Sakamichi Review : Sing Out MV

Posted On By Mac Orionid

MV untuk 23rd single Nogizaka46 Sing Out akhirnya dirilis pada 3 Mei 2019. Ini jadi single pertama yang rilis setelah Kaerimichi pada bulan November 2018 kemarin. Nah, Sing Out memancing lumayan banyak komentar sejak lagunya dirilis di Youtube resmi Nogi.

Dan ya, tidak salah baca, radio rip dari Sing Out dirilis di Youtube Nogi, untuk pertama kalinya lagunya dirilis duluan di Youtube. Langkah yang bagus sih, dari bisnis ini memungkinkan ekspansi ke Asia jadi lebih mudah, dan untuk MV-nya juga tidak kena region block -I’m looking at you, sisters-

Oke, untuk lagunya akan kubahas sendiri nanti di review single, kali ini untuk MV saja. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Sing Out.


Sing Out disutradarai lagi oleh Ikeda Kazuma dan untuk koreografi ditangani oleh Seishiro, kombinasi yang sama dengan saat Synchronicity tahun lalu. Dan juga yang menyabet JRA kedua untuk Nogi. Pengambilan gambar untuk MV ini dilakukan di Yamanashi, meski kenapa harus kesana padahal hanya indoor juga tidak jelas.

Memang harus diakui, untuk set jauh dari Synchronicity. Kali ini mengingatkan pada Kimi no na wa Kibou dan tone warnanya sedikit banyak mengacu ke Hatsukoi no Hito wo Imademo atau Sankaku no Akichi. Dan untuk referensi ke pop culture, ini sih banyak terinspirasi dari The Greatest Show. Oh well, I imagined Yoshio Konno as P.T Barnum for a moment.

Nah, MV ini dibuka dengan full shot member & backdancer. Untuk backdancer akan kubahas sendiri di akhir. Dari opening scene ini saja, kelihatan kalau Ikeda berusaha menggabungkan dua title MV; Kimikibou dan Synchro. Not a bad thing, the whole arrangement are o-k.

Lalu ke scene dimana Ashu-Maiyan-Iku-Miona-Kaz, membuatku berpikir ini termasuk member-member yang sebelumnya tidak bisa kubayangkan ada di satu scene seperti ini bersamaan. 4-5 tahun lalu, mungkin saja kalau minus Ashu, kalau sekarang di 2019 melihat ini, rasanya ada yang janggal saja.

Scene dimana dua-tiga member atau yang solo saat melakukan dance dengan spotlight menurutku bisa jadi kandidat best scene disini. Kandidat lain jelas continuous shot yang eye candy, atau saat diambil dari bird eye view karena terlihat seperi bunga yang mekar. Terakhir untuk scene saat naik ke wooden stage, brings back good ol’ days.

Overall, untuk sinematografi kali ini menang banyak untukku. Memang tidak semuanya layak dipuji, beberapa yang tidak kusukai termasuk saat backdancer masuk, kadang terasa jadi terlalu penuh, terutama saat mereka mengelilingi member. Yah, tidak heran juga kalau ada yang merasa ini mirip Ambivalent.

Nah setelah sinematografi, sekarang beralih ke koreo. Oke, singkat saja, it really draws me in. It fluidness blended well with the song. Even worth claiming to be one of the best choreo Nogi ever did. Let’s say the identity, the purple line, of Nogi pictured here. Maybe I’m biased but whatever. 

Satu yang mungkin bisa digarisbawahi; rasanya kita semua bisa bilang kalau -secara mengejutkan- Ashu bisa melakukan koreo ini dengan baik di solo scene-nya. Sejauh yang aku ingat, Ashu bukan top dancer di Nogi. Dan kupikir dia akan tertutupi oleh Maiyan dan Iku, apalagi mereka mengenakan dress code yang persis sama dan Ashu relatif sama dengan member lain.

