For A Better Future

Double Suns, Sole Center, kalau sudah sering kesini pasti tahu kalau istilah ini ditujukan untuk apa. But not for a better future. Beberapa kali, sering malah, aku menulis tentang mereka sejak tiga tahun lalu. That’s right, I used this words even before the blog started.

For summary, istilah Double Suns mengacu pada kombo Maiyan-Naachan. Bagaimana mereka berdua dengan dua sisi yang berbeda, dua jalan yang berbeda, dua matahari kembar menjadi top two untuk Nogi selama bertahun-tahun. Well, sejak 2015, tahun dimana aku menggunakan istilah ini.

Dan untukku, ini adalah formasi terbaik daripada sole center atau banyak member sekaligus menjadi member populer. Contohnya ya dua grup saudara Nogi deh. Karena peran Double Suns bukanlah sebagai center, tapi lebih sebagai simbol grup. Face, atau apalah itu.

This story are fundamental

Saat mereka sudah mencapai titik supernova, sekarang ini, sudah menjadi kecemasan hanya dalam tempo kurang dari setahun sejak single dimana mereka menjadi Double Suns yang sebenarnya, Imahana. Selama 2016, aku mengatakan kalau posisi mereka menjadi terlalu kuat.

That’s good for a better future, isn’t it? Nope. Karena 2016 akan selalu lebih diingat sebagai tahun graduation. Meskipun Ashurin menjadi center pertama kali, yang mana juga menjadi pembuka era transisi, legacy Double Suns malah semakin kuat, dan di 17th single, mereka membuktikannya.

Peran terbesar Double Suns? Saat era Influencer. Nogi memenangkan Grand Prix dan single pertama yang mencapai 1M. Dan sepanjang tahun, meski di Nigemizu terlibat di Wonder Woman dan Itsudeki yang jadi paket dengan film, tetap Influencer yang menjadi lagu paling kuat sepanjang 2018.

Nah, bagaimana dengan efek dari kuatnya posisi Double Suns? Banyak. Semua uneg-uneg sudah pernah kutulis. Dan kebanyakan isinya hanya kekhawatiran. Bahkan, Third Sun mungkin tidak akan pernah ada. Setahun setelah Third Sun kutulis, pendapatku masih belum berubah.

Seiring grad-nya Naachan, ada void, lubang hitam besar. Masih butuh waktu untuk bilang apakah mereka akan bisa menambal lubang yang ditinggalkan. Karena berbeda dengan graduation sebelumnya, kali ini jauh lebih kentara. Bukan mengecilkan peran Ikoma, Maimai, atau Nanamin, akui saja, levelnya beda.

Live Nogi di Shanghai pada 1 Desember kemarin menjadi bukti. It was all over on Twitter. Yah, setidaknya manajemen membawa Gen 3 juga sebagai langkah matang. Membicarakan Gen 3, dimana paling mungkin menjadi pengisi kekosongan Naachan, aku masih belum menemukan siapa orangnya.

Kalau didasarkan dari sebelum-sebelumnya termasuk dalam diskusi, Yoda dan Ume paling menjanjikan di semester akhir 2018. Tapi ada juga potensi kalau diantara mereka, termasuk beberapa nama lain, lebih mungkin menggantikan Reika di waktu dekat.

Jadi untukku, kemungkinan Gen 3 menambal posisi Naachan lebih kecil dibandingkan kemungkinan mereka akan mengambil posisi kapten. Nah, disini kita masuk membahas Gen 4.

Jujur saja, aku merasa Gen 4 ini seperti nostalgia dengan wajah lama

Masuknya Gen 4, seperti kubilang sebelumnya, memang memberi amunisi tambahan hanya saja di waktu yang sepertinya kurang tepat. Mudahnya, dibandingkan exposure pada Gen 3, Gen 4 relatif lebih “tertutup” dan sampai artikel ini naik, aku belum melihat mereka akan diperkenalkan lebih jauh.

Nah, apa hubungannya Double Suns dengan masuknya Gen 4? Pada dasarnya, ini bukan bertujuan untuk mencari pengganti, Third Sun, atau mengisi kekosongan, ada Gen 3 untuk itu. Mereka relatif lebih seperti spare untuk dua-tiga tahun kedepan. For a better future.

