O Chart : Sakamichi Best Songs 2018 Part 1

Kali ini, Sakamichi Best Songs 2018 akan membawa lagu-lagu terbaik dari semua rilisan Sakamichi di tahun ini. Mulai dari Nogi, Keyaki (Kanji dan Hiragana), SakamichiAKB, dan Yoshimoto. Yep, karena Yoshimoto juga adalah bagian dari Sakamichi, wajar saja kalau mereka masuk di kategori Sakamichi Best Songs 2018.

Jadi, akan ada dua bagian untuk Sakamichi Best Songs 2018 karena untuk menulisnya dalam satu artikel akan menjadi terlalu panjang. Dari total 30 lagu, hanya akan ada 15 per artikel. Jadi, langsung saja, ini dia Sakamichi Best Songs Part 1.


30. Igokochi Waruku Otona ni Natta

As I said before, you can’t help but love her voice. Dan lagu ini meski ada sebagai pembuka Sakamichi Best Song 2018, bukan berarti jelek. Ada puluhan lagu lain yang lebih jelek. Keunikan lagu ini adalah tidak adanya intro, melainkan langsung lompat ke lagu. Unik sih. Dan seperti yang kubilang, vokal Ramen termasuk yang paling kuat, kalau tidak bisa dibilang paling distinguishable di Keyaki.

29. Senko Hanabi ga Kieru Made

Trio Miku, Konoka, dan Suzuka mendapat lagu ini di album Hashiridasu Shunkan. Yang patut digarisbawahi dari lagu ini adalah nuansa akustik dan retronya yang terasa. Dan vokalnya, berbeda dari mayoritas lagu Hiragana yang lain.

28. Jibun no Koto

Sakamichi Review : Boku Dake no Kimi – Under Super Best

Mungkin sudah banyak yang lupa dengan lagu ini, apalagi Under Super Best hanya muncul sebagai album yang dilupakan. Well, lagu ini adalah lagu terakhir Himetan sebagai member Nogi, dan meski ini bukan lagu terbainya selama di Nogi, sebagai persembahan terakhir, Jibun no Koto terbilang bagus.

27. Otoko Tomodachi Dakara

Vokal Katoshi yang nasal di awal tidak terdengar oke memang. Tapi setelah beberapa kali mendengarkan, aku mendapat pencerahan. Lagu semacam ini termasuk umum didengarkan, katakanlah di drama atau lebih umum di album idol. Satu-satunya kekurangan mungkin Katoshi masih belum terlalu bisa membawakan nada tinggi untuk lagu ini.

26. Ima ni Miteiro

Sakamichi Review : Ima ni Miteiro

Lagu Hiragana dari Garasu ini punya nuansa yang sedikit lebih berantakan dari biasanya karena vokal kuat dari member Hiragana Gen 1 saling bersahutan. Aku sendiri heran bagaimana lagu ini bisa masuk disini, tapi memang, beberapa kali mendengarkan, Ima ni Miteiro akan masuk dengan sendirinya.

25. Kotodamaho

Dibawakan MomoYoda dan KuboShita, sebenarnya dari segi vokal, lagu ini termasuk yang paling jelek dari keseluruhan lagu tahun ini. Tapi semua kekesalan dari segi vokal berhasil ditutupi dengan baik dengan aransemen yang oke. Fifty-fifty di akhir, tapi toh lagu ini upbeat, jadi masih sedikit membantu.

24. Caravan wa Nemurenai

Lagu yang tergolong baru, dan aku sudah cukup bosan mendengarkannya. Padahal lagu ini termasuk yang paling oke dari Kaerimichi. Tapi dan tapi, coupling seringkali jadi lagu yang paling sering kudengarkan meskipun pada dasarnya kurang oke. Yah, tipikal lagu coupling seperti Boku dake no Hikari.

23. Unubore Beach

Lagu lain dari Under Super Best. Alasan kenapa lagu ini masuk adalah karena aku lebih familiar, karena lagu ini muncul saat event Nogifes beberapa bulan lalu. Dan memainkannya di game, jelas membuat impresi akan lagunya jadi lebih baik, atau lebih buruk. Untungnya untuk Unubore Beach, datang yang pertama.