Ternyata dia bisa menarik scene ini dengan baik, dan itu melegakan. Yah, I have to say this; gerakannya memang tidak satu level dengan Maiyan atau Naachan, tapi kali ini, mengingat dasarnya dia ada di bawah mereka, bisa dibilang ini pencapaian yang oke. Main single, jolt that down.

Untuk Sing Out, ada tiga hari untuk latihan koreo, 10 hari untuk Ashu. Jadi tidak heran juga sih. Jadi tidak sabar menunggu first live lagu ini.

Beralih ke screentime, yang ini sih, yakali masih berharap untuk 2nd row apalagi 3rd row. Sudah kubilang kan saat senbatsunya diumumkan, kalau dengan jumlah member sebanyak ini jangan pernah berharap untuk screentime. Hanya beberapa yang beruntung dapat satu sepersekian detik lebih banyak saat solo dance. Jadi untuk ini, aku pass deh daripada banyak yang baper.

Untuk kostum, aku bisa bilang ini akan jadi salah satu kostum paling ikonik yang pernah digunakan. Warna ungunya pas dengan Nogi, perpaduan dengan warna putihnya juga a-ok. It plays homage to much of past costumes, and did really well at that. Lebih bagus daripada all-white di Synchro, jelas.


Well, untukku Sing Out bisa jadi MV terbaik yang bisa Nogi berikan sebagai pembuka 2019. Satu hal yang pasti, aku sangat rindu dengan MV seperti ini. MV ini bukan sekedar dance MV biasa, ini step up dari Synchronicity karena nuansa musikalnya jauh lebih terasa. Is it a good thing? Well, depends.

Kalau kalian suka dengan MV semacam ini -seperti aku- maka tidak ada yang bisa dikritik. Semua aspek di Sing Out dapat nilai A dariku; sinematografi, koreo, kostum. Yah, untuk storyline sih bisa dihapus ya, screentime juga sudah bisa ditebak dari awal sih.

Aku sih tidak mengerti dengan pendapat yang bilang MV ini mirip Ambivalent lah, Kuroi Hitsuji lah, apa karena backdancer dan peran Ashu sebagai center yang lebih di-highlight? Kalau iya sih…. yah, kebebasan berpendapat. Tapi kalau dibandingkan dengan Kimikibou atau Synchro, masih wajar karena kesamaannya memang tidak bisa dibantah.

Overall, MV semacam ini akan selalu punya rasio penerimaan dan penolakan yang sama besar sih. Jadi tergantung pada individu saja. Akhir kata dariku, MV semacam inilah yang membuatku terjun bebas ke Nogi dulu, melihatnya lagi sekarang setelah beberapa rilisan yang hit & miss selama dua-tiga tahun terakhir rasanya menyegarkan.

Kalau kalian sendiri, bagaimana responnya untuk Sing Out?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

36 thoughts on “Sakamichi Review : Sing Out MV”

  1. Dr sinematografi, MV ok sih meski bukan favorite ane. Ane jg jd down pas baca liriknya yg telalu general dan dengerin pronunciation bahasa Inggris member yg medok. Kalo pun harus nonton tanpa suara, Yumi udah pensiun, Junna ga masuk, Kubo seiprit keliatannya, percuma, ga ada member favorit ane yg bisa ane liat.
    Dance lumayan ngebosenin. Udah keliatan stylenya Seishiro. Mirip Keya dan Takahiro.
    Dan MVnya terlalu berpusat di Asuka. Member lain keliatan kayak “pelengkap” aja. Kubo yg jd center 2nd row ga dapat solo shot. Padahal posisinya sama dengan Ikoma di Synchro.