Saat artikel ini naik, mereka sudah diperkenalkan di Budokan, yang mana aku belum melihatnya. Dan di waktu bersamaan, tiga member Kanji juga sudah muncul di website Keyaki. Rasanya di beberapa hari terakhir aku membaca hanya satu yang masuk Kanji, tapi ternyata tiga?

3 new Kanji? They’re obsessed.

Sama seperti member baru Kanji, dan nantinya Hiragana. Mereka akan menjadi spare karena menurutku masing-masing masih kuat. Kecuali Kanji yang jujur saja, compang-camping saat ini. Kurasa kita bisa skip membahas Hiragana, karena mereka relatif paling sehat saat ini.

Meski nantinya, member baru hanya akan menjadi spare juga, karena sekarang kita tahu siapa yang menjadi face Hiragana. Nah, tiga member diatas, ki-ka; Seki Yumiko, Inoue Rina, Takemoto YuiWe can’t judge yet, even I wouldn’t dare to. But for sure 2 out 3 are wolves-magnet.

Hanya 3 member, aku merasa posisi mereka akan lebih ambigu, terutama untuk fans yang masih mengusung slogan usang “Bonds of 21” mereka mungkin akan menghabiskan beberapa bulan, atau mungkin tahun untuk bisa diterima penuh.

Tapi, Kanji selalu menjual drama. Dan aku akan sangat menyambut drama baru, katakanlah, airdrop center. Let me see some shitpost all over. Oh, bagaimana variasi akan sangat ditunggu untuk Kanji. Persentasenya? 30-40% untuk perubahan, 25% untuk new center.


Overall, aku merasa, for a better future, member baru Sakamichi akan memberi efek yang berbeda ke masing-masing grup. Tidak semuanya menyenangkan, sudah pasti. Well, apapun itu, aku masih menunggu apa dan kira-kira bagaimana perjalanan mereka di 2019.

Sudah waktunya menulis ramalan untuk 2019.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

17 Replies to “For A Better Future”

  1. Shine and Bloom says: Reply

    Ashurin bukanx statusx skrang third sun??Mungkin the next captain emg dr gen 3. Tp gg mnutup kmgkinan gen 3 bisa jadi front row pengganti naachan atopun siap2 maiyan klo juga bkln out. Gen 4 msh blum kelihatan bkln bisa sementereng gen 3 ato gg. Yoda mgkin iya. Tp karakterx agak cenderung kyk karakterx neru jd agak gg yakin dia bisa gantiin naachan. Klo ume kykx aq ja yg ttp gg da bayangan masa depan nogi dengan ume da d garda depan. Klo soal popularitas ume kykx masih di bawah kuboshi deh.

    1. Kalau menurut ane, dia kategorinya beda. Kapan2 deh soal Ashurin ini. 😀

      4 dari Gen 3 punya peluang yang sama besar, itu kalau dilihat dari perkembangan terakhir. Peran diluar sama sekali gak dihitung, karena itu langsung ngerubah konstelasi.

  2. HAHAHAHAHAHAHA FINALLY

    kanji… dengan member yg tiba” banyak,
    apa mereka akan mulai sistem senbatsu??
    menarik, lalu hiragana yg katanya cmn masuk 1 org doang (what a lucky girl, sepertinya para senpai jg udh siap memanjakan adik baru nya)

    untuk nogi,, terutama posisi kosong naachan, well g sndiri jg bingung, siapa yg bakal di naikin, atau di siapin bwt ngisi slot FACE nya nogi ini,
    di bbrp magz trbaru aku lihat ada maiyan, asuka ,yoda
    kyknya emng kalo bukan yoda, bisa ume/mizuki
    di akhir tahun ini yg pamor nya tinggi dr gen 3, bsa di blng 3 cwe itu

    tapi jelas bukan hal yg mudah, naachan is naachan , no one can replace her, tapi bila di rubah sedikit dan di switch dengan member jenis yg lain, mungkin aja bsa menarik perhatian publik,,,
    seriously, asuka, ACE muda nya nogi skrng, yg jujur aja karakteristik nya bener” ngaco kadang
    tapi kusuka #1

    so kyknnya manajemen gk bakal mau repot” mencari yg mirip” naachan, tpi malah mengambil jenis face yg baru

    tapi gmn pun ceritanya, single pertama dari kedua grup ini di tahun depan, benar” membuatku tidak sabarrr

    1. Yep, ane kayanya salah info soal jumlah member yang masuk. Ternyata Hiragana yang cuma satu.

      Sebenernya, ane bilang Mizuki out of question di pertanyaan soal siapa yang bakal jadi front rower permanen atau kandidat center.

