TWICE Breakthrough MV Review

Setelah Happy Happy, kali ini giliran Breakthrough yang kureview. Berbeda total karena untuk MV ini mereka menawarkan konsep yang berbeda dengan menampilkan sisi yang lebih cool, karena kalau dibilang sexy juga jauh dari itu. TWICE Breakthrough bisa dibilang menarik.

Konsep MV ini hampir seperti campuran antara Fancy dan BDZ. Hampir karena disini mereka menampilkan dance yang oke dengan musik yang tidak bubblegum pop sama sekali. Malah, susah untuk bilang mana dari dua lagu ini yang lebih kusukai. Well, ini dia review dari TWICE Breakthrough.


Kalau di Happy Happy kita bisa melihat warna-warni yang meriah, di Breakthrough justru flourescent neon jadi poin utama. Bisa dilihat kalau opening scene keduanya sama, pintu dengan warna biru dan merah, tapi setelahnya sangat berbeda.

Di Happy Happy Nayeon sebagai “happy virus” membuka MV, disini Jungyeon “oppa” jadi pembuka. Setelah itu langsung ke dance scene yang jadi poin utama MV ini; koreo. Harus diakui, koreo Breakthrough jauh lebih enak dilihat daripada Happy Happy karena disini jelas sekali.

Untuk koreonya, it’s kinda retro as the music is, sedikit lambat untuk seleraku, nonetheless it is a killer. Really nice choreo routine. As simple as you breathe. Tapi ada satu bagian yang kurang nendang juga, bagian “breakthrough breakthrough breakthrough” yang entah kenapa membuatku ingat pada Up & Down-nya EXID.

Sayangnya untuk bagian camera works, aku tidak bisa bilang ini semenarik Happy Happy. Ini sih agak malas saja dalam proses editing. Seperti hanya dua-tiga take saja untuk merekam scene yang sama. Diperparah dengan angle yang sama juga. Meski untuk ini bisa ada kompromi karena menitikberatkan di koreo.

Untuk kostum, yah, bisa ditebak lah. Hanya dua; hitam dan putih. First I love simplicity, dual tone outfit like these but it somewhat feels lacking. Mungkin pengaruh juga karena di MV sebelumnya penuh warna, jadi melihat ini rasanya kok monoton banget.

Hal yang sama bisa dikatakan untuk set. Ya memang masih sama sederhananya tapi di depan jukebox dan some 70’s movie set cliche agak cringey juga. I mean it’s okay to be retro, tapi untuk aspek lagu dan set yang oke, kostumnya masih terlalu modern. Tabrakan yang sedikit mengganggu.

Overall, MV ini menawarkan sesuatu yang sangat berbeda dari Happy Happy. Yang menarik dari dua MV baru ini, meski dengan warna yang sangat berbeda justru jatuhnya malah pas. Duality yang sedikit susah dilihat sekarang ini. Tapi memang harus diakui juga kalau konsep ini hanya bisa dilakukan di rilisan Jepang.

Kebanyakan perubahan konsep dilakukan back-to-back, tapi disini TWICE merilis dua MV bersamaan dengan konsep yang berbeda 180°. Review untuk Happy Happy bisa dilihat disini.

Kalau kalian sendiri, bagaimana pendapatnya tentang Breakthrough dan Happy Happy?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

Leave a Reply