VIII Prediction : Not Really a Prediction About Keyakizaka 8th Single

It’s happening. Keyakizaka 8th single akhirnya akan dirilis pada 27 Februari 2019. Sesuai dengan pengumumannya di website resmi Keyaki pada 14 Januari. Well, apa yang baru sampai-sampai aku tertarik untuk membuat prediksi “senbatsu” single ini?

FYI, prediksi untuk Keyaki terakhir kali kulakukan untuk 5th single. Dan kenapa sekarang aku membuat lagi? Well, pertama jelas; ada banyak perubahan member (3 grad) dan masuknya member baru. Jadi, ada kemungkinan akan ada perubahan kan?

Well, nope. Dari info yang ada, bonus untuk single ini adalah 36 tipe berbeda. Dengan kata lain, hanya ada dua kemungkinan; member Kanji dan Hiragana baru tidak akan ikut di single ini. Atau hanya Kanji yang ikut, meski teori ini kemungkinan tidak karena jumlah member Kanji 1 & 2 hanya 29 orang.

Jadi memang kemungkinan besarnya member baru masih belum akan ikut di single ini. Menurutku, Keyakizaka 8th single ini hanya akan jadi single pengisi status quo. 


18-nin “senbatsu”?

Dengan kemungkinan kalau member Gen 2 belum akan ikut di single ini, maka “senbatsu” hanya akan berisi 18 orang. Kenapa aku bilang begini? Karena kalau member dinaikkan ke “senbatsu” maka bisa dipastikan akan ada riot di fandom. Termasuk aku.

Well, dengan 18-nin senbatsu, yang lebih menarik tentu menebak-nebak posisinya. Tapi sebelum itu, harus dipikir dulu apa dari 18 member Kanji, memang akan ada 18 yang ikut di Keyakizaka 8th single ini? Setahuku belum ada berita official kalau Aoi sudah kembali dari hiatus.

Ya dia ikut di PB grup kemarin, tapi belum ada informasi lebih jauh kalau dia akan berpartisipasi di 8th single. Lalu yang kedua, jelas Tecchi. Dengan cederanya, kurasa dia akan absen di single ini. Selain itu sama seperti Aoi, belum ada sedikitpun berita kalau Tecchi sudah kembali beraktivitas.

Nah, mengasumsikan dua member ini bisa dikesampingkan dulu, maka formasinya jadi 16-nin, formasi ideal yang sering digunakan Nogi di era 2014-2016. Dengan jumlah lebih sedikit, kita akan kehilangan formasi dance khas Kanji yang jadi daya tarik utama, tapi nilai yang sepadan untuk angin perubahan.

Dengan 16-nin, untuk urusan formasi kurasa masih sama saja, kurang lebih, dengan Ambivalent. Soal siapa yang akan ada di 3rd, 2nd, atau front row menurutku jadi kurang menarik untuk dibicarkan, toh tiap single masih berganti-ganti. Jadi langsung saja ke topik selanjutnya; center.


Who Should Stand in Zero Position

Well, dengan asumsi kalau Tecchi akan absen di single ini -dan ini pertanyaan terbesarnya- maka siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai center? Pertanyaan yang bisa dibilang kadaluarsa tapi selalu diulang kembali. Menurut kalian, siapa yang cocok jadi center?

Kalau untukku, ini pertanyaan subyektif ya. Siapa yang cocok jadi center akan tergantung pada member siapa dari penganut “asal-bukan-Tecchi” yang mereka favoritkan sendiri. Tapi, ayo bicara soal peluang, siapa saja yang paling bisa menggantikan Tecchi di single ini.

Syaratnya ada beberapa; 1. Punya presence kuat, 2. Punya popularitas yang setidaknya mudah dikenali oleh publik, 3. Bisa membawa hasil yang tidak mengecewakan (ini obyektif), 4. Asal-bukan-Tecchi.

