan jiwa leadernya ga ada dimata w . malah w lebih suka katoshi yang jadi leader , aura leader kumi sama sekali ga ada. mereka bisa diterima langsung ya karena sakamichi lagi jaya jayanya. dan awalnya mereka kan di keyaki dan ada fans disana jadi yah instan tak perlu susah payah buat campaign single, ga kek nogi yang berasa banget perjuangan mereka sehingga bisa buat naik sakamichi

    1. Yeah, mau gimana lagi namanya pecahan pasti secara gak langsung dibandingin sama asalnya. Dan dari dua single plus satu album, approach Hinata yang kelewat polar opposite jadi ganjalan. Tapi ini bahas captain, jadi..

      Well, buat ane yang gak ngikutin Hinata, gak bisa bilang banyak soal leadership Kiku, tapi yah, jujur aja, dari pemilihan Yuuka dan Kiku, ane ngerasanya mereka cuma milih member yang udah berumur dibandingkan member yang sepenuhnya kapabel kaya Reika dulu. Tapi semua kan dari depan, gak ada yang tau gimana di backstage juga sih…

  4. Ane gk ada vote kandidat yang ente tawarin 😀
    Soalnya ane milih Junna. Masih muda, tau kerasnya hidup yg ikut jd bagian dri rusa penarik, ada sdikit jiwa kpeminpinan yg ane liat, trus yg jd poin lebih nih anak di mata ane kpribadiannya yg mudah gaul, sapa kouhai dri segi Gen n umur yg manggil senpai sekelas Shiraihi Mai dgn panggilan Maiyan bkn Shiraishi-san atau Nishino Nanase dgn panggilan Naachan bkn Nanase-san, kykny cuma Junna. Maksud ane, Junna lebih mudah gaul, jd lbih enak aja kyknya buat member klo dia kapten.
    Ume mungkin pling bnyak dijagoin cma khawatirnya klo gk punya kpribadian yg mudah gaul ada rasa segan ke senpai.

    Penting gak penting, klihatan gak klihatan perannya, ngaruh gk ngaruh, ane rasa grup sebesar Nogi ttp butuh sosok yg namanya kapten.

    1. Kaya yang ane bilang di balasan komen atas sih pak, kalo milih captain baru jelas dari senbatsu. Kalo dari Under, bakal pecah dukungannya, lebih gede dibandingin member perma-senbatsu yang kepilih. Pertama dari recognition, senbatsu unggul. Kedua dari Pengalaman juga, soalnya mau gak mau kesempatan mereka di media lebih tinggi jadi butuh pengalaman. Ketiga, jadi jembatan semua member, seenggaknya punya pengalaman Under juga, soalnya dari semua member, cuma 5 mungkin ya yang senbatsu dari awal sampe sekarang?

      Ume, ane liatnya mungkin ada jarak dari OG & Gen 2, tapi ada kesan dia agak muka tembok juga sih 😀

Leave a Reply