2018 in Summary and Resolution 2019

Seperti biasa, aku selalu menulis tentang resolusi tahun baru setiap tahunnya. Satu tahun lalu aku menulis tentang kaleidoskop dan resolusi untuk tahun baru. Dan kalau tahun ini tidak, rasanya ada yang kurang.

Well, tahun lalu resolusinya adalah mencoba melawan arus, tapi masih belum bisa terjadi. Just can’t handle the pressure. So it’s a total bust. Resolusi lain yang tidak kalah penting, dan masih tidak terwujud, adalah stop being a smoker.

Ya, dua tahun terakhir ini jadi resolusi yang terus menerus ada, tapi masih belum saja terwujud. I do get sick of nicotine and ready to get rid of them, but the challenge didn’t stop. Dan bagaimana aku mengurangi kebiasaan jelek ini? Beralih ke vape.

Images credited to vaping360.com

Ya, di tahun lalu aku bilang itu bukan solusi, tapi setidaknya sekarang aku bisa menghilangkan mati rasa di mulut akibat rokok. I’m not saying it’s healthier or safer, but giving me a more pleasant feeling. Tetap saja, kalau belum merokok atau vaping, saranku sih tetap saja jangan memulai.

Untuk hal lain, selama satu tahun di alamat baru ini, jujur saja, performanya mengecewakan. Hanya 118 artikel dan views hanya 45K. Di 2017, jumlah artikelnya sampai 138 dengan views 2 kali lipat. Alasan pindah alamat kurasa tidak berlaku, karena aku juga sudah memberi alamat ini di blog yang lama.

Jadi kenapa? Perbedaannya terlalu drastis sampai aku tidak bisa menemukan alasan yang pasti. Punya pendapat soal ini? Karena menulis banyak artikel dengan views yang sedikit, juga komentar yang sedikit itu rasanya sakit juga. Not that I’m complaining.

Hanya saja, dibandingkan tahun sebelum-sebelumnya, jumlah komentar yang jadi lebih sedikit ini apa karena minat pada Sakamichi mulai memudar atau ada faktor lain? FYI, artikel yang paling banyak dibaca tahun 2018 adalah review dari What is Love, lebih dari 850 kali.

TWICE : What is Love MV Review

Dari Top 5 artikel tahun 2018, dua artikel berasal dari K-Pop. Satunya lagi adalah tentang debut line-up IZ*ONE. Ya, keyword tentang K-Pop memang pasti lebih banyak dibaca, but the number of comments just really didn’t met up my expectations. Perbedaannya terlalu jauh dengan 2017.

Seperti yang kubahas sebelumnya lewat seri Sakamichi This Year, tahun 2018 kemarin memang adalah tahun roller coaster. Banyak fans yang sebelumnya bisa kukatakan devoted mulai mundur perlahan. Terakhir, serigala OG pun memutuskan pensiun (ngeblog) so the times they’re changing.

Well ini sih wajar ya, siklus ini pasti terjadi. Yang jadi pertanyaan adalah jumlah fans baru Sakamichi juga tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. I dunno if it’s just me or not, for me it was. Untuk alasan ini jugalah materi tentang K-Pop cukup banyak tahun ini.

I want to discuss more and more, with other fans. It’s not fun if you’re doing it alone.

Oke, intinya adalah, masuk ke 2019 adalah sesuatu yang berat termasuk bagiku. Sedikit flashback, di 2014 aku penuh mengikuti Nogi saat itu karena dua faktor; Big Rip, chaos di fandom SONE dan aku menyerah dengan 48G. Masuk ke Nogi adalah sesuatu yang benar-benar baru.

Fandom belum berkembang, itu juga yang membuatku masuk tim subs waktu itu. Melihat perkembangan dan sekarang mungkin, penurunan, siklus yang umum kulihat. Dan sekarang, aku masih belum menyerah sebagai fans Sakamichi. I don’t wanna see it ended in a smoke.

Jadi, resolusiku untuk 2019 adalah, aku ingin melihat fandom Sakamichi tidak mati. Dan satu hal lagi, setelah kandang serigala berhenti update, jujur saja, banyak yang jadi tidak punya tempat berkumpul. Aku tidak akan bilang aku bisa menggantikan, tapi ada saran bagaimana agar fans bisa tetap berdiskusi bebas?

Kalau ada ide, silakan tulis di bawah.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

22 thoughts on “2018 in Summary and Resolution 2019”

  1. Wihh ada ngerubah sedikit template web nya nih
    atau gua aja ngerasa gitu wkwkw

    btw,
    yaaa gk bsa pura” gk tau juga, tapi iz*one itu cukup menggema dan gk heran kalo artikel tentang mereka lbh banyak di views,
    terlihat sih kalo fans sakamichi tidak banyak bertambah, apakah mungkin karena para nama” yg grad

    tapi seengaknya banyak juga yg masih bertahan, bbrp tempat nongkrong(aka group chat) masih punya member aktif yg jujur tidak bertambah, dengan kata lain, fans nya masih itu” saja
    memang senang rasanya saat fans baru muncul dan kita bantu kenalkan ke sakamichi
    banyak bgt web buatan org luar, yang di bkin dengan baik untuk memperkenalkan sakamichi,
    well in this case, you are not alone
    banyak juga org lain d luar sana, yg mencoba hal serupa

