Nogizaka This Year 2018

Kembali dengan #SakamichiThisYear, kali ini untuk Nogizaka This Year 2018. Seperti biasa, ini berisi tentang perjalanan Sakamichi di tiap tahun. Kali ini, untuk Nogizaka This Year 2018, mungkin adalah turning point bagiku. Untuk hal ini mungkin di tahun baru nanti untuk lebih detailnya.

Kali ini untuk rekap dari perjalanan Nogi di tahun 2018 ini, 7 tahun dan untukku, 5 tahun. Well, langsung saja, ini dia Nogizaka This Year 2018.


Releases

Synchronicity, Jikochuu de Ikou, dan Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru menjadi nomor Nogi tahun ini. 20th, 21st, dan 22nd yang semuanya memberi kesan yang berbeda. Pertama, untuk Synchronicity. Sebagai single pembuka 2018, rasanya sudah lebih dari cukup kata-kata untuk single ini.

Synchronicity menempati posisi tinggi untuk Sakamichi Best Song & Best MV 2018, rasanya di dua artikel itu sudah kukatakan semuanya. Jadi, skip untuk membahas Synchro sekali lagi. Di pertengahan tahun Jikochuu memberi nuansa yang….tidak jauh berbeda dengan kutukan yang masih menghantui.

Meski harus diakui, Jikochuu termasuk summer single yang lebih fresh dibanding yang lain. Well, not really my cup of tea, but it’s better than the rest. Setidaknya membuat nuansa summer masih terasa. Terakhir, Kaerimichi yang mungkin adalah single yang paling biasa saja -setidaknya menurutku-

Mungkin juga tertutupi fakta kalau ini adalah graduation single -which is always shit- yang pasti, Kaerimichi tidak punya hook yang lebih catchy dibanding Jikochuu atau MV yang lebih bagus dari Synchronicity. Tapi, secara musik, bisa dibilang Kaerimichi punya purple line yang lebih dari cukup.

Overall, untuk rilisan di tahun ini, Nogi masih merilis lagu yang dalam zona aman. Purple line and honestly, it leaves much better impression than last year’sMinim gimmick yang sebenarnya sedikit mengecewakan, tapi okelah karena ini tahun transisi. Yang membawa kita ke segmen selanjutnya.


Graduation

Delapan nama mengumumkan graduation di tahun ini, jumlah yang menurutku masih terlalu sedikit untuk menyeimbangkan jumlah member. Well, memang nama-nama besar juga ikut grad seperti tahun-tahun sebelumnya. Di awal tahun ada Ikoma dan Rotti yang mengakhiri 95 Line.

Dua-duanya grad di awal 2018 setelah mengumumkannya pada akhir 2017. Tak lama di bulan Mei, Chiichan dan Iori mengumumkan graduation. Iori menjadi member pertama dari Gen 2 yang graduate, de facto sebagai member, bukan KKS. Dan sejujurnya, ini menjadi graduation yang paling membuatku sedikit kecewa.

Lalu gong-nya, di akhir tahun ini Naachan dan Yumi menjadi headline dimana-mana karena mereka grad di waktu yang nyaris bersamaan. Naachan lebih dulu, dan juga membuatnya menjadi center untuk Kaerimichi -all those sentimetal reasons- nah, di waktu yang juga berdekatan, member lain juga ikut grad.

Johnson dan Kawago-P menutup 2018 dengan ikut graduate. Langkah yang sebenarnya sangat bijak mengingat mereka sudah tidak ada harapan lagi di grup. Kontrak Kawago dengan Popteen juga selesai -aku tidak ingat jelas urutannya- berdekatan dengan pengumuman graduation-nya.

Luckily, some already did their own path. Hope them the best.


New Entry

Menjelang pergantian tahun, 11 member Gen 4 Nogi diperkenalkan. Yah, seperti sudah kukatakan, sedikit membosankan. Sampai artikel ini naik, aku masih belum berniat mencari tahu lebih banyak tentang mereka. Jadi, yah, belum banyak yang bisa kukatakan.

