Sakamichi Best MV 2018 Part 2

Sakamichi Best MV 2018 Part 2! Kembali dengan Part 2 setelah kemarin Part 1. Masih dengan Top 20 MV dari Sakamichi sepanjang 2018 ini, dari Nogi, Keyaki, Hiragana, dan Yoshimoto. Nah, di Part 2 ini adalah Top 10. Sudah ada perkiraan MV mana saja yang akan masuk?

Langsung saja, ini dia Sakamichi Best MV 2018 Part 2.  Oh, satu lagi, ini sudah hampir pergantian tahun, apa semangat ngidol orang-orang mulai turun belakangan ini?


10. Glass wo Ware

Sakamichi Review : Glass wo Ware

Kenapa Garasu ada di Top 10, alasannya kurang lebih sama dengan bagaimana lagu ini ada di #2 saat Sakamichi Best Song 2018 kemarin. Lagu ini ada di sisi rock yang jelas membuat semangat naik, dan MV-nya adalah epitomi dari musiknya.

Well, tidak terlalu juga sih. Karena MV Garasu ini lebih seperti bagaimana menjadi depresi, ciri khas emo cult, dan sebagai penggemar emo dari sepuluh tahun lalu, jelas Garasu layak masuk Top 10. Ini subyektif.

09. Student Dance

Sakamichi Review : Student Dance

A Clockwork Orange wannabe. Disini Kanji berusaha memasukkan unsur edgy setingkat lebih tinggi. Dance yang hampir bisa dikatakan over the top, kostum yang mengingatkan pada film populer, dan storyline yang sudah dicerna. Keyaki sukses membuat MV yang menarik.

Menarik dari segi keunikannya tentu. Karena berusaha memahami storyline A Clockwork Orange Student Dance tidak akan kesampaian. Nikmati saja visual dan teka-teki yang dihadirkan. Tapi mungkinkah, jam yang ada itu adalah countdown?

08. Mou Mori he Kaerou ka

Sakamichi Review : Mou Mori He Kaerou Ka?

MV yang paling “Kanji” dalam artian Mou Mori He Kaerou Ka adalah MV yang menunjukkan epitomi dari “bagaimana seharusnya Kanji Keyaki membuat MV” yaitu penuh teka-teki, simbologi, dan yang penting, temanya harus post-apocalyptic.

Seperti biasanya, kalau sudah membahas MV Kanji, formulanya hanya satu; kesampingkan pikiran untuk menebak teka-tekinya dan nikmati saja visual yang dihadirkan. Tempo lagunya yang pelan membuat MV Mou Mori He Kaerou Ka jadi lebih eeriee.

07. Scoutman

Sakamichi Review : Scoutman

Harus diakui, Scoutman adalah salah satu MV paling memorable karena penggunaan stop motion yang keren. Kostum yang retro future di beberapa bagian juga jadi daya tariknya. MV ini berkali lipat lebih bagus daripada Live Shin, meski yah, sekali lagi ini subyektif.

Oh, dan harus diingat juga, ini adalah MV kembalinya Kiichan dari hiatus, dua tahun yang seperti heaven and hell untuknya, malah bisa dibilang anomali. Well, untuk hal lain dari Scoutman, mungkin bisa kubilang, ini MV yang bisa membuat kita mengapresiasi visual Gen 2.

06. Jikochuu de Ikou

Sakamichi Review : Jikochuu de Ikou MV

Seperti umumnya summer single, MV Jikochu juga digambarkan dengan nuansa yang lebih terang. Kali ini sangat terbantu dengan lokasi yang jauh lebih baik dibanding saat Ashurin pertama jadi center. Tidak ada laut yang butek, itu poin penting.

Untuk hal lain, Jikochuu menampilkan warna vivid yang membantu nuansa summer, dan bagaimana mereka mengenalkan budaya lain untuk main single adalah sesuatu yang patut diapresiasi. Summer adalah waktu yang vital untuk merilis lagu, karena konsepnya haruslah oke. Subyektif, melihat bagaimana kutukan Nogi selama ini, menurutku Jikochuu mungkin summer MV terbaik Nogi.

