Sakamichi Review : Hinatazaka46 Kyun MV

Ini akan jadi Sakamichi Review pertama untuk Hinata. Hinatazaka46 Kyun jadi MV pertama untuk Hinata, sekaligus untuk single yang akan dirilis pada 27 Maret mendatang. Well, sebagai SR pertama untuk grup baru, apalagi setelah kemarin Kimi ni Hanashite Okitai Koto jadi persembahan terakhir Hiragana terbilang oke, ekspektasi untuk Hinatazaka46 Kyun jadi meningkat.

Untuk MV, bisa dilihat di official website Hinata disini. Ya, lagi-lagi tidak di-upload ke Youtube langsung. Ada sih di Youtube, tapi geo-blocked dan hanya short version. Bukan langkah awal yang bagus sih, apalagi mengingat Nogi dan Keyaki (di awal) selalu merilis full version langsung.

Well, apa MV ini akan sama saja dengan beberapa MV Hiragana sebelumnya atau akan memberi nuansa yang benar-benar baru untuk mereka sebagai Hinata? Ini dia Sakamichi Review untuk Hinatazaka46 Kyun.


Pengambilan gambar Hinatazaka46 Kyun diambil di Saku, Nagano. Dari sini, kesan dark yang ada di beberapa MV Hiragana digantikan. Kimi ni Hanashite, mungkin masih bisa related dengan MV ini. Overall kesan pertamanya jauh lebih terang daripada MV Hiragana.

One thing surprised me was the English, didn’t expect that one. Nah, dari menit pertama saja, sekali lagi aku harus menerima tidak ada lagi storyline yang bisa dibahas. Ini jadi salah satu alasan kenapa reviewnya baru naik hari ini. Jujur saja, aku lumayan bosan melihat MV tanpa storyline.

Hanya dance MV saja, untungnya ada banyak hal positif yang bisa dibahas dari Hinatazaka46 Kyun ini. Pertama, untuk dance. Ini poin paling kuat dari MV ini. Well, menurutku koreo di Kyun –siapa yang membuatnya, Takahiro lagi?- bisa dibilang cukup menarik.

Oke, idenya memang kebanyakan hanya mendaur ulang dance yang sering kita lihat di MV Sakamichi sebelum-sebelumnya. Sedikit Nogi, sedikit Keyaki, sedikit Hiragana, entah dengan Yoshimoto. Mix n match, something like that. Okay, not a bad idea considering how much dance we’ve used to see.

Satu bagian yang mungkin tidak begitu kusukai adalah bagian duck butt dance -tahu sendirilah bagian mana yang kumaksud- rasanya aneh saja. Killing part malah terkesan out of place sendiri, karena di group dance scene juga tidak terlalu centil seperti “kyun kyun kyun kyun kyun”. Entahlah, aku sendiri yang merasa begini?

Satu lagi mengenai dance, karena belum ada live, jelas di MV terlihat lebih impresif karena mereka mendapatkannya dalam kelompok kecil, bukan grup 20 orang. Selain itu lokasinya yang bervariasi di ruang kelas, tangga, koridor, jelas memberi keuntungan. Di panggung? Jelas tidak akan semenarik ini.

Overall, dance di Hinatazaka46 Kyun untukku masih belum memberi impresi yang kuat. Tidak bilang kalau dance-nya jelek atau membosankan, tapi prinsip dasar “terlalu banyak hal bagus akan merusak hasil akhir” berubah jadi “menggunakan terlalu banyak referensi membuat dance-nya kurang impresif”

Setelah dance, beralih ke sinematografi. Hal yang paling menarik untuk dibahas. Pertama-tama, ini hal yang jadi kelemahan Keyaki tiap kali menggunakan extra; kurang bisa memanfaatkan mereka selain jadi backdancer. Di Hinatazaka46 Kyun, extra berperan bagus. Sesekali ada untuk membuat suasana sekolah tidak terlalu sepi -ingat Ima ni Miteiro dimana mereka tampil di teater sendirian saja?-

Di bagian lain mereka ikut dalam dance, terutama untuk dance scene terakhir yang jujur saja, untukku sih, faedahnya apa? Wouldn’t it better if letting them dance alone? This is debut MV. Ini mengingatkanku pada Koisuru Fortune Cookie, hanya saja subyeknya beda. Yah, setidaknya di bagian lain extra bisa dimanfaatkan dengan baik.

Masih untuk sinematografi, penggunaan kamera di MV ini menarik. Tidak semenarik kemarin di Kimi ni Hanashite memang, tapi untuk memberi highlight untuk masing-masing member sudah cukup. Dan di dance scene terakhir, mereka menggunakan teknologi baru, robo-cam atau sejenisnya. Oh, untuk screentime, masih ada yang mengeluh?


