Sakamichi Review : Nichijou

Coupling terakhir dari Kaerimichi wa Toomawari Shitakunaru, Nichijou yang dibawakan oleh Under akhirnya dirilis pada 1 November 2018, menandai akhir rilisan MV dari 22nd single ini. Finally. Setelah terlalu banyak Sakamichi Review akhir-akhir ini.

Well, tapi masih belum selesai untuk urusan review karena masih ada comeback TWICE, debut solo Jennie, dan full album review dari COLOR*IZ, juga full single review untuk Kaerimichi. Masih banyak juga yang harus direview. Langsung saja, Sakamichi Review untuk Nichijou.


Well, pertama-tama, selamat untuk kembalinya Kiichan sebagai Under Center setelah 9 single. Terakhir seingatku dia jadi WCenter Under untuk Shitto no Kenri. Dan ini juga peran terbesarnya dalam Under MV setelah epic comeback di Scoutman.

Imaizumi Rikiya untuk pertama kalinya memegang kendali untuk MV Nogi, jadi kali ini benar-benar fresh untuk ekspektasi. Ibaraki menjadi tempat untuk pengambilan gambar Nichijou. Nah, MV ini dibuka dengan scene tengah malam dimana Kiichan memergoki Renka mengambil buah.

Bukan buah biasa, lebih mirip forbidden fruit atau devil fruit. Sebelum sampai ke bagian kenapa buah ini jadi bagian penting dari storyline, pertama-tama, ini yang membuatku bingung; sebenarnya mereka ini berperan sebagai apa? Kupikir awalnya mereka sedang kemah atau apa, tapi selanjutnya kok nggak nyambung?

Karena kupikir setelah foto-foto dan baju yang jelas bukan masuk kategori nyaman untuk kemah, Aachan seperti mengambil jus stroberi sampel dari air yang ada. Lalu cara mereka masak yang kontras dengan background yang menunjukkan industri yang maju. Jadi kupikir mereka ini semacam…outsiders?

Tidak, itu bukan istilah yang tepat….mungkin seperti naturalis atau semacam cult. Sebuah cult yang mengenakan sunglass. Whatever. Kalau diingat, formula ini pernah dipakai di Buranko, tapi waktu itu cukup jelas temanya post-apocalypse. Kalau Nichijou ini kurang cocok disebut begitu. Lanjut.

Renka ternyata tidak bangun-bangun saat yang lain sudah sarapan. Setelah diselidiki ternyata itu karena buah yang dimakannya. Dan alih-alih menyelesaikan dengan sains seperti yang ditunjukkan Aaachan di scene awal, mereka malah memutuskan untuk membuat Renka bangun dengan….meledakkan buah itu.

Hey God, tell me what the hell is going on. Renka terbangun seketika setelah buahnya meledak, dia kembali dari dunia astral yang digambarkan seperti rumah kaca dengan tumbuhan tropis yang oversized itu. Dan masalahnya selesai, mereka melanjutkan perjalanan yang entah kemana sebagai ending scene.

Yep, terdengar seperti storyline paling konyol yang pernah ada. Tapi toh ini bukan pertama kalinya. Bagaimana Kiichan bisa paham cara membangunkan Renka saja sudah aneh, dan dia melakukannya tanpa indikasi kalau dia tahu caranya. Kecuali dia adalah yang memergoki Renka mengambil buah itu.

Okelah, ini tidak separah efek “Naga terbang” di Buranko atau Transformers di Boku no Shoudou. Tapi toh yang diutamakan di Nichijou adalah storyline dan bukan efek, meski tetap saja, menonton MV ini membuat garuk kepala kalau dilihat dari segi cerita.

Kekurangan dari Nichijou, sudah jelas adalah storyline dan kemudian pemilihan background. Okelah, kalau ini relatif. Tapi karena temanya yang kurang jelas, dan tempatnya sendiri kalau dibilang “alam” juga kurang alami, kalau dibilang fantasi pun masih kelihatan jelas bangunan-bangunan yang terlalu “nyata”

Beralih ke dance scene. Kalau menurutku ini mengingatkan akan MV Keyaki yang sama-sama menggunakan kereta sebagai background; Otona wa Shinjite Kurenai. Kalau membahas dance, ini relatif sih, tapi untukku tidak seimpresif Under song beberapa single terakhir.

Screentime distribution, bukan masalah besar. Cukup adil rasanya. Kuboshi dapat cukup banyak disini, dan mungkin…. Aachan semakin di depan dari Lord? Kekuatan rubah memang menakutkan. Okelah, konteks “keadilan” itu banyak, pasti banyak pendapat sebaliknya juga.

Setelah Kokuhaku no Junban yang adalah MV paling membuat spechless dari Kaerimichi, maka gelar MV dengan storyline paling aneh jatuh pada Nichijou. Karena memang storyline MV ini tidak jelas, saat bagian penting malah tidak dijelaskan prosesnya dan langsung lompat ke konklusi.

