Sakamichi Review : Hinatazaka46 Tokimeki Sou

Sakamichi MV paling baru Hinatazaka46 Tokimeki Sou sudah bisa dilihat di official website-nya disini. Aku masih belum melihat alasan kuat kenapa Hinata masih belum juga membuat Youtube channel sampai tulisan ini naik. Apa mereka menunggu sampai 27 Maret?

Well, apapun alasannya, MV tetap dirilis dan Sakamichi Review harus tetap jalan. Meski sama dengan alasanku saat review Joyful Love kemarin, terlalu banyak MV Hinata akhir-akhir ini dan semuanya sama. Tanpa variasi. Jadi untuk membuat semangat menulis butuh usaha ekstra.

Jadi apa sudah sampai di konklusi kalau MV ini membosankan? Langsung saja, Ini dia Sakamichi Review untuk Hinatazaka46 Tokimeki Sou.


Setelah Kyun, Tokimeki Sou adalah MV kedua yang dirilis dari single debut Hinata besok. Well, ini sudah MV keempat Hinata dalam 3 minggu, Kimi ni Hanashite Okitai Koto masih dalam nama Hiragana Keyaki dan begitu juga dengan Joyful Love karena sudah dari tahun 2018 kemarin.

Pengambilan gambar Hinatazaka46 Tokimeki Sou diambil di Yokosuka City Port. Sutradaranya masih Ikeda Kazuma. Koreografer untuk MV ini kembali ditangani Takahiro. Well….. formula yang masih sama. Sigh, entah apa review kali ini bisa dilanjutkan dengan obyektif.

Nah, MV ini punya kemiripan yang besar dengan Kitai Shiteinai Jibun. Bisa dibilang konsepnya mirip sekitar 90% mulai dari pengambilan gambar, camera works, sampai storyline. Sebelum membahas storyline, perlu diingat kalau ini jelas bukan storyline penuh seperti Nogi.

Oke. Secara garis besar lagi-lagi tidak ada storyline yang bisa atau layak untuk digarisbawahi. Yah, memang dibandingkan Joyful Love kemarin ada peningkatan sedikit sih. Setidaknya beberapa member punya peran dan mini-storyline masing-masing dan bukan cuma dance.

Seperti Kiku-Katoshi yang sedikit ambiguous. Ramen yang memakaikan make-up ke Hinano. Otake-Hina, Paripi-Sarina. Banyak yang mendapat couple saat mendapat skit masing-masing. Ada juga yang bertiga, dan lumayan banyak yang mendapat solo shot.

Lebih tepatnya mungkin ini banyak di simbologi sih. Pertama-tama saat opening scene, menggunakan bus mungkin adalah homage untuk Norikurieta Bus. Lalu saat Miho melempar kursi, tidakkah bentuk kursi yang menumpuk itu mengingatkan akan sesuatu?

Overall untuk storyline, meski tidak bisa dibilang memuaskan, lumayanlah untuk variasi. Lalu kenapa kubilang mirip Kitai Shiteinai Jibun? Well, sudah jelas lah ya, pengambilan gambar di Hinatazaka46 Tokimeki Sou ini banyak mengambil teknik dari Kitai Shiteinai Jibun.

Bukan cuma pengambilan gambar saja sih, tapi dari storyline juga. Which is exactly the weak point. Why did thou so? Running out of ideas should be expected, but to did it until this point, it is totally unacceptable. Sorry to say, but this MV didn’t do justice.

Nah untuk dance, rasanya tidak ada yang bisa digarisbawahi. Jelas bukan dance yang mudah menempel di kepala, tidak ada killing part sama seperti lagunya. Sementara untuk screentime, apa yang bisa dikeluhkan dari MV Hinata?


Overall, Hinatazaka46 Tokimeki Sou -sekali lagi- bukan MV yang membuatku berusaha untuk menulis review sedetil mungkin karena satu faktor; kebosanan. Yep, formula yang dipakai untuk MV ini begitu seringnya diulang jadi membuat reviewnya obyektif susah untuk dilakukan.

Mungkin aku ada sebagai minoritas yang melihat MV ini tidak menarik. Yah, memasukkan faktor bosan dalam review jelas subyektif, tapi mau bagaimana lagi? Kalau sudah lama mengikuti blog ini, pasti tahu bagaimana pendapatku tentang konsep yang terus diulang-ulang.