11 member dan sejauh ini masih belum ada progress lebih untuk melihat mereka lebih jauh, jadi kurasa masih harus menunggu tahun berganti sebelum bisa memutuskan. Nah, karena untuk sekarang Gen 4 masih jauh dari diskusi, kita beralih ke segmen selanjutnya.


Uprising

Beberapa member jelas punya kesempatan yang besar di tahun ini. Banyak member yang mendapat stage play, to name a few; Iku, Misa, Capt, Yumi, Junna, Aachan, Lord. Beberapa menjajal drama meski hanya sebagai peran pendamping seperti Sayuringo dan Maiyan.

Atau malah film seperti Ashurin. Ada juga yang merilis novel seperti Kaz, yang mana sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat dia sudah lama menulis sebagai sampingan. Untuk radio juga rooster selalu ada, berganti dengan dinamis.

Well, kalau di 2017 kemarin kita melihat major development untuk Gen 3, di tahun ini mereka sudah mengambil lebih banyak peran dari senpai. Stage play Hoshi no Ojousama dimainkan oleh Gen 3, peran mereka juga lebih dominan di Project Zambi.

Kalau aku memilih, ada tiga nama yang menurutku layak disebut most prominent members; Aachan. Dia membuat gebrakan besar tahun ini, mulai dari senbatsu pertama sampai peran utama di stage play. Yang pertama dari Gen 2 setelah Maichun mendapat exposure sebesar ini. Lebih dari Ranze.

Lalu Ume, yang mendapat tempat yang lebih baik, bahkan bisa dibilang paling nyaman untuk member Gen 3. Perannya masih belum jelas sejauh ini, tapi rotasinya ada di sekitar Maiyan, so it is a risky yet comfortable seat. Terakhir, Renachi.

Oke, untuk yang terakhir ini mungkin sedikit aneh mengingat Renachi tidak banyak terdengar, tapi dia adalah salah satu member dengan airtime yang paling sering kulihat. Gravure, radio, kekuatan terbesarnya mungkin adalah fanbase yang militan.

Tidak berarti tiga nama ini serta-merta bisa jadi penantang serius untuk senbatsu tahun depan ya. Ini hanya penilaianku semata berdasarkan siapa saja yang terlihat paling menjanjikan di tahun 2018 ini. Kalau ada member lain yang menurut kalian layak, tulis saja dibawah.


Photobook

Tahun ini gelontoran PB tidak semasif tahun 2017 kemarin. Hanya Naachan, Hoshimina, Sayu, Ikuchan untuk kedua kali, dan long awaited Kiichan PB. Kita sudah bisa mulai meninggalkan titel konservatif dari Nogi lewat PB-PB yang dirilis. Which is….win-win solution.

Oh, untuk mempersingkat saja, prinsipku masih sama; selama sudah cukup umur, dengan kata lain >20, silakan saja merilis PB. Dan dari semua PB yang dirilis di Nogizaka This Year 2018 ini, jelas Naachan memberi lebih banyak informasi dari biasanya, Mai-style.

Untuk Sayu, this was her last piece of puzzle, so I’m happy for her. Tapi jelas, untuk PB, Nogisatsu meski tujuannya hanya untuk uang saja, masih ada di puncak untuk rilisan PB tahun ini. Untuk PB individual, jujur saja, doesn’t quite meet my expectations.


Images

Just like usual. Untuk Nogizaka This Year 2018 ini, mereka masih tampil dengan image yang sama. Hanya saja, kata-kata konservatif rasanya sudah mulai bisa dihilangkan untuk saat ini. Yah, lewat PB dan gravure yang jumlahnya sudah jauh lebih banyak dari sebelum-sebelumnya, rasanya itu wajar.

