Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru

Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru, 22nd single Nogizaka ini akhirnya rilis pada 14 November 2018. Well, seperti yang kalian tahu, aku sudah bilang kalau single ini bukanlah single favoritku dari Nogizaka. Dari review-review MV yang relatif datar saja sampai first live performance yang…..juga biasa saja.

Untuk lebih detail, ini dia review dari lagu-lagu Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru. Seperti biasa mencakup tentang cover, lagu, dan konklusi. Karena seifuku untuk single ini belum kudapat, jadi tidak bisa komentar juga tentang itu.


Covers Coverage

Cover kali ini didominasi warna putih. Kalau untukku, cover kali ini seperti terlalu menunjukkan nuansa winter, tapi waktu rilis single ini belum masuk winter. Agak aneh sih. Type A jadi privelege center seperti biasa, dan ada hidden Doieya-san disini. Type B untuk Ashurin dan Maiyan. Posisinya seperti ratu dan dayang.

Type C untuk front row yang lain. Type D untuk 2nd row dan terakhir Reguler untuk 3rd row. Formula standar sih. Seperti Frozen yang dipadu dengan Snow White, atau Chronicles of Narnia.


Tracklist

帰り道は遠回りしたくなる Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru

Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitakunaru MV

Sebagai main single, setidaknya dariku pribadi, Kaerimichi bukanlah nomor terkuat Nogi di tahun ini. Well, lagu ini punya formula yang staple, intro piano dan akustik yang dipadu elektronik di tengah, sangat purple line lah, tapi jelasnya, lack of punch.

Ini yang membuat Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru kurang oke saat didengarkan pertama kali. Apalagi saat review MV, sudah kukatakan kalau lagu ini biasa saja. Belum lagi blurted out terutama saat bagian rap, susah mendengar mereka bilang apa sebenarnya.

Tapi setelah mendengarkan dua kali, tiga kali, nilai untuk lagu ini naik setingkat. Not that plain as it wasn’t that great either, just average. Dan ini juga terjadi pada semua rilisan Nogi tahun ini.

Rate : 1/2

キャラバンは眠らない Caravan wa Nemuranai

Sakamichi Review : Caravan wa Nemuranai

Caravan wa Nemurenai berada di sisi yang lebih ringan. Musiknya lebih upbeat dan bright dibanding Kaerimichi. Tipikal B-side senbatsu (?) well, lagu ini ada di range yang sama dengan Hito Natsu no Nagasa Yori. Secara keseluruhan, cukup enak, adiktif juga.

Hanya saja, untuk urusan vokal, kelemahan utama lagu ini. Entah hanya aku saja yang begini atau tidak, rasanya mereka bermain di vocal range yang terlalu tinggi di beberapa bagian. Agak kentara sih, jadinya yah, agak mengurangi nilai lagu ini.

Rate : 1/2

つづく Tsuzuku

Sakamichi Review : Tsuzuku

Solo song Naachan yang keenam. And goodbye for 2nd Kougosei Kibou. Lagu ini tipikal solo Naachan seperti sebelum-sebelumnya, tidak menyebut judul karena aku bukan fans dari lagu-lagu itu. Mendengarkan Tsuzuku bagiku seperti merusak hype yang dibangun Kaerimichi dan Caravan.

Setelah dua lagu yang relatif upbeat, lagu ini membuat mood langsung turun lagi. Belum lagi membicarakan vokal Naachan yang….. bukan tipeku. Dari dulu aku merasa forte Naachan bukanlah di ballad seperti ini, karena dia tidak punya vokalnya, lebih oke saat di lagu yang ceria.

Rate :

日常 Nichijou

Sakamichi Review : Nichijou

Sebagai Under song yang biasanya gampang masuk dan punya visual yang oke, Nichijou gagal dari segi visual. Dalam artian MV, terasa biasa saja seperti saat reviewnya. Nah, untuk urusan lagu, tidak jauh beda juga. Lagu ini terlalu elektronik, suara synth terasa mengganggu. Ini pendapat pribadi ya.

Sebenarnya lagu ini enak kalau saja tidak ada beat yang kurang pas, ditambah synth yang sangat mengganggu di beberapa bagian. Well, paham sih kalau itu untuk dance part, tapi toh dance yang ditampilkan juga tidak seimpresif musiknya.

