Sakamichi Review : Nogizaka46 Kassurou

Akhirnya MV terakhir dari Sing Out, Kassurou juga sudah dirilis pada 23 Mei kemarin. Sebagai Under MV, lebih lagi dengan jumlah Under member paling sedikit sepanjang sejarah Nogi yaitu 10 orang, maka ekspektasi untuk MV ini terbilang besar.

Well, memang meski begitu, review untuk Nogizaka46 Kassurou ini lagi-lagi terlambat karena beberapa faktor. Jadi baru sempat dirilis sekarang. Yah, langsung saja ini dia Sakamichi Review untuk Nogizaka46 Kassurou.


Dengan hanya 10 member, yang terpilih untuk jadi center adalah Ranze. Ini jadi center pertamanya sejak Buranko. Well, ini jumlah member yang bahkan lebih sedikit dari IZ*ONE. Jadi di pertama kupikir ini akan jadi MV yang lebih mudah diingat dari yang lain.

“Yang lain” itu tentu saja…. No You na Sonzai, Heikousen, dan Yonbame no Hikari yang begitu-begitu saja. Tidak ada kesan mendalam yang kudapat. Nah, ekspektasi lumayan untuk Kassurou karena biasanya Under MV selalu menarik. Hampir selalu sih. Terakhir yang kuingat jelas adalah Sankaku no Akichi.

Aku tidak menemukan info tentang dimana MV ini diambil atau siapa sutradaranya, mungkin ada yang tahu? Kembali ke MV, opening scene Kassurou dimulai dari Ranze yang memegang botol dengan label H3L atau H3I, entah yang mana. Well, ini akan kubahas di belakang.

Di scene selanjutnya, jumlah member yang sedikit “dikompensasi” dengan membuat long shot yang menonjolkan space kosong. Bahkan stage untuk dance scene pun dibuat lebih luas dari biasanya. Yah, bisa dibilang untuk komposisi background & camera ini termasuk yang paling oke, dengan formula seperti ini.

Aku tidak ada keluhan soal sinematografinya, termasuk untuk long shot dan close up. Mungkin hanya di bagian dimana mereka seperti menggunakan GoPro di tengah MV yang agak aneh, karena tabrakan langsung dengan keseluruhan camera works disini.

Dan mungkin karena setelah melihat Yonbame no Hikari, melihat distribusi screentime disini jadi agak mengecewakan. Ya, jelas porsi Ranze jauh lebih banyak -wajar, karena center- tapi untuk 3rd row, yah, untuk member dengan posisi blocking di belakang, bisa dibilang sedikit jatahnya.

Termasuk disini Christie, Hazuki, Junna, dan Maaya. Untungnya mereka mendapat close up yang bagus, jadi tidak terlalu kentara. Yah, ini tidak bisa dikritik juga sih, karena segmennya beda dengan Gen 4 yang butuh distribusi merata, Under lebih ada hirarki, belum lagi posisi center juga prestisius.

Hal lain yang cukup jadi perhatian adalah dance. Well, tidak ada yang salah dari koreo Kassurou, tapi jelas butuh live untuk bisa menilai dance lebih baik. I can’t quite figured it out but…haven’t we’ve seen this choreo before? It certainly looks familiar…..

Well, selain koreo yang agak ambigu ini, yang bisa kukatakan adalah ini pendekatan yang beda dari Sing Out. Lebih sederhana mungkin? Tidak semenarik Sing Out, tapi bisa juga karena perbedaan jumlah member. Apa Under lebih baik punya banyak member atau sedikit lebih baik? Pendapat kalian?


Overall, Nogizaka46 Kassurou ini bisa dibilang decent at least. Yah, khas Under MV dan Ranze sebagai center bisa menjalankan perannya dengan baik. Harus kuingatkan lagi, kalau ada member yang bisa lebih bersinar di Under kenapa harus memaksa untuk jadi backdancer di Senbatsu?

Aku tidak bisa bilang Kassurou masuk kategori “memorable” karena kurang impact dari segi storyline, MV ini menangnya di camera works, yang mana kurang impresif untukku. Hanya saja, sekali lagi harus digarisbawahi kalau MV ini muncul sebagai MV terakhir dan tiga MV yang dirilis sebelumnya…..

Diatas sudah kutulis kalau di awal Ranze memegang toples dengan label H3L, yang mana sebenarnya tidak ada hubungannya dengan Ranze yang tertidur dan bangun di akhir MV. It just weird for me, cuz I’ve never interested in chemistry. It could be virus, or just complex chemistry. Anyone knows?

Selain beberapa hal minor termasuk soal H3L, tidak banyak yang bisa dikritik atau dipuji dari Kassurou. MV ini terkesan biasa saja tanpa kesan yang mendalam. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

  1. Entah kenapa ya min menurut w kalo under kehilangan sedikit cahaya mereka ?
    Yah semenjak Himetan , Mahiro , Ami , chiharu and serarin grad under jadi semakin kehilangan cahaya mereka ?

