XXIII Senbatsu : A Slightly Silly Story

Setelah prediksi, dan menunggu beberapa saat, akhirnya Nogizaka 23rd senbatsu diumumkan lewat Nogichuu pada 14 April 2019. Seperti prediksi yang sudah bisa diperkirakan lebih dari 60%, tidak banyak yang mengejutkan dari senbatsu kali ini.

Beberapa hal yang mengejutkan mungkin antara lain jumlah senbatsu yang kembali naik setelah satu tahun dengan 21-nin. Kali ini 22-nin senbatsu yang mana adalah yang terbesar dalam sejarah Nogi. Not exactly a preferable number, but ok, I’ll movin’ on.

Selain itu, jelas pengumuman hiatusnya Mizuki yang hanya dalam hitungan hari sebelum Nogizaka 23rd senbatsu ini diumumkan. Bukan yang pertama mengumumkan hiatus, tapi jarak waktunya yang terlalu pendek membuat cukup riak yang jelas terlihat.

Well, langsung saja dibahas per row untuk Nogizaka 23rd senbatsu ini dari kacamata Mac Orion.


3rd Row

Jelas 3rd row yang ditambah jumlahnya setelah menjadi 22-nin. Dan bagusnya disini mereka menambah 4 nama yang sebelumnya tidak ada di senbatsu Kaerimichi. Aachan yang kembali setelah Jikochuu, sama dengan Renka, bisa dibilang reuni yang oke.

Jikochuu sukses tahun lalu, dan memang agak mengejutkan bagaimana mereka berdua bisa kembali senbatsu hanya berselang satu single. Not that I’m complaining, it’s just unusual. Nah, tapi topik utama dari 3rd row jelas bukan itu, melainkan Tama dan Miria yang mendapat senbatsu pertama.

Well, untuk Tama sudah kuprediksikan kali ini memang gilirannya, hanya Reno yang meleset karena hanya satu dari Gen 3 yang dirotasi kali ini. Tapi karena Miria masuk kali ini, aku hanya bisa bilang omedetou. Selalu kubilang kalau menyangkut kans Miria senbatsu, keep the faith.

Guess the faith paid off now, eh? For me it way past her prime, but better late than none. Hanya saja, karena cuma 3rd row, dan jumlahnya ditambah pula kali ini, jangan berharap banyak deh. Bersyukur saja penantian panjang -5 tahun- sudah terbayarkan.

2nd Row

Seperti yang kuprediksi, Kuboshi akan langsung kembali ke 2nd row. Begitu juga dengan Kiichan. Sepeninggal Yumi dan Misa, dan masuknya Ume ke 2nd row menggantikan Miona, praktis tidak ada perubahan dari Kaerimichi. Reika, Hoshi, Ringo, dan Manatsu….. sudah berapa lama mereka ada disini?

Well, kalau untukku, mungkin kecewanya cuma turunnya Ume saja. Sebelumnya sudah kubilang kalau diantara member Gen 3 lain, dia yang paling kuharapkan bisa jadi face Nogi. Bahkan lebih dari Mizuki. Guess I’m gonna sticking to tarot for a time being.

Apalagi ya? Kejutannya tidak ada lagi sih. Dari prediksiku, hanya posisi Momo saja yang digantikan Ume. Kiichan dan Kuboshi sendiri memang sedang banyak dibicarakan, jadi adil. Oh ya satu lagi deh, balance di 2nd row adalah yang terbaik dari senbatsu ini. Dan Ume-Reika di ujung ke ujung? There’s hope…

Front Row

Tidak banyak berbeda dari senbatsu Kaerimichi, Yoda jadi satu-satunya selain Tridente Iku-Ashu-Maiyan yang bertahan. Mizuki yang out digantikan Miona, Kaz menggantikan Naachan, dan Momo menggantikan Ume. Oke, ini bukan formula pastinya ya.

Dan sejujurnya, selain Kaz, semua member disini masuk akal, setidaknya masuk bursa taruhan sebelumnya. Tapi Kaz? Ada apa pula ini? Ini jadi salah satu kejutan terbesar di senbatsu ini. Sampai artikel ini naik pun, aku masih belum menemukan alasan tepatnya Kaz naik ke front row setelah beberapa tahun.

