Sakamichi Review : Keyakizaka46 Kuroi Hitsuji

8th single Keyakizaka46, Kuroi Hitsuji akhirnya rilis pada 27 Februari 2019. Ini adalah single yang menandai beberaapa hal, termasuk pecahnya Republic dan partisipasi terakhir Hiragana Keyaki sebelum menjadi Hinatazaka46. Selain itu ini juga single pertama dengan senbatsu (?) 17-nin.

Nah, apakah Kuroi Hitsuji memenuhi ekspektasi atau bahkan melebihi? Mengingat di awal pengumuman single ini dirilis lebih banyak nada miringnya. Setelah disuguhi MV dan juga pecahnya Republic, apakah lebih banyak yang akan memuji atau malah biasa saja dengan single ini?

Ini dia Sakamichi Review untuk Kuroi Hitsuji.


Covers Coverage

Dari 5 cover, sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial kali ini. Type A masih milik center, dan uniknya jadi satu-satunya yang monokrom. Type B untuk Pon, Mii, Nijika, dan Satoshi yang jadi front row untuk single ini. Type C bagian Risa dan Mizuho. Kenapa dua member ini dapat cover sendiri cukup aneh.

Untuk Type D diisi oleh Yuuka, Aka, dan Dani sebagai member 2nd row. Terakhir Regular untuk 3rd row. Aoi yang masih absen jelas tidak ada disini. Konsep Cover kali ini tidak semenarik Ambivalent sih, yang kesan modern-nya dapat.

Untuk Kuroi Hitsuji daya tariknya cuma di Type A yang sejalan dengan judul single ini. Untuk yang lain rasanya kurang kuat di temanya. Selain itu fontasi untuk nama “Keyakizaka” terlalu kecil, agak jomplang dengan fontasi Kuroi Hitsuji.

Tracklist

Kuroi Hitsuji (黒い羊)

Sakamichi Review : Kuroi Hitsuji MV

Well, satu hal yang pasti, Kuroi Hitsuji adalah lagu yang solid untuk comeback. Tidak terlalu upbeat, cenderung dark dan overall, ini adalah musik yang diharapkan dari Keyaki. Nuansa akustik masih kentara dengan riff yang kental di awal.

Di beberapa bagian memang masih ada bagian yang tertutupi instrumen, terutama bagian rap di verse 2. Nah, untuk rap, aku so-so dengan rap Tecchi di awal, hanya di bagian ini rasanya kurang. Selain itu bagian sobbing yang agak maksa. Surprisingly, part Tecchi ternyata cukup banyak juga.

Saat temponya turun mungkin lebih baik kalau mumbling di awal juga dipakai disini daripada suara “la-la-la-la”  Ada beberapa kekurangan dari lagu ini, minor sih, tapi setelah MV yang memperhatikan detail, mau tidak mau aku sendiri jadi terlalu detail mendengarkannya. Overall, this one good.

Rate : 💚💚💚💚1/2

Kimi ni Hanashite Okitai Koto (君に話しておきたいこと)

Sakamichi Review : Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto

Kimi ni Hanashite Okitai Koto entah kenapa sedikit banyak terdengar mirip dengan Joyful Love -well, untuk alasan yang aku sendiri tidak tahu- padahal aslinya berbeda cukup jauh. Lagu ini berbeda dengan Happy Aura, dimana melodinya lebih lambat dan tidak ada punchline.

Lebih orkestra meski akustiknya masih terasa, kaya di instrumen. Overall, lagu ini ada di sisi berbeda total dengan Kuroi Hitsuji, kesan positif bisa didapatkan hanya dengan mendengarkan lagu ini. Tapi ada satu hal yang menurutku bisa jadi kelebihan dan kekurangan lagu ini; vokal.

Well, bagus sih. Harmonisasinya dapat, tapi rasanya di beberapa bagian ada vokal yang tumpang tindih, yang paling kuingat di satu bagian ada Ramen dan Miipan yang bernyanyi bersama dan jatuhnya malah aneh. Yah, untungnya tidak ada yang off-pitch terlalu kentara.

Rate : 💚💚💚💚1/2

(Type-A) Nobody

Sakamichi Review : Keyakizaka46 Nobody

Nobody membawa nuansa retro, sekitar 80-90’an. Sedikit funk, jazzy, menurutku formula lagu ini sudah oke, hanya saja untuk bagian vokal lagi-lagi jadi titik lemah. Suara nasal yang mungkin dimaksudkan jadi sexy jatuhnya malah kemana-mana, sama sekali tidak kesana arahnya.