      Ashurin beda sendiri, dan ane bilang jadi keunggulan sekaligus kelemahan sih. Ya, nanti aja di artikel lain waktu.

      Tahun depan, daripada single baru, ane lebih mau lihat referendum 😀

  3. Seki Yumiko cantik 😀 kalo gen 4 nogi kok belum ada yg menarik dimata ane, mungkin kanji cuma ambil 3member buat replace member yg grad

    Buat pengganti naachan yah, kayanya yoda orang yg pas, sementara mizuki bisa gantiin maiyan kalo grad atau jadi captain juga bisa. Kalo buat ume ane malah liat posisinya kaya misa malah 😀

    1. Dih, masih banyak member lain udah nyosor aja 😀
      Salah info soal jumlah member hahaha 😀

      Sebenernya, posisi Mizuki udah hampir fix pas di graduation concert Yumi, jadi yah…

  4. Kayaknya di kandang serigala udah diberitain bakal ada 9 member baru Kanji deh, min.

    Kalo soal sapa ngisi posisi mana, ane tunggu ramalan ente aja min. Ane ga hafal dan males hafalin nama2nya gen 4 juga. 😀

    1. Yep, salah info ane 😀

      Kayanya sih bulan ini bakal banyakan rekap dari 2018 daripada ramalan 2019 😀

  5. Shine and Bloom says: Reply

    Mo mnambahkan deh. Klo menurutq for better future. Mizuki ma yoda masih kandidat kuat minimal bisa jd pendamping ashurin untuk nogi sekarang. Masih belun bisa dipaksakan untuk dijadiin member terdepan selevel naachan ma maiyan

    1. Ane setuju soal itu, tapi kembali lagi, di komen2 atas juga, posisi Mizuki buat ane udah fix di satu tempat 😀

  6. Shine and Bloom says: Reply

    Maksud x jadi apa nih. Kalo katax sih waka jadi sosok penting di nogi kan masih ambigu. Kaptain maksudx?? Jangan dong… mnrut mizuki udah cocok bgt untuk dijadiin bibit2 pengganti double suns. Daripda si ume. Gg seru kalo penggantix si maiyan mirip2 bgt ma si maiyan…bosen kan

    1. Bukan, bukan captain. Hmmm… yang paling gampang buat ngegambarin posisinya itu: perpaduan Iku & Miona. Bukan center, lebih ke satu peran pendamping. Love & hate relationship sama fandom, banyakan ditubirin lah, sama emang kesannya lebih mancing aja.

  7. entahlah , gua jadi makin penasaran dengan single terbaru nogi :v dan siapa diantara generasi 4 yang bakalan jadi center gen 4 seperti hal nya momoko menjadi center gen 3 dan yoda adalah ace gen 3. tapi kalo dipikir pikir gen 3 memang terlalu bersinar . untuk ume untunglah dia tidak dirugikan dengan tinggi badannya melihat ume w jadi ingat sama miyazawa seira karena tinggi badannya dia sellalu dapat posisi belakang bahkan di under pun selalu dibelakang :v padahal mah kalau dia sabar dan masih netap di nogi dia bisa ngalahin maiyan lo kalau soal model & gravure . tapi yahh mau gimaana lagi ya kannn jga sama seperti kashiwa yukina menurut w dia sama kek eto misa kalau dia masih lanjut sampai sekarang tapiyaaa karena langsung putus asa ya begitulahaahhh :v