    Jd penilaian ane “meh” 2/5. Mungkin bagi fans member populer, MV ini bagaikan surga buat mereka. Tapi, bagi fans member kalangan bawah macam ane, ini MV yg ngebosenin dan males ane tonton berulang-ulang. Percuma. 😀

  2. Rate : 6/5
    Bagus banget!!!
    Banyak yg bilang mirip banget sama syncro, yah gak salah juga sih koreografer nya sama… Menurutku dance nya selangkah lebih baik dari syncro, karena gak hanya gerakan tangan yg banyak, gerakan kakinya juga banyak and it’s cool…

    Panggung nya keren, lantainya cocok banget ditambah spotlight dengan disekeliling hitam… Tapi, bagian dance yg all member dinding panggungnya keliatan 🙁 andai panggungnya lebih besar…

    Dance solo asuka? Menurutku lebih bagus dari solo maiyan di sycro, pendapatku saja ya. :v

    Backdancer? Ane Gak terlalu terganggu sih malah memberi kesan satisfying :v dan btw pose akhir backdancer lebih bagus

    Screentime? Ane menyukai nogi sebagai grup, jadi ane gak terlalu permasalahinlah…

    Wah puas banget awal tahun ini, kuroi hitsuji nya keyaki, sing out nya nogi… Cuma hinata yg blum memuaskan hati ini :v ditambah nonton di youtube bisa sambil baca komentar yg gak cuma org jepang doang… Gua bingung nya ni kenapa netijen jepang nanya/bales komentar english pake bahasa jepang, duh.

    bisa gak ya JRA lagi nogi… + keyaki sebagai pelengkap nominasi

    1. Over itu nilainya 😀

      Buat ane sih, udah pas set-nya cuma segini, jadi kesan musikalnya juga dapet. Kalo terlalu luas malah aneh sih.

      Untuk backdancer, emang sih ada scene dimana cocok dan ada juga yang enggak.

      Yep, Hinata -sama Yoshimoto- gak bisa dibilang ngasih sesuatu yang selevel sama dua kakaknya ini di pembuka 2019. Tapi yah, jalan mereka masih panjang juga.

      Soal komen di videonya, wajar dong, kapabilitas Nihonjin soal eengrish kan emang…yah tau sendirilah 😀

  3. Synchro versi upgrade or synchro 2.0
    Yeah pv ini emg style q. Tapi sngat disayangkan klo style x msih belum move on dr synchro. Ketika ada bbrapa gerakan yg mengingatkan dgan koreo synchro..seperti solo shot ato ketika ashurin dikelilingi para member lain. Bukan hal buruk sih. Yah kita tw lagu x beda bgt ma synchro tp dancex hampir setipe..Tp aq setuju klo koreo x the best. Ashurin dancex juga keren..walopun sbnarx hmpir kalah standout dgn ikuta..entah aq merasa pv selevel ini cocok bgt klo dicenterin ikuchan…
    Pv nie bikin aq mix feeling.. suka dengan konsep dan stylex…tp gg da mizuki tu rasanyaa……hmm
    Tiap liat pv.. setiap detik ngeluh.. knp yak pas single bgus kyk gini zukki hiatus… tiap detik bayangin zukki caem bgt pake baju ungu…. halah…
    Apakah single ini worthy buat djadiin andalan buat nyabet JRA untuk ketiga kalix.???kali ini aq jagoin kuroi hitsuji..klo admin??

    1. Satu hal yang ngebedain ini dari Synchro -dan ini gede juga- itu segmentasinya. Synchro ngasih aura khas Nogi, kalo Sing Out lebih ke musikal. Ini udah lebih dari cukup buat ngebedain dua MV ini sih.

      Nah, kalo soal Mizuki, ada keuntungan dari MV yang kaya gini. Kita gak terlalu merhatiin member siapa yang absen karena quality yang oke. Gak ada storyline juga ngebantu. JRA? We’ll see. Masih semester pertama 2019 ini.