Sebelumnya sudah kubilang kalau daya tarik lagu ini ada di dance, dan yah, 80% berhasil. Hanya saja untuk mendengarkan lagunya saja, Nobody gagal untuk memberi impresi bagus. Yah, sekali lagi, review selalu bersifat subyektif.

Rate : 💚💚💚

(Type-B) Dakishimete Yaru (抱きしめてやる)

Lagu terakhir Hiragana sebelum resmi merdeka sebagai Hinatazaka46. Kenapa yang terakhir? Karena dari urutan yang lebih dulu Kimi ni Hanashite Okitai Koto jelas. Dan rasanya ini untuk pertama kalinya ada dua lagu Hiragana dalam satu single, yah penghormatan terakhir mungkin?

Bagaimana lagu ini berbeda hanya dari tempo intronya saja sudah menarik. Dan roller coaster Dakishimete Yaru berlanjut sepanjang lagu. Some are good, some are meh. But I particularly love how they bring that bass. Lagu ini jelas bukan untuk semua orang. Dan lagi, vokalnya….

Rate : 💚💚💚💚

(Type-C) Heel no Taka-sa (ヒールの高さ)

Sakamichi Review : Keyakizaka46 Heel no Takasa

Lagu unit Yuukanen yang secara keseluruhan sedikit diluar dugaan. Mengingat sebelum-sebelumnya di Aozora to MARRY dua-duanya tidak menghadirkan kualitas yang membuat kagum. Unik daripada mengesankan. Nah, di Heel no Takasa ini bisa dibilang mengejutkan.

Well, untuk vokal jelas masih butuh latihan, tapi setidaknya tidak ada range yang lebih tinggi dari yang mereka bisa. Beat di lagu ini ternyata cukup menghentak juga, sesuatu yang tidak kuperhatikan saat mereview MV-nya. Overall, Heel no Takasa adalah kejutan yang menyenangkan.

Rate : 💚💚💚1/2

(Type-D) Gomen ne Christmas (ごめんね クリスマス)

Sakamichi Review : Keyakizaka46 Gomen ne Christmas

Apa yang bisa kukatakan untuk lagu ini? Berapa kali harus ada lagu seperti ini di tiap single? Itu impresi pertamaku untuk Gomen ne Christmas. Setelah mencoba mendengarkan lagu ini, well, sedikit lebih baik. Not half bad as Ongakushitsu, yet still I’d prefer a thicker voice.

Ad-lib yang dipakai juga aneh. Penempatannya terutama, kenapa tidak dijadikan satu dan malah dipisah jadi dua, itupun menumpuk dengan bagian lagunya.

Rate : 💚💚💚

Hitei Shita Mirai (否定した未来) / Nagahama Neru

Mendapat lagu solo lagi, harapanku sih jelas tidak tinggi. Norikurieta Bus, Mata Atte Kudasai, 100nen Matteba, masih bisa diterima telingaku, tapi dari unit Oz-Mii-Neru belakangan ini, harapan itu jadi turun lagi. Dan benar saja, untung lagu ini tidak dijatah MV, karena kalau iya, aku tidak bisa membayangkan.

Entah ini cuma aku atau bagaimana, rasanya semakin kesini Neru mendapat lagu yang semakin menariknya dari vocal range idealnya. I certainly wouldn’t listening to this song for a long time after finishing this review.

Rate : 💚💚💚

Conclusion

Kuroi Hitsuji bisa dibilang comeback yang solid dari Keyaki. Absen satu single di tahun 2018 layak digantikan dengan single ini. Dari segi materi, Kuroi Hitsuji menampilkan Keyaki yang lebih dark -kalaupun bisa dibilang begitu- dan mengarahkan mereka ke hal yang baru.

One step further dari Ambivalent, aspek stage jadi perhatian lebih di single ini. Semua MV yang dihadirkan memberi impresi yang tepat. Tapi, hal ini juga membuat lagunya jadi aneh kalau hanya didengarkan saja. Hasil dari MV yang membuat visualnya terlalu kuat sih.

Overall, dari segi kenikmatan untuk mendengarkan lagunya saja, ada sedikit penurunan dari Ambivalent. Kuroi Hitsuji, Kimi ni Hanashite Okitai Koto, dan Heel no Takasa mungkin nomor terbaik dari single ini -subyektif- Kenapa Dakishimete Yaru tidak masuk adalah karena impact yang kurang kuat saja.

Sisi baik dari single ini mungkin fakta kalau Kuroi Hitsuji jadi single terakhir dengan dualisme Kanji-Hiragana. Fakta yang mengakhiri kritik dan spekulasi selama dua setengah tahun terakhir. Juga fakta kalau di partisipasi terakhir ini mereka mendapat lagu yang decent.

