5 Years and Ongoing?

Di tahun 2019 ini, tanpa terasa, menandai 5 tahun sejak aku mengikuti Nogi full time. It’s already been 5 years, five long years since then. Yah, lima tahun mengikuti sebuah idol bukan waktu yang pendek. Dan dalam rentang waktu itu, banyak yang sudah berubah.

Kalau diingat-ingat lagi, apa sih yang membuatku dulu melirik Nogi? Well, itu kembali ke waktu yang lebih lama lagi, 2013. Sekitar Kimikibou, sudah mulai ada rasa tapi juga di waktu yang sama, member yang jadi oshi sementara malah grad. Akhirnya melewatkan mereka padahal untuk urusan musiknya mulai lebih condong ke Nogi.

Yang paling terasa beda dari keadaan 5 tahun lalu dan sekarang, jelas adalah fandom yang semakin besar. Malah rasanya sudah sampai titik yang dulu jadi obsesiku di awal; membuat lebih banyak orang -a.k.a fandom 48G- melihat Nogi sebagai rival group yang layak. Back then, it was ridiculous.

I think it’s fun to look back, to 5 years ago, a time to reflect as a fan. Yah, siapa yang membaca ini yang ingat dengan blog lawas yang dulu? Aku ingat bagaimana jumlah komen antara 48G dan Nogi bedanya dalam margin puluhan atau malah ratusan. Tujuanku saat itu hanya satu; membuat Nogi lebih terkenal.

Dan memang, fans Nogi saat itu terbilang militan, mungkin lebih dari sekarang. Karena mereka berjuang disaat mendapat materi Nogi lebih susah, terutama untuk urusan subbing, untung kalau ada yang mau nge-sub. Banyaknya sih terpaksa menikmati dengan bahasa kalbu.

Untungnya berkat fans-fans yang mulai membesar, Nogi mulai lebih dikenal. Apalagi, maaf-maaf saja, di medio sejak 2014, atensinya mulai diambil Nogi. Atensi fans idol, tentu saja. Yah, memang di waktu yang sama banyak idol lain yang juga mulai mengambil jatah kue 48G, tapi Nogi lebih untung karena pemasaran mereka; rival group.

Sebagai fans yang masuk disaat mereka naik popularitasnya, aku merasa beruntung sekarang. At least now I could brag how it was back then. Di momen ini juga aku bertemu beberapa fans yang dedicated pada grup yang relatif dipandang sebelah mata dan ikut membantu mempopulerkan mereka diluar Jepang.

Some are gone by now, some are staying but who knows for how long anymore? Even I’m considering quitting after long 5 years journey. But that’ll wait until the end of this long damn article.


Perlahan tapi pasti, sejak 2014, menuju 2015 dan 2016, Nogi semakin dikenal. Mungkin karena konsep mereka yang jauh lebih sederhana dibanding 48G, get rid of that sister group thing, complicated team naming, too much members, SSK, until the moment they decided to copy one of that nonsensical BS.

Di awal berita Toriizaka muncul, fandom terbagi dua; satu menolak keras satunya lagi mendukung. Kenapa bisa ada dua kubu adalah jelas; banyak fans yang berpindah mendukung Nogi adalah karena mereka menawarkan sesuatu yang lebih simpel. Dan membuat sister group adalah topik tabu.

It was just 3 years ago, and now we have 2 more sister; Yoshimoto & Hinata. Fandom mulai lebih menerima hal ini, karena mereka antara pindahan dari 48G atau fans yang baru mengenal J-idol. Jujur saja, siapa yang ikut merasakan momen lahirnya Keyaki? Dan di pihak mana kalian saat itu?

Mendapat sister group bagi Nogi terasa seperti disiram air dingin. Pertanyaan dasarnya adalah untuk apa? Karena saat itu, bayangannya hanya akan jadi copycat 48G. Apa pernah terlintas kalau Keyaki akan jadi idol yang seperti sekarang? Sedikit sekali yang berpikiran ke arah ini. Dan lagi, waktu itu, konsep cool hanya dibayangkan seperti Seifuku no Mannequin atau UZA.

Dan momen dimana Keyaki terus mengejutkan dengan lagu-lagu yang diluar normal sebuah idol group, fandom Keyaki malah jadi salah satu yang paling mengingatkan pada 48G. Yah, yang sudah lama, tahu sendirilah apa yang kumaksud. Memang yang seperti ini tidak akan hilang kapanpun eranya.

Lalu hadir Hinata yang selama dua tahun jadi bayang-bayang Keyaki, keputusan yang dibuat terlalu terlambat dan menambah drama saja di fandom. Menarik sih, tapi melihat fans yang tidak begitu kritis saat Yoshimoto dan Hinata lahir, alasannya yang tidak sekuat argumen saat Toriizaka lahir, agak mengecewakan.

Melihat ke belakang, sadar betapa cepat waktu berlalu sejak saat itu.

