Sakamichi Review : Hinatazaka46 Kyun

Akhirnya single debut Hinatazaka46 Kyun dirilis pada 27 Maret 2019. Ini akan jadi Sakamichi Review pertama untuk single Hinata. Well, hanya satu bulan sejak Kuroi Hitsuji, jadi agak sedikit malas untuk mereview Kyun secepat biasanya. Faktor malas jadi salah satu alasan kenapa review ini agak terlambat.

Alasan lain adalah beberapa minggu terakhir ini perhatianku cukup tersita oleh banyak idol dari negeri sebelah, debutan atau lagu comeback yang oke, atau berita-berita kurang menyenangkannya juga. Lalu ada juga faktor MV-MV Hinata tidak memenuhi ekspektasi.

Well, yang pasti sekarang Sakamichi Review untuk Hinatazaka46 Kyun sudah rilis, jadi ini dia langsung saja. Dan selamat berakhir pekan.


Covers Coverage

Ada 4 cover seperti biasa. Type A untuk tridente Hinata di single ini; Ramen, Nao, Katoshi. Untuk Type B ada mereka yang jadi front row -well, mungkin istilah front row sendiri kurang tepat juga- karena di Type C juga ada Miho dan Memi, juga Otake. Hanya di Regular saja yang jelas diisi member 2nd-3rd row.

Overall, untuk cover Hinatazaka46 Kyun ini terbilang biasa saja sih. Tidak ada yang terlalu spesial, vibe yang ada di tengah Nogi dan Keyaki juga tidak membantu. Biasanya, Type B dengan mudah akan jadi cover favoritku, tapi kali ini, kesannya malah gak dapat, apalagi dengan seifuku berwarna biru.

Yah, dari empat type, rasanya yang paling cocok dengan image Hinata adalah Regular, karena yang paling cocok dengan title song mereka.


Tracklist

Sakamichi Review : Hinatazaka46 Kyun MV

Kyun (キュン) / Senbatsu

Well, seperti yang kubilang pada review MV, aku merasa kalau Kyun akan lebih oke dari segi lagunya. Dan memang saja, aku merasa kalau memang lebih enak mendengarkan lagunya saja. Masih ada sedikit yang sejujurnya tidak kusukai, seperti bagian “kyun kyun kyun kyun doushite”

Tapi untungnya selain bagian itu lagu ini terbilang decent paling jeleknya. Aransemen masih bisa diterima, apalagi kalau mengingat lagu ini akan jadi benchmark untuk lagu Hinata kedepannya. Not bad, but not exceptional. It was good, and lack punch, something I’d like to hear from Hinata.

Rate : ♥♥♥♥

Sakamichi Review : Hinatazaka46 Joyful Love

JOYFUL LOVE

Yah, karena lagu ini sudah terlalu lama keluar sebagai jingle iklan dan dibawakan live juga, kejutan dari lagu ini sudah tidak ada. Selain itu ada beberapa bagian dari lagu ini yang terdengar agak aneh dari aransemennya. Seperti ada satu-dua bagian yang dipotong agak kasar.

Selain itu bagian vokalnya juga trembling dan cukup sering, padahal ini tidak terdengar di MV. Padahal kalau dibilang range Joyful Love tinggi tidak juga. Intinya detil kecil di lagu ini membuatku tidak bisa bilang kalau ini adalah lagu yang 100% oke.

Rate : ♥♥♥

(Type-A) Mimi ni Ochiru Namida (耳に落ちる涙) / 1st Generation

Mao, Sarina, Memi, Ramen, Kiku, Miipan, Manafin, Otake, Mei, dan Katoshi ada di unit ini dimana yang terakhir jadi center. Mengingat Otoko Tomodachi Dakara jadi salah satu lagu yang paling kuingat dari Hashiridasu Shunkan, ekspektasiku cukup tinggi pada lagu ini. Dan lagu ini jadi favoritku dari Hinatazaka46 Kyun.

Memang jelas bukan vokal yang jadi nilai jual utama dari Mimi ni Ochiru Namida, dari musiknya juga biasa saja. Hanya ada kesan untukku -ini sepenuhnya preferensi pribadi sih- kalau ini adalah lagu yang paling bisa menggambarkan Hinata dari single ini.

