Sakamichi Best MV 2018 Part 1

Setelah Sakamichi Best Songs 2018, kali ini giliran Sakamichi Best MV 2018. Sudah bisa ditebak dari judulnya, ya, kali ini membahas tentang MV-MV terbaik yang dirilis Sakamichi selama tahun 2018 ini. Dan jelas, hanya MV yang dirilis resmi, atau pernah ku-review saja yang masuk ke artikel ini.

Karena untuk MV, jumlahnya tidak sebanyak lagu, jadi hanya jadi Top 20 saja. Dan seperti sebelumnya, kali ini juga berisi MV dari Nogi, Keyaki, Hiragana, dan Yoshimoto. Langsung saja, ini dia Sakamichi Best MV 2018.


20. Bathroom Travel

Sakamichi Review : Bathroom Travel

Unit dari Neru, Mii, dan Oz ini memang dapat nilai jelek dari lagu. Tapi dari segi MV, Bathroom Travel jadi salah satu MV yang paling memorable. Nuansa retro-future yang mengingatkan pada era kejayaan sci-fi di 50’an, dan overall cukup bisa dinikmati meski kadar gulanya cukup banyak.

19. Nakasetekureyo

MV dari Yoshimotozaka. Salah satu unit Yoshimoto yang lebih komedi daripada Kuchibiru wo Hanasanai. Singkatnya sih, tonton saja MV ini, tidak akan rugi. Memang terkesan terlalu komedi, tapi toh memang Yoshimoto dibentuk atas dasar itu. Kalau untukku sih, memberi warna yang benar-benar beda untuk Sakamichi.

18. Hajimarikka

Sakamichi Review : Marika New Release

Secara teknis, MV Hajimarikka ini dirilis tahun 2017 lalu, tapi hanya lewat bonus dan baru di awal 2018 bersamaan dengan Under Super Best dan grad-nya Bebitan di-upload ke Youtube channel resmi Nogi. Jadi, wajar saja kalau masuk di Sakamichi Best MV 2018 meski tidak bisa dibilang lagu juga.

17. Kitai Shiteinai Jibun

Sakamichi Review : Kitai Shiteinai Jibun

Well, meski MV ini kurang oke karena storyline yang rasanya dipotong di tengah-tengah, untungnya Kitai Shiteinai Jibun masih membawa camera works yang bagus. Sebagai MV dari album pertama, MV ini ada di sisi yang lebih terang daripada waktu Hiragana “numpang” di single Kanji.

16. 302 Goshitsu

Sakamichi Review : 302 Goshitsu

Senkou Shimai mendapat MV yang menjadi salah satu paling memorable di tahun 2018 ini karena penggunaan drone yang membuat penonton ada di sudut pandang orang pertama. Sebagai nyamuk. Well, yang paling menarik dari MV ini ya cuma satu itu, karena dari storyline pun, datar saja.

15. Atarashii Sekai

Sakamichi Review : Atarashii Sekai

Under MV dimana Aachan menjadi center pertama kali. Tema yang dibawa masih berhubungan dengan astronomi dan properti pendukungnya, jadi nilaiku, subyektif jelas tinggi. Nah, diluar faktor itu Atarashii Sekai membawa storyline yang cukup dark.

Latar belakangnya yang dark, tapi berisi pengharapan. Karena itulah aku jadi suka dengan MV ini.

14. Sankaku no Akichi

Sakamichi Review : Sankaku no Akichi

Sekali lagi Under MV, di single setelah Synchronicity. Setelah ditinggal banyak front liner dari Atarashii Sekai ke senbatsu, Kanarin yang menjadi Under center kali ini. Untuk storyline, sudah paham semua sih ya, jadi tidak akan kubahas lagi.

Yang pasti, Sankaku no Akichi memberi kesan berbeda dengan Atarashii Sekai, terutama dari segi dance yang jelas jauh lebih matang.

13. Ima ni Miteiro

Sakamichi Review : Ima ni Miteiro

Kenapa Ima ni Miteiro ada di posisi lebih tinggi dari Kitai Shiteinai Jibun? Well, karena untukku dari segi visual, Ima ni Miteiro jauh lebih baik daripada Kitai. Memang sih, adegan klimaksnya masih sama seperti biasanya Hiragana; di panggung dengan lighting yang berlebih, sama seperti Kitai.

