Sakamichi Review : Keyakizaka46 Gomen ne Christmas

Kali ini giliran Keyakizaka46 Gomen ne Christmas yang jadi coupling selanjutnya yang dirilis. Seperti biasa, hanya dirilis lewat official website dan tidak di Youtube. Well, ini satu dari dua MV terakhir yang belum dirilis, yang satu lagi adalah lagu Hiragana Hinatazaka46sorry.

Well, sebenarnya aku kurang semangat untuk menulis review dari Keyakizaka46 Gomen ne Christmas ini. Lebih karena setelah Kuroi Hitsuji dan Heel no Takasa, juga Nobody yang cukup menarik, aku tidak bisa menemukan dimana menariknya Gomen ne Christmas. Yah, ini preferensi pribadi juga sih.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk MV Keyakizaka46 Gomen ne Christmas.


Oke, MV ini dibawakan unit Pechan, Naako, Ue, dan Oz. Kesan yang kudapat dari MV ini kurang lebih sama dengan MV Bokutachi no Sensou yang dulu dibawakan Pechan, Risa, Ue, Mizuho, dan Naako. Hey, anyone remembers FIVE CARDS?

Keyakizaka46 Gomen ne Christmas ini memang bukan tipe MV unit yang terlalu overkill seperti Bathroom Travel atau Ongakushitsu -dua MV ini kusebut karena unit mereka termasuk yang paling sering mendapat MV- Memang sih Gomen ne Christmas sendiri termasuk MV yang agak aneh menurutku.

Kembali ke MV, seperti biasa, storyline menjadi titik lemah Keyaki. Ada yang paham apa storyline disini? Untukku sih MV ini lebih ke arah random saja. Well, apa yang bisa ditangkap dari Oz yang memakai headgear aneh seperti itu dan memandangi akuarium berisi rumput?

Ue yang mencoret cermin dan Naako yang di MV pun masih makan saja kerjanya. Pechan juga hanya minum teh sebelum ada simbogi empat hitodama yang menjadi satu dan kemudian beralih ke dance scene? Dan kemudian mereka berempat memegang lilin.

I’ve taken my time, but nothing come to light about the storyline. So be it. Dan aku juga tidak paham kenapa ada ad-lib, yang memang memberi kesan berbeda tapi rasanya aneh saja.

Untuk background, rasanya seperti melihat film noir Hongkong zaman dulu. Set-nya seperti Kowloon di era 80-90. Khas Keyaki, karena di MV bertema christmas dari idol lain, set seperti ini jelas tidak akan jadi pilihan. Hasilnya? Well, cukup oke, memberi persepsi lain.

Hanya saja, tidak ada kesinambungan dengan storyline. Aku belum mencari tahu liriknya juga sih, karena biasanya benang merahnya bisa didapat dari situ. Tapi rasanya sayang saja mereka membuat set seperti ini dan tidak didukung dengan storyline. Atau setidaknya simbologi yang selama ini jadi ciri khas.

Beralih ke dance. Well….setelah Kuroi Hitsuji dan Nobody, apa yang bisa dikatakan untuk dance di MV ini selain “lupakan saja dance part-nya” karena selain keempat member ini jelas bukan dancer terbaik, melihat dance-nya membuatku berharap mereka menghapusnya saja.

It was really a sight to sore eyes….to make it worse. Yah, dance di MV ini jelas tidak untuk kenikmatan visual. Membicarakan kenikmatan visual, satu-satunya yang lumayan kusukai dari Keyakizaka46 Gomen ne Christmas ini adalah sinematografinya.

Tidak “sangat” bagus sih, tapi setelah Nobody yang kebanyakan full shot dan Heel no Takasa yang pakai gambar vertikal segala, Gomen ne Christmas ini lebih enak dilihat. Permainan angle dan solo shot oke, dan sekali lagi, masih membawa ciri khas Keyaki.


Overall, Keyakizaka46 Gomen ne Christmas bukan MV yang bisa dibilang bagus. Nilai plus dari MV ini hanya sinematografi dan set-nya saja yang dibikin dengan niat. Aspek lain seperti storyline, dance, ad-lib, all just unforgivable. Just plain boring.

Buatku ini sedikit disayangkan karena melihat keempat member ini bisa tampil serius justru dirusak oleh MV yang tidak jelas seperti ini. Dan lagunya juga menurutku kurang oke kalau dipadu dengan MV seperti ini.

Nah, karena aku membuang banyak waktu untuk review MV ini, jadinya kecewa. Setidaknya (mungkin) masih akan ada harapan untuk MV Hiragana Hinata yang belum dirilis. Kalau kalian, suka atau tidak dengan Gomen ne Christmas? Share your thoughts.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

16 thoughts on “Sakamichi Review : Keyakizaka46 Gomen ne Christmas”

  1. Jujur aku belum lihat MV dan denger lagunya secara full, sengaja nunggu pas tanggal rilis. Kalau aku melihatnya sekilas, MV ini cukup memanjakan mata dan bagus secara visual. Kekurangannya mungkin dance. Bener kata mimin, empat member Shoujo Friends ini adalah dancer terburuk di Keyaki (sorry to say, i just want to be honest but still like them). Aku jadi memikirkan mengapa dancer terbaik Keyaki belum juga dapat unit. Seperti apa salahnya satu unit khusus dance walaupun pada dasarnya Keyaki emang menonjolkan dance. Bagiku unit dance akan benar2 menunjukkan kualitas dance dan dancer Keyaki. Misalnya Fuu dan Niji, mereka dancer terbaik, tp di grup tidak terlihat krna terhambat posisi (kecuali memang ada dikhususkan dance part).

