Keyakizaka This Year 2017

Kembali seri Sakamichi This Year, dan kali ini untuk Keyakizaka This Year 2017. Selama 2017 ini Keyaki mengalami banyak up & down dalam banyak hal. So am I, in many way. F*ck it. Well, banyaknya hal yang terjadi membuat Keyaki menjadi subyek menarik, karena bahkan non-idol fans pun tahu mereka.

Impact Keyaki jelas tidak bisa dibilang sedikit selama 2017, mulai dari rilisan dengan skala promosi yang terbilang wow, drama, membuat posisi mereka semakin kuat di dunia idol sampai undangan Kouhaku. Well, semua yang baik-baik terjadi pada mereka di tahun ini.

Malah, belum ada tanda-tanda akan kekhawatiranku tahun lalu, yaitu apakah mereka akan melambat di tahun ini. Tidak malah, mesin mereka masih belum menunjukkan kelelahan. Well, ini dia #SakamichiThisYear untuk Keyakizaka This Year 2017.


Releases

Minus satu single dari normal, karena di tengah tahun dialokasikan untuk album Masshirona, Keyaki baru mencapai angka 5 single sejauh ini, dengan 4th dan 5th di tahun 2017. Bukan sesuatu yang sangat dramatis juga sih. Lebih karena pattern setahun 3 single itu membuat kita terpatok pada pattern itu.

Overall, baik Fukyouwaon dan Kaze ni Fukaretemo keduanya adalah single yang kuat. Terlalu kuat malah. Fukyouwaon dengan nilai rock dan Kaze yang lebih funk, sama-sama memberi warna yang lain. Apalagi kalau dibanding Nogi yang tiga-tiganya kehilangan rasa di tahun ini.

Getsuyoubi no Asa sendiri punya efek yang oke. Membawa timeline yang berbeda, kali ini adalah prekuel dari SiMa, membuat kita bisa berharap di tahun depan puzzle dari timeline Keyaki ini akan tersusun satu demi satu. It’s a nice easter eggs, makes us wonder and hoping for more.

Overall, untuk Keyakizaka This Year 2017, rilisan Keyaki terbilang memuaskan. Jauh lebih menarik ketimbang Nogi yang datar saja musiknya.


New Entry

Karena belum ada member yang graduate sejauh ini, maka segmen ini kuganti dengan New Entry, alias member baru. Sudah bisa ditebak kan, aku akan membahas tentang Hiragana Gen 2. Yah, seperti yang sudah kutulis di artikel impresi sebelumnya, they did leave impact.

Yang paling menonjol jelas Miho, Suzuka, dan Nao. Mereka meninggalkan kesan yang cukup oke; basket, hip-hop, dan satu yang mirip-mirip aura Nogi. Uhh… sejujurnya masih butuh waktu untuk menilai lebih jauh karena sejauh ini mereka baru muncul di satu-dua episode Keyakake.

Well, dengan bertambahnya member Hiragana, aku sih berharapnya akan ada variety khusus untuk mereka. Atau setidaknya, kesempatan lebih banyak di Keyakake. Sayang saja rasanya kalau mereka hanya diposisikan sebagai figuran seperti Gen 1.

Hiragana mendapat amunisi baru, bagaimana dengan Kanji? Well, mereka masih terlalu kuat untuk ditembus Hiragana, kalau posisi mereka memang adalah Under. Beberapa nama jelas bisa tergeser tapi toh sampai sekarang belum jelas bagaimana sistemnya.

Kalau aku sih, lebih berharap mereka all-out battle saja deh daripada seperti ini terus. Double A-side atau apalah. RE:MIND sudah jadi contoh bagus.


Uprising

Susah untuk mengatakan siapa yang paling uprising tahun ini. Kalau dirunut dari awal, ada YuukaNen yang terpilih jadi captain & vice captain Keyaki. Bukan kejutan juga sih, mengingat posisi mereka dari awal memang seperti sudah diatur seperti itu oleh manajemen. Gummy juga demikian.

Selain itu….tidak ada member yang bisa menyaingi popularitas Tecchi secara keseluruhan. Sampai-sampai kasus di pertengahan tahun yang membuat banyak kontroversi. Well, karena sebelumnya sudah kutulis, jadi tidak perlu lagi bilang kalau “dengan kekuatan yang besar, datang tanggung jawab yang besar”

…. bukan, itu quote Paman Ben. Yang kumaksud adalah popularitas Keyaki, terutama Tecchi, kini sampai di point of no return, yaitu dimana mereka butuh perhatian yang lebih besar terutama dari keamanan. Dan oh, berhenti membicarakan “drama” di Kouhaku kemarin sebagai ajang perang.


