Sakamichi Best Songs 2018 Part 2

Kembali lagi dengan Sakamichi Best Songs 2018. Part 2. Setelah sebelumnya di Part 1 berisi 15 lagu, kali ini sisanya 15 lagu dari Top 30 Langsung saja, ini dia Sakamichi Best Songs 2018 part 2.

Oh, karena belakangan ini aku cukup sibuk, jadi urusan artikel mungkin akan sedikit terkendala. Kuusahakan sebisa mungkin artikel-artikel throwback untuk 2018 ini bisa naik tepat waktu sebelum tanggal 31. Dan selama member-member baru Sakamichi belum muncul di variety, aku belum akan membahasnya.


15. Kuchibiru wo Hanasanai

Lagu dari dua unit Yoshimotozaka. Well, entah apa namanya unit ini, tapi yang pasti disini ada ex-member NMB yang aku lupa namanya itu, dan lagu ini jauh lebih catchy dari perkiraanku awalnya. Karena MV unit satunya yang terlalu komedi, Kuchibiru wo Hanasanai kupikir juga sama saja.

Ternyata setelah didengarkan, lagu ini enak didengar dan mungkin efek karena masih baru, makanya bisa masuk top 15 untuk Sakamichi Best Songs 2018 ini. Tapi serius, coba saja dengarkan lagu ini, kalau kalian masih ragu dengan Yoshimoto.

14. Kaerimichi wa Toomawari Shitakunaru

Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru

Sebagai single terakhir Nogi di tahun ini, sebelumnya kubilang Kaerimichi bukanlah single terbaik Nogi tahun ini. Lalu kenapa lagu ini bisa ada di peringkat yang tinggi? Well, setelah beberapa hari mendengarkan terus lagu-lagu Sakamichi, harus kubilang Kaerimichi terbilang cukup oke. Or am I delusional?

Tidak juga, Kaerimichi memang bukan lagu yang nyantol sekali dengar, tapi secara keseluruhan, lagu ini tetaplah lagu Nogi yang punya ciri khas purple line. Jadi, tidak ada alasan kalau lagu ini dikatakan “sangat” mengecewakan.

13. Annani Suki Datta no Ni

Dari Jikochuu, lagu yang ada di kelas yang sama dengan umumnya coupling senbatsu dari summer single; gampang dilupakan. Dan meski lagu ini juga dipakai sebagai theme song dari Odaiba Minna no Yume Tairiku, gaungnya kalah jauh dari Boku Dake no Hikari.

Well, apapun itu, Annani jelas salah satu lagu yang menurutku layak masuk Sakamichi Best Songs 2018 karena memang upbeat dan menaikkan semangat.

12. Wazukana Hikari

Solo pertama Miipan di Hashiridasu Shunkan, sekaligus yang paling oke dari tiga solo di album ini. Meski kita tidak sering melihat Miipan sebagai member dengan vokal kuat seperti Ramen, tapi lagu ini membuktikan kalau vokalnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Coba dengarkan lagi lagu ini, kalian tidak akan menyesal.

Omong-omong soal Miipan, dia mendapat cukup banyak perhatian setelah MAMA 2018 kemarin. Positif dan negatif tentu saja, tapi karena aku lebih suka yang enak-enak saja, makanya waktu kolaborasi IZ4648 kemarin aku kesal juga Hiragana tidak diikutkan.

11. Hi ga Noboru Made

Hello Goodbye

Lagu terakhir Zuumin sebagai member Keyakizaka46. Di lagu ini memang dia tidak terlalu berhasil mencapai range tertentu, kritik semacam ini akan jarang kusebut. Mengingat vokalnya yang kuat, mau tidak mau akhirnya memang harus dikatakan.

Well, sebagai lagu terakhir, jelas Hi ga Noboru Made bukan ecek-ecek melainkan lagu yang cocok untuk member seperti Zuumin.

10. Jikochuu de Ikou

Masih sama saja seperti summer single sebelum-sebelumnya, Jikochuu ada di sisi yang lebih ringan dari biasanya. Dan itu bukan hal yang buruk, jujur saja. Tapi memang kalau dibandingkan spring single atau fall single, jadinya terasa terlalu biasa.

Well, memang harus diakui Jikochuu hanya terdengar seperti sekuel dari Hadashi, setidaknya untukku. Karena Nigemizu tahun kemarin cukup berbeda.

09. Ambivalent

Mungkin banyak yang kurang suka dengan Ambivalent karena bagian blah-blah-blah, tapi overall, lagu ini bisa menawarkan melodi yang cukup enak. Memang tidak sekuat dua single sebelumnya; Kaze ni Fukaretemo dan Garasu yang mendapat nilai lebih tinggi, tapi Ambivalent jelas tidak buruk.

