Sakamichi Review : Nogizaka46 Sing Out

23rd single Nogizaka46 Sing Out sudah dirilis pada 29 Mei 2019. Sebagai spring single, rilisnya terbilang jauh lebih telat dari biasanya. Dan seperti biasanya single pembuka awal tahun, materinya terbilang yang paling kuat. Yah, tidak perlu ditanya lagi bagaimana efek Sing Out sejak MV-nya dirilis.

Nah, pertanyaannya, apakah single ini akan bisa membawa Nogi memenangi JRA ketiga beruntun? Pertanyaan yang selalu diajukan padahal jawabannya sih baru di akhir tahun. Nah, itu akan kuprediksi di akhir artikel dan ini dia Sakamichi Review untuk Nogizaka46 Sing Out.


Covers Coverage

Seperti biasa ada 5 cover untuk Nogizaka46 Sing Out. 5 cover dengan 5 konsep berbeda, dan fotografer yang berbeda pula. Ini untuk pertama kalinya digunakan di Nogi. Type A diambil oleh fotografer Komiyama Shun, Type B oleh Maciej Kucia, dan Type C oleh Matsuda Kyouhei.

Sementara untuk Type D ditangani Fukuoka Hidetoshi dan terakhir Ashizawa Shuu untuk Regular. Well, dengan konsep berbeda-beda seperti ini, akan membuat fans mudah memilih mana yang paling mereka sukai daripada memaksakan satu konsep yang tidak semua suka.

Kalau aku sih, Type D. Warna birunya fresh dan konsepnya terlihat sederhana. Type B dan C sudah pernah dilihat sebelumnya, Regular warna pink-nya terlalu mencolok dan A lebih terlihat seperti Keyaki.


Tracklist

Sing Out!

Sakamichi Review : Sing Out MV

Dibuka dengan bassline yang kuat, Sing Out termasuk lagu yang cocok untuk mereka yang sering men-set EQ ke bass boost. Not bad, tapi untuk preferensi pribadi, agak menyakitkan mendengarkan lagu ini dengan headset, which is mungkin metode yang banyak dipakai untuk mendengarkan lagu idol kan? Kalau untuk speaker sih oke.

Dan entah apa cuma punyaku yang agak bermasalah, rasanya untuk urusan treble akustiknya kadang terdengar terlalu berisik, menimpali bagian bass-nya. Well, overall Sing Out termasuk lagu yang paling enak dari beberapa single terakhir, hanya saja dari segi lagu saja, rasanya memang lebih enak sambil menonton MV-nya.

Satu hal lagi, untuk urusan vokal kurang terdengar. Yah, ini kembali karena faktor bass yang over.

Rate : ♥♥♥♥1/2

Kassouro (滑走路)

Sakamichi Review : Nogizaka46 Kassurou

Sedikit retro dengan beat a la 80. Kassouro -which is I noticed the typo from MV review just now- tidak berhasil jadi lagu yang membius seperti beberapa nomor Under dari masa lalu. It by no means a bad track, just lack a little something special. Name it the vocal, it barely recognizable.

Oke, untuk adilnya, ini masih bisa dikenali sebagai lagu Nogi, hanya untuk siapa yang menyanyikannya tidak terlalu. Ini subyektif, tentu saja, tapi untuku sih ini kehilangan yang cukup berarti. I enjoyed this song, but not to that extent.

Rate : ♥♥♥♥

(Type-A) No You na Sonzai (のような存在) / Shiraishi MaiSaito Asuka

Sakamichi Review : No You na Sonzai

Sebelumnya aku mengeluhkan soal vokal Under, jadi maafkan aku kalau untuk No You na Sonzai aku malah akan pass soal ini. Well, apa yang bisa diharapkan dari unit filler seperti ini? Mengejar angka saja sih ini, jadi musiknya pun hanya pop song yang standar.

Susah untuk tidak melewatkan lagu ini saja. Sejak review MV aku sudah skeptis kalau lagunya bisa merubah pendapatku, dan benar saja. Yah, ini memang ditujukan untuk fanservice dari dua orang yang jadi face Nogi sekarang. Memang sayang sih, kalau image lagu seperti ini yang ditonjolkan.

Rate : ♥♥♥

(Type-B) Am I Loving / Kitano HinakoSuzuki AyaneHoshino MinamiHori MionaWatanabe Miria

Ini malah menghasilkan suara yang lebih retro dari Kassouro. Early noughties idol song, aku tidak bisa menghilangkan kata ini dari kepalaku sejak pertama mendengarkan lagu ini. The very damn thing is, I couldn’t hate this song, even the vocal are quite disastrous.

Lagu ini terlalu sugar-y untuk dibenci. Addictive, bubblegum pop-ish beat yang rasanya akan disukai semua orang yang suka hal berbau kawaii. Tapi ya sekali lagi, jangan berharap akan kualitas vokal. Oke, untuk harmonisasi masih bisalah, tapi solo part, lupakan. Padahal kuharap adanya Miria disini bisa membawa nafas berbeda.