05. Against

Sakamichi Review : Against

Mungkin MV Nogi yang paling artsy sepanjang 2018 ini. Continuous shoot yang sedikit mengingatkan akan Senpuuki, hanya saja ini versi yang jauh lebih dewasa. Atau cool, terserah yang mana. Yang pasti, susah untuk tidak memasukkan Against di Sakamichi Best MV 2018.

Pertama-tama, bagiku MV ini adalah gambaran bagaimana Nogi sekarang sudah dewasa. Bukan dewasa seperti dalam arti MV yang sok cool tapi malah awkward, disini kedewasaan mereka sebagai grup ditunjukkan, apalagi untuk Gen 1. Satu-satunya yang menyedihkan dari MV ini mungkin adalah bagaimana bisa Against dirilis di awal tahun dan sekarang perbedaannya sudah begitu banyak.

04. Sora Tobira

Sakamichi Review : Sora Tobira

Salah satu MV yang paling kena dengan seleraku, apalagi ada kerjasama dengan JAXA. Sebagai lagu yang juga digunakan sebagai OST Nanatsu no Taizai, Sora Tobira sama sekali tidak ada kaitannya dengan animenya. Untunglah, mengingat bagaimana berantakannya Onna wa Hitori ja Nemurenai.

Well, mungkin tidak harus kukatakan lagi aspek apa saja yang jadi favoritku, tapi sebagai gambaran, storyline disini bisa kubilang paling lemah. Bagaimana hubungan Ume dan Maiyan hanya ditampilkan di awal dan akhir, padahal seharusnya itu bisa jadi storyline yang bagus, tapi tidak dieksekusi.

03. Zenmai Shikake no Yume

Sakamichi Review : Zenmai Shikake no Yume

MV terakhir dari Yuichanzou yang sekaligus adalah MV terbaik mereka -dibandingkan Shibuyagawa dan Tuning- karena konsepnya yang digambarkan dengan baik. Yah memang dari segi peran hanya berubah sedikit dari pelajar⇒waitress⇒pemilik mobile cafe, untungnya akting mereka sedikit lebih natural disini.

Yang paling kusukai bukanlah storyline, tapi sinematografinya. Menurutku seperti adegan-adegan di dorama atau film, it builds up the tension but ended just as is. Ya, ending disini terasa mengecewakan, karena tidak diceritakan ada tujuan dan selesai begitu saja.

02. Kimi no Kuchibiru wo Hanasanai

MV dari Yoshimotozaka Red (?). Salah satu MV yang mencampur kesan Nogi dan Keyaki sekaligus, dalam artian set up yang pernah kita lihat di Ano Kyoushitsu dan teatrikal yang khas dari Keyaki. Dan jujur saja, meski aku belum tahu banyak soal grup ini, setidaknya sudah ada oshi.

Sebelumnya lagu ini masuk nominasi Best Songs 2018, dan kali ini #2 untuk Best MV. Kebetulan? Tidak. Kenapa bisa ada di peringkat setinggi ini adalah karena aku merasa Yoshimoto bukan sekedar grup lucu-lucuan saja. Ada potensi, komedi juga, tapi kalau aku jelas lebih memilih yang menampilkan sesuatu yang eye candy. 

#2019PelajariYoshimoto

01. Synchronicity

Sakamichi Review : Synchronicity MV

Tentu saja untuk Sakamichi Best MV 2018, #1 adalah milik Synchronicity yang punya banyak keunggulan dari sisi sinematografi. Mulai dari camera works, backgrounds, costume, all good. Dan yang pasti, efek MV ini besar sampai-sampai di Kouhaku besok, Synchronicity-lah yang akan dibawakan Nogi. Itu yang kuharapkan.

Well, meski akhirnya gagal dibawakan untuk Kouhaku, Synchronicity tetaplah MV terbaik Nogi sepanjang 2018 ini. Setidaknnya untukku. Secara estetika, inilah yang ingin kulihat dari Nogi, all the things that make me loved this group, not just random dance nor average one. I’ll say even, the best in the past 2 years.