    DAN!!!!!
    kelihatan di tahun ini banyak subber yang berhenti, well karena umur dan situasi mungkin
    tapi gak nyangka bahwa banyak subber baru yg brmunculan juga, ada yg solo ataupun team
    lalu… g baru tau trnyata mac prnh masuk team subbing
    WOW, new info !!

    hmmm tmpt nongkrong baru ya, sulit juga sih
    enak aja di kandang, baca artikel baru smbil ngbrol di komen wkwkwk

    EHEM!!!
    mungkin mastoppu tertarik mencoba hal ini wkwkwkwk
    tp ya jujur g sndiri gk prnh ngurus blog,
    so jelas gk kebayang betapa sulitnya handle sebuah blog kyk kadang
    tapi g masih menantikan tempat baru itu
    *gua demen bgt update an info nya, rasanya simple gt, kyk google, tinggal mampir aja semua udh ada tinggal cari atau baca sndiri doang wkwkkw

    1. Berubah? Enggak, belakangan ini malah terlalu sibuk sampe gak sempet buka blog.

      Kalau dibilang karena nama2 yang grad, jelas yang nyuri perhatian cuma Naachan. Kalaupun ane bandingin sama situasi AKB 2012 sih, lebih kerasanya fans Sakamichi kurang aktif bacotannya. 😀

      Iyakah banyak website sakamichi dari luaran? Yang masih aktif?
      Pertanyaan yang sama, Banyak subber baru yang muncul?

      Ane coba bikin side project soal tempat baru, masih template mentah dan buat ngembangin masih butuh waktu. Cuma nantinya, kalau ane sendiri jelas gak bisa update kaya sebelah. So, kalau gak ada perkembangan sementara waktu ini ya bakal terbengkalai juga.

  2. Ane tinggal di jepang ekspektasi bakalan lebih aktif fokus sakamichi ternyata realitanya sibuk kerja, sibuk pelajaran, sampe buat jalan2 aja gak ada, kalo ada duit gak ada waktu kalo ada waktu gak ada uang gitu aja terus haha.
    Cuma kalo ane pribadi sih masih ngikutin sakamichi, tapi gak sehardcore dulu sampe nontonin keyakake berulang2, sekarang sekedar dengerin lagunya aja di yutub. Ane entah kenapa begah sama sakamichi, bukan karena kualitas musik turun, tapi ane gak suka aja suara mereka ancur banget. Paling nonton MV mereka aja di yutub. Sama sekarang ane tinggal di jepang, cewek2 sini mukanya gak kalah sama anak sakamichi, lebih unggul bahkan, jadi magis visual mereka ilang di ane, paling miona aja, belom nemu yang lebih cute dari miona.
    Sekarang jujur ane lebih doyan kpop karena fromis_9, ngingetin ane sama SNSD jaman muda, cakep, suara bagus, lagu bagus, member geblek semua. Izone juga tapi jo yuri sama ahn yujin aja, ada member yang ane kzl di sana jadi gak bisa fokus juga. Kalo luar Asia paling 88rising, masih asia sih tapi turunan aja basenya amrik haha.

    Itu aja sih pengalaman ane selama 2018.

    1. Ekpektasi>>>>realita 😀

      So, kalo dari pasar disono, popularitas mereka masih terus naik atau gimana?

      Lah, jauh2 ke Jepang demennya malah ke negeri sebelah, gak pindah aja sekalian? 😀

  3. Resolusi ane 2019 dah terwujud, berhenti ngeblog 😀 😀 😀

    Soal performa blog, bkn cuma ente, blog ane jg gak sewah sebelumnya. Ntahlah, mungkin emang krena minat berkurang tp bukan minat ke sakamichi kyknya, tp emang minat klik link model artikel blog gini yg kurang + semakin menyitanya waktu dikhidupan nyata.

    Soal tempat nongkrong, blm punya solusi yg bisa ane tawarkan 😀
    Disini ajalah, ente yg ambil alih 😀

  4. Kalo di sini sakamichi lagi hot-hotnya gan, semua orang tau. Cuma karenq pangsa pasarnya luas jadinya ya gak tau sampe kapan, kalo ane liat sih penurunan apalagi sejak keyaki cuma rilis 2 single dan hirate semi pensiun. Ane dapet kerja di sini setelah 2 tahun baito gak jelas, bahasa korea ribet di listening, pareum (pronunciation) susah. Mau di sini aja, duit sama kondisi pekerjaan lebih bagus di sini, korea banyak laporan kerja rodi tak dibayar, di jepang masih dibayar, orang2nya juga lebih teratur.

  5. 2018 tahun gado-gado buat ane. Mulai dari kondisi kesehatan yang menurun, sampai dapet TWICE and Dreamcatcher sebagai wadah baru penghibur hati ane. 😀

    Target 2019 simpel aja. Pengen lebih sehat dari 2018, dan semoga bisa lebih paham apa yang dikatakan anak-anak TW dan DC. 🙂

    Kalo tempat diskusi baru, mungkin bisa bikin grup gitu di FB, yg kalo mau masuk harus ijin dulu. Ane sama sekali ga paham soal ini. Mungkin yang sering main FB lebih tahu. 😀

  6. Emang ane blogger? Ngapain pla ane curhat 😀

    Jd mau maen apalagi, nogifes mulai mnurun semangat, game zambi blm rilis 😀

  7. Masak sih? 😀

    Gak tertarik 😀
    Mana HP akhir2 ini lemot lagi, mau diformat tp gak tau ntar gmn nyelamatin NogiFes 😀

Leave a Reply