Rate : ♥♥♥♥

Sakamichi Review : Hinatazaka46 Footsteps

(Type-B) Footsteps / Kato ShihoSasaki KumiSasaki MireiTakamoto AyakaKosaka Nao

Model 5 atau apalah namanya, yang ingin kubahas adalah lagunya. Dan sekali lagi, mendengarkan lagu ini tanpa menonton MV-nya memberi nuansa yang berbeda. Lebih bisa diterima dan sekaligus membuat bertanya-tanya kenapa antara lagu dan MV bisa membuat kesan yang berbeda jauh seperti ini.

Footsteps memang bukan lagu yang mengincar pendengar yang ingin musiknya. Aku mendapati penggunaan instrumen tiup di lagu ini annoying, it feels like an unnecessary touch up. Belum lagi vokal Katoshi yang noticeably kurang stabil seperti Mimi ni Ochiru Namida.

Rate : ♥♥♥

Sakamichi Review : Hinatazaka46 Tokimeki Sou

(Type-C) Tokimeki Sou (ときめき草) / Senbatsu

Nah, kenapa lagu ini disebut dibawakan senbatsu masih jadi tanda tanya sih. Kenapa tidak dibilang all members saja. Ya itu pembahasan untuk lain kali sih, kembali ke Tokimeki Sou. Ini adalah lagu paling upbeat dari Kyun, cukup lah untuk memberi warna berbeda.

Enak didengarkan di pagi hari, atau disaat butuh mood booster, Tokimeki Sou bisa masuk playlist. Kekurangan dari lagu ini mungkin antara suara instrumen dan vokal member sekali-dua kali tidak satu tarikan nafas. Genjrengan gitar dan drum terdengar sedikit random.

Rate : ♥♥♥♥

Chinmoku ga Ainara (沈黙が愛なら) / 2nd Generation

Setelah Gen 1, sekarang giliran Gen 2. Yah, ini sih menghapus teori kalau semua member Hinata ada di satu generasi sekarang. Nah, ekspektasiku jelas karena sebelumnya Hanbun no Kioku jadi lagu yang oke dari Gen 2. Kali ini sayangnya agak menurun.

Chinmoku ga Ainara terdengar seperti lagu biasa saja yang jadi pengisi kekosongan satu track. Tidak ada kesan oke seperti sebelumnya. Yah, mungkin saat Sakamichi Best Songs 2019 bisa jadi ada perubahan, tapi untuk kali ini aku pass untuk lagu ini.

Rate : ♥♥♥


Conclusion

Overall, Hinatazaka46 Kyun ini bisa dibilang debut yang lumayan. Lumayan saja, dari materi tidak begitu menonjol. Dan meski Kyun jadi debut single paling laris dari Aki-P, itu lebih karena mereka sedang hype saja sih. Dari lagu-lagunya, aku pribadi tidak bisa bilang single ini exceptionally good.

Okelah, Kyun dan Tokimeki Sou mungkin bisa dibilang lagu yang bagus, but they lack identity. Not my typical to concerned about this, but yeah, for Kyun and all of those hype, I’d like to see some bolder sound. Untukku tidak banyak yang menarik dari Kyun sebagai debut single.

Hangat hangat kuku seperti Guru Guru Curtain saja rasanya. Untuk itu, angka 359.528 yang dicatatkan di hari pertama rasanya bisa kubilang overrated. Sorry to say. Kenapa angkanya bisa setinggi itu lebih karena….yah….independensi, merdeka, fandom Hiragana-only days jelas berusaha sekuat mungkin untuk Kyun.