Rate : ♥♥♥1/2

(Type-C) Heikousen (平行線) / Iwamoto RenkaOzono MomokoKubo ShioriSakaguchi TamamiYoda Yuki

Sakamichi Review : Nogizaka46 Heikousen

Sejujurnya, lagu ini tidak seburuk MV-nya. Musiknya summer-ish yang biasanya kita dengarkan di summer single. Mendengarkan lagu ini, membuatku sadar summer just around the bend. Kalau lagu ini dimasukkan di 24th single pun, tidak akan aneh.

Bagian yang paling mengejutkan adalah vokal lima orang ini terbilang lumayan juga. At least, tidak separah Am I Loving atau No You na Sonzai untuk seleraku, ini masuk tepat di sweet spot untuk lagu yang kuharapkan dari Nogi. A nice song overshadowed by nonsense MV.

Rate : ♥♥♥1/2

(Type-D) Yonbanme no Hikari (4番目の光) / 4th Generation

Sakamichi Review : Nogizaka46 Yonbame no Hikari

Mau tidak mau, saingan lagu ini tetap Sanbanme no Kaze. Dan untukku, layaklah dua lagi ini head to head. Yonbame no Hikari terasa khas seperti lagu debut per generasi di Sakamichi, terutama garisnya dengan lagu-lagu Hinata terdengar familiar. Kualitas vokal, teknik, semuanya hampir mirip.

Satu yang bisa kugarisbawahi, dan kuharap ini benar, telingaku mendengar setidaknya ada 3 member yang punya kualitas vokal yang lumayan oke dari Gen 4. Yang membuat frustasi adalah aku masih belum bisa membedakan siapa yang mana. Notice some could hit high note easily without crack.

Rate : ♥♥♥1/2

Aimai (曖昧) / Ikuta ErikaMatsumura Sayuri

Karaage Shimai kembali lagi setelah Muhyojou. Butuh waktu sekitar….4 tahun sejak pertama mereka muncul? Dan kalau kalian berharap lagu ini akan mirip dengan Muhyojou, silakan kecewa. Lagu ini terdengar lebih dewasa, jauh, temponya lebih lambat yang menonjolkan vokal. Dan beberapa note minor.

Er….vokal…. oke, 90% tentu lebih ingin mendengarkan Iku disini daripada Ringo. Dan itu langkah yang benar, suara Iku jauh lebih sering ada daripada Ringo. Yah, jangan ditanya lagi bagaimana jomplangnya kemampuan vokal keduanya, tapi overall Aimai tidak buruk. Sisi uniknya dapat sih.

Rate : ♥♥♥


Conclusion

 

Well, menjawab pertanyaan di awal artikel, apakah lagu ini bisa membawa kemenangan JRA ketiga untuk Nogi, jawaban sementaranya adalah iya. Karena hanya title track yang dinilai, menurutku Sing Out lebih dari cukup untuk membawa pulang piala lagi.

Nogizaka46 Sing Out punya semuanya yang dimiliki Influencer dan Synchronicity, amunisi yang lebih dari cukup. Tidak ada yang salah dari rilisan kali ini. Well, ini seperti rilisan Nogi yang biasa, tidak ada yang spesial, juga tidak mengecewakan. Malah, rasanya datar saja.

Okelah, Sing Out bisa membuat hype di awal. Tapi setelah coupling rilis, banyak yang meh jadinya. Yah, ekspektasi yang dibangun ketinggian di awal akhirnya malah jadi kecewa. Tapi untuk sekedar menyabet penghargaan lagi, asal tidak ada lagu yang benar-benar meledak di sisa tahun ini saja sudah cukup deh.

Atau, mungkin nanti Keyaki atau Hinata akan menggebrak dengan single baru dan merebutnya dari Nogi? Siapa yang tahu.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

7 thoughts on “Sakamichi Review : Nogizaka46 Sing Out”

  1. bosan gk ad kbr dr Keyaki ,stdknya Nogi rilis single baru lg stlh bbrp bln

    Klo utk cover suka yg type B krn vibe film musikal nya kerasa d sini yg Type D bagus jugaa suka sama wrna biruu nya

    Sing Out : pas dngr laguny terinspirasi dri Greatest Showman gw bayangin lagunya kek This Is Me atau Greatest Show , menghentak dan epic tpi trnyata gk sesuai ekspetasi 🙂 wkwk lagunya enak aja sih tpi trllu slow buat ane dan lbh enak klo smbil nnton MV ,malah ane suka yg versi 1,25x speed nya

    Am I Loving, Heikousen, Hikari : just another idol type song 1x kali dngr abis itu sdh 🙂

    AsukaMai unit : suka sama intronya,lagunya emg summerish vibe bngt , tpi vokalnya kurang klop kek lbh menjual mereka berdua aja sih , but i like this genre

    Aimai : sama kek AsukaMai , genrenya bagus dan fresh tpi vokal Ringo kek menganggu dikit hehe XD , lbh prefer klo ini jd solo Iku saja atau duet ama Captain mngkin?