Photobook

Untuk pertama kalinya Keyaki mendapat PB. Tapi sayangnya bukan PB grup melainkan solo PB. Pechan dan Neru. Well, untuk yang pertama, sudah bisa ditebak, karena Pechan termasuk member otona sekaligus visual di Keyaki. Memang kalah cepat dari Risa untuk kontrak model, tapi PB untuknya tidak mengejutkan sama sekali.

Untuk Neru, memang posisinya selalu kontroversial. Sejak pertama, dia yang membuat semua situasi Keyaki sekarang membingungkan. Tapi apalah, toh dia tetap member yang bisa dibilang paling menjual di Keyaki terutama dari segi gravure.

Leathery appearance, that is. Apa cuma aku yang akan bilang kalau dari segi sex-appeal, Neru-lah member yang paling masuk kriteria umum dari idol fans? Terlihat dari penjualan dan hype, rasanya Neru > Pechan, jauh malah. Ini akan membuat “persaingan” untuk PB tahun depan akan lebih menarik.


Images

Well, untuk urusan ini, aku merasa Nogi layak mendapat keunggulan dibanding Keyaki. Seperti sudah kubahas di artikel sebelumnya, Nogi mencoba meraih target pasar yang jauh lebih luas. Mulai dari ekspansi PB yang juga dilakukan Keyaki, sampai menguatkan posisi sebagai model group.

Itu adalah gerakan cerdik, karena pasar teenage girls jelas membaca soal fashion dan saat sebuah idol group sering terdengar disana, mereka akan tertarik untuk mengikuti lebih jauh. Keyaki untung juga sih dari sini, karena tidak semua suka dengan idol yang konservatif, ada juga yang lebih dark seperti Keyaki.

Nah, tapi disini, tanpa “penjualan” dari pihak Keyaki sendiri, mereka lebih dilihat sebagai idol yang kelasnya berbeda, seperti BABYMETAL misalnya. Untouchable, karena toh variety don’t do them fairness. Well, kalau mereka terus berada di jalur ini, kekhawatiran akan mereka kehilangan arah kembali muncul.

Can you hear me Major Tom? Can you hear me Major Tom?


Final Words

Keyakizaka This Year 2017 secara keseluruhan hanya memperkuat apa yang mereka bangun sepanjang 2016. Formula idol yang lebih tough terbukti berhasil, dan mereka memperkokoh pondasinya gila-gilaan di tahun 2017 ini. Apakah itu jelek?

Kalau aku jelas bilang iya. Karena ini akan membuat kita terpaku pada satu style saja. Well, problem sebenarnya ada pada fans sih. Sampai kapan kita bisa menelan konsep seperti ini terus-terusan? Jujur saja, bahkan akupun bosan menulis tentang ini, tentang kapan Keyaki akan melihat lebih banyak cahaya.

Dalam urusan review pun, aku merasa hanya mereview hal yang sama dalam kemasan berbeda tiap kali mereka merilis sesuatu. Bosan! Memang sih, rilisan Keyaki terbilang bagus-bagus saja, tapi mau sampai kapan begini terus? Belum lagi Hiragana yang masih overshadowed oleh Kanji.

Akhir kata, aku antara menantikan 2018 dan tidak sepenuhnya berharap kalau mereka akan memberi kejutan di tahun depan. Well, kejutannya mungkin pada akhirnya, akan ada perubahan dalam susunan member. Graduation that is. Bagaimana dengan kalian?


Well, seperti yang kalian baca, dan sepenuhnya tahun di artikel ini benar, ini adalah artikel Keyakizaka This Year 2017 yang seharusnya memang rilis tahun lalu, atau saat aku pindah kesini setidaknya. Karena waktu itu sudah terlambat beberapa bulan, akhirnya artikel ini terbengkalai.

Keyakizaka This Year 2017 ini memberi gambaran tentang bagaimana situasi dan kondisi di akhir 2018 ini berbeda dengan satu tahun lalu. Sangat-sangat berbedaIt’s a time capsule, to think how different this group’s fate have been since then.

Satu yang pasti, 80% tulisan disini adalah tulisan dari awal tahun 2018. Aku hanya menambahkan sedikit terutama untuk bagian penutup ini. Bagaimana dengan kalian? Nostalgia ke kejadian-kejadian satu tahun lalu. Apakah ada perbedaan pendapat antara sekarang dengan tahun 2017 kemarin?