Dan apa yang kubilang tentang center? Pilihan aman. Main aman jelas bukan sesuatu yang aneh, apalagi setelah Naachan out, mereka butuh member yang sudah punya nama ketimbang coba-coba dengan member baru. Oke, bisa dipahami, tapi sampai kapan? Menunggu SSR Gen 4 muncul di Nogifes?

Dengan front row seperti ini sih, mau mengeluh kesannya tidak tahu diri, menerima apa adanya sendiri rasanya pahit di mulut. Oh, whatever. Que sera sera. Whatever will be, will be. I’m holding no grudge about this front row, but it was boring af.


Well, Nogizaka 23rd senbatsu kali ini memang tidak ada yang spesial (lagi). Memang, untuk kompensasi 4 member yang grad, plus satu yang hiatus, ada 6 nama yang tidak ada di single sebelumnya. Win-win solution dong berarti? Ya dan tidak sih.

3 dari 6 memang jadi fans favourite untuk senbatsu, jadi kembalinya mereka sama sekali tidak mengejutkan. Sisa 3 member lainnya ini yang jadi pertanyaan. Tidak ada alasan selain jadi penggembira yang bisa kudapat dari masuknya mereka. Oh sebelum itu, tahu kan siapa saja member yang kumaksud?

……tidak?

I don’t care. Yang pasti sih, alasan mereka masuk kesini tidak lebih baik dari kenapa beberapa nama seperti yang kusebut di prediksi; Kanarin, Chima, Ranze, Renachi, Karin…. tidak masuk senbatsu. And puh-leeze, don’t start whining about why them didn’t make it.

Cry me a river, build a bridge and cross over it ‘kay? Alasan kenapa banyak yang menjagokan mereka senbatsu dan marah saat gagal, tidak lebih dari sentimentil. It’s pure business. Sama seperti mereka yang sudah grasa-grusu duluan saat gosip Mizuki akan jadi center.

Karena alasan dia jadi center Sakamichi AKB -yeah, I stilll didn’t touch that one up- dan individual jobs yang levelnya tinggi -semata karena peran sebelumnya dimainkan Naachan- dan satu yang paling konyol; itu hanya gosip tapi banyak yang overacting. Get lost, please.

Beberapa tahun ini aku selalu bilang fandom Nogi lebih tenang bahkan dibanding Keyaki, tapi setelah tongkat estafet diserahkan pada Gen 3, masih saja banyak yang tidak terima. Dan yang begitu itu biasanya sama dengan mereka yang setuju pada ide regenerasi.

Dengar, ini pertama kalinya aku bilang begini; teruskan dan lama-lama kalian akan menganggap fandom Keyaki yang toxic itu seperti taman Eden.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

23 thoughts on “XXIII Senbatsu : A Slightly Silly Story”

  1. Pertama sedih dan khawatir ya pas tau Mizuki Hiatus… Jadi GG semangat bakalan ngikutin senbatsu kali ini. Khawatir Mizuki bakalan meredup kyk kuboshi kmrin. soalx rivalitas gen 3 untuk menjadi garda terdepan lumayan ketat. Apalagi mungkin ini single yang disiapin buat dijadiin jagoan penghargaan akhir taun kyk influence ma Synchro. Jadi takut Mizuki GG dapet hype dari single kali ini. Tapi walopun nanti Mizuki balik pas 24th single kayakx ttp lgsung balik k senbatsu GG kayak nasibx kuboshi yg harus mampir k under dulu.
    Tapi pas liat daftar senbatsunya kayakx AQ GG perlu khawatir ya. Liat Yoda surprisingly masih stuck di tempat pojoknya yg gembor2x bkln di push abis2an stelah naachan graduate. Dan ume yang tak kira stelah Mizuki out bakalan menetap di first row. Kalo mnrutq ume itu bakalan dijadiin next captain deh liat posisix sama2 pojokx ma reika. Soalx juga pas di VCR konser di Taiwan kmrin. Hashtagx ume “leader” kalo GG salah. Kalo Yoda “future” kalo Mizuki “hope”. Mungkin ume bklan menetap disitu kayak nasibx sayuringo manatsu reika dan misa. Terus momo mgkin mentara di first row y biar gen3 di depan balance soalx Mizuki out.
    Untuk ashurin center. GG kaget sih. Liat job model majalah dan daftar iklanx bejibun. Cmn hype single ini jadi turun hhhe. Kykx management seakan2 ngukuhin kalo face x Nogi sekarang ashurin. Untuk bursa miona mewakilin gen 2 untuk jd center lagi kykx smkin menurun ya. Mungkin nggu miona ngumumin graduate kalo Dia nyenter lagi..
    Berharap single ini memuaskan itu ja. Di samping Mizuki out dr senbatsu. GG begitu suka komposisi senbatsux yg nambah jadi 22. Soalx AQ berharap senbatsux malah berkurang hhe

    1. Perbedannya, pas Kuboshi hiatus, dia lagi on rise tapi gak ada pilot project, Mizuki udah ada Video Girl Ai, jadi gak mungkin rasanya dia bakal meredup pas balik nantinya.