Setelah deklarasi independensi, banyak yang menganggap Hinata nantinya akan lebih condong ke Nogi karena image yang mirip-mirip. Well, untuk hal ini, iya dan tidak. Iya dalam artian Hinata tidak tampil emo, tidak dalam artian mereka tidak meniru mentah-mentah purple line Nogi.

Seperti yang kubilang sebelumnya, Hinata masih akan kesusahan di awal karena untuk membentuk image akan butuh waktu lama. Hinatazaka46 Kyun ini sendiri menurutku masih belum bisa dibilang menentukan kemana arah Hinata nantinya. Untuk sekarang, aku hanya bisa bilang ini MV yang decent untuk debut MV.

Well, MV yang paling dekat dengan Hinatazaka46 Kyun ini jelas adalah Kitai Shiteinai Jibun. Versi lebih cerianya saja. Tapi kalau harus memilih, aku lebih memilih Kitai Shiteinai Jibun daripada Kyun karena di MV itu, masing-masing punya ciri khas sendiri. Disini hal itu tidak ada sama sekali.

Overall, Kyun adalah MV yang mengandalkan camera works. It works well, a good example of “how-to”. Tapi sekedar camera works saja, MV ini kehilangan magisnya. Dance yang dijadikan titik penting malah kehilangan identitasnya, hal yang sangat disayangkan.

Untuk ukuran debut, jelas Kyun tidak memberi impresi sekuat Silent Majority, setidaknya sedikit lebih baik daripada Guru-Guru Curtain. Well, bukan komparasi apple to apple karena debut Nogi sudah 7 tahun kebelakang. Yah, untuk sekarang, aku menunggu lagu lain dari debut single Hinata saja.

Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

8 thoughts on “Sakamichi Review : Hinatazaka46 Kyun MV”

  1. Hintazaka46 is here… finally
    that Kyun!!

    lucu sih, menarik, tp ya membosankan karna memang dance scene saja plus kamera yg ckup menarik.
    gk bisa di bilang jelek, tp gk bsa di blng bagus” jg. tapi seharusnya MV yg akan kita lihat di single debut ini, gk cuman ini aja kan ya?

    Kesan, TERANG, BAHAGIA nya sih emng dapet bgt wkwkw, atau ini karena mereka pandai menyembunyikan dance mao dr kamera wkwkw

    1. Ane gak dapet Kyun dari sini 😀

      Harusnya masih ada MV lagi entar. Tapi tau juga deh, ane belum sempat keliling.

      Menyembunyikan apanya, itu ada satu bagian dance Mao yang masih keliatan jelas 😀

  2. Menarik, karena tone warnanya smaa dengan warna kebangsaan Hinata.
    Scene akhir yg kurang berkesan buat ane. Terlalu banyak backdancer. Mungkin sutradaranya pengen niru mvnya bts idol. 😀

    Dance menarik. Yg ane rasain kyknya mereka sering mernetangkan tngan. Kayak berusaha biar keliatn lebih besar. Dan soal goyang itiknya, bikin ngakak, gegara keinget Mao joget itu di SR mereka.

    3/5

  3. “Dance yang dijadikan titik penting malah kehilangan identitasnya” ane anggap ente sdg brusha mmbela hak kaum srigla yg ingin lebih bnyak mlihat goyang itik 😀

    Koreo dancenya yg buat CRE8BOY, btw.

    Klo ane sih suka MVnya, -jgn langsung ngjudge ini pasti krn goyang itiknya-.
    Stidaknya disetengah MV ini formasi senbatsu gk jd acuan, member dibikin pergrup scr random, dan Alhamdulillah kbradaan Miho masih bisa dinikmati dgn baik 😀

    Tp emang klo amu disuruh milih sma MV mreka yg disibgle ke8 Keya, ane lebih milih yg MV itu ktimbang kyun ini.

    Nilai: 3,7 /5

    1. Ente merasa terbela ya? 😀

      Gak cari info lebih jauh, jadi gaak tau siapa koreografernya 😀

      Iya…. terus intinya? Goyangannya kan? Iler ente kemana2 😀

      3.7? UDah gitu doang? 😀

  4. Ente brusha ngebela ane ya? So sweeet 😀 😀 😀

    Pdhal info soal sutradara, koreografer dsb ada di page postingan MV nya, nampak x ente cuma buka blog pnyedia link tanpa berkunjung ke stus resmi hinata 😀

    Terserah deh.
    Tp ane mau ralat, klo sblumnya ane bilang lbih suka MV yg disingle ke8 Keya ktimbang MV ini, skrng dah brubah, sama2 suka krn punya klebihan masing2, shitai koto dgn ksderhanaan editannya, klo mv iniya view nya 😀

    Ah ane komen pnjang lebar pun paling ujung2nya ente menjatuhkan harkat martabat ane

Leave a Reply