Dari syarat yang ada, menurutku ada beberapa member yang bisa dijadikan pertimbangan; Neru, Pon, Yuuka, Risa, Kuritaro. Banyak juga ya, ayo kita bahas satu-satu. Pertama, untuk Neru. Dia punya semua syarat di atas, dan mudah saja menempatkannya sebagai member terpopuler Keyaki untuk general public.

Dia mendapat individual job sebagai pemeran dalam drama juga, aktif di beberapa variety kelas atas, dan juga kalau kalian ingat, dia jadi member pertama yang menggantikan Tecchi sebagai face untuk Keyakise, yang mana dulu membuat heboh. Neru mungkin pilihan kalau mereka mau main aman.

Pon sedang dalam periode keemasan. Menjadi center untuk jadwal padat di akhir 2018 membuat presence Pon dilirik lagi, belum lagi sekarang dia mendapat PB. Kalau S&F ingin mencoba hal baru untuk Keyakizaka 8th single ini, Pon bisa dijadikan substitusi yang paling menjanjikan.

Untuk Yuuka, meski aku menyuarakan kekecewaan pada performanya, tapi apa yang akan terjadi kalau dia dijadikan center? Ini sudut yang menarik untuk dibahas. Sejujurnya, aku merasa Yuuka sebagai performer belum menunjukkan semua kapabilitasnya, so why not try?

Risa mungkin kandidat yang paling berpeluang kecil dari 5 nama yang kusebut, tapi sebenarnya dia termasuk member yang paling mungkin untuk jadi center. Karena apa? Risa punya image & presence yang lebih kuat dari tiga member sebelumnya. Dan yang paling mendekati aura Tecchi.

Sementara untuk Kuritaro, dia bisa dibilang kandidat terkuat untuk jadi center selain Pon. Saat menggantikan Tecchi dia mendapat sambutan lebih meriah dibanding Pon maupun Mizuho. Terkenal sebagai salah satu main dancer Kanji, membuat Kuritaro jadi center mungkin pilihan yang bisa dibilang logis.

Tunggu sebentar, di mana Mizuho kalau begitu? Dia mendapat atensi cukup besar saat menjadi center dan tidak masuk kandidat kuat? Ya. Karena bagiku membuat Mizuho menjadi center saat ini terasa terlalu cepat. Kalau diandaikan, waktu Kaze ni Fukaretemo rilis, berapa besar peluang Risa jadi center?

Kira-kira seperti itulah. Mizuho ada di posisi Risa waktu itu, terlalu beresiko meski sebagai substitusi dan personality, dia punya kemampuan. Bisa dibilang juga brand image-nya masih belum cukup kuat.

Dari 5 nama yang kusebut, siapa kandidat center favorit kalian? Hanya dari 5 ini, beda dengan vote di atasnya. Itu semua dengan skenario kalau Tecchi akan mengambil hiatus dari Keyakizaka 8th single ini.


The Son of The Suns may not even taking hiatus

no title

Nah, bagaimana kalau sebaliknya terjadi? Tecchi tidak hiatus dan masih menjadi center? Oh well, not a shocking story by any means. Kemungkinan ini tidak bisa dihindari, masih ada waktu satu bulan setengah sebelum single ini rilis -meski aku yakin saat artikel ini naik, formasinya mungkin sudah ditetapkan-

Kalau membuat Tecchi masih menjadi center, well, que sera sera, aku masih tetap akan mereview semua materinya, hanya saja untuk melihat mereka sebagai grup, aku akan lebih memilih Hiragana. Oh, dan semua kemungkinan tentang single debut mereka di bulan Maret, why should bother?

Menimbang perjalanan Keyaki di 2018, jelas Keyakizaka 8th single ini akan jadi single penting. Pertama karena ini akan jadi single pertama setelah banyak member graduate, perubahan sedang terjadi. Kenapa harus setengah-setengah. How many times I’ve said that?! It’s like I’m really forcing it right now!