Kyun 6th Round HS

01. (01.) 24/24 (+00) Kanemura Miku (1st round sold out!)
01. (01.) 24/24 (+00) Nibu Akari (1st round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Kakizaki Memi (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Saito Kyoko (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Kato Shiho (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Sasaki Mirei (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Matsuda Konoka (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Kosaka Nao (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Kawata Hina (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Miyata Manamo (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Watanabe Miho (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Higashimura Mei (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Takamoto Ayaka (2nd round sold out!)
03. (03.) 24/24 (+00) Ushio Sarina (2nd round sold out!)
15. (15.) 24/24 (+00) Tomita Suzuka (3rd round sold out!)
15. (15.) 24/24 (+00) Sasaki Kumi (3rd round sold out!)
17. (17.) 24/24 (+00) Hamagishi Hiyori (5th round sold out!)
18. (18.) 02/24 (+01) Takase Mana
19. (18.) 01/24 (+00) Iguchi Mao
Total: 411/456 (+1 since 5th round) [90.1%]
1st Gen: 195/240 (+1) [81.3%] 2nd Gen: 216/216 (+0) [100%]​

[collapse]

Nah, diatas adalah HS untuk 6th round. Masih dengan kasus yang sama dimana the rich get richer and the poor get poorer. Yah, ini bukan yang pertama kali di Sakamichi, tapi dua member paling bawah tetap ada di posisi ini sejak….katakan saja sejak dua tahun lalu.

Quite polarized and who knows what will goes on? Not to mention Kage’s seemingly never ending hiatus. Hinata adalah versi lebih ekstrim ketimbang Nogi dan Keyaki dalam urusan HS. Tapi ini pembahasan untuk lain waktu, kalau ada perkembangan terbaru.

Terakhir, bagaimana pendapat kalian sendiri untuk Kyun? Sebagai debut single apakah bisa dibilang decent?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

  1. Kyun!

    Untuk single debut jelas ini menurutku Bagus,
    well se enggaknya ini bisa kita jadikan comparison untuk single ke-2 nanti

    Lagu” nya sndiri ckup enak di dengar, walaupun ada bbrp MV yg hmmmm,,, just hmmmm wkwkwk

    Kalo harus mencoba kasih score untuk lagu dan VM nya ya

    Kyun!
    Song: 3
    MV : 4

    Joyful Love
    Song: 3.5
    MV : 4.5 (kalo kalian punya tv ckup gede di rumah, coba deh ntn disana, gua terpukau dengan gambar nya wkwkw)

    Mimi ni Ochiru Namida
    Song: 3
    — mac punya pendapat yg sama dengan bbrp member hinata sepertinya, gua sndiri belom paham akan “kenapa” ini bagus. Mungkin gua harus nyari translation nya dulu ya

    Footsteps
    Song: 4
    MV: 3.5 (Pemilihan warna nya aku suka, sejuk dimata aja)

    Tokimeki Sou
    Song: 4 (Gua sndiri gak heran bila mereka tadinya mau pilih ini untuk main single wkwkwk, tapi ya Kyun! lebih cocok wkwkw)
    MV: 4 (lagi lagi gua suka aja dengan MV nya, enak aja ntn nya, walaupun gk membuat gua ntn 2x, tapi kesan pertama gua cukup bagus untuk lagu ini)

    Chinmoku ga Ainara
    Song: 3
    — Hmm trlihat dr pooling di atas… 0% yg pilih ini
    Engga jelek… tapi gmn ya, seperti yg mac bilang, trlihat seperti untuk mengisi sebuah slot kosong di track list , soo ini di masukin, Engga jelek. tapi…

    SUMMARY:
    3.5 untuk Kyun!

    Gua senang dengan hasil yg mereka dapat untuk debut mereka (Terlepas dari AIUEO akan hal” yg akhirnya bisa membuat mereka dpt angka gede untuk single mereka)
    dari sini semoga hinata bisa menjadi lbh baik,, apakah mereka akan lbh banyak ke purple line?? atau mereka akan MIX dengan warna saudara kembar nya 🙂
    wkwkwkw

    • Debut yang lumayan lah, gak bisa dibilang hype banget, decent aja.

      Ane gak nyari translate Mimi ni Ochiru Namida, cuma dari musiknya aja. Music is universal 😀

      Kayanya pendapat soal cocokan mana antara Kyun & Tokimeki Sou buat jadi main single lumayan pecah ya. Kalau ane liat sih, kasusnya sama kaya pas Sekai ni wa Ai Shikanai & Katarunara

      Yep, bodo amat sama trivial things, gak ngaruh juga apa rekor Hinata bakal ditarik atau apalah. Hype udah dapet, yang ane harapkan sih cuma kedepannya aja.