All images used is credited to it’s respective owners

16 Replies to “Keyakizaka This Year 2017”

  1. Kalo ane sih belum bisa comment banyak soalnya 2018 belum selesai. Tapi memang 2018 ini manajemen lebih ngeup hiragana kalo dilihat, mungkin mereka sudah punya rencana tahun depan utk mereka seperti apa. Momentumnya setelah budokan januari itu.

    Untuk kanji tahun ini campur aduk kayak tahun 2017. Ditambah gradnya member. Well menurut ane hal yg wajar grup disituasi begini. Ane berharapnya kanji termotivasi utk bangkit, 2nd gen semoga bisa memberi warna dan bawa angin segar.

    But btw congrats kanji diundang ke kouhaku lagi, ane kira kejadian tahun lalu bakal mempengaruhi kehadiran mereka tahun ini dan selamat utk nominasi song of the year “ambivalent”.

    Sampai sekarang ane masih belum ngerti posisi gana di keyaki seperti apa.
    Tapi congrats ganachans utk MAMA and budokan 3 days nya. They deserve it. Dan ane berharap ada “status yg jelas” buat gana.

    Btw, sedikit curhat, ane rada sedih melihat beberapa fans gana yg tampaknya rada “ngelupain” / disrespect kanji as the older sister of keyaki krna nelihat gana lebih baik diberbagai hal dibandingkan kanji, Gitu gitu tanpa kanji dan neru, hiragana ga bakal ada. Setidaknya berikan respect ke mrka, meski kalian tidak suka sama mrka.

    Doaku semoga tahun depan kanji dan gana keyaki bisa maju bersama-sama.

    1. Untuk Sakamichi This Year 2018 ini masih dalam proses, ini ane upload biar banyak yang inget aja sih, gimana Keyaki tahun kemarin bisa beda banget sama sekarang. Termasuk soal Kanji dan Hiragana yang sekarang kebalik 180 perlakuannya.

      Soal Kouhaku, rasanya baru diumumin Keyakizaka46 yang diundang kan, belum ada kepastian Kanji atau Hiragana?

      Posisi Hiragana, lebih dari sekedar Under jelasnya. Malah dapet kerjaan yang levelnya “harusnya” punya Kanji. Banyak teori sih, terutama soal kenapa Hiragana bisa diundang MAMA, terus soal member2 baru yang belum dikenalkan. Dramanya itu loh 😀

      Soal kenapa banyak yang bash Kanji, ya ini efek dari gimana kencengnya laju mereka di tiga tahun ini deh. Dari tahun kemarin juga keliatan bibit2 anarkisnya, cuma baru di tahun ini aja dapet angin banyak mereka 😀

  2. Setuju sih min, kalo kouhaku emg belum jelas siapa yg diundang tapi ane masih yakin bisa kanji, kalopun gana ikut pasti sama kanji. Atau nanti nasibnya bakal sama kayak best hits kmrin dicampur begitu.

    Emg teorinya apa gana diundang ke MAMA?

    1. Berharap aja deh 😀

      Soalnya, gak ada angin gak ada ujan tiba2 mereka diundang ke MAMA yang bisa dibilang ajang yang selalu bikin kontroversi. Di tahun kemarin, AKB diundang dan ujung2nya ada Produce. Udah banyak yang bilang acara semacamnya bakal dibikin, tapi bukan Produce. Selain itu, kenapa Hiragana, di waktu yang sama member baru hasil audisi belum dikenalkan.

      Bisa jadi bakal ada acara baru, dan member2 baru Sakamichi bakal ikutan disitu. Masih teori sih tapi ini yang banyak orang setuju.

  3. Nijika diradio kmrin secara ga langsung blng kanji fix kouhaku, tinggal tunggu gana aja lagi join apa ga.

    Penasaran nih apa rencana selanjutnya dari sakamichi. Masuk akal juga kata mimin. Mungkin kita bakal tau nanti tgl 10 ya.

    Btw saya baru disini min, silent reader sih dri dulu cmn baru pertama kali comment. Suka sama tulisan mimin cerdas dan menarik menyampurkan teori science dgn idol, dan cukup objektif kalo menilai group.

    1. Sebelum fix, gak mau berharap2 dulu kalo ane 😀

      Atau mungkin juga, cuma karena rencana ekspansi Sakamichi yang keliatannya cukup ambisius. Basis fans Keyaki di Korea cukup gede, mungkin juga karena Nogi lebih fokus ke mainland, bisa jadi Keyaki yang dieskpor ke Korea.