Conclusion

Keyakizaka 8th single…..well, entahlah bagaimana perasaanku tentang single ini. Kalau sekarang sih aku lebih menunggu hari Minggu datang lebih cepat karena akhirnya Gen 4 Nogi akan diperkenalkan dan aku bisa memulai artikel first impression.

Berita tentang Keyakizaka 8th single ini pun rasanya biasa saja. Hambar. Bukan karena tidak menarik, tapi karena mencoba menebak kemana arah Keyaki -ehm, Kanji- akan berlayar itu susah. 8th single akan menjadi judgement andaikata memang akan ada perubahan.

Well, ini jadi pendapat yang memecah fandom jadi dua kubu; perubahan dan pragmatis. Kalau aku sih, terserah yang mana asal bisa membuat ketertarikan pada Kanji sebagai grup muncul kembali. Karena di awal tahun ini akan sibuk, mulai dari IZ*ONE, Keyaki, dan nantinya Nogi belum lagi TWICE yang juga biasanya merilis materi baru.

Satu lagi, invasi Hiragana yang semakin kuat. Kalau Kanji tidak bisa memberikan sesuatu yang beda di 8th single ini, bisa jadi aku juga mager untuk menulis review. Jadi, bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

22 thoughts on “VIII Prediction : Not Really a Prediction About Keyakizaka 8th Single”

  1. Sempet bingung waktu baca Kuritaro. Lama ga ngikuti member kanji. Lupa. 😀
    Kalo center baru, ane pilih Miyu. Kalo center lama, ya ga masalah juga. Inilah enaknya jadi casual fan. Nrimo. 😀

    Soal Hiragana, sma sperti komen ane di s48, nunggu daftar lagunya dulu. Kalo ada disitu, ya kayaknya status mereka ga berubah. Dan, logikanya, mnjmn ga mungkin korbanin jumlah penjualan single. Jd, kemngkinan masih ikut di b-side.
    Mungkin aja, kalo promosi gen2 kanji udah maksimal, macam gen3 nogi, mungkin mungkin dan mungkin, hiragana bisa dipisah. 😀

    Ditunggu reviewnya. 😀

    1. Yakin nrimo? Ane sih gak 😀

      Mungkin ini bisa jadi single terakhir Hiragana ikutan, kalo main spekulasi, berikutnya Gen 2 Kanji udah siap lepas landas.

      Kalo niat ya 😀

      1. Ane sih yes. 😀 Tambah lagi Februari, DC comeback, jadi ane lebih menanti itu. 😀

        Ane berharap gitu. Tapi, logika ane, plus liat mnjmn yg gila keuntungan, kok merasa H ga bakalan dapet kemerdekaannya. Atau, mungkn mnjmn pake strategi Cinderella, dengan bikin H kayak jadi pihak korban, yg bikin fans makin gila dukung dan ngeprotect mereka, dan uang lebih banyak masuk. 😀

        Nawaitu aja dulu. Ingat, hanya niat melakukan hal baik udah dapet pahala loh. 😀

      2. Ane, cukup TW dan DC aja. TWICE buat manis-manisan dan sayang-sayangan, DC buat yang koplak, gila, dan musik yang bikin eargasm . Dan mungkin, ITZY, kalo cocok musik dan konsepnya, buat memuaskan hasrat Masochist ane. 😀

        Imajinasi itu, bukan spekulasi. 😀

  2. Miyu secara image cocok buat jadi center selanjutnya, tapi sayang fandomnya kurang kuat menurutku kalo dibanding sama neru, sugai, risa, pon. Tapi bisa lah dicoba.

    Pilihan aman emg neru sih, aman banget tapi konsepnya jangan cool, karena bakal ga kasih impact kalo dia. Mungkin general idol song sama kayak pon. Kalo sugai sama habu aku kurang suka mereka jadi center, terlalu berlebihan sih liatnya dari ekspresi, ga pas dan belum waktunya. Risa bisa jadi the next, punya potensi dari semua syarat itu.

