Sakamichi Review : Nogizaka46 Yonbame no Hikari

MV terbaru Nogizaka46 Yonbame no Hikari sudah dirilis pada 22 Mei 2019. Setelah Sing Out, No You na Sonzai, dan Heikousen, ini jadi MV keempat yang dirilis. Dan kali ini, seperti bisa ditebak dari judulnya, adalah MV pertama dari Gen 4. Yep, mereka dapat kesempatan unjuk gigi lebih dulu daripada Gen 2 Keyaki.

Tapi masih kalah jauh dari Hinano, tentu saja. Dan entah apa cuma aku yang merasa begini, tapi progress Gen 4 jauh lebih lambat dibanding saat Gen 3 pertama muncul. Termasuk untuk MV Nogizaka46 Yonbame no Hikari ini. Apa maksudnya? Ini dia reviewnya.


Pengambilan gambarnya dilakukan di Ibaraki dan Tsukita Shigeru duduk di kursi sutradara. Sebelumnya dia juga pernah menggarap MV   Konsep untuk Yonbame no Hikari adalah “momen disaat mimpi mulai terwujud”

Untuk posisi center di lagu pertama ini, Sakura yang mendapat privelege itu. Well, kalau ada yang tidak tahu atau lupa Sakura itu yang mana, dia juga masuk list Beautiful Sakamichi 2019. Dan sejujurnya, lupa member siapa yang mana rasanya wajar, karena seperti yang kubilang di awal, progress mereka cukup lambat.

Tidak hanya membicarakan Nogichuu yang hanya baru satu-dua minggu terakhir mereka lebih sering muncul, MV Yonbame no Hikari ini tidak memberi karakteristik untuk masing-masing. Tidak ada beruang atau balet seperti di Sanbame no Kaze yang membuat kita lebih cepat ingat dengan member.

Ini jadi titik lemah yang cukup mengganggu sih. Terlebih lagi…..perlu atau tidak kita mengenal Gen 4 lebih jauh? Disaat Gen 3 sudah masuk ke front row senbatsu, plus peluang Gen 4 masuk Under di single berikutnya, kupikir ini poin yang penting sih. Komen untuk hal ini.

Kembali ke MV, Yonbame no Hikari dibuka dengan scene Kaki Haruka yang menggambar wajah member di papan tulis. Bukan introduction yang ideal, tentu.  Nah, berhubung sudah kubilang kalau tidak ada karakteristik khusus yang dimasukkan untuk masing-masing, kutulis saja urutan screentime member.

Screentime masing-masing lebih tepatnya, mulai dari menit 1:40 urutannya adalah; Yuna, Rei, Yuri, Saya, Mio, Seira, Sayaka, Ayame, Sakura, Haruka, dan Mayu. Kalau disini kalian hanya bisa membedakan kurang dari 6 member, berarti memang PR untuk Gen 4 masih kurang.

Nah, kalau urusan screentime sudah bukan masalah -karena memang seharusnya bukan masalah, ini sudah benar- beralih ke sinematografinya. Yah, bisa dibilang cukup standar, tidak ada scene yang outstanding dan juga tidak ada yang jelek banget. Begitu juga dengan pemilihan set dan background.

Kalau untuk dance, ini yang lumayan banyak bisa ditulis. Memang sederhana dan secara keseluruhan tidak berkesan apa-apa sih, setidaknya mereka bisa tampil lebih menarik daripada dua MV coupling yang rilis sebelumnya. Dan karena ini MV pertama, masih ada yang salah gerakan, dan ada juga yang terlalu ekspresif.

Yah, ini sih seharusnya ada di MV pertama, karena kalau terlalu bagus juga kesan fresh-nya bakal hilang. Jadi, bisa diterima. Simbologi dimana mereka memasuki Nogi di musim semi juga menurutku oke, setidaknya masih ada makna tersirat dari MV ini.


Yah, setelah dua MV sebelumnya, Nogizaka46 Yonbame no Hikari memberi CPR dengan dosis yang menyelamatkan. Memang ini bukan MV yang semenarik Sanbame no Kaze, tapi kembali lagi dengan mindset “ini MV pertama” rasanya masih bisa diterima.

Tapi, tetap saja ada kekecewaan. Ini tepat dua tahun setelah Sanbame no Kaze, dan melihat Influencer, dari segi coupling, aku akan dengan senang hati menukarnya dengan coupling dari Sing Out ini, kapan saja. Well, ini akan masuk review lagunya nanti…

Overall, Yonbame no Hikari tidak bisa dibilang MV yang menarik. Ini hanya menarik karena dua coupling sebelumnya underperformed, atau karena Sing Out yang terlalu bagus? Satu dari dua itu jawabannya. Kurasa tidak akan banyak yang mengingat MV ini sebagai debut Gen 4 kedepannya, terlalu membosankan.

Dan apa kata kalian tentang MV ini? Menarik atau biasa saja? Bagus hanya karena MV sebelumnya yang jelek kah?