Begitulah, selesai sudah Sakamichi Best MV 2018 part 2 ini. Total 20 MV yang menurutku paling oke yang dirilis Sakamichi sepanjang tahun 2018 ini. Kembali lagi, untuk urusan semacam ini jelas subyektif, pendapat orang lain jelas bisa berbeda dari pendapatku.

Karena itu, aku juga ingin dengar pendapat kalian tentang apa saja MV yang layak masuk Sakamichi Best MV 2018 ini, termasuk yang tidak kumasukkan dalam Top 20 ini. Artikel sebelumnya sebegitu tidak menariknya mungkin?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

24 thoughts on “Sakamichi Best MV 2018 Part 2”

  1. Synchronicity, bener” menggambarkan gimana NOGI itu,
    kayak idol grup yg bertujuan untuk punya image kayak apa sih, gua rasa synchronicity sukses untuk nunjukin itu ke yg nonton mv nya,

    Ambivalent dan Glass wo ware, gua rasa keyaki tetaplah keyaki, image mereka yg udh kut dan emng kyk gini, bbrp akan bilang itu hanya image techi, tapi g menantikan tahun depan, apakah saat center di ganti image nya akan berubah?
    gua penasaran!!

    Sora tobira, satu kata, MENARIK!,
    ume yg jadi center untuk prtama kali nya, engga heran bila tahun depan dia jadi center beneran untuk main single, gua masih agak gak enak juga liatnya, dia yg paling tinggi saat dalam senbatsu, karena selama ini kyknya yang paling bongsor itu cuman sayuringo doang, saat ume ambil bagian di barisan depan, rasanya yang lain jd pendek smua wkwkwkwk, tp gpp lah, itu cmn dari segi visual aja, seperti yg waka blng, ume itu nantinya jadi bunga nogi ♥

    lanjut scout man, yeahhh siapa yg gk kena surpirse pas prtama kali ntn mv nya tapi ada kiichan yg hiatus, walaupun itu udh kyk pemanasan untuk balik lagi, dari segi mv nya bener” memorable dan lagu nya sndiri gua demen untuk dengerin, dpt feeling gmn gitu dr musik nya

    zenmai. jelas ini yuichanzu bgt, khas mereka bgt, lagu yg easy to listen to, gitar dan storyline yg adem.. adalah yg gua suka dari karakter yuichanzu,
    *saat ngetik ini, g sndiri lg dengerin lagu ini, dan gua jadi kpengen untuk mereka punya lagu lagi, tp udh gk ada,,,

    dan skrng jd keinget shibuya blues, unit kecil” an, 2 gitar dan 2 vokalis,
    kalo mengingat member nya, gk lama lagi gua rasa akan bubar dan engga akan ada lg di LIVE,
    2 gitar nya udh gonta ganti yg pakai, 2 vokalis nya masih ori 🙁

    ——–
    untuk mv lain,
    kimi no na wa kibou, hahaha g tau ini udh mv lama, cmn ya gua demen aja,

    ——-
    untuk mv lain di tahun ini.
    caravan nemurenai cukup unik,
    kokoro no monologue dan chikyuu gan maruinara
    manatsu maiyan dan asuka + her subordinate,
    unit kecil” an yg gua suka, lagu nya ckup enak di dengerin juga hahaha 🙂

    1. Nogi is Nogi, Keyaki is Keyaki 😀

      Kalo dibilang Ume aneh jadi center, emang. Tapi toh udah ada pengalaman. Kasusnya 11-12 lah sama Mizuho pas jadi center Ambivalent. Oke aja, feelnya lumayan, tapi ya estetikanya jadi aneh 😀

      Harus lebih ada banyak MV kaya Scoutman daripada MV standar 😀

      Tenang aja, udah ada Senkou Shimai 😀

      Wait a minute…. Kokoro no Monologue=Manatsu Maiyan???? 😀

  2. Buat agan di atas, keyaki ngga ngganti image seandainya centernya ganti. Misal Mon yg akan jadi next center, single nya tetap keyaki-ish krna Mon sendiri yg bilang keyaki adalah grup yg berbeda, lagu yg “keyaki-likeness” akan tetap dipertahankan dan tidak ingin berubah

  3. Urutan ke dua sama pertama setuju sekali, untuk single yang rilis bulan 7 kebawah ane rada lupa, waktu itu fokus pd48 soalnya :3