    Emang aura risa mendekati techi yg bagaimana min?

    Kalo ane prediksi pon yg center kalo techi beneran out dari single kali ini. Pb+jadi center di event gede macam kouhaku sama japan record itu sih suatu pertanda.

    Denger denger MV nya udah dibuat sejak oktober/november 2018 gitu dan sempat remake (?) desember di ibaraki. Asumsi sih techi yg center tpi krna kondisi dia makin parah jadi diremake ulang MVnya, bisa jadi techi masih ikut tpi bukan diposisi center. Kalo live mungkin bakal disub sama member 2nd gen.

    1. Itu dia, manajemen mau gak bertaruh sama member yang fanbase-nya masih belum kuat banget?

      Kalo sejauh yang ane dengar sih, gak beda2 jauh sama lagu2 sebelumnya ini single. Jadi yah….

      Gak banyak bicaranya itu 😀

      Bisa jadi Pon yang bakal center. Ane udah pegang dia jadi kandidat center terkuat dari 4th single sih.

      Cerita Keyaki bikin ulang MV bukan yang pertama sih, ane gak peduli2 lagi. Dulu sempet bocor juga yang di Taiwan tapi akhirnya gak jelas kemana itu MV. Beberapa kali buat coupling juga.

  3. Pertanyaan ane, kalo gen 2 kanji udah matang berarti mereka yg bakal ngisi senbatsu gantiin member yg grad ketimbang member hiragana? Jadi semua member hiragana ga akan pernah ngerasain senbatsu? Kalo gitu mending cerai dong 😀

    Kalo soal center, ane dukung Suzumoto sama Yuipon, tapi firasat ane lebih ke Neru karena emang paling berpeluang. Ingat sakamichiAKB, Neru yg center saat Techi ga ikutan. Dia gak gantiin Techi di Ambivalent karena lagunya sangat gak cocok dengan imagenya 😀

    Agak males sih kalo udah nebak nebak gini tiba tiba Techi ikutan dan jadi center 😀

    Siapapun centernya, bagaimanapun formasinya harapan ane cuma lagunya sesuai selera ane supaya ane bisa balik merhatiin kanji 🙂

    1. Pertanyaan ane cuma satu sih, “senbatsu” di Keyaki itu ada gak sih? Atau hanya mitos? 😀

      SakamichiAKB kan emang Neru centernya?

      Makanya ane kan udah bilang di akhir. Dan agak males nebak2? Bisa dibayangin gimana ane pas nulis ini? 😀

      Yep, semua kembali ke lagu.

  4. Cukup gila sih,
    tapi g brharap, hiragan debut single mereka sndiri
    sipp ckup untuk hiragana

    center:
    1. miyu
    2. pon

    dr awal gua pilih mereka b2, kenapa?
    well jelas sudah mac jelasin di atas

    tapi siapapun yg naik dr 5 di atas, yg mana memang kemungkinan trbesar itu jatuh ke salah satu dr mereka b5, maka yg gua penasaran, lagu dan lirik yg kyk gmn 8th single ini wkwkw

    apakah selamanya image keyaki akan melambangkan techi, bila melihat dr single 4 – 7
    kesan nya, so techi,

    apakah lagu ke 8, ini kan membuat contoh so miyu, so neru, so pon wkwkwk
    sipp ckup untuk center,

    tp jjur, gua sdikit penasaran apakah akan masuk, seseorang yg tiba” jd center,
    nama yg kita gk kepikiran, tiba” ODA NANA, tiba” Koike Minami
    atau tiba” dr gen 2
    well
    no one knows
    tapi gua pun asumsi nya techi gk ikut dan aoi 50-50 ikut dan gk nya

    rilis akhir bulan depan,
    brarti paling engga, skrng senbatsu nya udh ketahuan, lalu udh mulai latiha” choreo mungkin atau mungkin udh shooting MV
    yaa hal ini bsa trjadi