Rate :

告白の順番 Kokuhaku no Junban

Sakamichi Review : Kokuhaku no Junban

Joshiko Quartet mendapat lagu terakhir, dengan MV yang bikin darah tinggi. Untung saja ada La Vie en Rose dan YES or YES yang bisa sedikit mendinginkan -dan siapa tahu, aku menikmati debut solo Jennie, mungkin saja akan ada review juga-

Well, Kokuhaku no Junban membawa nuansa retro, beda dengan sebelum-sebelumnya. Untuk mempersingkat saja; lagu ini adalah yang paling mengecewakan dari tiga lagu unit ini. Musiknya sih oke, vokalnya itu loh, bikin spechless seperti saat review MV-nya.

Rate :

ショパンの嘘つき Chopin no Usotsuki

Ikuchan, Maiyan, dan Sayuringo membawakan lagu ini. Dengan latar belakang musik yang aku tidak ingat apa nama genre-nya, yang pasti musik semacam ini umum di tahun 50’an. Mengedepankan vokal, Chopin no Usotsuki sebenarnya tidak spesial.

Vokalnya memang stabil, dan keseluruhan enak, tapi ada yang kurang karena keseluruhan aku hanya mendengar Iku dan Maiyan. Part Ringo disini sedikit nyaris tak kentara. Selain itu, tanpa MV hitam putih, ada perasaan kalau lagu ini kurang menjual seperti Inochi no Shinjitsu Musical.

Rate : 1/2

知りたいこと Shiritai Koto

Unit AshuMina dan YodaZuki kebagian lagu untuk versi reguler ini. Setelah Chopin, Shiritai Koto terdengar jeblos sedalam-dalamnya. Vokal disini terdengar jomplang dibandingkan Tsuzuku misalnya, terdengar seperti unit Neru, Oz, dan Mii dari Ambivalent -contoh paling dekatnya saja-

Aku tidak bisa suka lagu ini, padahal formulanya sama dengan Chikyuu ga Maruinara dari Jikochuu. Lagu ini hanya satu kali kudengarkan saat review, saking tidak betahnya lama-lama mendengarnya.

Rate :


Conclusion

Melihat pace Nogi belakangan ini, aku merasa waktu untuk melihat reuni akan datang lebih cepat

Well, Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru bukanlah single dimana aku bisa bilang “superb” jauh dari itu malah. 22nd single ini terasa hambar-hambar saja. But it was usual pattern, dalam dua tahun terakhir, rasanya tiap rilisan Nogi ya begini-begini saja.

Formulanya tetap; kecewa dengan main single, oke dengan satu-dua coupling, sisanya lebih baik tonton MV ketimbang mendengarkan lagunya. Dalam tiga tahun terakhir, kupikir tidak ada lagu yang bisa dibilang sebagai signature yang sebaik tahun-tahun awal.

Oke, signature song mungkin terlalu berlebihan, ubah saja jadi lagu yang identik dengan Nogi, lagu yang bisa membuat orang awam menebak kalau itu Nogizaka. Ada, Influencer. Hanya itu dan sudah dua tahun lalu, dan bukan tipikal Nogi, jadi yah…. kejutannya kurang.

Sakamichi Review : Influencer

Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru bukan pengecualian. Seperti Sayonara no Imi, lagu ini akan lebih diingat sebagai graduation song. Which is prevented it for having a bigger impact. That’s a pity.

Akhir kata, bagiku single ini membosankan. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

26 Replies to “Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru”

  1. Kalo gua sndiri suka saat liat kaerimichi perform LIVE nya kmrin di CDTV/Mste
    gmn ya, emng gk sekeren atau seindah bbrp single lain nya. tapi enak aja ngeliat nya

    single yg jd tmpt grad nya 3 org…
    menurutku its not bad single, tapi kalo mau nari skor dari 0-5
    mungkin aku akan kasih 3 atau 3,5
    gk bakal lebih dari itu,

    bbrp single trakhir ini kesan nya plain menurutku, tapi untuk jikochu kmrin punya nuansa happy,
    hahaha summer single

    entah itu keyaki/nogi
    aku sangat menanti saatnya para PRAJURIT BARU itu akan datang dan muncul ke publik dan single mereka,
    new position.. new senbatsu.. lalu apa kanji keyaki bakal memulai senbatsu system…
    dan siapa yg bakal nyobain slot baru permanent row depan nya nogi,, atau permanent senbatsu nya waka

    interesting 🙂

    1. Yep, live perform kemarin emang gak punya impact yang oke.

      Jikochuu, ane jujur aja, udah lupa banyak. Gak berkesan2 amat juga soalnya.

      Masih belum ada kabar kan? Mungkin baru tahun depan diumumin. Soal siapa yang bakal dapat jatah senbatsu, ane sih prefer ukuran senbatsu dikecilin lagi daripada cari pengganti.