Tapi untungnya Nogi masih “cukup” konservatif, tidak ada gesture yang terlalu berlebihan termasuk di segmen ini, jadi masih bisa dimaklumi. Unofficial title as “modelzaka46” juga masih dipertahankan, jadi untuk hal ini, secara keseluruhan Nogi masih sama saja untuk tahun ini.

Mungkin satu fakta seperti yang kukatakan sebelumnya, kalau Nogi adalah “it group” untuk 2018. Jadi lebih banyak pekerjaan baik sebagai grup maupun individu akan sama berpengaruhnya bagi group image. 


Final Words

See you next year

Nogizaka This Year 2018 membawa banyak hal untuk Nogi. Mulai dari banyaknya outside job untuk member, dan sebagai grup mereka “memonopoli” stage play dan juga sales yang terus meningkat. 1M copies yang dulu sering ditargetkan kini sudah tidak terasa spesial.

Well, ini jelas termasuk fase pertumbuhan yang wajar dialami setiap grup, dan sebagai orang dulu targetnya hanyalah “membuat Nogi lebih banyak dibicarakan dibanding AKB”, pencapaian sampai Nogizaka This Year 2018 ini jelas lebih besar dari apa yang dulu diharapkan.

Hanya saja, ada beberapa faktor yang membuatku tidak bisa bilang Nogi masih sama seperti yang dulu. Sudah sedikit kusinggung diatas kalau mereka terus berusaha “memperlebar” definisi konservatif untuk menjangkau pasar yang lebih besar.

Screw that, karena berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang mungkin aku tidak akan terlalu mengamati sedalam itu. Bukan karena bosan, tapi karena butuh waktu jeda saja. Dan juga, aku butuh materi yang lebih dari Nogi untuk tahun depan.

Bagaimana dengan kalian? Punya pendapat sendiri untuk Nogizaka This Year 2018? Bagikan pendapat kalian.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

21 Replies to “Nogizaka This Year 2018”

  1. Menunggu keyakizaka sama yoshimotozaka.. wkwkwk

    1. Yoshimoto tahun depan aja lah 😀

  2. Dari segi rilisan, 2018 lebih baik dari 2017, terutama main songnya.

    Graduation, 7 tahun memang sudah saatnya melakukan pergantian pemain 🙂 .

    Senbatsu nogi di 2018 ini mulai menarik, walaupun permanen member pasti bisa ditebak. Penasaran gimana gen 2 kedepannya di senbatsu, terutama ranze dan ayane yg pernah dapet tempat. Penasaran juga apakah gen 3 bakal rotasi lagi untuk member senbatsunya selain 3 member permanen.

    Terus mrnurut mimin apakah hiatusnya kubo merupakan salah satu faktor juga atas posisi ume sekarang?

    Kalo ane sih bilang perekrutan gen 4 belum saatnya, tapi manajemen lah yg paling tau 😀

    1. Untuk Nogi, 2018 jadi tahun yang lumayan menggembirakan 😀

      Ada beberapa nama termasuk Ranze & Aachan yang bisa jadi penantang senbatsu, tapi ya gitu deh, gak bisa diprediksi 😀

      Hiatusnya Kubo jadi penentu posisi Ume? Yes and no. Yes, karena jadi ada satu yang kosong. No, karena segmentasi keduanya beda.

      Gen 4 ya? Yah, masa honeymoon sama Gen 3 terus2an? 😀

  3. 2018, Nogichuu banyak segmen/episode dimana member pake jersey olahraga. 😀

    Ada dua hal yg bisa ane tangkep dari ini. Pertama, staff Nogichuu/mngmnt pengen lebih menjangkau penonton yg lebih luas lagi dengan segmen macam ini. Jadi mereka bikin acara ini jadi pure variety show.

