Sakamichi Review : Keyakizaka46 Nobody

MV terbaru untuk coupling dari Kuroi Hitsuji, Keyakizaka46 Nobody sudah dirilis pada 15 Februari 2019. Dan lagi-lagi tidak di Youtube melainkan official website. Sekali lagi, ini menyebalkan, dan aku tidak menemukan justifikasi tentang kenapa MV Nobody tidak dirilis di Youtube.

Karena kalau untuk Kuroi Hitsuji ada “pembenaran” kalau tema MV yang terlalu dark, bisa jadi. Tapi untuk Nobody ini? Sama sekali tidak begitu dan Keyaki sendirilah yang menarik diri dari Youtube. Well, entah apa yang dipikirkan S&F yang pasti, butuh usaha lebih untuk menonton MV ini.

Well, karena tidak ada link video yang cukup aman, kalian bisa menontonnya di official website Keyaki saja. Disini. Atau di website penyedia file Sakamichi yang banyak beredar. Mengasumsikan kalian yang membaca review ini sudah nonton, Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Keyakizaka46 Nobody.


Untuk MV ini, secara keseluruhan lebih visually pleasing daripada Kuroi Hitsuji. Warna-warna cerah a la retro modern ditambah kostum yang sesuai, Nobody bisa dibilang MV Keyaki paling cerah selain dari unit Neru-Mii-Oz. Well, bukan berarti tidak ada kekurangan.

Pertama-tama, aku sudah bosan menonton MV ini hanya dua kali saja. Alurnya terasa terlalu monoton. Well tidak salah juga kalau Keyakizaka46 Nobody ini hanya ditujukan sebagai visualisasi dari lagunya, tapi tetap saja membosankan. Tidak banyak scene yang bisa diulas seperti sebelumnya.

Selain itu dance disini tidak terlalu dramatis -okelah ini preferensi pribadi- tapi melihat Keyaki dengan dance ini rasanya jadi agak gimana. Ada juga bagian blocking yang terlihat jelas berantakan di beberapa scene, juga masih ada yang gerakannya kurang sinkron.

Yah, dance mungkin jadi faktor utama kenapa Nobody bikin cepat bosan. Karena dari sinematografinya konsep MV ini bisa dibilang oke. Memang sih tidak seimpresif Gokigen Sayonara dari IZ*ONE, tapi simplisitasnya itu yang membuat MV ini menarik. And I love that font usage.

Kalau sudah membahas sinematografi, berarti membahas screentime. Mayoritas tentu masih dipegang Tecchi, untungnya disini member lain juga mendapat jatah yang lumayan. Tidak dengan konsep masing-masing, tapi okelah. Nah, disini juga ada satu hal yang membuatku bingung.

Mungkin aku yang salah menghitung atau bagaimana, tapi ada beberapa scene dimana jumlah membernya tidak sesuai. Seharusnya member untuk lagu ini ada 17 orang, tapi dari banyak scene kuhitung hanya 16 orang. Coba saja hitung di beberapa scene ini…

Ada lebih banyak lagi sebenarnya, tapi hanya kuambil tiga saja. Dari screenshot yang kudapat ternyata memang ada satu member yang hilang alias tidak dapat solo shot; Neru. Kenapa dia absen di lagu ini? Tidak ada info jelas yang kudapat.

Ini berbeda dengan saat Kaze ni Fukaretemo dimana Zuumin, Ue, dan Yone tidak ada di beberapa scene saja. Neru sama sekali tidak ada di MV ini. Ada yang tahu kenapa?

Sakamichi Review : Kaze ni Fukarete Mo


Well, ini mungkin Sakamichi Review paling singkat yang pernah kubuat. Bukan berarti malas atau Keyakizaka46 Nobody ini sangat tidak menarik, tapi karena aku sendiri baru tahu MV ini rilis hanya tiga-empat jam sebelum review ini dirilis. -Yep, ini juga Sakamichi Review paling cepat yang pernah kubuat-

Karena tidak ada di Youtube dan aku baru membuka S48 di sore hari, jadinya telat tahu. Dan juga aku sama sekali tidak membuka Twitter hari ini. Duh, mana lagi sibuk-sibuknya menulis soal 4th Gen Nogi, eh ini ada saja MV rilis.

Overall, Keyakizaka46 Nobody ini termasuk MV yang bikin cepat bosan. Tidak jelek sih keseluruhannya, tapi ya tidak ada yang spesial juga. Obyektif saja, konsepnya memang baru, tapi tidak fresh juga. Selain itu ada minus dari segi dance yang seharusnya bisa jadi poin utama.