Yep, beberapa waktu terakhir, aku mendapati kekecewaan dari fandom Sakamichi. Terutama dari sisi kritisnya. Ya, memang sih argumennya banyak tapi it was just a hot air. Not a solid block like it was back then. Okay, I’m sounds like an old geezer but that is a hard truth.

Untuk topik-topik seperti rilisan MV atau lagu sih masih banyak yang oke ya, tapi untuk topik diluar itu seperti berita apapun itu, atau malah skandal, rasanya susah menemukan debat yang menarik selain saling memaksakan pendapat dan ribut sendiri. Dan ini aku tidak membahas netizen terhormat yang umum ditemui, tapi di fandom Sakamichi saja.

Yah, mengecewakan. Apa karena memang lebih mudah asal bicara saja dan ngeyel dalam satu-dua kalimat? Susah untuk membuatnya jadi satu paragraf paling tidak? Ditambahi bumbu organik daripada MSG mungkin? Untukku, kehilangan membicarakan topik secara mendalam bisa jadi faktor untuk naik bertapa di gunung.

I surely miss good ol’ days.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

3 thoughts on “5 Years and Ongoing?”

  1. macorion, websitenya kenapa nih?

    setiap masuk via browser biasa selalu muncul

    “This page isn’t working
    macorionid.com is currently unable to handle this request.
    HTTP ERROR 500”

    ini masuk pake incognito baru bisa itupun harus coba berulang kali

  2. sudah bisa masuk normal bang mac..

    btw, kalo ngomongin soal ngidol.. nogizaka ini idol grup pertama yg bener2 aku ikuti..

    idol grup pertama yg aku tau memang AKB tp agak kurang tertarik krn wktu itu jumlah membernya udah terlalu banyak, kostum yg agak vulgar vulgar gemes d beberapa single, lagu-lagu yg sulit diterima telinga, banyak istilah & sistem & aturan yg agak buat bingung (no offense y.. wahai netijen budiman jgn bully aku)

    balik lagi k nogi..
    kalo bang mac sdh 5 taon mngkin kalo aku termasuk lbh muda.. sekitar dari thn 2016-2017an
    apa aku harus panggil bang mac senpai? hahahahaha
    kenal nama nogi dari channel yutub yg bahas jejepangan trus lanjut coba cari dr yutub nah ketemulah mv sayoimi (tertarik sama dedek polos berkacamata) trus lanjut lagi nyari dan ketemu mv secret grafitti tapi lah kok g ada dedek polos berkacamata (maklum jaman itu kagak ngerti senbatsu-under hahahaha)
    tapi intinya itu lah

    kenapa waktu tau AKB g terarik tapi waktu tau Nogizaka langsung tertarik?
    – jumlah member yg g terlalu banyak jd cepet kenal sama masing2 member
    – umur idol yg termasuk muda jd mau ngikutin dari awal masih bisa
    – penampilan yg elegan jd terkesan idol kelas premium
    – lagu lagu yg simple & mudah diterima telinga
    – ada dedek polos berkacamata yg akhirnya tau namanya naachan
    – sistem yg g terlalu ribet & bisa diterima otakku yg sempit ini “kalo g senbatsu y under”

    kalo keyaki, yoshimoto, hinata g tertarik untuk ngikutin (dasar aku memang orangnya g suka mendua hahahaha)
    tapi sebatas ngikutin beberapa lagu-lagunya yg memang enak

  3. Gua sendiri masuk nogi tahun 2016 akhir,
    Dimulai dri liat asuka dan neru di IG
    dan ya mulai dr foto” mereka, cari tau mereka dan trnyata anggota sebuah idol group. Mencoba cek lagu” mereka mampir ke forum untuk cek kira” rekomendasi lagu yg enak apa aja..
    Dimulai dr seifuku, trs sonna baka na, 13 nichi no kinyoubi, kemudian berlanjut hingga sekarang ada 148 lagu di playlist nogi ku wkwkw

    Gua merasa beruntung bisa kenal nogi dan bertemu dengan temen” baru dari fandom ini, masuk group fan Lokal ataupun internasional,
    Rasanya senang aja bisa obrolin hal yg gua suka dengan mereka yg juga suka hal yg sama..
    Mendengar pendapat mereka yg trnyata gk jauh beda jg dengan pendapat gua, atau bahkan mengenal mereka yg punya pengalaman sama dengan gua,

    Kalau melihat kebelakang, rasanya cepet bgt waktu berlalu,Gen4 udh muncul, disaat dulu gua bahkan cuman baru tau Asuka doang, Gk nyangka kalo keyaki bakal kyk sekarang, disaat dulu nama Neru adalah seperti nama yg gk seharusnya ada di Keyaki, yang akhirnya jadi akar dari hinatazaka yg skrng, dan org nya udh mau grad bntr lg

    bener” jd berasa nostalgia hahahaha pdahal baru 3 tahun kurang doang, Tapi banyak bgt yg trjadi

Leave a Reply