Nah, untuk penjualan, Kuroi Hitsuji mencatatkan angka 545.235. Ini turun jauh dari Ambivalent dengan 602.043. Well, untuk penurunan angka ini sih jelas kenapa ya; merdekanya Hinatazaka jelas membuat banyak fans yang condong ke Hiragana ikut deklarasi independensi.

Bagaimana pendapat kalian untuk Kuroi Hitsuji?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

20 thoughts on “Sakamichi Review : Keyakizaka46 Kuroi Hitsuji”

  1. Hi. I was your loyal reader from your old blog but i couldnt find the new one dan bahkan aku lupa yang lama wordpressnya apa xD ketemunya baru aja waktu iseng nyari tahu review suki to iwasetai dari artikel and foila, i found this, and seems like i missed a lot of things karena aku cuma ngestan nogi dan iz*one (apakah disini iz*one dibahas as a fan’s review or as a k-pop listener idk) jadi aku gatau mau comment apa soal artikel ini. I just want to you know abt me. Goodnight

    1. Lah, perasaan dari blog lama juga udah dikasih hint ke sini deh 😀

      Soal IZ*ONE, liat dulu artikelnya. Kalau artikel biasa ya dari sudut pandang fans, kalau rilisan single/MV ya obyektif dong.

      Now I Know. Thank you 😀

  2. Belum ambil, jd cuma 3 lagu yg bisa ane beri opini.

    Kuroi hitsuji
    Oke. Suka funk vibenya. Tapi rasanya kayak solo song. Tambah lagi, kualitas vokalnya juga pas2an. Jelas bukan lagu yg bisa ane dengerin berulang2. 3/5

    Kimi hanashi
    Suka bunyi akordion dan harmonisasi suaranya. Akordion bikin inget lagu Melayu klasik. Yg jelas, di lagu ini ane udah lumayan ngerti, mana member yg “bisa” nyanyi dan mana yg pas2an. Tapi, tetep bukan lagu playlist ane. 3.5/5

    Nobody
    Agak ngejazz dan vokal Keya (Tecchi?) dipush sampai limit. Lumayan suka. Tapi, ga bakalan ane play lagi. 3.5/5

    Cover, no komen deh. Sama aja kayak single2 sebelumnya. Ga ada inovasi baru. Misalnya, coba deh bikin cover kayak covernya album Black Metallica. Pasti sangar tuh. Ga tau kenapa, kok cover idol group selalu harus nunjukkin wajah member. Mana yg keliatan jelas bukan Oshimen ane pula. -_-

    Single ini sebenernya bisa dirilis akhir taun lalu. Bahkan rekaman bonusnya udah selesai september taun lalu. Ga tau kenaap kok diundur smapai setengah taun. Sebenernya ga peduli juga sih. Ane ga beli dan ga download juga. 😀

    1. Sekarang udah? 😀

      Solo song darimananya coba? 😀

      Siapa aja sih yang bisa nyanyi dan pas2an itu? 😀

      Kenapa cover idol harus nampilin member? Karena itu yang dijual, bukan musiknya 😀

      Diundur karena daya tarik utamanya cedera kan. 😀
      Percaya deh yang demennya DC doang 😀

  3. Efek sales turun pengaruh hinata iya.. karena slot HS nya dipangkas dari 24 jadi 12. Ditambah bluray juga skrg make. Imo single ini lumayan solid.

    Btw miminnya bakal fokus ngebahas hinata sama nogi ya 🙁

  4. Sales turun banyak faktor sih, jd ngga kaget ketika fans dari awal udah prediksi turun.
    Btw meskipun first day turun jauh, 2nd day masih cukup tinggi mencapai 107k.

  5. Sumpah keren banget yang versi live pas d music station kmrin. Mnrutq dance x artistik. Berasa musikal stage yang mereka tampilin. Suka… gg ngecewain… gg cmn techi. Semua member tampil all-out

  6. Masih belum. Nogi yg 22 kemaren jg belum. 😀

    Ada deh. 🙂

    Auch! Hati2 loh, ntar worshippernya marah. 😀

    Knpa ane merasa kok mnjmn mereka berantakan, ya. Mulai dr kontroversi nazi, insiden budokan, rilis ini, dan tentunya status hiragana. Masalah mulu.