    W kangen banget sama paduan suara Mahiro sama Ami . Kangen banget malahan seperti dilagu Ano hi boku wa , Shitto no kenri , Kimi wa boku , wakaregiwa , futougou . Benar benar lagu yang mantul banget suara Mahiro dan ami disana

    Himetan emang layak nyandang prediket under center
    Gimana enggak setiap lagu under yg Himetan center pasti bagus dan melekat banget . Benar benar rindu sama under yang dulu :’)
    Sejauh ini emang Himetan yang emang pantas jadi under center

    Bener kata dirimu min. Tak harus jadi anggota senbatsu supaya bisa dikenang :’)

    Moga masuknya nanti gen 4 bakalan ada paduan suara kek Mahiro Ami :'(

    Dan Karin pun grad under banyak kehilangan best vocal member
    Eh bukan , tapi Nogizaka46

    • Karena sosok yang bener2 udah lekat sama Under antara grad atau naik turun senbatsu. Lagunya juga gak bisa dibilang gampang nyantol semua di kepala. Vocal line Under juga stagnan. Wajar sih.

      Sekarang ini ane bisa bilang Ranze ada di posisi paling ambigu. Soalnya dia top tier Under dan udah senbatsu beberapa kali, mau dijadiin kaya Hime juga susah.

      Gen 4 ada harapan lah, kaya yang ane bilang di review Yonbanme

  2. MV under nya kok biasa y..
    atau apa ekspektasiku yg sdh terlanjur terlalu tinggi??
    jadinya binggung jg mau kasih komentar apa

    kalau bahas jumlah member antara senbatsu & under, aku lbh suka jumlah yg berimbang atau kalau g ya jumlah senbatsu harusnya lbh sedikit dari under sehingga kesan anak2 terpilih nya terasa

    MV single ini kan sdh keluar semua.. jd kalo diperingkat kira2 sperti ini :
    1. sing out
    2. kassouro
    3. yonbanme no hikari
    4. heikousen
    5. no you na sonzai

    anehnya.. walau sing out mnurutku MV yg paling bagus tapi MV yang bolak balik aku liat ulang malah kassouro

    • Buat ane lumayan lah ini MV, gak mengecewakan tapi jelas gak bagus2 amat juga.

      Kan tinggal nunggu Gen 4 masuk, yah rasanya mulai fall single nanti udah masuk kok mereka. Jumlahnya jadi lumayan imbang lagi.

  3. HEHEHE kassurou artinya apa ya??
    wkwkwk

    enak loh lagu nya wkwk, MV nya menarik tp impact nya gk gede, tp enak aja diliatnya
    camera works nya gua rasa yg menarik mata gua.

    ranZe trlihat sangat menarik hahaha,

    Under dengan jumlah member sedikit mnurut gua bagus jg, jadi lbh gmn ya,, fokus?? clean?? neat??
    dan brarti UNDER LIVE mereka nanti bakal jadi UNDER LIVE dengan jumlah member paling sedikit yg prnh NOGI punya wkwkwkw

    • Artinya typo 😀

      Kalo lagu di review single-nya aja deh. Ini buat MV doang. 😀

      Soal Ranze, well, ini sih layak dijadiin satu artikel, tapi gak ada waktu nih 😀

      Under Live belum ada info kan?

  4. Pertama-tama dan yang paling utama (eyya), mabuk apa ente pak sampe judul typo gtu? 😀

    MV nya ane sukaaaaaaaa,
    dan Under gk kgilangan sma sekali cahaya n pesonanya walau ditinggal mmber2 senior, masih ada suara2 yg bagus syangnya kmampuan itu blm ditonjolin, dancer2 yg bagus 🙂
    Under lagi n lagi jd pnyelamat single buat ane 😀

    Yg ane kritikin sih dri MV ini cma durasi pas nampili solo dance mmber atau dance dgn klompok yg lebih kecil hnya sdikit, mending adegan2 penghibur kyk Hazuki yg bawa2 “logo vlc” dihilangin n lebih dibuat untuk nampilin dance member 😀

    “Harus kuingatkan lagi, kalau ada member yang bisa lebih bersinar di Under kenapa harus memaksa untuk jadi backdancer di Senbatsu?”
    Mungkin benar, tp rasanya member yg ngerasain mungkin gak berpikiran dmikian, stidaknya ada sensasi pngalaman sbg senbatsu yg ingin drasakan, meski cma back dancer. Yah ibarat kata mending jd orng bego tp dikelas orng2 pintar dripda jd orng pintar tp dikelas orng2 yg bego (kakak ane pernah nasehatin gini ke ane, tp ane gk inget knp sampe dia blng gtu ke ane (malah curhat)) 😀

    Dancenya mungkin gak sewah Sing Out tp ttp membekas buat ane dan ane banggs sma Reno, dance dia bagus n indah 😀

    MV paling ane suka di single ini.
    MV: 4/5 😀

    • Mabok IZ*ONE pak 😀

      Yep, vokal masih jadi titik lemah Under apalagi buat jumlah sesedikit ini. Kalau soal lucu2an kaya adegan Hazuki sih wajar aja lah, kalau terlalu serius pun, itu jadi ciri khas dia.

      Ya untuk argumen senbatsu-under ini kan emang dari dulu kita di pihak yang beda pak 😀

  5. Ente dah tua, jgn terlalu bnyak yg dikerjain dan jd beban pikiran, grad ngeblog aja udah 😀 😀 😀

    Bisa pake kata selain “kita” gk? Agak2 geli gmn~ gtu bacanya 😀