Difference Between Nogi’s 3rd and 4th

Well, sudah cukup lama setelah absen merilis artikel ya. Yah, bukan apa-apa tapi memang tidak ada topik yang terlalu menarik untuk dibahas dari Sakamichi belakangan ini. Selain berita kalau single kedua Hinata yang akan rilis pada Juli nanti, relatif tidak ada berita baru.

Selain itu apa lagi ya? Nao yang ikut main film pertamanya, PB Aka -no that’s already outdated news- Iku yang mendapat penghargaan, tidak ada berita yang benar-benar menarik minat untuk menulisnya. Berita besarnya malah dua ex-member Nogi, Yumi dan Misa yang mendapat stage play dan film. Atau Hatanaka yang akhirnya menjadi Nogi Mom pertama.

Jujur saja, aku sendiri kesal karena selain banyak draft yang tidak bisa naik karena momennya tidak pas, bosan juga karena bukan hanya Sakamichi, IZ*ONE dan K-Pop lainnya juga tidak ada rilisan yang baru -‘kay, Boogie Up quite a bop actually-. Buenos Aires masih belum juga rilis MV-nya malah.

Jangan berpikir aku sekedar malas menulis artikel ya, tapi memang karena ini memang momen tanpa hal menarik. And I’m not myself from 2 years ago, there’s so many to spill cuz the atmosphere are lively enough. Now? Er yeah, I’ve wrote about that before….

Tapi karena terlalu lama absen tidak menulis artikel juga bikin uring-uringan -I’ve paid much- jadi kali ini sekedar artikel ringan saja deh. Terutama berkaitan dengan Sing Out. Reaksinya cukup menarik. Terutama untuk membahas perbedaan antara Gen 3 dan Gen 4 seperti yang kutulis untuk review Yonbanme.

Sakamichi Review : Nogizaka46 Yonbame no Hikari

Sudah kukatakan kalau antara Gen 3 dan Gen 4 ini terasa perbedaan yang lumayan mencolok. Terutama untuk urusan push. Gen 3 mendapat push yang gila-gilaan waktu itu, sementara untuk Gen 4 kali ini, dibanding push lebih tepat dibilang pull.

Kenapa begitu? Well, pertama dari MV saja sudah kelihatan bagaimana LLC mencoba membuat Gen 3 familiar dengan cepat. Berhasil kan, karena di single selanjutnya langsung ada WCenter. Kedua, dari variety. Masih ingat kan dengan Nobi Nobi Nogizaka? Well, kalau tidak sih wajar ya, karena umurnya pendek.

Ketiga, dari gravure. Oke, ralat, kalau untuk ini relatif sama. Keuntungan dari Nogi adalah kesempatan untuk gravure meningkat jauh bahkan kalau dibandingkan dengan Keyaki dan Hinata. Gen 4 juga bukan pengecualian, hanya saja memang agak berkurang porsinya. Tipis saja sih bedanya.

Dari dua hal diatas itu saja sudah membuktikan kalau positioning dua generasi ini beda. Beda darimananya? Oke, kembali ke awal-awal Gen 3 ada. Apa sih yang membuat mereka begitu “dimanja” waktu itu? Sampai-sampai dibilang golden generation? Mudah saja, mereka adalah suntikan darah baru yang sangat dibutuhkan Nogi.

Centauri

Mereka datang disaat Gen 1 mulai graduate satu-persatu, termasuk nama-nama besar dan perkembangan Gen 2 setelah 3 tahun relatif datar saja. Oke, tidak akan membicarakan mismanagement atau bagaimana, ini fakta. Datangnya Gen 3 membuat fandom jadi bergairah lagi. 3 tahun untuk menunggu generasi baru terbilang lambat.

Meski datangnya Gen 3 diiringi sentimen dari hardcore fans Gen 2, langkah manajemen membuat Gen 3 jadi bintang baru di panggung berhasil. Nigemizu tidak begitu bagus sih. Tapi setidaknya dengan masuknya mereka, bahkan Gen 2 kecipratan push juga. Terutama untuk member yang sebelumnya susah dibayangkan bisa masuk senbatsu.