  4. mantul banget min w kasih nilai 8/10 untuk MV ini !!!

    nggak sia sia nunggu MV nogi selalu aja bikin terkesan
    walaupun ada salah satu yang kurang menurut w min, w pikir bakalan syuting kek di kastil kastil gituh
    ternyata enggak tapi tak apa lah
    semua nya perfect dari segi tari yang biasanya nogi kalau di MV pasti kelihatan bat ada miss di nari nya
    tapi di MV ini sma sekali ga ada, bahkan w dah nonton secara lambat ( slowmotion ) :v

    untuk lirik pun juga oke , benar benar buat penyemangat hidup benar benar teharu. and ada beberapa yang bilang english nya apalah apalah
    hey ! ditenga kalian emang aneh tapi di telinga orang jepang hall itu dah lumrah kali. dah jadi ciri khas orang jepang englissnya kek gitu . kesel w liat mereka yang malah jadi sok jago english cuma gegara gituan doang .
    dan ada jga yang nggak suka karena oshi nya ga masuk senbatsu
    F*ck men , lo mending ngidol grup yang anggotanya dikit aja dah
    ( Maaf curhat min :v )

    w ngulang ngulang nih MV karena saking bagusnya :v
    apalagi saat dance yang dengan koreografer itu . menurut w itu benar benar compac banget
    dance member yang paling w suka
    dance nya mattsun sama ume
    miona , ikuchan and kazumi

    buat screentime menurut w MV kali ini lebih adil deh dibanding Synchro
    semua member terlihat di MV ini
    sedangkan synchro kemaren yang dibelakang apalagi yang ujung kek ranze sama sayunya mereka hampir tak terdeteksi

    pokoknya ga sia sia nunggu single baru nogi kali ini
    benar benar sesuai ekspetasi

    1. Ngambil gambar di set kastil? Nah, that’d ruin the whole thing. Formulanya udah tepat gini aja sih, soalnya yang dikejar kan musikalnya.

      Kaya yang ane bilang, MV kaya gini selalu bikin pendapat terbagi dua, sama aja lah kaya Kuroi Hitsuji. Termasuk urusan screentime. Wajar aja deh.

      Dari review ini naik sampe balesin ini komen, ane belum nonton MV ini lagi sih. Biasanya emang habis review, udah kelar, cari tontonan lain ane 😀

      Ane belum bisa bilang apa single ini bakalan hit. Lagu lain, MV lain belum keluar soalnya. Biasanya itu jadi faktor yang lebih penting dari title song.

  5. Sangat puas sih sama MV kali ini, versi upgrade dari Synchronicity.
    Backdancer malah bikin bagus disini, bayangin kalo gk ada backdancer pas member naik ke balok(?) di akhir bakal kelihatan sepi.
    Kalo screentime emang gk bisa berharap banyak, tapi dari row 3 Tamami lumayan banyak kesorot.

    Sekalian sama lagunya deh 😀 takut pas review lagu gk bisa komen.
    Suka bgt sama lagunya, teutama bagian “lalala” “happy happy” langsung nempel. Sama suara handclapnya suka.

    Semoga buat mv lainnya dibikin simple gak perlu CG yg lebay (trauma) 😀

    1. Setelah ane pikir2 lagi sih, ini susah dibilang upgrade atau step up dari Synchro ya, lebih ke konsep sama yang eksekusi+konsep yang beda aja sih.

      Soal lagu….hmmm, tunggu aja deh review lagunya.

      Untungnya, sejarahnya Nogi gak ada MV yang pake CG banyak2, kan mereka pelit pangkal hemat 😀