  2. Nogizaka D. Luffy says: Reply

    Ada apa dengan Nogizaka? Ada apa dengan LLC?
    Semoga aja bkn karena sdh ngerasa d atas, terlena, trus kena star syndrome 😀

    Entah kenapa y single kali ini kerasa biasa aja.. nothing special (setuju sama agan macorion)
    yg biasanya kalo ada single baru minim pasti ada 1 lagu yg bakal terus berputar d otak tp kali ini aneh, g ada sama sekali 🙁

    Kalo lihat dari segi single grad jujur mnurut ane masih sayoimi yg numero uno (nada dapet, lirik dapet, feel dapet, mv dapet)

    Ranking versi ane sih seperti ini
    1. caravan
    2. nichijou
    3. kaerimichi
    4. chopin
    5. bersambung
    6. kokuhaku
    7. shiritai

    1. Lebih ke arah stagnansi sih, maju kena mundur kena situasinya. Mau bikin terobosan kaya tahun kemarin, udah kena berita graduation.

      Kali ini kebantu sama Caravan doang sih menurut ane. Kaerimichi bagus, tapi bukan lagu yang bakal ane sering dengerin di waktu luang. 😀

  3. Caravan satu satunya yg bagus menurutku, lalu kaerimichi kukira bakal jadi salah satu yg terburuk tapi pas semua lagu keluar kaerimichi ada di rank 2 versiku 😀 . Sisanya datar 😀

    Kalau di rank
    1. Caravan
    2. Kaerimichi
    3. Tsuzuku
    4. Choppin
    5. Nichijou
    6. Shiritai
    7. Kokuhaku

    1. Sepaket 😀

      Single ini…. ah au deh gelap, mikirin Hiragana aja 😀

  4. Hanya karena single perpisahan, semuanya terasa hambar. Banyak yang nggak hype. Agak menyesuaikan citra Nishino yang mellow. Menurut gua, justru terlalu berlebih.

    Masih mending Sayoimi untuk perpisahan. Liriknya bagus, sayang eksekusinya buruk. Sampai sekarang, lebih stuck dengan main single dan coupling song Hadashi de Summer, Influncer, Nigemizu, dan Synchronicity, daripada yang ini.

    Gua setuju dengan macorion, nogi sedang stagnansi dan perlu terobosan baru. Barangkali lebih berat beban gen 3 dan sebentar lagi, 4.

    1. Musically speaking, not really. Masih normal sih ini single untuk ukuran Nogi dari materi lagu. Cuma, MV yang bikin impresi ini single jadi ancur-ancuran.

      Kenapa ane bilang stagnansi, ini termasuk masalah lagu juga. Butuh sesuatu yang bener-bener fresh buat bikin Nogi menarik lagi. Gak jauh-jauh, liat review ane soal No Way Man, itu setelah ada topik diluar grup yang bikin ane ngelirik AKB lagi kan. Nogi juga butuh yang kaya begitu, something fresh.

  5. Nogizaka D. Luffy says: Reply

    beban terasa berat? bagi lah sikit bebannya ke gen 2 🙂 🙂
    mereka jg ada nilai plus kok kalau manajemen mau explore lebih

    1. Business-wise, Gen 2 udah gak punya nilai jual sebesar muka-muka baru. So….

  6. Kita tunggu aja, ada nggak gebrakan kayak influencer. Berani nggak LLC explore musik2 baru, bolehlah musik Asia tenggara lain.

    Kemaren kan Influencer pake musik Spanyol/Meksiko (walau ini boleh didebatkan). Pun Jikochuu ‘kan pake Ao Dai dari Viet nam. Nggak salah juga pinjem konsep musik, selama masih ada garis ungunya.

    Kan emang yang udah mulai luntur seiring waktu. Terlalu ngikuti pasar juga nggak bagus.

    1. Entahlah, tahun depan aja Influencer udah dua tahun, massih berani gak? 😀

      Emang gak masalah, yang jadi masalah sih gimana ngeraciknya biar gak ngebosenin 😀

  7. Di single ini cuma lagu nichijou yg ane denger berulang-ulang… ~’iyada iyada’~ :v lagu lain yaaah biasa aja… Cuma dengar secukupnya

    Aaargh… Benar benar membosankan -_- ditambah keyaki gak ada kabar… Tambah bingung jg kenapa hiragana yg di undang MAMA, kenapa tidak kanji? Kanji kemana :’v

    ada rumor pula sakamichi collab sama idol school jadinya ‘idol school 46’ gak tau dah ane harus mendukung atau MemBoIKoT~ :v wkwkwk
    #2019KeyakiComeback

    1. Nichijou? Yah selera orang beda2 😀

      Tau sendiri situasi Kanji gimana. Kalo soal MAMA, kan emang yang debut tahun ini doang yang diundang. Hiragana kan rilis Hashiridasu Shunkan tahun ini.