    kalo soal gen 4 entah kenapa di foto mereka agak berbeda dengan pv indivual mereka. padahal di video itu mereka pada cantik cantik dah :v apalagi si kaki haruka cantik beut uy tapi pas di foto kabesha nya dia malah kek jadi tante tante. kalo menurut w yng bakal jadi center gen 4 yang paling kuat shibata yuna tapi nggak tahu juga kedepannya. dan si kakehashi sayaka menurut w lbih cocok masuk keyaki dah , dia keknya seperti terkesan boyish gituh. apakaah manajament sedang mencoba mencari pengganti wakatsuki ? wkwkwk :v

    double sun baru menurut w yah maiyan sama asuka dah :v tapi nggak tahu kalau third sun . kalau untuk gen 1 menurut w sudah nggak terlalu di up lagi yg under tetap seperti wada maaya . dan yang masih up sedikit kanarin , yuri , hinachima.

    untuk gen 2 menurut gua ranze dah cocok tuh buat jadi ace gen 2 berikutnya. mohon lah kalo ada lagu khusus gen 2 buat ranze jadi center wkwkw :v . dan yah kepribadian ranze lebih ke nogi banget dah menurut gua . moga tahu depan adalah tahun keburuntungan buat ranzee

    lalu buat tamachan moga single berikutnya dia yg bakal masuka dan jadi senbatsu tetap :v soalnya daripada sato kaede tamachan lebih menjanjikan . w harap ranze & tamachan masuk senbatsu single berikutnya

    1. Yang bisa ane bilang sih, dibandingin OG, biarpun karakternya mirip, NG lebih besar diversity-nya, jadi aman-aman aja. Gen 3 udah keliatan, Gen 4 masih butuh waktu, tapi mungkin Januari udah bisa diliat first impression mereka. Ane belum nyari info lebih dalam soal mereka sih 😀

      Emang udah waktunya gak terikat sama OG, apalagi Gen 1 yang udah gak menjual dibandingin NG. Gen 2 harapannya masih ada, tapi lebih tipis dari tahun kemarin. Ranze juga gitu, kesempatannya paling gede di 2016-2017, tahun ini dia balik lagi jadi peran pendamping. Untuk tahun depan, taruhan terbaik ya dia bakal senasib Kanarin & Yuttan di 2018 ini.

      Ane gak bakal bilang, belum bakal bilang siapa yang bakal ngisi slot senbatsu buat Gen 3 selanjutnya, karena rotasinya emang lebih adil. 😀

  8. Gua lebih liat yoda, mizuki, dan umezawa. Oozono jadi cadangan buat gen 3. Gandengan yoda untuk sementara asuka.
    Yoda terlihat polos dan pasrah di’mainin’ asuka. Lumayan buat fans service.
    Kalo kata bang mac sih, mizuki udah ‘pastiin’ tempat wakatsuki. Pake gaya rambut khas waka saat konser jadi pertanda hormat kepadanya.
    Umezawa dan oozono, nih bakal bertempur jadiin adik Shiraishi. Walaupun dari segi wajah dan tampilan, umezawa menang banyak, sekilas kayak kakak-adik gak sedarah.
    Untuk saat ini, keragaman karakterlah yang dibuat. Terlalu membandingkan dengan OG juga nggak bakal sehat. Dan gua berharap Ranze naik lagi sebagai pemeran pendamping. Perlulah ada karakter sadistis dalam nogi, selain sang kapten.

  9. Satu lagi, untuk nishino. Agak susah mencari orang yang simpatik, fragile dari luar, dan unik. Ya, untuk saat ini biarlah waktu yang menjawab atau bakal nggak ada yang gantiin.

    1. Yes, AshuYoda sekarang jadi semacam next Kuroishi-Mana. Mizuki bukan cuma kelihatan dari situ, tapi juga emang udah dipasrahin lisan, jadi ya gitu deh. Ume vs Momo, ane bilang sih dua-duanya dijual jadi “adik” Maiyan lewat cara ini.

      Ranze punya potensi lebih besar dari Kiichan, tapi beberapa waktu ini sih ane liatnya senasib juga akhirnya. Mungkin juga Kuboshi bakal bernasib sama.

      Buat Naachan, kalo buat ane, ngebandingin era Kidzuitara sama Kaerimichi, hampir 180 perbedaannya. Yah, resiko fandom gede sih.

Leave a Reply