Tapi sekali lagi, review bersifat subyektif. Mungkin juga faktor karena terlalu banyak berita dalam beberapa hari belakangan ini sampai aku sendiri bingung mau menulis yang mana. Dan percaya atau tidak, ada draft sejak 2 tahun lalu yang sampai sekarang gagal kurilis karena momennya selalu penuh. Damn.

Sudahlah, kalau kalian sendiri bagaimana? Suka atau tidak dengan Nobody atau malah belum nonton?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

22 thoughts on “Sakamichi Review : Keyakizaka46 Nobody”

  1. Ini yang paling tidak kumengertI, kenapa ngga dirilis di Youtube. Lagu Gana pun MVnya belum dirilis padahal udah lama on air di radio. Apa ini krna ada hubungannya dgn Hinata yg sengaja dijaga biar hype-ngga ngga turun sampe rilis single? Idk.

    Mengenai MV, jelas ini paling “mentereng” dr MV Keyaki yg lain. MV Gana yg membawa virus happy aura malah “sendu”. Untuk urusan screentime, ini lumayan kelihatan semua membernya. Kalo dance, jujur Keyaki masih kaku buat meliuk-liuk, mungkin ada beberapa member yg meliuknya bagus. Nijika is one of the best dancer, tp gerakan liukannya tidak lebih bagus dr Yukka tbh.

    Btw, pagi ini MV Katamira available for worldwide di ofc channel Keyaki. Ada kemungkinan akan mulai dibuka semua dan saat itu lah MV 8th bisa dirilis di Youtube. Semoga.

    1. Ane sih berharapnya besok2 aja MV terakhir Hiragana rilisnya. Capek. 😀

      Yep, dance jadi titik lemah MV ini disaat harusnya jadi nilai jual utama.

      Dan sekarang, siapa sih yang peduli sama MV yang dirilis 3 tahun lalu? Ya mungkin kecuali fans baru kali ya. Gak paham deh jalan pikiran S&F 😀

  2. Sebel karena ni mv gk diupload d youtube tpi yaa manajemen mah bebas

    MV paling colorful di Keyaki dan estetiknya kyk MV Shinee lupa judulnya 😀

    Pas dengerin ni lagu auto suka sih dan bayangin MV kyk d hotel”/atau kasino pke baju gaun gitu dan storyline kyk film” agen tapi yaa mngkin gue trllu berharap tinggi ama “coupling song”

    utk dance, akhirnya keyaki ku dance sbg cwek feminim bkn emo emo an kyk biasanya, tapi setuju sama Mac dance kurang sinkron (kaki tangannya keliatan bngt) dan tiap member liukannya kyk beda” sndiri

    Screentime ? sdhlahh lelah saya bahas yg ini

    btw techi kyk canggung gitu gk sih dancenya krn cederanya kah?

    1. Pertanyaannya adalah kenapa 😀

      Kok ane malah ngebayangin Keyaki pake gaun ya? Aneh sih 😀

      Sayangnya, gak ada part yang bisa bikin minus-minus dari dance ini jadi tertutupi. Gak ada killing part yang bener2 nonjok.

      Bisa jadi, tapi ane liatnya sih lebih karena ini dance yang beda dari biasanya.

  3. Nobody dari lagu dan mv nya aku kurang suka sih. Bukan tasteku. Tapi setidaknya permintaan mac orionid ttg pencahayaan dikabulkan dong? Step by step…

    Ini si techi shootnya dua kali sepertinya, yg part dance grup itu waktu dia masih sakit banget (dia masih make bandage)(desember) dan part yg solo shot itu sepertinya baru baru aja karena gerakan techi lumayan luwes dan ga kaku macam di grup shot, oh iya neru absen banyak spekulasi dia sakit atau ga sibuk sama job lain, secara neru bulan november-desember lumayan sibuk.

    Kalo soal mv ga dirilis di youtube menurt ane kayaknya startegi sih.. baru-baru ini katamiraiwo di buka buat umum sebelumnyakan dilock, banyak spekulasi keyaki bakal ngebuka semua MV region jepang mrka dan ngerilis ulang mv single 8 di hari perilisan di youtube.

    1. Bukan selera tiap orang sih memang. 😀
      Btw kok aneh ya dipanggil ID lengkap? 😀

      Gak ada informasi sama sekali kan soal Neru, rasanya dia juga gak update blog dan ane juga gak yakin kapan MV ini diambil gambarnya. Ngambang aja sih rasanya.

      Bener banget dah, 3 tahun baru dibuka region lock. Yah, 2022 kali semua MV dari 8th single di-upload di Youtube 😀

  4. Cuma liat sekali, jd ini opini ala kadarnya dari ane.

    Warna dan cahaya sebenarnya oke. Ganti2 antara scene dance bikin atmosfernya ganti2 juga, intens di grup scene dgn warna oranyenya, dan tenang di solo/duo/trio scene dgn warna kalem dan cerahnya. Ane suka ini.