Sebagai perbandingan saja, sejak Barette, dimana Gen 2 masuk scene pertama kali sampai Sayonara no Imi, jumlah Gen 2 yang masuk senbatsu hanya 4 orang; Miona, Kiichan, Iori, dan Maichun. Sementara sejak Influencer dimana Gen 3 masuk single pertama sampai Kaerimichi, hanya ada 2 member Gen 2 yang naik senbatsu; Ranze dan Aachan.

Memang ada faktor member yang grad juga bertambah, tapi dinamikanya mulai bergeser. Ingat saja dari rentang waktu itu, 8 dari 12 member Gen 3 merasakan senbatsu bahkan center. Dan ada 9 member yang grad. Jadi wajar saja kalau dibilang Gen 3 adalah penyelamat, bahkan membantu Gen 2 berenang lagi.

Training, Hard Way or Easy Way?

Memang tidak berlebihan menyebut Gen 3 adalah generasi kesayangan, meski aku akan lebih tepat menyebutnya sebagai generasi yang diposisikan benar-benar sebagai regenerasi dari OG member. Nah, bagaimana dengan Gen 4? Apa mereka hanya ban serep seperti halnya Gen 4? Well, ya dan tidak.

Ya, karena sekarang senbatsu didominasi Gen 1 dan Gen 3 karena faktor diatas, susah untuk membayangkan Gen 4 akan mengambil alih 24th single seperti Nigemizu. Karena pada dasarnya ini masih era transisi pasca Naachan grad. That’s too big a deal to make a risque bet. Paling banter larinya juga ke Gen 3 dan bukan Gen 4 kalau ada taruhan besar-besaran.

Untuk beberapa single kedepan, peluang terbaiknya mungkin ada satu-dua yang tembus senbatsu dan di awal tahun depan sudah dilebur ke Under. Untung-untung dapat stage play lagi atau lebih baiknya drama. Sudah lama kan tidak ada drama khusus Nogi? Konser Gen 4? Tidak menutup kemungkinan, cukup besar malah kalau ini.

Untuk tidaknya, sebenarnya ini masih satu dari sekian rumor liar saja sih, akan ada perubahan besar di Sakamichi menjelang pergantian tahun. Tidak, bukan sister group baru lagi, tapi sejujurnya aneh dan yah, aku tidak mau spekulasi karena rasanya terlalu liar. Tapi kalau kejadian, ya bukan tidak mungkin Gen 4 akan naik lebih cepat.

Rogue Planet

Akhir kata, mungkin memang Gen 4 diposisikan agak ambigu, tapi ini masih bisa dibilang wajar. Tidak perlu juga sentimen pada manajemen karena push mereka terbilang lemah sekarang. Tunggu saja tanggal mainnya. Yang jelas, terlalu cepat untuk menilai sekarang.

Tapi tentu saja, aku ingin melihat Gen 4 lebih banyak lagi, karena sekali lagi, Nogichuu kembali ke fase “membosankan” lagi belakangan ini. Feature Gen 4 tidak akan mengecewakan (kuharap). Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

8 thoughts on “Difference Between Nogi’s 3rd and 4th”

  1. Ane terserah mnjmn lah mau diapain grup ini. Mungkin krna ane udah kecewa sama lagu+mv single ini, variety shownya yg gitu2 aja, dan dancenya yg ngebosenin, plus dapet bini baru dr sebelah. 😀
    Tapi klo hrus milih gen mana yg ane suka, ane milih gen 4. Gen3 ane cuma punya Kubo. Gen4, ane punya Yuna, Rei dan Kakki, plus MenMen mungkin. Atau bisa juga karena emang ane pada dasarnya suka member underdog. 😀

  2. Di jepang, angka 4 angka sial kan? 😀
    Ah, pokoe ane ttp Gen-2 😀 😀 😀
    SAYA, semangat ya, ei ei oooooo….!!!!!!

  3. Hhh, Yanchan, semangat ya, ei ei ooo!!

    Itu temannya Yanchan, dek Kaki n dek Seira juga semangat ya….
    *emotmemancing 😀

Leave a Reply