K- Review : EVERGLOW Bon Bon Chocolat

Seperti yang kubilang di artikel sebelumnya, salah satu debutan akan segera hadir lagi dari alumni Produce 48. Sekarang giliran Wang Yiren dan Kim Sihyun yang debut dengan EVERGLOW Bon Bon Chocolat sebagai lagu debutnya. Nah, setelah menantikan debut EVERGLOW, bagaimana impresi pertama untuk mereka?

Nah, di 18 Maret ini akhirnya EVERGLOW merilis debut MV. Well, ini dia K-Review untuk EVERGLOW Bon Bon Chocolat.


Sebelum menulis review, harus kubilang kalau sebenarnya untuk ukuran debutan, daya tarik EVERGLOW untukku sementara ini baru dari visualnya. Yah, ini akan kubahas nanti, sekarang untuk MV dulu. Nah, Bon Bon Chocolat tidak bisa dibilang debut MV yang impresif atau enak di kuping. Subyektif.

Dengan konsep sexy yang rasanya sudah cukup lama tidak kita lihat di dunia K-Pop, dimana konsep girl crush atau cutie lovely lebih banyak dipakai beberapa tahun terakhir ini. Dengan konsep sexy, well, masih banyak yang bisa dibahas dari EVERGLOW. Pertama-tama dari MV.

Jujur saja, MV ini kurang bisa menampilkan visual yang jadi andalan EVERGLOW. Oke, untuk solo shot memang bisa dipuji, dan keseluruhan MV yang dark juga tidak bisa dibilang jelek, tapi masih butuh perbaikan disana-sini. Yah, ini juga faktor agensi yang belum terlalu berpengalaman juga sih.

Yuehua Entertainment lebih banyak diisi aktor, dan grup yang paling bagus dari mereka adalah WJSN yang separo-ditangani Starship Entertainment. EVERGLOW adalah girl group resmi pertama yang ditangani penuh, jadi wajar saja kalau debut EVERGLOW sedikit tersendat.

Beralih ke lagu, EVERGLOW Bon Bon Chocolat juga tidak bisa dibilang sebaik lagu debut dari Cherry Bullet deh, sama-sama punya member alumni Produce 48. Lagu ini lebih berat ke dance yang juga tidak bisa dibilang ikonik. Oke, memang unik, but it lacks punch.

Urusan vokal juga standar sih. Mia dan Sihyun saja rasanya jelas kurang untuk mengangkat sisi ini. Yang lain kurang mendapat bagian dan rap E:U juga biasa saja. Yah, intinya masih banyak kekurangan. Tapi sekali lagi, ini wajar untuk ukuran debutan. Kalau membuat standar dari (G)I-DLE sih jelas EVERGLOW kalah jauh.

Oh, mungkin review dari (G)I-DLE akan muncul sebentar lagi, kalau tidak ada halangan.


Nah, setelah membahas MV, kali ini untuk member-member. Seperti yang kutulis sebelumnya kalau EVERGLOW membawa visual yang membuat kagum, bukan sekedar untuk debutan atau sebagai girl group, tapi untuk waktu yang lama aku kembali dibuat kagum dengan hanya visual dari sebuah grup.

Well, Yiren dan Sihyun memang sudah dikenal sebagai visual sejak Produce 48, tapi member lain juga tidak kalah eye candy. Dimulai dari mana ya….mungkin dari yang paling menarik perhatianku saja sejak pertama. Onda yang identik dengan ponytail. An d I mean….that’s a killer. Who doesn’t love ponytail? You can never have enough ponytail.

Lalu ada Aisha. Untuk mudahnya, dia member paling tinggi dengan 174 cm. Dan agak sedikit mirip Yoojin dari IZ*ONE? Well, maknae line Onda, Aisha, dan Yiren jelas jadi member yang menurutku paling menarik dari EVERGLOW. Lalu ada leader E:U yang sekaligus member tertua dan berposisi sebagai rapper.

Terakhir ada Mia sebagai main vocal. Seperti yang kubilang diatas, susah kalau hanya mengandalkan Mia dan Sihyun. Nah, 6 member ini mungkin bukan line-up terkuat untuk girl group belakangan ini, tapi dari visual termasuk top notch. Satu spekulasi adalah apakah Yena akan bergabung setelah kontraknya di IZ*ONE selesai.


Overall, debut EVERGLOW ini terkesan biasa saja. Tidak terlalu spesial atau memenuhi ekspektasi setelah mereka merilis beberapa cover lagu di Youtube. Masih butuh waktu untuk melihat apakah mereka bisa menggebrak atau malah flop seperti banyak girl group belakangan ini.

