Sakamichi Review : Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto

Akhirnya, MV terakhir dari 8th single Keyaki dirilis. Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto menjadi MV terakhir Hinatazaka46 dalam nama Hiragana Keyakizaka46. Karena seperti yang kita tahu, setelah ini mereka memerdekakan diri.

Yep, masih tidak di-upload  ke Youtube, dan malah di-upload ke official website Hinata disini. Bicara soal strategi yang aneh, tapi untuk sementara bisa diterima karena toh ini masih bagian dari 8th single. Untuk selanjutnya, kuharap langsung bisa ke Youtube.

Well, sebagai MV terakhir, Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto sejujurnya bukan MV yang paling berkesan dari 8th single, at first glance. Well, kenapa begitu? Langsung saja ke review untuk Hiragana  Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto.


Membicarakan Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto sebenarnya hanya membicarakan MV low budget yang bagiku cukup impresif, beda dengan pendapat mayoritas. Set untuk MV ini saja hanya di area parkir dan zero props, belum lagi tidak ada pengambilan gambar yang aneh-aneh.

Yah, skip untuk storyline karena nihil, langsung saja ke bagian set. Well, aku tidak menemukan info dimana MV ini diambil tapi pemilihan tempatnya yang bisa dibilang simpel seperti ini cukup oke. Jadinya bisa lebih fokus pada member.

Nah, membicarakan member, pengambilan gambar di dance scene Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto ini hampir one take, continuous shot. Kenapa hampir? Karena meski sekilas terlihat seperti one take, ini sebenarnya diambil beberapa kali bahkan untuk satu scene.

Contohnya saat dance scene diatas, bisa dilihat member di scene pertama dan kedua berbeda. Dan tidak hanya di dance scene saja sih, beberapa scene lain juga begitu, hanya saja kerapian dalam editing layak diapresiasi. Dan menurutku ini adalah daya tariknya MV ini. Simpel tapi berkesan.

Beralih ke dance, rasanya masih mirip dengan beberapa MV Hiragana sebelumnya, unsur balet masih kental. I think this is one of the best dance scene Hiragana ever did. Koreo di Hiragana Keyaki Kimi ni Hanashite Okitai Koto menurutku adalah proper good-bye statement untuk Keyakizaka46.

Tapi koreo yang oke ini, seperti biasa di MV Hiragana, masih dikacaukan oleh satu orang. Siapa lagi kalau bukan Iguchi “Black Hole” Mao. Setidaknya di 4 scene berbeda bisa dilihat koreonya masih begitu kentara paling kacau. Oh, dan 4 scene itu ada di satu bagian, saat dance scene grup, dalam 40 detik saja.

Tapi yah, karena cuma satu orang -meskipun itu tetap orang yang sama sejak MV pertama Hiragana- setidaknya dance disini jauh lebih bisa dinikmati daripada di Gomen ne Christmas. Well, memangnya siapa yang akan bilang sebaliknya?

Selanjutnya untuk kostum. Well, mungkin ini salah satu kostum yang menurutku agak aneh. Cape? Really? Rasanya malah jadi melihat sekumpulan anak kecil. Kurang cocok juga dengan warnanya, kalau sedikit lebih dark mungkin masih masuk. Yah, ini sedikit minus untukku.

Selanjutnya ke screentime, bisa dibilang rata, 3rd row masih mendapat jatah yang banyak. Tentu saja untuk 2nd row dan front row yang cuma tiga orang jelas lebih banyak muncul. Yang pasti sih, tidak bisa komplain urusan screentime di MV ini.

Oh, dan ada yang tahu kenapa Ramen memakai eye patch di sepanjang MV ini?


Overall, MV Kimi ni Hanashite Okitai Koto, seperti yang kukatakan diatas, adalah MV yang layak disebut sebagai proper good-bye statement bagi Hiragana. Sebagai MV terakhir, mereka membawa esensi yang sama sejak Dare Yori mo Takaku Tobe, bahwa warna mereka berbeda dari Kanji.