    Yg kedua, ga ada lagi informasi soal member yg bisa diungkap atau dijadiin segmen di Nogichuu. Ga seperti tahun sebelumnya yg masih ada banyak informasi menarik buat diungkap. Gen3 mungkin bisa dijadiin sumber, tapi ane liat mereka belum lepas dari paket/branding sebagai Gen3 Nogi. Bisa ane bilang, individu2nya belum punya karakter sekuat senpai mereka untuk bisa dijadiin bahan. Di Nogichuu, Gen3 seakan hilang, ga keliatan.

    1. Jelas dong, udah gak banyak info yang bisa digali. Tapi dibilang variety pun, masih lack disana-sini, kadang alurnya terlalu boring. Termasuk soal Gen 3 ini, karena cuma di episode2 awal udah TMI, sekarang jadinya biasa. Soal pengalaman pun, masih belum bisa improf.

      Gak heran peran mereka cuma jadi penggembira. Tapi kalo pas Gen 4 dikenalkan, mereka yang jadi tutor mungkin bisa menarik. Mungkin 😀

      1. Solusinya, semua member Under dijadiin member Senbatsu dan vice versa. Nah, kan bakalan ada hal baru yg bisa digali tuh dari member2 Under. 😀

      2. Emang bakal laku 😀

  4. Nogi tahun ini termasuk semakin berkembang,
    Engga hanya mereka yg di senbatsu yang dapet peran ke dunia luar,

    Bener” menjangkau banyak hal, ini keren,
    terget nya makin jelas kalo nogi bukan Idol, tapi dibikin untuk menjadi artist atau selebritis mungkin?!

    tahun depan sepertinya gen3 dan gen4 akan mulai jor” an lg,
    di akhir tahun ini, entah kenapa g ngerasa kayak Regenerasi nya sangat nyata,

    btw GILA JRA 2x, ini sih kece wkwkwk
    MANTAB!

    1. Yah, titel idol #1 emang punya lebih banyak kesempatan, tambah lagi branding mereka kuat di fashion dan membernya gak terlalu banyak. Jadi ya lebih keliatan.

      Kaya yang ane bilang di komen atas, kalo Gen 3-Gen 4 nantinya kolab, itu lebih bagus keseluruhan. 😀

      Yeah, ane baru aja tau beritanya. Gak mengejutkan sih, terutama soal lagunya 😀

  5. Bagi gua, 2018 jadi tahun manis-getir Nogi.

    Manis karena mampu mempertahankan JRA dua kali berturut-turut dgn Synchronicity-nya. Lagu itu beneran nge-hook sejak iklannya muncul. Juga keputusan Ikoma nggak jadi centre bikin lagu ini nggak jadi single perpisahan berusia pendek. Kaerimichi ini benar ada purple line. Cuman kalo nggak ada pemain cadangan yang cocok, bakal susah dapat rasa seperti aslinya dan bernasib sama seperti single perpisahan sebelumnya.

    Getir karena ada banyak member perintis, bahkan yang kakap sekalipun (termasuk oshi bang Mac) cabut menemukan cahaya jiwanya. Gen 3 punya sinar hampir setara dengan Gen 1, malah ngalahin Gen 2 yang keras gojlogannya. Tapi kayaknya, seiring waktu, Gen 3 dilebur atau dilumatkan dengan Gen 1&2 dan dijadikan tim hore dalam variety. Sejauh ini, gua juga nggak denger gaung promosi Gen 4. Bahkan pesona yang bikin ngiler serigala pemburu. Walhasil, tunggu waktu bergerak ke mana.

    7 tahun sudah cukup nimba ilmu buat yg mampu. Ada yang berhasil, ada yang tersisih. Namun ada juga yang lama berkubang dalam lumpur, lama-lama terangkat juga. Entah karena kurang pesaing atau pulungnya baru dapat. Suzuki dan Yamazaki jadi contoh nyata, bahwa kadang nggak ada progres secepat mie instan. Umezawa pun naik-benar aja-karena Kubo hiatus. Ada juga yang langganan keluar-masuk, termasuk yang nggak stabil.