    dan bila iya, entah kenapa kemungkinan techi absent d single ini naik sampai 90%
    bagi diri gua wkwkw

    tapi g bener” menantikan angin perubahan…

    1. Tunggu aja bulan Maret.

      Mereka berlimaa berpeluang paling gede, in case Tecchi beneran gak ikut loh ya 😀

      Bisa jadi Pechan jadi center, dijamin lagunya bakal sunyi 😀

      Sekarang udah pasti kepilih siapa center dll, lagu, koreo, bahkan MV bisa jadi udah kelar. Soal main licin S&F jagonya.

  5. Bagi ane, siapapun centernya kelak, siapapu member yg masuk senbatsu, selama lagunya masih enak didenger, pasti akan memberikan “impact” yg besar..

    Sejujurnya, untuk urusan center masih “Tecchan stand”, tapi kalau dipikir”, keyaki butuh center baru kedepannya

    1. Enggak juga, Ambivalent bagus, cuma centernya keseringan absen+di-roast sama fandom jadinya efeknya gak segede single2 sebelumnya 😀

      Jelas butuh, masa iya mau ngulang cerita Acchan 😀

  6. Bisa gk dibilang klo sibgle ke-8 ini jd single yang penting buat gambaran single Keya kedepannya.?
    Tentang apakh senbatsu di keya itu ada n selamanya harus 21nin,
    tentang posisi center,
    tentang bgaimna nasib hiragana di single2 Keya disaat bisa dibilang karir hiragana di tahun 2018 termasuk wow (walau sepertinya ttp gak ngaruh)

    Klo utk center ane lebih pilih Miyu. Perform dia lebih ok n bisa nampulin image Keya, meski fanbase gak sebesar Neru atau mmeber yg laen tp ane rasa itu gak bgtu ngaruh.
    Atau center tetap Techi, tp pas perform di ganti2 ke meber laen kyk kmarin2, jd Techi sebatas center di MV sambil nunggu dia bnar2 pulih 😀

    Untk gen-2 keya, ane gak kberatan klo mreka dilibatin, mau cepat atau lambat toh kehadiran mreka dibutuhkan, lagian bbrp diantra mreka jg udah dilibatin di perform2 keya kemarin, jd ane rasa mnjemen dah cukup yakin dgn kemampuan mreka n setau ane perform mreka jg ok. Lagian masih ada waktu sampe perilisan, jd bisa semakin mematangkan skill n kekompakan.

    1. Bukan gak bisa, belum bisa. Lain cerita kalo “senbatsu” udah diumumin, yang bisa aja entar malem 😀

      Kita liat nanti, apa akhirnya Kuritaro bisa kudeta Tecchi, sesuatu yang gak bisa dilakukan Zuumin 😀

      Kayanya sih belum ya. Seenggaknya, nunggu Keyakake perkenalan mereka. Atau bakal ada program khusus, tau kan yang foto bareng sama Hiragana juga?

  7. Sepertinya posisi center belum bisa dikudeta, mnurut orang2 yg sudah dngerin bocoran di radio bbrp hari lalu 😀
    Ya sudahlah 🙂

    “tau kan yang foto bareng sama Hiragana juga?” Hmmm????

    Atau bisa aja, pas pngumuman senbatsu, gen 2 juga diundang tapi sebagai pnonton yg yg gk diliput kamera, trus pas ada yg kepilih jd senbatsu baru disorot kamera n next episode dibikin segmen mengenal lebih jauh, ya ala2 pngumumn senbatsu single ke7 Nogi 😀

    1. Belum fix selama MV belum muncul 😀

      Tuh yang kapan hari Kanji & Hiragana foto bareng di depan kuil atau apalah itu.

      Hmmm, kaya inget sesuatu. Entar ujung2nya kok ane ngeramal member yang bakal terpilih itu bakal dibully habis2an ya? 😀
      Hmmmm….misteri.

Leave a Reply