22. Mijukuna Ikari

Lagu kedua Hiragana Gen 2 setelah Hanbun no Kioku. Petikan gitar yang oke di lagu ini menjadi daya tarik utamanya. Dan setelah beberapa bulan mendengarkan lagu ini, perasaan kalau Mijukuna Ikari mirip dengan Kakumei no Uma dari album pertama Nogi masih belum bisa hilang.

21. Sora Tobira

Sakamichi Review : Sora Tobira

Meski aku jujur lebih suka dengan MV-nya, tapi dari segi lagu ternyata Sora Tobira oke juga setelah sering mendengarkannya. Tapi memang, kesan kalau vokal di lagu ini benar-benar asing masih belum bisa lepas dari telingaku. Well, apa ini tanda-tanda?

20. Against

Lagu yang bisa dibilang paling keren dari Nogi, dari segi musiknya yang menojolkan EDM yang jadi ciri khas beberapa lagu Nogi yang upbeat. Against juga adalah lagu terakhir Ikoma. Well, mungkin kelemahan dari lagu ini adalah penggunaan eengrishuu yang jelas levelnya kalah dari Keyaki.

19. I’m Out

Setelah mendengarkan beberapa kali, rasanya coupling dari Ambivalent ini termasuk yang underrated. Bahkan aku sendiri tidak memberi nilai yang tinggi waktu pertama mendengarkan. Tapi beberapa kali mendengarkan maraton, cukup oke juga ternyata.

18. Kokkyou no Nai Jidai

Sakamichi Review : Kokkyou no Nai Jidai – SakamichiAKB 2018

Lagu SakamichiAKB untuk tahun 2018 ini punya nuansa yang mirip-mirip dengan Hanbun no Kioku. Meski lagu ini bukan termasuk lagu yang membuat merinding, tapi secara keseluruhan, Kokkyou no Nai Jidai adalah lagu yang oke. Well, ini lebih ke pasrah sih, apalagi tahun depan toh pasti ada lagi.

17. Yakusoku no Tamago

Lagu kebangsaan kedua, atau ketiga, keempat, dari Hiragana. Yang pasti ini adalah lagu dengan seluruh member Hiragana berpartisipasi. Dan untukku, ini lebih enak didengarkan daripada W-Keyakizaka no Uta misalnya. Yakusoku no Tamago termasuk salah satu lagu yang paling easy listening untuk masuk list Sakamichi Best Song 2018.

16. Scoutman

Bagaimana kalau membawa EDM setingkat lebih tinggi dari lagu Nogi umumnya? Jawabannya adalah Scoutman. Gen 2 membawakan sisi quirky di MV, dan juga memberi nuansa yang lebih cool. Yang pasti, Scoutman tidak akan aneh diputar saat night outing.


Jadi, itu dia Sakamichi Best Songs 2018 Part 1. 15 lagu disini terpilih setelah penilaian ulang selama beberapa minggu. Dari peringkat 30-16, lagu mana yang paling kalian suka? Atau punya rank sendiri untuk Sakamichi Best Songs 2018?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Mac Orionid
redmoon.macorion@gmail.com

14 thoughts on “O Chart : Sakamichi Best Songs 2018 Part 1”

  1. wah gan jibun no koto ternyata masuk best 30
    ane selaku kakak himetan mengucapkan banyak2 terima kasih..

    selain itu, 29 lagu lainnya sependapat deh

    btw yamamotozaka sdh keluarin single kah? kok g kedengaran suaranya?