      Oh, soal Ume dibilang next leader atau apa namanya, coba baca2 postingan ane dari 2017 akhir-2018 awal deh 😀

      Miona center=graduation single? oh come on, kasihanilah bapak kos serigala yang bakal nangis gulung2 😀

      Yeah, 22-nin bisa dibilang overcrowded deh, gak ada balance sama sekali, makanya ane juga meh sama single ini nantinya.

  2. pertama gua kecewa dan sedih bat ranze ga masuk senbatsu. apalagi senbatsu nya nambah jadi 22 w pikir ranze jadi macem yuri ( natsu onna ) kalau ranze ( haru onna ) tapi ternyata terpatahkan oleh single kali ini benar benar. setelah habis pengumuman row 3 w langsung drop dan males bat buat nonton . tapi apadaya masih penasaran :v
    tapi w cukup senang dengan masuk nya tama , miria dan hinako secara w gen 2 oshi dan ayane come back senbatsu cukup membuat kekecewaan w sedikit hilang.
    tapi tetap saja tak bisa menerima kenyataan ini :'(
    mantan mantan fukujin gen 3 dimasukin senbatsu keknya lagu ini emang bakalan ngincar award lagi dah secara member terkenal semua yang masuk senbatsu + push member .
    benar min w jga agak terkejut gitu kenapa bisa takayama masuk front row , padahal dia nggak ada event apa apa pb nya pun jga kurang tapi novel nya laris sih. w pikir yg ganttin mizuki itu matsumura dan ume netap di depan . ternyata benar benar dirombak.

    dan selamat buat hinako , ternyata perkiraan fans benar. moga dia jadi member langganan senbatsu kek miona sama maicun
    ga nyangka jga buat riria sama kaede mereka bisa lanjut w pikir antara mereka berdua ada yg turun.

    pokoknya satu kekecewaan w disini cuma adanya di ranze doang. kenapa oh kenapa ranze kurang push secara aura nya dia ga jauh beda sma asuka.

    and under kali ini benar benar sedikit dalam sejarah nogi
    cuma 10 orang
    karin dan yuri gak berpartisipasi dalam single ini benar benar 🙁

    1. Dua tahun lalu, Ranze miss banyak kesempatan loh, makanya gak heran dia jadi gak banyak dilirik lagi.

      Kenapa Kaz? itu jadi pertanyaan banyak orang sih ya. Ane sih gak begitu masalah ini itunya, she deserved it, yah, sisi positifnya, vokal di single ini nantinya bakal lumayan deh, gak se-boring biasanya. (lets hope so)

      Gak mau spekulasi soal Under deh, yang ane selalu liat sih mereka seringnya lebih oke dengan jumlah member yang sedikit.

  3. akhirnya setelah penantian panjang sejak fuusen.. omedetou dedek miria..
    senbatsu kali ini nikmat mana lagi yang kau dustakan

    cuma agak jadinya sedikit kawatir nih.. underlive bener2 harus ekstra power dengan jumlah under yg smakin minimalis kecuali gen 4 ikut diperbantukan

    satu lagi yg jadi perhatian soal kaz yg tiba2 lgsg maju jd frontliner (apakah ini tanda-tanda akhir zaman.. eh salah.. maksudnya kalo mengutip kata roy kiyoshi “saya mencium aroma graduation”)

    1. Miria ya? Bolehlah diselamati, tapi jangan lupa, di posisi ini, mendingan jangan berharap banyak *evilmodeon 😀

      Soal Under, pass deh 😀

      Kalaupun grad, gak mengejutkan lah. Kuota prediksi ane soal siapa yang grad tahun ini masih 20% nih 😀

  4. Ane ga puasnya karena jumlahnya membernya lebih banyak. Tapi dilain sisi, kalo gen 4 ga ikut Under, dan ane berharap memang mereka ga diikutkan, jumlah Under bakalan kecil, jadi mirip formasi Fuusen. Ane suka jumlahnya Fuusen. Jadi, oke deh. Yang penting Under dapat lagu yang enak, itu aja deh. 😀

  5. Kok kyknya bnyakb yg mempertnyakan knp Kaz dikasih front row ya, klo ane sih OK2 aja, mungkin ini hadiah berkat penjualan novel dia yg laris, usha dia sndri yg bkn hnya semata-mata krn push dri mnjemen.