      Setelah dibilang gini, ane baru nyadar beberapa minggu terakhir cuma rilis artikel yang temanya review doang 😀
      Sama kebanyakan main di negeri sebelah pula 😀

  4. gua suka semua lagu keyaki , cuma yah gituh baknya nogi gua kenal sama membernya berkat variety show nya. dan tidak dengan keyaki yah gua dah coba nonton beberapa variety show keyaki dan yak garing~~~ itu menurut pendapat gua yah. bahkan sampai skarang gua belom bisa hapal para member senbatsu keyaki padahal mah kgk pernah berubah yak :v

    menurut w sih yak keyaki memang mendebrak. bahkan banyak kpopers temen gua yang terpikat dengan aura keyaki. gua yakin nih diundang nya hiragana keyaki ppasti aki-p udah mempersiapkan sesuatu.

    tapi yah kekurangan keyaki seperti yang gua jawab diatas. mereka agak garing :v tidak seperti gua nonton variety show nogi yang selalu buat gua ketawa ngakak :v
    tapi menurut gua keyaki memang tidak terlalu menonjol dalam bidang variety kesan grup dark benar bebar melekat pada mereka . bahkan pada member nya pun begitu.

    1. They’re shockingly boring, that’s a yes. Di tahun kedua, ketiga, berharap ada peningkatan di sisi ini juga jadi harapan kosong.

      Kenapa Hiragana, well ya udahlah ya, capek juga dibahas mulu, toh tinggal nunggu sebelum akhir tahun doang. Ditunggu aja 😀

  5. 2017
    Keyakake masih nonton penuh + download.
    Mulai menarik diri dari fandom Keya.
    Lagu keluaran 2017 masih dengerin.
    Mulai kenal TWICE.

    2018
    Keyakake cuma liat dan ambil 1 episode, pas Ue dan Ozeki main ke resort ski. Nontonnya ane skip2, khususnya bagian MCnya.
    Resmi jadi casual fan Keya.
    Ga pernah masukin lagu Keya ke playlist lagi.
    Resmi jadi ONCE
    Mulai kenal dan suka DC, lalu resmi jadi InSomnia.

    🙂

    1. Bahas 2017 aja, gak usah nyerempet2 Momo sama Siyeon 😀

      2018 belum kelar nih, udah yakin pensiun aja dari Keyaki 😀

  6. Iya min, coba sekli kali buat tulisan teori science sama member sakamichi kayak dulu, salah satunya ane mau liat komentar mimin ttg manaka

    1. Maksudnya kaya Double Suns, Galilean, dan lain2? Sayangnya sih, belakangan ini ane lebih banyak baca history ketimbang science, satu2nya topik yang lagi digodok itu soal “time”, dan gak ada korelasinya sama Keyaki sih.

      Kalau soal Mona, jujur aja sih, capek ane nulis soal itu. Mungkin nanti di Keyakizaka This Year 2018 bakal digabungin sekalian, kalau memungkinkan palingan entar ane bikin satu artikel soal efek grad 3 member Kanji di tahun ini.

  7. Kalo 2017, Keya masih mulai jadi idol. 2018, mereka udah full-fledged idol. Bahkan idol, literally. 😀

    Ga lah. Ane ga pensiun. Cuma membatasi diri ga terlalu nyelam dalam2. Udah tua ane, nafas ga kuat. 😀

    1. “bahkan idol” itu maksudnya gimana ya? 😀

      Duh, langkahnya diikuti sama orang tua satu lagi tuh 😀

      1. Yah tau sendiri gimana fansnya Keya. Mereka bilang grup ini bukan idol, tapi lebih ke artist atau bahkan musisi. Tapi, worshipping mereka yg berlebihan bikin Keya jadi literaly an idol, a worshipping subject. Kan lucu tuh. 2017 lumayn parah, 2018 parah. 2019, mungkin bakal mereda setelah bond 21 akhirnya pecah. Atau, mungkin tambh parah, karena bakal muncul dewi2 baru dari gen2? Wallahualam. 😀

        Peternakan serigala akhirnya resmi ditutup. 😀

      2. Oh, typo toh 😀

        Makanya ane bilang, graduations Keyaki ini bikin anekdot usang soal “idol terbaik” akhirnya ilang 😀
        Sekarang, hail Hiragana 😀

        Mungkin pindah doang, soalnya kapasitasnya udah gak cukup disono 😀

Leave a Reply