    Kesimpulan gw Sing Out material lagunga oke bgt ,genre baru buat Nogi, gw bsa bayangin LGM bawain ni lagu pke vokal mereka yg powerful , yaa klo Keyaki ama Hinata siklus cmbcknya kek Blackpink , mngkin bsa menang JRA, but Kuroi Hitsuji jls diperhitungkan sbg saingan
    MV sing out sndiri gw bayangin kek musikal gtu tpi referensi dri film dlu kek Sound of the Music,la La Land,dll lbh epik tu jd kerasa nnton film tpi MV yg sknrg bagus aja kok 🙂

    selera ane Synchronicity>Influencer>>>Sing Out (single ama couplingnya)

    1. Paling bulan Juli nanti udah ada pengumuman single baru Keyaki. Kalo Hinata kan udah pasti.

      Bukan cuma lagunya yang terinspirasi, tapi koreonya juga tuh 😀

      Vokal Ringo ganggu? Lah itu sih tiap unit yang ada dianya pasti gitu 😀

      Entahlah, antara Kuroi Hitsuji sama Sing Out sama2 punya peluang besar untuk dapet penghargaan, tapi Sing Out lebih untung soalnya lagunya lebih mainstream, gak terlalu depresif. Kalo Hinata, tunggu aja deh lagunya.

  2. JRA gk??
    kayaknya sih IYA, tp jgn trburu” keyaki dan hinata, lalu maish ada single” lainnnya lagi ya kan??

    Aku siap untuk surprise dari 2 grup itu, lalu keyaki, apakah bisa mendapat kesempatan prtama nya masuk #1 JRA
    lets see, takahiro sudah kecewa 2 tahun berturut turut wkwkwkwk

    overall single kali ini OK aja, di 3.5

    aku suka 3 lagu,
    SING OUT! – 5
    Kassouro – 3.5
    No You na Sonzai – 4

    Am i Loving – 3
    Heikousen – 3
    Yonbanme no Hikari – 3
    Aimai – 2.5

    Saat memutar lagu nya secara random , aku cuman bsa langsung nebak 3 lagu yg aku suka aja, agak sulit membedakan lagu lain nya…

    Sing Out! jelas bukan single yg buruk untuk awal tahun, cuman mungkin tracklist nya kurang nendang bila dibanding dengan Influencer dlu yaa

    tp yaudalah, NEXT >>>
    wkwkwkw keyaki or hinata, siapa dlu nih yg rilis single

    1. Masih ada setengah tahun lagi deh, gak usah buru2. Tapi biasanya emang single pertama yang peluangnya lebih gede.

      Rasanya emang buat single kali ini agak mengecewakan sih tracklistnya. Banyak lagu2 yang kayanya cuma asal dimasukin aja ke single ini.

      Pertanyaan terakhir jawabannya udah ada kan 😀

  3. Segitu amat penilaian ente sma cover type A 😀

    Ane suka cover type D, bkn semata krn ada IkuMio loh ya, pohon, kursi kayu, adem n elegan aja kelihatannya.
    N gara2 shwroom Riria n Tama, ane baru tau ternyata di tipe reguler yg pling tua itu momo, ane kiria Miria yg paling senior 😀

    Untuk lagu, jujur aja ane blum dengerin semua, baru yg skedar ada MV dan itupun nonton MV nya cuma sekali dua kali, jd dah lupa gmn lagunya 😀

    Kecuali Kassouro, nonton MV nya dah berkali x, lagunya pun akhirnya masuk list HP ane (lagu nogi yg terkahir x masuk list hp ane spertinya pas era single synchro, hmm)
    Kassouro: 4,9 / 5.

    Lagu unit Ikuchan n Macchun n lagu am i loving hanya terdengar sayup2 pas jd BGM showroom nekojita, jadi ntahlah, ane mlah pnasaran sma dance dua lagu ini yg klo kata ikuchan dance unit dia sma macchun gk biasa sdngkan dance am i loving spintas liat di nekojita showroomnya miria n ayane kyknya asyik dancenya 😀

    Yah intinya, lagu yg ada mvnya ane dah lupa gmn lagunya krn gk bgtu berkesan, kcuali kassouro, sdngkan yg gk ada mv nya blm ane dengerin bener2 😀

    1. Namanya gak suka mau bijimane dong pak 😀

      Yaelah beda berapa minggu doang jadi masalah buat ente 😀

      Sekarang udah dengerin semua belum pak? Males amat bales komen buat satu lagu doang 😀

  4. Dah dngerin semua.
    Am i loving, gmn ya, dibilang suka gk bgtu, dibilang gak suka enak jg didenger, nah loh gmn tuh? 😀
    3,5 / 5

    Aimai
    Klo gk slah pas baca2 komen di s48 bnyak yg kcewa dgn Aimai dan bilabg lagi2 Iku dpt lagu unit yg gak enak. Ane suka lagunya.
    3,5 / 5

Leave a Reply