Sakamichi Review : Hinatazaka46 Cage

Hinatazaka46 Cage, coupling terakhir dari Doremisolatido, sudah dirilis pada 4 Juli 2019. Yah, seperti biasa, hanya di official website Hinata atau geo-blocked Youtube mereka, untungnya masalah ini kembali bisa diatasi oleh reuploader.

Untuk kali ini, MV ini dibawakan unit Channibu, Miku, Kawata, dan Mei. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Hinatazaka46 Cage.


Premis untuk MV ini sebenarnya sangat simple; empat orang yang merasakan kebebasan setelah berada dalam kurungan. Dan dari opening scene saja sudah kelihatan langung to the point. Narasi yang dibawakan juga membuat adegan ini jauh lebih kentara efeknya.

Dan harus kubilang, opening Cage mungkin adalah yang paling berkesan dari semua MV Hinata sejauh ini. Karena langsung kena baik dari judul maupun storyline keseluruhan yang digambarkan dari satu adegan saja. Dan siapa yang akan bilang ada opening MV Hinata lain yang sekuat ini pesannya?

Sementara untuk bagian cage mungkin bisa dibilang kuat di visualisasi, untuk scene diluar itu malah mengingatkan pada Sekai de Ichiban Kodoku na Lover dari tempatnya. Apa mungkin ini memang lokasinya sama? Belum lagi mereka berempat juga melakukan dance.

Yang agak kurang dari MV ini, dan ini sampai tahap mengganggu, adalah camera works. Tidak, tidak ada keluhan dari angle atau momen yang pas dengan dance, tapi penggunaan slo-mo & entah kenapa rasanya banyak bagian di MV ini yang diputar dengan kecepatan 1.25 atau 1.5.

Nah, kombinasi speed yang diatas rata-rata ini dengan penggunaan slo-mo yang terkesan asal ada ini membuat Cage jadi terlihat aneh. Ada lagi dimana perpindahan kamera terlalu cepat, yang bisa kubilang, camera works disini lebih berantakan daripada Yasashisa Ga Jama wo Suru.

Padahal dari konsepnya, MV ini sudah oke. Ya, di mataku mendekati apa yang ditawarkan Hiragana dulu karena kemiripannya. Oke, ini subyektif, tapi memang untuk MV semacam ini yang lebih kusukai daripada MV tanpa storyline ataupun konsep yang bisa dimaknai.


Overall, Hinatazaka46 Cage adalah MV yang secara keseluruhan oke, cuma ada kekurangan yang terlalu kentara untuk diabaikan begitu saja. Konsep MV ini bagus, tapi eksekusinya kurang rapi. Membuat Miku, Mei, Channibu, dan Kawata sebagai unit di MV seperti ini oke juga.

4 orang ini lebih dikenal sebagai badut juga sih, jadi mendapat MV yang temanya cool seperti ini tidak disangka ternyata cocok juga. Well, bisa dibilang, Cage adalah MV yang lumayan untuk ukuran coupling. Disini polanya agak beda dengan Nogi atau Keyaki.

Biasanya dari mereka, MV untuk unit banyak yang mengecewakan kalau dibandingkan dengan title song atau senbatsu a-side, lah untuk Hinata ini malah sebaliknya. Dua MV untuk title song dan Kitsune mengecewakan, sementara untuk dua unitnya lebih oke.

Kalau kalian sendiri, lebih suka yang mana?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

14 thoughts on “Sakamichi Review : Hinatazaka46 Cage”

  1. Sia – elastic heart
    Hiragana – kitaishiteinai jibun
    Nogi – sekai de ichiban kodoku na lover

    Setuju kalo openingnya kuat banget. Sayangnya hanya itu yg bikin ane merinding. Sisanya meh dan mengingatkan ane pada 3 mv diatas.
    Adegan lari di tengah kota udah pernah dipakai. Nibu ditunnel sama kayak Reika di sekai de. Dan ane pribadi ga terlalu suka sama mv idol yg pake seragam sekolah macam ini. Apalagi seragamnya sama dengan yg dipakai di kitaishiteinai jibun. Kalo aja bagian seragam ini diganti bajunya mungkin lebih mantab.
    3/5 aja deh

    1. Maksudnya mirip2 gitu?

      Yeah, MV ini bagusnya cuma di satu poin doang. Lebihnya standar dan udah terlalu familiar jadi kesannya ilang. Buat bajunya, ane suka2 aja sih seifukunya, keseringan liat yang pake kostum senada sih.

  2. Paling suka bagian dance di cage… Bagian dance yg di percepat menurut ane cuma untuk menyelaraskan dance member sama lagu yang mungkin dancenya agak lambat. Well… Dimata ane jatohnya wow :v suka banget dah dancenya higashimura

    Bagian Slo-mo nya setuju banget sama admin, tpi slo-mo yg nyorot muka member di dance akhir mayan lah, penyegaran. :v

    4/5 bagus banget!

  3. Iya sih.. menurutku MV Cage lebih ngena dan gak terlalu idolish bgt. Kukira cuman Tokimeki doang.

    Btw. Buar lagunya sih bagus, tapi reffnya mirip bgt sama Knotlamp Across my World ost Ginga kick off

  4. Suka pas adegan dlm cagenya aja sih, pencahayaan sama efek byangan di bbrp adegan jd klihatan ok, tp pas adegan lari2an pake seragam, lantran dah pernah lihat yg bginian jd biasa aja.

    MV: 3/ 5

  5. Hinata yang gak terlalu kekawaiian or sugar sugar… biar gak mainstream wkwkwkw.. maunyaaa..

    Bsok dah klo dengwrin bisa banding reffnya

  6. Yah mau gmn lagi, cma yg scene cage yg ninggalin kesan, scene yg laennya (pake swragam trus lari2an) kyk bnyak yg bilang, udah pernah liat yg mirip2 bgtu jd ya biasa aj

  7. Ya sama.. aku juga males.. wkwk.. flop bgt. Cuman cage yang bisa dibanggain.

    Negara asalnya? Wkwk orang kadang masih numpang promosi

Leave a Reply