    YaDC kan baru comebak. Ntar, kalo TW comeback, ya ke situ juga. Hinata dan Nogi juga. 😀

    1. Kenapa? Bosen? 😀

      Mimpi ya? 😀

      Komporin aja sekalian 😀

      Belum mandi kembang kali 😀

      Nogi? Masih ngomong gitu? Kaerimichi aja gak dengerin semua 😀

  7. Single pertama yg lagsung ane denger semua lagunya :v biasanya baru denger klo ada MV atau ada live nya bcoz Lebih enak klo sambil liat member :v

    Berikut pendapat ane dari single ini, maaf gak ada kata2 ttg permusikan kayak renge, harmonisasi, orkestra dan segala makhluknya kayak mimin diatas… Ane gak ngerti :’v

    Kuroi Hitsuji
    4.8/5 … Dance, lagu, MV, lirik, dah mantap… Suka banget…

    Kimi ni Hanashite
    4/5 … Bukan tipe lagu yg ane dengerin berulang ulang yaah seperti kata mimin lagunya lambat dan gak ada bagian yg mudah diingat kayak yei yei nya happy aura, aozora nya kitai shite. tapi terbantu karena ada MV :v ane denger lagu ini harus sambil liat MV wkwkwk…

    Dakishimete yaru
    4.5/5… Intro nya beeuuh.. Lgsg tertarik tanpa liat MV or live :v cuma agak berasa ganjal ketika masuk ke reff terkesan buru2 menurutku… Lagunya bikin nagih..

    Heel no takasa
    4.2/5… Intro single ini kok banyak yg bagus sih lol :v bagus loh ini aaarghh. Gini ni klo pengetahuan permusikan gak memadai gak bisa ngungkapi bagusnya dimana :v sh*t… Tapi intinya bagos dan pengen liat unit ini lagi kedepannya

    Nobody
    3.8/5… I want nobody nobody but you… Not bad… Enak di denger di suasana tertentu

    Gomen ne chrismast
    3.5… Maafkan christmas cinta ini… Meskipun hanya teman rasa sedih… :v gak ada rasa tertarik lagi sama ni lagu gara2 MV… Gak bagus dan gak jelek just plain.

    Hiteishite mirai
    Gak bisa nilai… Baru denger di awal-awal langsung ane hapus :’ sorry neru… Benar2 bukan lagu ane… Mata atte kudasai still my favorite dari neru

    1. Dengerin semua karena faktor Kuroi Hitsuji ya? 😀

      Kalo dibandingin Kimi ni Hanashite sama Dakishimete Yaru? 😀

      Hahaha, awas sihir Heels no Takasa 😀

      Lagunya Neru jadi yang paling jelek kayanya, banyak bener yang bilang begitu.

  8. Gua sndiri brfikir kuroi hitsuji emng bagus dr awal pas liat MV nya,

    tapi gua udh penasaran dluan sama lagu hiragana
    Kimi ni Hanashite Okitai Koto

    dan trnyata engga mengecewakan, kuroi hitsuji BAGUS, tapi tnpa sadar lagu nya gana lbh banyak gua dengerin dr pda kuroi hitsuji wkwkw

    btw, gua gk bsa kasih komen ke lagu lain kecuali nobody,

    entah kenapa dr yg gua rasain, cuman kuroi, kimi ni, nobody aja yg bakal gua masukin playlist lagu keyaki gua

    untuk score, (Max 5)
    kuroi 4,5
    Kimi ni 4
    nobody 4

    bila harus pukul rata, sisa lagu lain di 3

    single yg solid harus di akui menurut gua, dan juga ckup unik saat MV nya kyk gini (Kuroi), gak banyak yg berkoar tentang screentime, mungkin karna di bkin kyk sebuah cerita pendek kali ya hmmmm atau kyk khas” sinematografi gt??

    gmn pun, kusuka sekali single ke 8 ini,
    tanpa putus harapan akan center baru di 9th nanti wkwkwkw

    tq atas review keyaki 8th nya gan!!

    1. Kuroi, Kimi ni, sama Nobody doang nih? 😀

      Kalau Kimi ni Hanashite sama Kyun? Udah rilis tuh reviewnya 😀

      Kenapa cuma sedikit yang nyinyir soal MV Kuroi Hitsuji menurut ane karena emang banyak yang masih labil. Pas lagunya bocor pertama langsung nyindir soal center. Eh pas MV keluar langsung putar badan. Labil gak tuh? 😀

      Lah, review juga tiap muncul pasti ada kok 😀

  9. Iya ending x dirusak ma cameramenx sayangx hhe. Sbnarx dah mndekati perfect klo si kameramen x gg ngrusak endingx. Jujur lbh suka yg vers ms drpda cdtv

  10. Kimi ni lbh kusuka dr kyun, atau apakah ini pengaruh kimi ni yg jd soundtrack nya coco ichiban curry… wkwkw

Leave a Reply