Kalau untukku, lagu ini masih standar Keyaki yang memang lebih sering kudengar lagunya daripada menonton MV-nya. Hanya saja, karena dari MV terasa terlalu avantgarde, jadinya aku lebih suka lagunya berkali lipat.

08. Happy Aura

Suka atau tidak, Happy Aura menjadi signature Hiragana di tahun ini. Lebih dari Kitai Shiteinai Jibun. Dan memang lagu ini menang dari segi image dan tingkat easy listening. Belum lagi ini dirilis bersamaan dengan Ambivalent. Sudah jelas kan, bagaimana lagu ini memberi alternatif yang kelewat oke untuk Keyaki?

07. Atarashii Sekai

Under Song yang menjadi lagu pertama dimana Aachan menjadi center. Dari segi lagu, Atarashii Sekai ada di sisi lebih dark dari biasanya, yang mana jadi genre terkuat Under. Nuansa akustik yang khas di awal dan sedikit campuran opera membuat lagu ini berkesan.

Oh, dan satu hal lagi. Di Atarashii Sekai lah Gen 3 akhirnya dimasukkan ke Under untuk pertama kali. Karena itu efeknya jadi cukup membuat vocal range Under jadi lebih berwarna mulai 2018 ini.

06. Hanbun no Kioku

Hiragana Hanakotoba

Terdengar aneh mengatakan lagu ini dirilis pada bulan Maret lalu sebagai lagu pertama Hiragana Gen 2 dan sekarang sudah ada Hiragana Gen 3 biarpun hanya satu orang. Sebagai lagu debut, Hanbun no Kioku adalah lagu yang oke, lebih dari debut generasi lainnya di Sakamichi.

Warna Nogi lebih kentara di lagu ini, karena itu menjadi salah satu lagu favoritku dari Hiragana di tahun ini. Kira-kira bagaimana dengan prospek Hiragana di 2019? Hmm…

05. Synchronicity

Mungkin single terbaik Nogi di tahun ini. Synchronicity menjadi lagu yang paling terkenal dari Nogi di tahun ini, karena sampai akhir tahun ini pun masih perform lagu ini cukup sering, bahkan mungkin untuk Kohaku, lagu ini bisa jadi dipilih daripada Kaerimichi.

Popularitas Synchronicity jelas terbantu koreo yang terbaik dari Nogi di 2018 ini, tapi dari segi lagu juga jelas tidak hanya standar. Menurutku jelas, Synchronicity adalah single Nogi yang paling matang dari output sounds, setidaknya paling kuat purple line-nya.

04. Sankaku no Akichi

Under song terbaik di 2018. Sankaku no Akichi menghadirkan nuansa yang berbeda dengan Kanarin sebagai Under Center. Lagu ini lebih dewasa dari segi MV, sementara dari lagu, this song is perfect. Well, not really as perfect as previously released, but this one surely the best one this year.

03. Kitai Shiteinai Jibun

Sebagai lagu yang mengantarkan Hiragana menjuarai MAMA -whatever reasons behind- maka jelas Kitai Shiteinai Jibun adalah lagu yang oke. Well, setidaknya, punya ciri khas. Sebelumnya kubilang kalau lagu ini tidak seoke itu, tapi memang ini adalah lagu terkuat Hiragana, after all.

Tidak sekeras Kanji, juga tidak terlalu ceria seperti Happy Aura, ada di tengah-tengah yang menurutku adalah sweet spot untuk Hiragana.

02. Glass wo Ware

Bring me back emo, and Garasu did. Lagu yang paling bernuansa alternative, Garasu adalah lagu yang paling upbeat dan memompa semangat. Meski backlash untuk lagu ini besar, seperti biasa sih, tapi siapa yang akan bilang Garasu bukan lagu yang oke?

Sejujurnya, lagu ini adalah pilihan terbaik dari Keyaki di tahun ini. Dari Kanji tentu maksudnya. Dan sebagai catatan, ini adalah lagu terakhir Kanji dengan original 21, andaikata masih ada yang menggaungkan ini.

01. Kumo Ni Nareba ii

Dan untuk #1 dari Sakamichi Best Songs 2018, adalah lagu unit Ikuchan, Misa, dan Reika. Kenapa lagu unit yang ada di #1? Sederhana saja, karena untukku lagu ini memang yang terbaik sepanjang 2018. Akustik selalu punya tempat khusus, ditambah vokal dari member-member yang terkenal punya vokal yang oke.

Di review kubilang lagu ini layak untuk menjadi penantang kuat untuk Sakamichi Best 50. Dan kali ini, lagu ini jadi #1. Satu lagi, lagu ini juga terpilih sebagai theme song dari Mezamashi Doyoubi. Lagu ini jelas jadi Sakamichi Best Song 2018.