Selanjutnya, Under MV, yang terakhir dari single ini. Oh, kuharap akan mengobati kekecewaan yang ada.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

12 thoughts on “Sakamichi Review : Nogizaka46 Yonbame no Hikari”

  1. menarik dari judulnya..
    gen3 digambarkan sebagai angin baru yang berhembus di nogi
    gen4 digambarkan sebagai cahaya yg akan membuat nogi semakin bersinar (semoga)

    pendapatku soal MV ini ada beberapa:
    – dari segi konsepnya menurutku g ada yg spesial juga
    – antara kebetulan atau disengaja, MV ini benar2 dibuka dengan “kaki” haruka
    – shibata yuna cantik
    – dari segi tarian yg membuat menarik waktu gerak2in rok sama adegan nari di kursi

    sudah itu aja sih

    1. Yah, impact Gen 4 kembali gak sekuat Gen 3 di awal. Sekarang merembet ke MV yang biasa begini. Yang mengejutkan mungkin ada beberapa member yang berubah drastis dari awal mereka dikenalin di Nogichuu.

  2. Kalau ane sih suka banget sama mvnya hehe

    Walaupun emang gaada yang spesial, tapi ane suka rasa freshnya itu 😀

    Kalau ane sih sejak mereka muncul di koujichuu pertama kali udah hapal sih untuk wajah dan mukanya, jadi ane ga kesulitan di sini :v

    Dan gen 4 juga bawa angin seger bagi ane yang udah mulai jenuh 😀

    Dan sakura sebagai center diapit sama Sayaka dan ayame, ane suka banget sih ini 😀

    Belum bisa nentuin oshi , soalnya ane DD 🙂

    1. Sisi fresh jeelas dapet dong, muka baru 😀

      Cuma progress mereka yang agak lambat ini bikin gemes juga.

      Ngomongin Ayame, dia cepet naiknya kalo dibandingin sainenshou lainnya.

  3. MV nya emng biasa aja sih, gk ada sesuatu ygbisa dibahas bnyak atau dijadiin bahan tertawaan, apalgi klo dibandingin sma 1st MV gen-3.

    Adegan yg ane suka, menit 02:05~02:07 sama 04:10~04:13 😀

    Soal gen-4 yg pushnya trasa biasa n lebih lambat emng trasa sih, sejauh ini cma principal kan ya proyek yg dah mreka jalani, dan kekhawatiran gen4 = gen2 pun muali bermunculan 😀
    yah smoga aja mreka lbih bnyak dpt push, n semoga rumor mreka bkal dpt stage play bln agustus nanti bner.

    1. Di menit yang ente sebut, kok ane gak perlu ngecek ada apa ya di menit segitu 😀

      Bukan soal nasib yang mungkin bakal mirip Gen 2 sih, tapi lebih ke karakter yang lebih adem aja dibanding Gen 3, ini yang ane rasain sejauh ini, not good. Di waktu Gen 3 udah naik level ke front senbatsu bahkan center, Gen 4 dengan karakter yang mayoritas adem ini bikin excitement jadi kurang.

  4. beneran kerasa y gap x gen 3 ma gen 4… smoga nasibx gg kayak gen2…
    apa cmn aq ja yg ngerasa sakura aurax mirip2 ashurin…mangkax dpet push…wajahx emg centreable sih….jadi perkiraanq bener dia yg bkln jdi center…gg kyk pas momo dulu

  5. WOW,,, trnyata gk cuman gua aja yg berfikir Gen-4 tidak dikembangkan seperti gen-3 dlu

    Setuju bgt dengan Mac bila membandingkan dengan sanbanme no kaze, entah kenapa seharusnya untuk MV prtama gini, akan sangat lbh baik bila lbh banyak hal yg bsa membuat kita inget dengan para member nya, tapi saat semua di buat seperti ini kesan nya rada plain dan agak bingung, bila mereka memakai pakaian yg berbeda beda aja sebenernya masih lbh enak,

    yaaa kesan nya mungkin seperti “Anak Baru di tahun ajaran yg baru”

    Tapi wkwkwk gua jg cuman kenal ke 7 org doang saat liat MV nya, sangat disayangkan memang

    Semoga MV mereka selanjtunya lbh bagus,, well seharusnya single selanjutnya pun gen 4 masih full team untuk 1 lagu…

    Music or MV, Score: 3

    1. Keliatan jelas gitu soalnya, ada perbedaan push yang kentara banget. Tapi wajar juga ssih soal itu.

      Tapi sisi baiknya, dengan gak ada push berlebih gini, prospek airdropped center gak ada. Ini nguntungin sih, soalnya ane kontra soal itu.

      Untuk single selanjutnya, kayanya mereka emang masih bakal dapet satu lagu+MV lagi, sama kaya Gen 3. Mungkin baru di fall single mereka dilebur ke Under.

  6. Cek dlu, ente orngnya terlalu cepat ambil ksimpulan 😀

    Atau coba kasih acrab gen 4 sndri, mungkin mreka adem2 lantran segan sma senpainya, kyk gen 3 kmarin dpt nobi2 nogizaka.

Leave a Reply