Membosankan memang, tapi di MV ini, Hiragana menampilkan sesuatu yang biasanya hanya bisa dilakukan Kanji, yaitu visual yang oke. Karena itu nilainya tinggi disini.

12. Tsuzuku

Sakamichi Review : Tsuzuku

Kejutan? Aku pun demikian. Meski storyline MV terakhir Naachan ini datar saja, tanpa menggambarkan sosok “papa” tapi yang kusukai di MV ini adalah kesederhanaan konsepnya. Well, bisa dibilang remake dari Tachinaori chuu, hanya minus konflik saja.

11. Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru

Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitakunaru MV

Kaerimichi kalah tipis untuk masuk Top 10. Konsep time yang dipakai jadi salah satu topik favoritku, bagaimana kehidupan bisa berubah drastis hanya dalam perbedaan langkah dan waktu yang sesedikit mungkin. Well, bagiku Kaerimichi mengajarkan tentang bagaimana kita seharusnya memperlakukan waktu.

…..dan bagaimana seharusnya membuat keputusan.


Begitulah Sakamichi Best MV 2018 Part 1. Karena memang terlalu banyak makanya harus dibagi kedalam 2 part lagi. Well, bagaimana dengan kalian? Punya kesan sendiri tentang Sakamichi Best MV 2018 ini?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

11 Replies to “Sakamichi Best MV 2018 Part 1”

  1. Gua demen sama kaerimichi dan tsuzuku
    2 mv dari single trakhir ini, entah kenapa berasa aja gitu haha

    untuk Keyaki, khususnya gana, ima ni miteiro dan kitai shiteinai jibun juga ckup membekas, MV yg bisa di bilang lbh keren dr MV” mereka sebelum nya, menarik aja untuk di tonton berkali kali,
    gaya pengambilan gmbr di ima ni miteiro juga gua suka,

    untuk marika,
    MV nya yg jenis sekali record itu, dari awal sampai akhir, keren
    !!
    so gua vote untuk 5 MV ini

    1. Mungkin faktor “N” 😀

      Bisa lah diharapkan buat hashtag #2019Hiragana 😀

      Yah, Hajimarikka ini emang kategorinya masuk MV atau bukan juga ane bingung sebenernya 😀

  2. Kali ini di tiap partnya ane cuma milih 3: yaitu Kaerimichi, Ima ni Miteiro sama Atarashii sekai

    Kaerimichi jelas storylinenya bagus, walaupun awalnya ane ga ngerti. Ga ada yg mengganggu dalam pengambilan gambar maupun editing nya.

    Ima ni Miteiro bagus dari segi visual dan screentime member yg cantik-cantik.

    Atarashii, storyline udah bagus, minusnya mungkin karena membernya kebanyakan jadi kurang maksimal manfaatin storylinenya.

    1. Yang ane rada kesel sih, tetep, Kaerimichi>Synchroncity untuk Kouhaku 😀

      Alasan milih Ima ni Miteiro karena….ngiler? 😀

      Dan ada juga faktor “member yang ilang” di beberapa scene 😀

  3. 20. Nakaaete
    Ane lupa gmn MV nih lagu 😀
    Btw lagu unit pop monster asyik, suara geinin yg cewek OK trus awal lagunya mirip2 student dance(?) nya keya.

    19. Bathroom
    19. Hajimarika
    17. Sankaku
    16. Ima ni

    15. 302
    Suka konsep nyamuknya 😀

    14. Atarashi

    13. Kitai shiteinai
    Suka krn memasuki ciriku khas / kmampuan masing2 member.

    12. Tsuzuku

    11. Kaerimichi
    Krena Miona menang banyak meski 2nd row 😀

    1. Ente ngebahas lagu Yoshimoto yang mana sih 😀

      Ente kan masih sebangsa nyamuk 😀

  4. Makanya pak, ikutin acara TV mereka tiap minggunya biar berwawasan kyk ane 😀

    Ente sebabgsa lalat 😀

    1. Gak ada yang bikin betah nontonnya 😀

      Bukan, ane sebangsa ant-man 😀

  5. Gk ada yg bsa ente ilerin ya? 😀

    “Sebangsa ant-man” coba huruf “an” nya dihilangin 😀

    1. Ente aja yang gak tau 😀

      T-man? Apaan tuh? Temennya X-man? 😀

  6. Auuuuuuuu 😀

    Lupakan TT

Leave a Reply