    Untuk yoshimoto, ane suka lagu dan mvnya, apalagi dancenya, meskipun latihannya cuma 6 hari doang dan gapernah fullteam tapi lumayan lah 😀 dan Sakakibara tetsuji sama fujii nao (?) Yang jadi wcenter menurut ane pilihan yang tepat 🙂 walau umurnya beda jauh tapi keliatannya ga begitu Jomblang (?)
    Dan karena unit red ini juga ane nonton variety nya yoshimotozaka, setelah hiatus lama 😀

    Untuk synchronicity ane suka pake banget lah 😀 ciri khasnya nogi sangat kental jadi ane suka 😀

    1. Nekkoya nekkoya nekkoya 😀

      Ane gak banyak nonton Yoshimoto sih, kadang suka download tapi belum pasti nonton. Nama2 membernya aja ane cuma inget satu 😀

      Synchronicity saves the day 😀

  4. synchro terdabest pkokx dari segi lagu. Mv. Koreo. Komposisi senbatsu. Single couplingx mungkin yang paling memuaskan buatq di semua rilisan single nogi. Aq juga kecewa di kouhaku mereka gg nampilin synchro.
    Aq harap mereka bawa piala 2 kali berturut2 di japan record award nnti. Bakalan sayang bgt kalo bukan synchro yg menang.

    1. Yah, emang kalau untuk Kouhaku, peluang Synchronicity emang kecil karena jadi single awal tahun. Cuma untuk award tahunan, peluangnya jauh lebih gede.

      Jadi, tetep yang paling ngenes itu summer single 😀

  5. Yang ane vote di part ini :
    Synchronicity, Semua sepertinya setuju Synchronicity nomor 1 😀
    MV yg paling gak bermodal tapi hasilnya keren 😀

    Sora Tobira, storylinenya bagus, mungkin subyektif karena ume center

    Scoutman ane suka sama fashion member dan pengambilan gambarnya

    Susah juga nilai MVnya aja, mau gak mau lagu bakalan jadi faktor. Ane masukin Scoutman aja agak gak rela karena lagunya gak bagus menurut ane 😀

    1. Gak bisa dibilang gak modal juga sih, cuma gak mau keluar duit aja mereka 😀

      Hmmm, soal lagu yang mau gak mau jadi kriteria tambahan, emang gak bisa dihindari. Chikyuu ga Maruinara bisa aja ngegantiin Hajimarikka di Best MV ini, tapi karena storyline gak jelas+lagu yang bikin cringe, akhirnya gak masuk 😀

  6. Perbandingan pasti ada, tp sejauh yg aku pantau waktu Mon center malah aman, yg ada hanya pujian krna dianggap bawa angin segar. Beda sama yuichanzu yg waktu itu masih pro kontra, ngga tahu nanti Pon di Kouhaku. Habu yg center ambivalent malah tenggelam ngga ada yg bahas lebih lanjut, padahal dr segi public recognition Monta di bawah mereka

    1. Kalau buat ane sih, emang karena Monta duluan yang jadi center makanya lebih hype. Yah emang sih, soal hype ini juga jadi penentu. Tapi buat ane pribadi, dua2nya ngasih kesan yang……beda jauh.

  7. Yah moga single berikutx nogi sekelas synchro ato influencer lah kalo bisa hehehe siapapun centerx. Soalx setelah naachan keluar udah pasti yoda bkalan yg dipush habis2an.entah knp
    Sebel bgt yoda akhir2 nie eksis bgt di setiap event penting nogi kayak miona dulu dan jadi x males ngikutin nogi. Aq ja yg gg suka pesonality x kalo emg mo dijadiin the next naachan yang dibanding ace2 sbelumx terlalu dibuat2 kalo d dpan kamera. Ume the next maiyan?? cocoknya the next misa ato sayuringo. Jadi ramalanq sih kalo manajemen mo ngepush mereka jadi x gg akan bertahan lama kayak si miona (setidakx kasusx miona gg separah nasibx ikoma. Walopun mpek skrg manajemen kayakx blum nyerah ma miona. Si hoshimina skrang aja brusaha di up lagi). Tapi kalo ramalanq meleset yah agak males juga mo ngikutin nogi lagi.
    Untuk keya kayakx suzumon bkln jadi center. Liat trending twitter kmrin. Kayakx manajemen bisa nyerah sementara buat mmpertahankan techi. Drpada nnti techi grad kayak si mona.