Konsep sexy mungkin bisa dibilang outdated, dan ini jelas akan jadi handicap untuk mereka mendapat popularitas lebih. Satu-satunya jalan mungkin lewat variety, yah, dimulai dari self-made dulu deh supaya fans bisa mengenal mereka lebih jauh.

Yang pasti, meski agak kecewa, menurutku cukup layak menantikan kelanjutan cerita EVERGLOW kedepannya. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

6 thoughts on “K- Review : EVERGLOW Bon Bon Chocolat”

  1. Congrats akhirnya debut juga, terutama sihyun dan yiren.

    Pas denger pertama lagunya ane nyoba nyerna. Aransemennya berat ya buat debutan. Kayak buat boygroup gitu tp lagunya asik sih buat ngedugem 😀

    Buat mv emang gak banyak ekspektasi mah. Kalah flashy sama itzy. Kurang banyak editannya lol

    Untuk koreo sih ane malah suka gan. Penilaian yg bias karna lia kim 😀

    Eh ane baru sadar pas liat live nya mereka. Yg buat lagunya melanie fontana ya? Awal tahun udah dapat 2 proyek debutan aja

    Visual membernya oke. Cuma blm ada yg bikin ane tertarik buat follow up gitu. Yg agak menarik sih sihyun dari jaman rumor rumor rumor 😀

    Ini konsepnya sexy gan? Ane malah mikirnya girl crush. Jadi bingung sendiri 😀

    Moga hype nya masih bisa dijaga nanti. Sempet jadi trending kemungkinan sih bisa lah ya.

    Btw kasus hot disono gak dibahas gan? 😀

    (Lah jadi kepanjangan ya komen ane. Komen gini aja makan waktu buat berpikir :D)

    1. Mix reaction buat lagunya sejauh yang ane tau. Kalo dibandingin sama Itzy….tau deh, ane gak review itu MV, gak dapet kesannya 😀

      Live showcase maksudnya? Ane udah download tapi belum nonton penuh 😀

      Ya untuk sekarang mereka masih menang di visual doang sih, belum ada proyek baru buat follow up momen. Sekali lagi, ini grup dari agensi yang hijau jadi yah…

      Kasus hot? Burning Sun? Gak minat sih. Sampe salah satu program mingguan juga dicancel sih, bikin kesel 😀

  2. Lagunya too much autotune… ya sebenarnya tetap kedengan enak sih didengar, tapi jadi agak kurang ‘raw’ karena vocal member jadi serasa disama ratakan, serasa dengar solo jatuhnya.Beat dropnya asik… killing posenya harusnya sih unik tapi setelah lihat dalla dalla jatuhnya kaya copycat? Idk

    Bener sih biasa aja, gaada yang spesial dari debutnya mereka, tapi aku tetep coba ikutin mereka deh ya karena ada Yiren Sihyun.

    Yena kemungkinan ga dimasukin ke EVERGLOW? Tapi akan ada project Starship x Yuehua GG setelah IZ*ONE bubar dimana isinya Yena, Wonyo, Yujin mungkin? Damn boy that would be strong line up new girlgroup.

    1. Itulah, vokal jadi kekurangan banget.

      Ane masih bakal ngikutin grup ini seenggaknya untuk satu tahun ini 😀

      Kayanya tergantung gimana peruntungan EVERGLOW tahun ini, bukan gak mungkin juga entar digabung sama trainee Starship kaya WJSN. Yah, tapi kalo gitu bakal chaotic sih.

  3. Msh enak didenger sih gan dibanding maxstep. Gak dapet kesan apa gak ada yg diilerin 😀

    Mcountdown yg pertama ane liat

    Emang mesti liat next single sama treatmentnya agensi gimana ntar buat promosi mereka

    Apaan gan? 2d1n? Breaking news jd bikin geger khalayak. Kan netijen disono judgementalnya byk yg parah jd rating dan share nya pasti lebih tinggi dibanding acara biasa 😀

    1. Gak dapet sama sekali, lebih dapet Bon Bon Chocolat. Dalla Dalla kaya ada yang miss dari grup JYP aja 😀

      Nah, 2nd single itu biasanya yang bakal nentuin gimana promosi kedepannya. Ada yang mandek, ada yang terus tapi gak sukses. Repot deh.

      Iyalah. Akhir2 ini lumayan menarik lagi eh malah kena cancel. Goodbye season 3. -_-

Leave a Reply