  6. Uda lama ga mampir kesini ^.^ semenjak sebelah tutup dan lebih ngikutin tren di negara tetangga ^.^
    klo saudari yg ijo uda gangikutin sama sekali setelah ditinggal zumiko

    lagunya bagus aja, bukan bagus sekali, centrenya tidak usah diragukan 😀
    cuma lebi suka mv yang pencahayaannya bagus si daripada gelap2an + lampu, kayak itsuka dekiru atau yang outdoor sekalian hehehe

    kostumnya bagus si, uda sama kayak warna grup 😀

    1. Duh, kemana semangat fans lawas ini, makin banyak yang ngilang aja 😀

      Kan emang yang dikejar ini MV itu musikalnya, kalo terang2 gak dapet dong 😀

  7. sekali lagi nogizaka46 berhasil memenuhi ekspektasiku

    single ke 23 ini mnurutku bener2 pertaruhan besar buat nogi
    – single pertama di era baru (Era Reiwa)
    – single pertama sejak naachan si cantik merakyat graduate
    dan trnyata mereka berhasil membuktikan kalo idol nomor 1 di jepang bkn cuma sebutan belaka, golden age nogi belum berakhir, nogi bkn cuma naachan seorang, & setelah 8th nogi g melenceng dari karakternya “Elegant & Beauty”,

    pertama kali liat MV ini jujur terlintas satu kalimat “semua orang harus lihat” & mngkin kalo perlu sewa videotron d pusat kota buat nayangin MV sing out 1 mggu penuh hahahahaha

    kalo pendapat ttg MV ini ada beberapa poin :
    – dari jenis MV kebetulan sama seperti bang macorion, aku jg suka model MV seperti ini
    – dance & koreo mnurutku cukup sempurna (dr sepanjang g aku lihat minim yg lakukan kesalahan)
    – soal screentime buat yg lain no comment, tapi yg pasti sekitar 10% dr MV aku lihat dedek Miria.. entah antara mmg disengaja / keberuntungan tp posisi miria selalu masuk d layar dan semoga ini pertanda baik
    – liat ada backdancer benernya ingin seperti seifuku dulu, backdancernya pake anak2 under tp y sudahlah (yg penting ada miria)
    – terakhir dari semua bisa aku simpulkan kalo ini MV lebih dari MV

    1. Ane gak bakal bilang -untuk sekarang- kalo 23rd single ini bagus. Baru title song sih 😀

      Yeah, seenggaknya title song-nya bisa memenuhi ekspektasi fans. Purple line Nogi ya ini, dikemas bagus, okelah. Sayangnya, hype untuk lagu ini kayanya gak bakal lama deh.

      Sayangnya reaction video buat Sakamichi jarang hampir gak pernah ada ya. Ada yang mau mulai Youtube Channel yang isinya React to Sakamichi gak nih? 😀

      Nah itu dia, ane sempat ngira backdancer disini bakal diisi Under+Gen 4, untung2 ada member Sakamichi Audition, sayangnya itu harapan yang ketinggian 😀

  8. Hmm gua lupa udh brp kali gua re-watch MV ini wkwkwk

    Agak berlebihan OK. tapi gua pengen kasih nilai 100/100 untuk MV nya
    Camera Works nya enak bgt untuk bkin gua lanjut ntn, Perpindahan dari satu bagian ke bagian video nya jg enak,
    Lagu nya juga, dance nya juga, entah kenapa rasanya gua melihat “NOGIZAKA46″ lagi setelah bbrp rilisan trakhir,

    Feels nya bener” dpt dan ckup mengejutkan karena asuka bsa dance dengan baik kyk gt, seishiro punya taste yg pas untuk lagu nogi, atau image nogi yg cocok dengan taste choreo nya seishiro, rasanya klop. Dance kyk gini nunjukin elegan nya nogi, dan gua sukaa bgt

    Screen time, hahaha lupakan sejenak, MV nya bagus soalnya

    ohhh banyak yg berpendapat dr choreo nya,
    coba gih ntn MV kaerimichi wa, ada gerakan dmn jari membentuk hruf L, dengan jempol dan telunjuk di agkat ke atas… (Menit 3.58)
    dann di MV ini saat ada di panggung kayu, screen solo nya asuka, di ada gerakan jari nya membentuk huruf L juga tapi kali ini, dimulai dari tangan sudah di angkat ke atas dan dilanjutkan dengan diturunkan ke bwh (Menit 04.10)
    hahaha keliatan kyk naachan kmrin, di lanjutkan ke asuka.