Setelah ini, untuk melihat mereka lagi kita akan menunggu Hinata dan bukan lagi Keyaki. Apa ini artinya fans akan segmented lebih parah dari sebelumnya? Well, kita tunggu saja untuk itu. Yang pasti, untuk sekarang nikmati saja MV ini sebisanya karena ini adalah kesempatan terakhir.

Untukku, salam perpisahan ini mungkin yang terbaik. Tidak terlalu butuh juga yang terlalu simbolik…. kalau ada yang seperti itu di MV ini mungkin penilaianku malah jeblok pada akhirnya. Ini adalah akhir dari Hiragana Keyakizaka dan juga awal dari Hinatazaka.

Jadi, apa pendapat kalian untuk MV terakhir Hiragana ini?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

  1. Pantes terakhir dirilis, enak n super duper bagus sih MV nya (mnurut ane).
    Simple is the best!

    Ahhh, sumpah, suka sngat sma nih MV, screntime, “trik2” muncul n ngilangnya, dancenya jg. N momen yg pling ane suka dimenit 4:18~4:20, liat si Miho yg ceria 😀

    Klo utk kostym sih ane OK2 aja, model cape nya jg dimanfaatin dgn baik di MV ini, jd gak hanya sebatas model.

    N terakhir, cantik + imut + kirakira + manis + fresh = Miho 🙂

    • Tumben pendapat ente positif 😀

      Iye iye, gak usah pake sumpah segala lah. Percaya kok percaya 😀

      “Dimanfaatin dengan baik” ini di bagian mananya ya pak? 😀

      Miho doang, Mao kek sekali2 dikomentarin 😀

  2. MV nya bagus banget… Iya sih simple tapi gak di tempat parkir juga kali garis garis kuning nya menggaggu… Tapi entah kenapa cocok aja gitu warna bajunya sama warna tempat parkir… Ngarep nya si di lapangan ijo nan luas :v

    Jadi ini maksudny Hiragana cuma numpang parkir doang di keyakizaka46 dan menghilang gitu? :v

    Bagian awal nonton kayak biasa biasa aja, setelah selesai reff pertama………….. wait what? Baru dah terkesan sama ni MV… Good job buat siapapun yang ngedit Dan terpaksa mengulang lagi dari awal biar bisa liat bagian mana aja mebernya teleport :v wkwkwk

    • Kalau di lapangan ijo kan pernah di W-Keyakizaka no Uta 😀

      Kayanya sebelum tukang parkirnya datang, mending cabut duluan 😀

      Untungnya, gampang ngeliat member siapa yang mana disini, terang sih soalnya 😀

  3. MV Low budget, yang gk nyangka udah bkin gua play MV nya 5x berturut wkwk
    well gua suka lagu nya, enak di dengar,

    untuk MV nya yg simple ini, tapi cara editing nya bagus bkin gua menikmati saat ntn nya, kesan nya calm

    MV di record tahun kmrin, dan awalnya mau outdoor (di luar gedung), tapi trnyata hari itu hujan dan schedule gk bsa di rubah sama sekali, so mereka ambil cara ini, dan hasil nya BAIK!!!

    • Simple is the best 😀

      Seenggaknya, ini jauh lebih oke dari Happy Aura 😀

      Ane gak tau sih gimana timeline behind the scene-nya, udah males ngubek2 cari info 😀
      Tuh bapak kos sebelah pake udahan pula sih 😀

  4. Emangnya pernah gtu ane komen yg negatif soal MV hragna? 😀

    Tumbe, biasanya kan Ente orngnya curigaan mlu 😀

    Ituloh pas mau bagian reff, Nao kan sndrian dlu, trus dia ngembangin “sayapnya” sbelah, trus member yg laen pda muncul 😀

    Mao mah gk ada yg perku dikomentari 😀
    Sbenarnya ane mau komentarin soal Miku jg, tp gak enak ah 😀

  5. Perasaan ente aja itu 😀

    Grrrrrrr…

    Ribet amat hdup ente TT

    Emang pancingan harus tajam ya? Mata kailnya sih iy, klo pancingannya gk perlu kyknya 😀