Jadi, begitulah konklusi dari Sakamichi Best Songs 2018 part 2 ini. 15 lagu teratas dari Sakamichi yang jelas subyektif penilaiannya. Dari total 57 lagu yang dirilis lewat single Nogi dan Keyaki, juga album Hiragana saja, karena aku belum menemukan album Yoshimoto dan untuk CM jelas tidak masuk hitungan.

Jadi, bagaimana dengan kalian? Punya peringkat sendiri untuk Sakamichi Best Songs 2018 ini? Tulis di kolom komentar.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

29 thoughts on “Sakamichi Best Songs 2018 Part 2”

  1. My best
    1. Synchro
    2. Glass wo ware
    3. Atarashi sekai
    4. Kotadamaho
    5. Ima ni miteiro
    6. Kaerimichi
    7. Caravan

  2. OKE!
    setuju bgt untuk yg rank.1 ny
    entah kenapa gua kyk kena sihir dari suara mereka bertiga, Kumo ni Nareba ii, bener” sejuk di telinga ku, suara eto itu halusssss bgt,, g jd berharap dia dpt solo sejak dia nyanyi lagu ini, walaupun sebenernya dr dlu g udh pengen dia dpt solo,

    Kitai shite, dari gana. Menurut gua intro nya itu loh, enak bgt, suara violin kah?
    sepertinya violin sih, bener” enak bgt, gk salah kalo dipilih di MAMA jg, well, walaupun g jg gk tau alasan nya,

    Sankaku No Akichi, LAYAK!
    prtama kali dengerin leak song nya pas 6th BDL kyknya ya… itu g langsung demen jg , enak bgt!

    Synchronicity, dance nya dan lirik nya gua suka, enak bgt di dengerin, rasanya adem bgt hahahah
    maiyan center, entah kenapa impact nya beda haha

    Ambivalent,
    LIRIK NYA, anak muda bgt, wkwkw keyaki bgt, MV nya sih menarik, tp lagu nya sndiri jauh lbh enak lg kalo didengerin gt aja.

    Kurang lebih g sependapat dengan mac untuk rank

    **btw itu yoshimotozaka leh uga lagu nya yg ini
    g ntn MV nya, kyknya ckup unik!!

    1. Untuk vokal, itu satu alasan kenapa di 2016-2017 ane selalu pasang Misa buat jadi center 😀

      Alasannya Hiragana dapet piala…… masih tertutup kabut 😀

      Gak punya lagu favorit sendiri, yang mungkin gak ane masukin disini? 😀

      MV Yoshimoto memang unik, tapi yang Kuchibiru ini lebih ke keren sih. Kalo yang satu lagi baru tuh unik 😀

  3. Bagi gua kumo ni nareba ii lagu yang menampilkan diva nogi dan synchronicity lagu yang paling gua suka.
    Ya, gua korban iklan, lagu itulah beneran nge-hook dalam benak gua.
    Sedangkan sisanya, no commnet, gua belum denger semua.

  4. Top 3 ane, Synchronicity, Kumo ni Narebaii, Kitai Shitenai Jiibun. Tapi di atas ane vote 5, sama Atarashii Sekai dan Happy Aura 😀

    Mungkin gak ya 2019 dituker Gana ngisi A side, lagi seneng senengnya sama Gana soalnya 😀

    1. #HailHiragana lah ya 😀

      Kalo soal A side lagi, kecuali album lagi, kayanya jelas susah. SOalnya tahun depan Kanji pasti perubahan gede2an. Bukan gak mungkin kalo bakal heboh tuh. 😀

  5. JIbun Janai Kanji, Shiritai Koto

    entah kenapa enak aja di dengerin wkwkw, walaupun vocal nya gk gimana” bgt, mungkin krna yg nyanyi nya lucu

    Entah bagaimana nantinya yoshimoto, cuman kyknya menarik aja, unik aja grup nya wkwkwk

    1. Jibun Janai Kanji sempet jadi kandidat loh, cuma akhirnya emang harusnya gak masuk 😀

      Susah kalo Yoshimoto, banyakan yang gak tertarik sama ini grup, jadi cari materinya harus susah2 😀

    1. Buat 11th-14th dulu sih pernah ane buat, numpang di kosan sebelah yang lama banget 😀

      Cuma kalo sekarang, nimbang-nimbang banyaknya materi, retrospective simply can’t be done. Sebelum akhir tahun ini, throwback 2018 harus kelar, belum lagi persiapan tahun depan. Lagian siapa juga yang mau baca soal MV lawas? 😀

  6. Yang keyakinya belum gua denger.
    Jadi, nggak adil boleh ngenilai tapi ngedenger penuh dan berulang-ulang aja belum.
    Mending nggak sotoy gua, bang 😀

  7. 15. Kuchibiru
    Nama unitnya RED klo gak salah/gak lagi mabuk 😀

    14. Annani Suki
    13. Hi ga Noboru
    12. Ambivalent
    11. Glass
    10. Jikochuu
    9. Wazukana
    8. Atarashii
    7. Kitai
    6. Hanbun
    5. Kaerimichi
    4. Sankaku

    2 . Happy Aura
    Yeiyee,.. HEI!!!