    Selamat deh buat semuanya, trutama Miria. Moga om senshiro bisa ngeracik jumlah senbatsu yg makin mmbengkak ini dgn baik biar yg baris 3 gk skedar numpang lewat aja.

    Buat Under, smoga kuat, cuma 10 member wak.

    1. Itulah, tapi emang wajar sih. Kapan coba terakhir kali dia front row? SayoImi loh pak. Banyak yang inget itu single cuma karena Nanamean.

      Keep the faith, tapi kenyataan tak seindah mimpi loh pak, apalagi 3rd row 😀

  6. Setuju! Ane juga masih belum menemukan Alasan kenapa Kazumi bisa menempati Row depan. Karena Trapezium mnurut ane juga nggak bisa menajdi sebuah faktor disana. Kalau hanya “Member yang sudah terkenal” bagi Kazumi kesannya kok nggak dari dulu dia ditaruh didepan? Di sayoimi juga kesannya dia hanya seperti Pelengkap karna waktu itu bisa dibilang Miona masih belum waktunya mencapai row depan kembali dan Asca yg terlalu canggung untuk di taruh di Pojok (Meskipun row depan).

  7. iya min.. ranze miss banyak apa aja?

    y gw sadar sih.. 3rd row bisa dibilang cuma numpang lewat
    tp bagi dedek2 nogi yg g pernah ngerasakan senbatsu mngkin bisa jd oase d padang gurun buat mereka

    o y sejauh yg gw ingat y
    dulu awal2 kan gen 1 digilir pokoknya semua bs ngerasain senbatsu (kecuali beberap yg blm dpt jatah tp keburu grad)
    trus awal2 gen 2 jg digilir tp cuma smpai influencer & nigemizu k atas sdh g dilanjutin (itu kenapa y?)

    1. -Pertama. Ini udah lebih lama sih ya gak dari dua tahun lalu aja sih, berapa unit yang Ranze ikut? Dia gak bisa dibilang gak dapet push, malah termasuk yang paling banyak. Tapi gak bisa memanfaatkan kesempatan aja. Ini miss pertama.
      -Kedua, waktu Iori gagal total airdropped push-nya, Ranze termasuk yang paling depan buat gantiin, dan kalah sama Maichun yang karakternya fresh. Miss kedua.
      -Ketiga. Dia lebih “menguntungkan” manajemen kalo ditaruh Under. Disana dia selalu front row, pemasukan gede dari Under Live, fans puas. Sementara maksain senbatsu di waktu Gen 3 udah ada, siapa yang lebih menguntungkan; muka lama yang udah minus dari segi interest, sama muka baru?

      Gen 2 udah gak bisa ditolong selain narasi “late bloomer” dan itupun udah gak terlalu ngefek. So, emang bukan total miss dari Ranze, tapi juga ada faktor yang terlalu meng-highlight member grad daripada subs.

      Kenapa sejauh ini cuma Gen 1 yang rate senbatsunya paling tinggi jelas karena waktu mereka lebih banyak. Waktu pencarian identitas sampe kennin segala, tapi toh gak semua juga ngerasain senbatsu yang berfaedah. Berapa lama Kanarin nunggu sampai masuk senbatsu lagi? Yamato & Seira senbatsu dan gak lama dipecat. Chiichan butuh 10 single untuk senbatsu -ini kalah sama banyak Gen 2 sih-

      Gen 3 yang paling mungkin dapet rotasi senbatsu, makanya ane jagoin Reno juga senbatsu kan. Manajemen udah sadar kalau gak dirotasi, selain fans bakal ngomel2 lagi, duit berpotensi ilang. Sebelum terlambat, strategi lama dijalanin lagi.

  8. Sayo imi ya, lumayan dah lama juga ya 😀

    Tak pa lah, yg penting ntat klo lukus di rekam jejak pengalam di CV dah bisa nulis “pernah senbatsu” 😀

Leave a Reply