    1. Kalau buat ane sih, untuk sementara ini siapa yang bakal di-push selanjutnya masih belum keliatan, seenggaknya sampai Kouhaku.

      Ah yes, emang soal suksesi dlst ini udah sering ane bahas, jadi skip. And yes, Yoda bukan karakter paling menjual untuk Nogi, almost entirely new chara. Soal bekerja atau enggaknya, masih butuh waktu, dan kesempatan. So I’m in. Dan jujur aja, untuk member Gen 3 mana yang punya karakter paling kuat, ane bisa sebut 3 nama sekarang; Momo, Ume, Yoda.

      Oh, drama drama and drama. We love Keyaki channel 😀

  8. wkwkw iyakan karna yg lain gk begitu tinggi, jadi kesan nya si cantik tinggi ini jadi sayang aja kalo dari segi visual hahaha, tp its okay, krna cantik yaudah dah

    nahh scoutman emng menarik wkwk, unik aja gt

    nah lohhh, nulis nya kokoro no monologue tapi keinget nya maa ii ka
    lol

  9. Jauh sebelum Monta udah yuichanzu duluan yg debut center di TV (beberapa kali), udah pake jaket merah biar ngebedain kalo mereka center tp masih kurang hype nya. Ya ngga tahu sih mungkin faktor fan yg masih nunggu Techi balik jadi terasa kurang impact.

    1. I know, tapi situasinya beda.

      Waktu itu presensi Tecchi masih terlalu gede, beda dari sekarang yang seringnya absen. Belum lagi Zuumin itu selalu dianggap #2 di Keyaki jadi jelas timingnya keliru waktu itu.

      Sekarang beda, semuanya kayanya desperate untuk ngegantiin posisi Tecchi sampe2 hampir semuanya dibilang wow tiap kali jadi center. Aneh kan 😀

  10. 10. Aginst

    9. Jikochuu
    Bagus sih, tp gak ada ssuatu yg spesial selain syuting diluar ngri + gakbada air keruh 😀

    8. Zenmai
    7. Mou Mori
    7. Student dance
    5. Glass

    4. Sora to
    Suka konsep dan story MV nya.

    3. Kimi no kuchibiru
    Salut buat para om2 dan tante2 yg dah berumur tp ditantang dance mcm gtu.

    2. Scout
    Lagu asyik, MV ok, pas perform juga OK 🙂

    1. Synchro
    Allhail para bidadari dri kayangan yg turun ke bumi trus ngedance 😀

  11. Kalo mo agak kasar nih ya hhehe.Momo terlalu ordinary. Ume terlalu tinggi. Yoda terlalu pendek. Dan kmarin liat video yoda jadi center synchro. Jadi beneran gg yakin kalo emg dia benar2 adalah masa depan nogi (her performance is really suck). Setuju dari gen 3 liat performa mereka blum da yg meyakinkan untuk jadi ace. But i have faith and i hope its true. Zukki. Beneran beda pendapat sama agan mac hehehe.
    Ya udah kita doakan ashurin bkalan bertahan agak lama di nogi. Kalo maiyan mah dah feeling bentar lagi out jangan cepet2.

    1. Perform synchro “Kemarin” ini yang pas acara apa?

      Mungkin ane banyak kelewatan juga, 46 hours bisa jadi tolak ukur buat nentuin siapa yang cocok, tapi yah, gak pernah download penuh jadinya gak bisa bilang apa2 juga. Ngomong2 soal 46 hours, kira2 tahun ini ada gak ya?

      Ashurin? Dua tahun lagi, my bet on table.

  12. Bagi ane yg masih remaja ini ya kbnyakan dri merka dah om2 dan tante2 😀

    Terserah deh pah, percuma jg ane jelasin, ente mah curigaan mulu TT

    Ah ente aja yg lebay, masak gtu jijik 😀

Leave a Reply