    Maaf jd melenceng krna MV itu memang untuk kepentingan visual menurutku tidak ada komentar lain wkwk

    1. Eh, ane sampe kelupaan belum bikin draft review albumnya. Kebanyakan artikel sih akhir2 ini 😀

      Nama unitnya Shoujo Friends toh?
      Unit dance Keyaki? Kalau gak salah mereka pernah dapet lagu kan di album pertama, cuma ya gak dapet MV.

      Yep, Gomen ne Christmas jelas bukan MV yang bakal bikin orang betah nontonnya. Apalagi yang nonton karena liat ada nama “Keyaki” di judulnya.

  2. Ane skip sih untuk MV gomenne ini. Karena bukan taste lagi. Jadi no komen. Ngomongin soal dance emg mereka ber4 termasuk yg terburuk sih (aku demen ue, tapi harus objektif kalo sudah bahas beginian).

    Kalo unit best dancer udah ada 1:27 am yg isinya suzumon techi sama pon. Cuman ga tau knpa ga dilanjutin itu unit, bolehlah tambahin fuyuka sama nijika menurut ane bakal jadi unit terbaik keyaki kalo smpe itu terjadi setelah yuichanzu.

    Mv gana udah keluar itu cmn kalo dilihat kayaknya ga berbudget banget mvnya mungkin berhemat untuk mv debut single

    1. Satu lagi nilai minus buat MV ini 😀

      Nah itu dia, kenapa mereka gak dapat MV aja deh, gak usah jauh2 kenapa unitnya gak dilanjutin. Toh selain Yuichanzou, semua unit Sakamichi selalu one-shot unit doang kan.

      Nah, tuh baru ane selesai nulis review MV Hiragana. Gak jelek ah kalau menurut ane 😀

  3. Menurut ane MV ini good aja :v yah MV unit gak terlalu berharap lebih… sinematografi setuju sama mimin,Member nya keliatan oke disini, baru sadar ane pas ngulang nonton keyakake episode lawas… Ozeki beda bangeeet… Giginya dirapiin + kurusan :v

    Benar-benar greget ane sama dance nya njir :v dance di awal sih masih bisa di maklumi, tapi ketika masuk reff -_- oh my god… I wanna cry :’v padahal di single single sebelumnya oz sama ue dance mereka udah lumayan lo…

    Oz, berika, ue, naako mereka semua member row belakang, kenapa gak masukin neru sekalian yak… Wkwkwk

    1. Banyak kok member2 muda yang sekarang beda dari pas awal2. Oz contohnya, terus Yone yang jadi agak fashionable, Pon jadi lebih ngerti make-up, terus Tecchi yang senyumnya makin irit 😀

      Nunggu aja kali ada yang mau ngedit ini MV, cut semua dance scene terus di-upload di Youtube, yakin banyak viewers 😀

      Neru kan hilang entah kemana 😀

  4. Unit dance emang udah ada di album, tp sayang ngga dapet MV. I mean, buatlah dance unit buat jd coupling single biar dpt MV. Ngapain juga dance unit ngga ada MVnya? Apa yang mau dinikmatin wkwk (tapi aku pikir member member dance unit ditambah Fuu Niji punya vokal bagus)

  5. Puas ane bisa menikmati wajah Berika n UE yg di MV2 sebelumnya harus bkerja keras buat ngenikmatin wajih mereka 😀

    Bisalah Iguchi Mao diajak gabung ke unit ini 😀 😀 😀

    Yg bjsa dinikmati dri MV ini cma pas adegan member jaga lilin. Pas UE n Berika jaga lilin bukan nerarti saat itu ane lagi “bekerja” ya 😀
    Dan satu lagi, solo rap (?) nya Berika jg menjadi slah satu yg bisa ane nikmati dri MV ini 😀
    Untuk yv laennya, gak sanggup ane ungkapkan dgn kata2 😀

    1. Halah gak obyektif nih 😀

      Gak udah diterangin segala kalo adegan megang lilin itu terinsipirasi dari seseorang dan sesuatu lah, toh semua juga tahu 😀

      Gak sanggup diungkapkan dengan kata2 baik atau buruk? 😀

  6. Gak nyangka kalo MV nya bakal gini, saat judul nya begitu,
    Keinget Gomen ne Smoothie nya nogi wkwkw

    tp trnyata MV nya, bkin gua gk mau ntn 2x wkwkw, walaupun visual nya menarik, tapi gk lebih dr itu, lagu nya pun, kurang bersahabat rasanya 🙂
    jadi gua cmn bsa blng,,, ‘well well’ 🙂

Leave a Reply