      Masih rumor kan, gegara diundang ke MAMA dan pattern yang sama kaya tahun kemarin. Yah, liat aja. Produce sempet dipikir bakal ancur2an juga, hasilnya lumayan. 😀

  8. Nogizaka D. Luffy says: Reply

    emang situasi kanji gmn?
    maklum enggak ngikutin keyaki

    1. Ya gitu deh, liat aja di artikel baru (?) dari tahun kemarin 😀

  9. Cover
    Bagus, pake tema winter utk peetama x nya, yg biasanya cuma muism summer doang 😀

    Kaerimichi
    Standar lagu nogi, permainan piano, gitar, biola. Suka part yg sebelum masuk reff.
    Rate: 3.5 / 5

    Caravan
    Bagus sih tp gak nemu spesialnya dmn.
    Rate: 3.5 / 5

    Tsuzuku
    Khas Naachan lah, udah gitu aja 😀
    Rate: 3.5 / 5

    Nichijou
    Under lagi2 penyelamat. Lagu yg paling ane suka disingle ini. Nge-beat. Dance nya juga OK sebenarnya, anda ngebawainnya lebih powerfull. Liat penampilan di Melodix, ngentakin bahunya aja lemes x cuma suka gerakan pas jelang akhir yg kedua tangan diangkat ke atas trus kaki nendang2 😀
    Rate: 4 / 5

    Kokuhaku
    Sekali dua kali dnherin, apaansih nih lagu, tp lama kelamaan lumayan bisa diterima dikuping 😀
    Rate: 3.5 / 5

    Chopin
    Suka sama musiknya. Ntah kenapa pas dengerin nih lagu ane ngebayangin nih unit nyanyi lagu ini trus dibelakangnya ada si ichiki rena lagi nari2 salsa *tak jelas 😀
    Sempat gak sadar klo Sayurin ikut nih unit, agak beda suara dia atau emang part dia gak banyak(?).
    Rate: 3.7 / 5

    Shiritai
    Hmmm, hmmm, hmmmm.
    Rate; 3 / 5 (udah maksa banget ini buat dermawan)

    1. Ente nyasar ya baru komen sekarang? Ane udah lupa lagu2nya jadi mau bales gimana coba? 😀

      Nichijou jadi penyelamat? Bentar, cari dulu filenya, udah terpendam seberapa jauh tuh di folder 😀

      Nilai Chopin nanggung amat 😀

      Shiritai atau Sabyan Gambus itu? Hmmm Hmmmm Hmmm pula 😀

  10. Ngasih komen dsini smbil dengerin single 22 yg off vocal doang. Dan ksimpulannya classic elegant kyak tema baju dinasnya.

    Chopin no usotsuki grande musiknya.
    Caravan intronya kyak ada nuansa ABBA
    Kaerimichi rich aransemennya, td smpet liat ktnya intro kaerimichi hasil dri this is gospel dan viva la vida.
    Nichijou EDM, untung suara under mantep2
    Shiritai koto, agak funk?
    Tsudzuku. Hmmmm……

    Lgi2 baju dinas ama perform kgak dbahas?

    1. Ane malah uda lupa detail lagu2nya kalo sekarang 😀

      Kan ini artikel dirilis sebelum seifuku sama first live keluar. Yah, yang first live keluar pas di hari yang sama sih, tapi kaya yang ane bilang, gak ada yang spesial. 😀

  11. Maklumlah, sibuk sma event plus kmarin2 bnyak berita yg harus di up 😎

    Ckckckckckck, dasar tua, gampang amat lupa 😀

    Ane kan suka yang naggung2 😀

    Speechless ane makanya cma bisa “hmm hmm” doang 😀

    1. Kalo event sekarang 😀

      NGatain diri sendiri pak? 😀

      Masak? 😀

      #2019 single bagusan dikit 😀

  12. Eh ada event ya?

    Kan, dikasih tau malah balik ngata2in, hhhhh

    Dapur

    #2019 unit bagusan dikit 😀

    1. Sekarang sih enggak pak, seminggu yang lalu iya 😀

      Ngatain? Fakta! 😀

      #2019 pindah kandang 😀

  13. Iya, pas nulis komen iru ane baru sadar, maksudnya event 1st anniv kmarin 😀

    #2019 kanji sepertinya menarik 😀

    1. Makanya komen jangan telat 😀

      #halah, ngaku aja udah ada yang diilerin 😀

Leave a Reply