    Bgian yg ga ane suka ada diawal, perpaduan biru dan oranye. Ini bertentangan dgn hukum RGB yg ane tau dan ane pake untuk ngedesain dulu. Ga nyaman dimata. Atau, ini memang trennya sekarang?

    Soal screentime, ane lupa. Cuma nonton sekali, jd ga terlalu perhatiin.

    Dance berantakan. Sebenarnya ga ini aja sih. Ambivalent juga gitu. Selalu ada yg ga sinkron. Ini masih pake Takahiro, kan? Entah kenapa, mungkin karena member yg g bisa atau gaya Takahiro, klo ada gerakan dance yg sedikit “seksi”, pasti hasilnya awkward.

    Soal Neru yg ga hadir, ane denger kalo dia lagi ngerawat suaminya, mantan pemilik kandang serigala yg lagi sekarat. Ditmbah lagi, sekaratnya karena bisulnya pecah pas duduk dan dikursinya ada paku berkarat. 😀 😀 😀

    1. Gak terlalu merhatiin lighting, dan males liat lagi soalnya udah ada antrian review 😀

      Ciri khas Keyaki bukannya emang bikin sakit mata 😀

      Masih Takahiro. Sebenernya bukan masalah berantakannya atau enggak, kalau ini blocking juga masalah. Buat ane gerakan kacau dikit selama blocking bagus masih bisa diterima lah.

      Mantan pemilik kandang serigala, gimana responnya? 😀

  5. Ini knp jd kyk tradisi ya, rilis single, rilis MV, tp ada aja member yg gk lengkap, dan lagi2 korbannya dri list ane, stelah kmarin UE, skrng Neru, next single kyknya Berika nih TT

    Lagunya lumayan, MV nya gak bisa dibilang suka gak bisa dibilang gak suka 😀

    Techi disini pas solo shot ok tp pas bareng group klihatan ekspresi n gerakannya lemes. Klo gerakan mungkin ada hubungannya sma sakit yg diderita, ekspresi? 😀

    MVP MV ini, Nijika.
    MV 3/5.

  6. Hmm Nobody menarik!!!
    tapi gmn yaa,, jd gk kpengen ntn lg, walaupun lagu nya pasti gua save, krna emng enak aja

    Jenis dance yang, beda dr biasanya, pemilihan kostum nya gua suka sih, tp emang identik dengan celana panjang ya, keyaki walaupun di pakein rok jg, engga kliatan image girly nya
    wkwkwkw
    entah apakah kita akan lihat lagi girly nya keyaki wkwkw

    Screentime jelas lebih adil lah ya, kalo di bandingin sama kuroi hitsuji, Neru yg hilang.. entah kemana.. mungkin berhalangan hadir, kyk dlu si takase mana yg gk ikut MV W-keyakizaka no uta

    by the way, mv yuukanen udh ada 🙂

    1. Jadi lagu>MV nih? 😀

      Soalnya gimana lagi, dance mereka lumayan di footwork, kalo pake rok pun jatuhnya pasti aneh.

      Bedanya, gak ada info sama sekali soal Neru kenapa dia absen tuh. Yang ngaku2 suaminya juga ngiler doang 😀

      Entar komen lagi, MV Gomen ne Christmas udah ada, MV Hiragana udah ada. Gak ada selesainya 😀

  7. Konsep MVnya fresh, jarang-jarang liat Keyaki kayak gini 😀

    Setuju sih soal dance, ane liat agak berantakan dan dibeberapa scene kayak gak sinkron

    Screentime juga lumayan rata. Kalo dibilang membosankan sih, rata-rata semua MV yg gak nonjolin visual membosankan *ehh.. 😀

  8. wkwkw tp lagunya enak sih

    hmmm masuk akal, mereka kalo di pakein rok, jd gimana rasanya wkwkw

    lol, MV gomen ne, gua baru mau ntn

  9. Asem bener lah, baca di s48 gak nemu info alasan resmi Neru gk ikut di MV ini yg ada spekulasi2 yg bikin was2 TT

    Tp gk disungai kok ane ngambabgnya 😀

    Gmn ya, ekspresi yg memprihatinkan yg gak sesuai sma posisi dia sebagai center n “wajah” grup, tp pas solo part mantul dia 😀

  10. Klo desasdesusnya gtu sih, gak mslah, mlah ane setuja2 aja 😀

    <:#(@(@(@—※™←-:-(@(@

    Knp? Bhasa ane terlalu Now ya buat ente yg Old? 😀

  11. Stelah apa yg terjadi bbrp waktu lalu, tak ada lagi yg perlu dibhas soal ini TT

    Ciee, kemudaan ya buat ente yg ketuaan? 😀

Leave a Reply