Untuk yang bilang MV ini bagus, aku tidak akan menentang. Memang bagus. Kalau saja ini adalah sesuatu yang baru, bukan yang sudah pernah dilihat tahun lalu dan 4 MV terakhir Hinata juga konsepnya hanya beda tipis-tipis. Aku tidak menemukan dimana menariknya Tokimeki Sou.

Bagus-bagus saja, tapi setelah 4 MV, ini seperti MSG, jadinya bikin eneg. Akhir kata, bagaimana pendapat kalian sendiri tentang MV Hinatazaka46 Tokimeki Sou ini? Menarikkah atau membosankan? Atau malah punya pendapat lain?

If I have a wish, it would be to hearing all of your opinion, other people’s thoughts.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

10 thoughts on “Sakamichi Review : Hinatazaka46 Tokimeki Sou”

  1. Menurut agan mac knp si nao yg ditunjuk jadi center d first single hinatazaka??di 4 mv hinata (trmsuk yg masih label hiragana) mnurutq walopun aq oshiin dia sejak dia debut. Aq merasa she still lack in various thing untuk mnjadi center. Berasa nao tu kombinasi antara neru ma paruru. Pa nao emg cocok dgn karakter yg mw diusung hinata ato emg dia lg naik daun. Aq sneng sih prediksi q benar kalo dia bakaln jdi facex hiragana. Tapi pas liat 4 pv kmrin jadi pikir2 lagi hha.

    1. Kenapa Nao? Well….mungkin alasan yang sama kenapa dulu Miona dan Ashu jadi center.

      Lack in center thingy…mebbe. Not as interesting…mebbe. Management darling…mebbe.

      Lebih ke karena kandidat center dari Gen 1 udah gak terlalu menjanjikan aja sih.

  2. Untuk konsep MV n Dance gk busa bikang bnyak, saatvtau combi Ikeda sma Takahiro dibalik kemudi 😀

    Tp stidaknya ane apresiasi sesuatu yg mnurut ane “baru” dalam MV hinata ini, apa ya, semacam sisi “liar”. Bbrp Member yg ngelakuin aksi parkour2an, hubungan kapten-katoshi n kyoko-hinano, miho yg ngelempar kursi tp bkn dgn ekspresi sedih/marah to malah senyum, jd gak kyk MV2 sblumnya yg idolish.
    Dan ini kyknya MV pertama ya yg sma sekali gak nampilin make seragam group dri awal-akhir?

    1. Typo benerin lagi dong masa tahunan masih tetep aja 😀

      Bisa dibilang banyak easter eggs yang maksudnya gak jelas di MV ini kan? 😀

      Kayanya sih gitu pak, tapi rasa2nya sih MV Hinata itu baru dua, jadi gak kayanya sih emang belum 😀

  3. Banyak yg bilang, MV nya bagus dan layak untuk di jadikan Type A juga,

    well gk heran, bila ini yg muncul dluan sblum kyun…
    Karna memang kalo di lihat , emng punya pattern yg sama, wkwkw
    tp entah kenapa gua maish kepicut sama yg kimi ni hanashite okitai koto untuk MV nya, wkwkw mungkin karna simple gt aja kali ya LOL

    Untuk MV nya, gua berani kasih nilai 7,5 🙂 wkwkwk
    tp ya lagu nya lumayan enak di dengar…

    EHEM!! btw hitsuzensei kalo gk salah judul nya, lagu collab IZ4648
    ckup enak ya, melodi nya wkwkwk

    1. Kyun vs Tokimeki Sou…… berat sih kalau disuruh milih MV mana yang lebih cocok jadi main single. Dua2nya sama aja dari konsep, tapi ane lebih milih Kyun deh, dari penggarapan MV lebih rapi aja.

      Tapi kalau lawannya Kimi ni Hanashite….beda cerita deh 😀

      Hitsuzensei emang lagu kolab IZ4648 kemarin kan. Yang ane review jelek 😀

  4. Typo is my style 😀

    Tp ente senang kan lihat adek ente parkouran, gak kyk Waka atau Aka yg terlibat “cinta terlarang” 😀

    Dan ternyata emang iya 😀

Leave a Reply