    Mirip Kiminonawakibou lol. Gua gk nyangka trnyata gk cuman gua aja yg brfikir demikian, entah kenapa sekali selesai ntn mv nya, gua langsung keinget kimi kibou, synchro, sedikit influ dan kaerimichi

    MV nya kyk mau blng, “Welcome to Musical era of Nogizaka, and goodbye to Model era of Nogizaka”
    gua rasa cmn gua doang yg berfikir gini

    Untuk seragam.. ahhhh akhirnyaa tampil dengan seragam yg berbeda untuk semua member
    Aku suka bgt, Wrna ungu dan putih, well ada bbrp yg ungu muda dan bahkan ada yg soft bgt ungu nya kaya baju nnya manatsu, jadi gk selalu putih ungu kesan nya, bagus
    Silahkan menonton MV nya di TV besar anda, karna rasanya sangat wow, Contrast perpaduan semua warna yg ada di MV ini adem bgt di mata.

    Sempet berharap inochi di tampilkan dengan kostum yg berbeda” yg di pakai Member di MV nya, tapi kyknya gk prnh trjadi ya??

    *Sedikit khawatir tapi jga berharap saat tahun ini di buka dengan MV seperti ini, maka MV seperti apa lagi yg akan kita liat nantinya 🙂
    Totally excited

    1. Ane gak sampe 10 kali pas review doang. Kelar review, berhenti deh 😀

      Lah detail amat sampe merhatiin gerakan jari2 segala om 😀 Entar ane coba nonton lagi deh 😀

      “MV nya kyk mau blng, “Welcome to Musical era of Nogizaka, and goodbye to Model era of Nogizaka”
      gua rasa cmn gua doang yg berfikir gini” Hmmm, enggak juga deh, kalo dibilang musical era, ini baru satu MV loh 😀

      Kostum kali ini bagus sih, gak terpaku satu desain. Tapi ya ini palingan cuma di MV aja sama kaya Inochi. Kalo dipake buat live, mentok juga palingan di first live doang kali.

      Gak jauh2 deh, Under MV, coupling MV, itu aja bikin agak gimana setelah title song yang kaya gini 😀

  9. MV dan koreo bagus, cma jd ada sedikit kekhatiran dri ane soal koreo, gerakan Influencer sma Synchro mnjrut ane berbeda meski sma2 ditangani Seishiro, nah tp antra Synchr sma Sing Out bnyak style grakan dance yg klihatan mirip, nah ini yg buat ane khawatir, klo Seishiro jd langganan kyk Keyaki sama Takahiro, moga gak selalu make pakem yg mirip2 yg klo sekali dua kali lihat masih ok tp klo dah sering kihat style yg sma malah jd bosan, semioga cma kekhawatiran ane.

    Untung ada part solo Asuka, klo enggak ane bakal mikir nih lagu Wcenter IkuMai 😀

    Untuk Miria untung masih bisa klihatan apalagi ada scene yg jg ngelihatin kmampuan dance dia 😀

    Akhir, nilai 4 / 5

    1. Ya kan gimana koreo tergantung sama lagunya pak. Tapi masa sih semirip itu? Ane gak ngerasa bener2 ada kemiripan yang mencolok sih.

      Karena dress code mereka kembaran atau apa? 😀

      Syukuran dong 😀

  10. Wah! Bener gan Habu! gara2 dance-nya ngangkat rok. Dan karena ane netijen.. sampai2 MV Oide shampoo pun ane anggap mirip dengan Synchro. Memang cuman gara-gara “Ngangkat Rok” sih. XD

  11. Lagu dan MV nya emang bagus dengan nuansa yg baru dari Nogi, tapi ntah kenapa ane mencoba menyukainya tapi tetep biasa saja. Kalo dibanding Synchro ane jauh lebih suka Synchro. Di Synchro story dan koreonya terasa dalam banget, ishonya juga lebih suka Synchro yg putih polos. Bukan berarti Sing Out jelek ya, cuma kurang klop aja di ane. Kalo dibilang kurang sreg karena member favorit gk masuk, tidak benar. Karena udh biasa seperti itu.