    Kalo soal citra konservatif-moderat yang diusung sejak mula, kayaknya ada benarnya terjadi perluasan target pasar. Gua liat model sebagai powerhouse Nogi-lah yang banyak ngegaet penggemar selain wota, kayak cewek cantik. Setau gua, banyak juga penggemar Nogi cewek biasa, bukan berlatar wota lazimnya. Maklum, gua juga follow akun ig cewek Jepang penggemar Nogi. Jadi, analisis Bang Mac ada yang kena.

    Soal PB individu, cuman Asuka yang dapat ‘pengecualian’. Sisanya, pas 20 atau di atasnya. Ya, sepanjang sesuai dengan citra yang ingin ditonjolkan, nggak ada masalah sih PB yang pamer bikini atau semacemnya.

    Intinya, tahun ini ada plus-minus. Plus karena popularitas makin moncer, tapi minus dengan penurunan kualitas lagu. Entahlah gua ngerasa ada yang menujam dalam hal lagu pendamping. Terakhir, tahun 2019 jadi batu ujian buat Nogi, karena kita liat mampukah Gen 4 menarin perhatian atau, seperti komentar di atas, Gen 3&4 digabubg dalam satu gerbong.

    1. Manis getirnya ini sih udah siklus, jadi ya terima aja. Kalo manis terus atau pahit terus juga mana ada serunya 😀

      Jangan dibilang deh, soal sukses instan atau enggak, soalnya emang gak ane masukin karena itu topik yang selalu mancing war 😀

      Susah untuk bilang gimana perkembangan fans cewek Nogi di waktu 2014/15 dan sekarang, waktu itu masih baru mulai tren official model, masih lebih tertutup sesuai image original. Sekarang udah beda dan yah, titik dimana fans ceweknya nambah itu yang ane kurang ikuti.

      Bukan cuma Ashurin. Yoda juga. Iku juga ambang batas.

      Kalau buat ane, lagu2 di tahun 2018 malah lebih oke daripada 2017. Kalau prediksi 2019, terutama Gen 4 sih, kayanya ane masih harus nunggu sampe akhir Januari sebelum bisa kasih komentar.

  6. Hahaha.. tp nggak buat review MV n lagunya? Lumayan tuh yang kuchibiru. Skali liat n denger langsung sukak.

    1. Buat sekarang belum kepikiran 😀

  7. Allhail 2018, tahun yg nyaris sempurna.
    JRA utk kedua x, Kouhaku, konser luar negeri, job individual, stahe play n musical, PB “nyeleneh”, game Nogifes yg semakin menarik (#loh), ujung2nya pendapatan juga meningkat 😀

    Moga gak lengah dengan semua kenikmatan itu, apalgi setelah liat rating kouhaku, Nogi gak msuk top 10 dgn sgl ksuksesan di tahun 2018 ini 😀

    1. PB nyeleneh ini ente ngomongin yang mana sih? 😀

      Karena ente gak update, ane juga sibuk jadi gak paham tetek bengek soal Kohaku 😀

  8. Ya, bener, lupa gua Ikuta dan Yoda di bawah 20.
    Soal lagu, boleh jadi gua beda preferensi dgn abang. Jadi, akan tetap subjektif dalma hal apa pun.
    Nggak apa sih mancing air keruh sekalian cek ombak 🙂
    Menunggu januari berakhir.

    1. Masalahnya, sekarang gak banyak fans yang bisa diajak cek ombak yang nyantai 😀

  9. Nogi satsu lah pak, kan itu PB yg isinya foto2 nyeleneh member 😀

    Nogi n Keya gak masuk, AKB n TWICE masuk top 10

    1. Oh kirain apaan 😀

      Iya aja deh, tahun baru udah lama lewat 😀

  10. Pasti pikiran ente dah kmana2 😀

    Gak gaul sih ente 😀

Leave a Reply