    2. Synchro
    Single + main song terbaik tahun 2018

    1. Kumo ni
    Allhail Kumo, dan makasih Mezamashi krn udah nayangin live lagu ini disaat nogishow, koujichuu gk ngasih tempat buat perform nih lagu 😀

    Lagu yg ane auka tp gak masuk peringkat dsini:
    Nichijou.
    Sanrisha ni Noritai.
    Knock wo Surunai.
    No war in the future (meski disingle keya ini termasuk rilisan 2017, tp di album Hirgna yg rilis 2018, lagu ini jg ada, jd ane masukin (makaa) 😀 ).
    Loh, kok kbnyakan lagu hiragana ya? 😀

    1. Ente milih Yoshimoto di urutan terakhir karena belum nonton atau gimana? 😀

      Perasaan ente dulu bilang gak demen Hanbun 😀

      Ane kalo gak dengerin satu2 lagu yang ente sebutin, udah gak berasa lagi di kuping lagunya 😀

  8. Top 10 versi ane
    1. I’m out
    2. Synchronicity
    3. Mou mori e kaerouka
    4. Sora tobira
    5. Glass wo ware
    6. Happy aura
    7. Kitai jibun
    8. Ambivalent
    9. Jikouchuu
    10. Hiragana de koi shitai

    :v

  9. Kalo ditanya alasan sih, sudah pasti ini selera pribadi ane yang agak gak jelas :v entahlah lagu i’m out benar benar enak ditelinga ane arti liriknya juga… Feel nya hampir sama kayak lagu mou mori e kaerouka tapi lagu i’m out lebih enak… Ok that’s all i’m out :v

  10. Cuma beberapa main single doang yang gua denger, sisanya termasuk coupling with-nya nggak sreg.
    Namanya juga beda preferensi sama selera, belum mampu buka hati, bang.
    Mungkin karena liat gejolak grup beserta fans-nya. Jadi, udah paranoia duluan.

    Menurut gua, Keyaki rapuh dari dalam. Bersatu dari luar, bercerai dari dalam. Kayak ngeliat lapak sebelah awal-awal, terlalu menumpu pada seorang. Akibatnya, Zuumin pilih cabut dan masuk Avex, gua pikir karena nggak ada prospek di sana.

    Juga, seed&flower nggak punya rencana b kalo ada ancaman dari luar, semisal skandal. Bedanya, yang ini diam dan respons lambat ngebuat spekulasi makin liar sedangkan yang itu bikin blunder dengan upload video ‘bxdxh’ itu. Nggak ada balasan berarti.

    Tambahan lagi, gua nemuin faktor x yang ngebuat gua berubah haluan ke keyaki. Boleh juga sebut itu alasan. Semua gua alamin di grup idola sebelum2nya. Nah, itulah masalahnya. Belum ketemu faktor pendorongnya.

    1. Emang harus sabar ngadepin Keyaki, grup anak2 fase emo kaya begini emang harus ekstra sabar 😀

      Belum ada kepastian kan soal Zuumin & Avex? Selama belum ada official statement, ane belum bakal bilang apa2 soal ini.

      Karena mereka belum ada pengalaman, itu aja. Dan kebetulannya, pengalaman ini datang di waktu yang gak oke sama sekali.

      Wajar aja, kalo udah ngebahas selera pasti beda. Yah, kalopun skip Keyaki, ada peluang ke Yoshimoto kan jadinya 😀

  11. Pak, sampe detik ini ane masih download acra mereka tiap minggunya loh, jd gak ngikutin gmn, sampe ane kcewa lagu unit pop monster yg asyik n suarq ceweknya bagus mlah gk dpet MV

    Kan skrng rasa ane ke Hiragana dri ke hari semakin mendalam 😀

    Dasar… 😀

  12. Akan hadir pertimbangan, soalnya ada mantan mamber nmb yg paling gua hormati perihal laku hidupnya.
    Itu pun balik ke faktor x atau y.
    Sambil lalu, selamat menyambut tahun baru.

Leave a Reply