    1. Ya emang kan, kaya yang ane tulis, segmented MV model begini. Dibandingin sama previous MV juga wajar sih. Soalnya bedanya gak sedrastis 17-20, jadi ya wajar ada yang suka ada yang enggak.

      Gak semua fans suka Nandome juga, ada juga yang demen banget sama Taiyou Knock kan? 😀

  12. Berdasarkan pengalaman taon kmrin..sejak influencer… Nogi pasti cmn ngrilis single yang niattt bgt cman pas awal taon aja.. pasti habis ini mpek akhir taon single x nogi pasti bisa dibilang meh..jadi yg diandelin nogi buat JRA pasti single ini….. kecuali keya…setiap rilisan pasti da kejutan.. (walopun konsepx ttp dark) hhe….
    Rilisan hinata masih blum se cetar ma 2 kakakx (sori gg ngikutin yoshimoto sma skli).. mgkin yg dibandingin jangan ma kyun y.. mgkin sing out ma kuroi msih bisa dbndingin ma joyful love (dri segi sinematografi dan artistikx hhe)…

    Yah ttg mizuki..saya sdah iklas koq…hhe

    Btw si momo tambah ndut ya … palagi pas tgc kmrin…bodi x emg tipe bulet kyk tmbh berisi…

    1. Lho kan emang spring single itu seringnya jadi forte Nogi, gak heran dong. Down bener di summer, naik lagi di fall. Ini sih siklus tahunan 😀

      Hinata masih butuh waktu buat nyaingin dua kakaknya, tapi anehnya, di JCD, Kyun masih ada di rank atas loh.

      Gak merhatiin Momo sih, malah gak merhatiin siapa yang mana di MV ini, udah kena sama konsepnya duluan 😀

  13. MV terbaik nogi sejak synchro review gw 11 12 ama Mac
    sempat berharap MV nya lbh wah kek greatest showman tpi sadar LLC kan tdk suka boros 🙂

    langsung review lagu ah mumpung inget wkwk
    pas title song diumumin dan denger teaser d twitter , sempt berekspetasi lagu nya bkl upbeat ala musikal sirkus , lagunya bagus sih relaxing gitu ,tapi cpt bosan soalnya lagunya slow malag suka versi yg di speed 1,25x 🙂 dasar akuu

    1. Being said, MV ini bisa jadi langsung jadi Top 5 di Best Sakamichi MV versi ane 😀

      Lagu, masih ane pending review deh. Nilai lagu dari MV doang itu kurang kalo buat ane. Dan gak nyobain speed 1.25 juga, pas udah review MV ini, beralih lagi ke negeri sebelah ane 😀

  14. untuk MV keknya setuju aja ama Mac walaupun gw maunya kek ala” greatest showman indoor tpi megah tapi sadar LLC anti boros boros club 🙂

    Review lagu ah mumpung ingat wkwk
    Lagunya kek tender days coupling nandome vibenya ,relax dan nostalgic tpi pas bbrp kli dngr udh bosen krn sdh disuguh kuroi yg ala ballad

    pdhl pas diliat judulnya (pke ! pula) kirain lagunya bakal epic ato gk upbeat tpi ya udhlah fans modal kuota mah bisa apa 🙂

  15. Ya bagi ane sih gtu, ya mungkin cma prasaan ane aja 😀

    Ya dresscode jg, lbih mnonjol aja aura ceria mreka, yah namanya jg kombi ikumai 😀

    Ntar aja pas lebaran, sekalian open house 😀

Leave a Reply