  2. Scoutman, memang enak, dmnpun gua dengerin, rasanya enak aja, dan sora tobira sendiri ada di urutan awal” playlist nogi gua wwkwkw

    Menurut gua sndiri kalo Under album memang terkesan terlupakan, tapi lagu baru dr album itu bagus dan jjur aja gk trlalu mengecewakan,

    beda selera, malah i’m out gua gk begitu demen, entah kenapa rasanya asing aja, walaupun g dengerin berkali kali,

    g vote untuk 5 lagu:
    – scoutman
    – sora tobira
    – unubore beach
    – senko hanabi
    – ima ni miteiro (gua ngerasain feel yg ckup kuat dr lirik dan MV nya, gua demen sampai hari ini)

  3. Sebenernya udah pada lupa sama lagunya, yg masuk playlist cuma Against 😀
    Apalagi lagunya keya yg akhir akhir ini gak masuk selera ane, cuma beberapa lagu hiragana aja yg masuk

    Jadi ane vote 5 lagu yg masih ane inget dan suka,
    Jibun no koto, Against, Caravan, Sora tobira, sama Kokyou no nai Jidai.

    Ga bisa dipungkiri lagu collab sama akb selalu bagus, mulai dari mazari aumono, yg techi center sama kokyou no nai bagus semua menurut ane 😀

  4. 30. Against
    29. I’m out

    28. Igokochi
    27. Otoko
    26. Jibun
    Sebenanrnya diantara 3 lagu solo ini, lebih suka lagunya Kyoko, tapi lantaran ada backing vocal cowoknya,mnurut ane itu malah ngeganggu n gak perlu.

    25. Ima
    24. Sora
    23. Caravan
    22. Yakusoku

    21. Kotodamaho
    Suka lagunya yg lumayan ngebeat, tp ntah knp rasanya warna voval 4 mmber ini kyk gak pas aja sma lagunya, hmmmmm????

    20. Unubore
    19. Kokkyou
    18. Mijukuna

    17. Senko
    Suka sama lagu ini, n semakin suka setelah liat performnya di HiraOshi. Coba permainan Bassnya sedikit lebih divariasiin, pasti makin mantap dan ane bayanginnya lagu ini dibawa pake contrabass 😀

    16. Scoutman
    Gak bias, bkan krena Miona jg bkn krena ane pndukung setia gen 2, lagu ini bisa di posisi paling tinggi diantara 15 lagu ini lantaran tipe lagu sperti ini sebenanrya bukan tipe lagu yng bersahabat dengan kuping ane tp ntah knp sejak pertama denger lagu ini bisa langsung suka, sangat suka malah 😀

    FYI, Senko sama Scoutman masuk top 5 lagu yg paling sering ane play, tp dsini pringkatnya malah diluar top 10 😀

    1. “Sebenanrnya diantara 3 lagu solo ini, lebih suka lagunya Kyoko, tapi lantaran ada backing vocal cowoknya,mnurut ane itu malah ngeganggu n gak perlu.” ooohhh, cemburu toh ceritanya 😀

      Gak ngira ente suka Senkou, jangan2….

      Ya ya ya, anggap aja ente suka Scoutman itu kebetulan. Iya, kebetulan, gitu aja 😀

  5. Kalo gua, against lebih menampilkan sisi cool and rebel yang matang, terlalu subjektif sih, oshi pertama dan bintang kehidupan.
    Kemudian, unubore beach, catchy dan hype, under selalu menyajikan lagu berkelas, bahkan menutupi kualitas senbatsu.
    Sora tobira menempatkan umezawa sebagai centre, dan lagunya jadi ost anime. Gua lebih menangkap kesan animeish yang kuat pada lagu ini.
    Penutup, scoutman, gua pernah bilang, irama rame bak lagu india yang colourful plus (makanan wajin lagu nogi atau sakamichi) full edm yang menambah rona lagu.

    1. Jelas subyektif kalo nilai soal lagu2 begini, tapi ya diusahakan sebisa mungkin obyektif 😀

      Kalo dibilang “lagu Under lebih berkelas” ane kurang setuju, lebih tepatnya segmentatif sih 😀

      Ume bikin penonton selalu punya 7 dosa 😀

      Ane kaya sering denger lagu yang mirip2 Scoutman gini, cuma gak tau lagunya siapa 😀

  6. Ah bisa aja berkesimpulan seenaknya 😀

    Gak usah cemburu gtu ah 😎

    Iya, kebetulan yg gak biasanya. Melanggar kode etik selera ane *apaan* 😀

Leave a Reply