Mungkin terasa minor, hanya saja ini membuat kita makin susah memahami bagaimana alur Nichijou. Overall, aku tidak bisa bilang kalau Nichijou adalah MV jelek, karena sebenarnya, tidak terlalu berbeda dari pattern khas Under Song. Kalau menurutku, Nichijou dekat dengan Hatsukoi no Hito wo Ima Demo atau Atarashii Sekai.

Intinya, diterima saja biarpun ceritanya tidak masuk akal. Well that’s being said, but Nichijou just didn’t met any of them; visual, dance, nor the song. The usual pattern of Under MV. Untukku terlalu nanggung, tidak bisa dibilang bagus, tapi dibilang jelek juga keterlaluan.

Mungkin ini konklusi dari 22nd single MV; semuanya average, dan jujur saja, aku tidak berhasrat untuk menonton ulang dalam waktu dekat. Dan kenapa harus disaat sekarang IZ*ONE sedang panas-panasnya? Dan kemana si grup ijo-ijo? Bahkan rasanya belum ada info soal 8th single sampai sekarang.

Tidak, aku tidak mengatakan aku akan pindah kapal dalam waktu dekat ke IZ*ONE, tapi memang, siapa yang bisa bilang rilisan Nogi di tahun ini groundbreaking, atau setidaknya menjadi perbincangan seperti tiap kali Keyaki merilis single? Hype-nya ya cuma sekedar di waktu itu saja. Itupun tidak bisa dibilang wow.

Well, aku tidak mau panjang lebar membahas soal ini. Yang pasti, untukku Nichijou bukan MV yang menarik perhatian sekali lihat dan tidak ingin segera kulihat ulang setelah review ini selesai. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos is credited to it’s respective owners

12 Replies to “Sakamichi Review : Nichijou”

  1. DI ledakin kakak

    buah nya diledakin pake sup nya dong cuyy, gila wkwkw eh bangun
    gu gak paham, bener” gk paham, prtama kalinya g ntn mv nogi dan berfikir “what the He*l did i just watch”
    tp yaaaaa ckup suka sih kiichan bisa ada di MV lg, dan penampilan barunya ckup membuat deg” an wkwkwkw

    dittungu review 8th,, KALO rilis taon ini
    entah kenapa keyaki kok jadi GINI (*kanji aja, Gana engga wkwkwkwkw)

    1. Kirain sebelumnya udah paling parah, eh ada lagi ternyata 😀

      Sebenernya storylinenya gampang, alurnya juga sebelas duabelas sama beberapa MV sebelumnya. Cuma karena udah keseringan, sama eksekusinya yang lebay bikin nih MV jadi kaya jelek pake banget 😀

      Kayanya sih gak bakal. Udah November belum ada pengumuman senbatsu. Biasanya rentang waktu sebulan habis senbatsu, kalo sekarang udah hampir ketutup, bakal gak keburu kalo ngincer Kohaku.

  2. Pelajaran penting yg dpt di ambil dri MV ini adalah, buah dikasih air sup bisa mnyebabkan ledakan 😀

    Yg adegam dance dekat kereta ok sih, tp kyknya lebih gokil klo mmber ttp pake baju putih + kacamata hitamnya 😀

    Paling ngakak liat Reno yg dah punya sekop dia sndri, karakter bakanya kyk dilihatin di MV ini 😀 😀 😀

    Yah MV yg bikin “mikir keras” tp bikin ngakak juga, ileran juga (padegan wajah mmber tidur) 😀

    1. Don’t try at home 😀

      Gak keliatan dong 😀

      Sukanya Reno yang kecil2 😀

      Ngilerin member tidur? Ckckckck 😀

  3. Baru tahu kalo mangga(?) beracun 😀
    Baru tahu kalo mangga(?) dikasih air bakal meledak 😀
    Itu yg dipegang ayane apa? Darah?
    Masih gak ngerti sama storylinenya, bertahan hidup tapi dibelakang ada gedung. Berkemah tapi gak jelas 😀
    Dan background gak ada aesthetic nya sama sekali, padahal biasanya sejelek apapun mv kalo background bagus bisa sedikit menyelamatkan 🙂
    dance scene yg bagus gak bisa nutupin keburukan mv ini

    Kesimpulannya ini mv terburuk dari single ini, dan ini rilisan single terburuk dari segi mv di tahun ini 😀

    1. Jadi, itu buah apa sebenarnya? 😀

      Soal review lagu pun, ane mager banget rasanya. Terlalu banyak diluar Sakamichi yang oke belakangan ini 😀

  4. Jgn sampa MV ini dilihat tukang jus buah, bisa was2 ntar 😀

    Gak kelihatan gmn maksudnya? Justru klihatan lah kan mmbernya pake baju putih

    Apalgi kmarin akhirnya nnton nogiten 2 #58, staff, mmber pada ngakak gra2 gak ngerti sma dunia si Reno, Kanarin sampe nagis ketawa lantran gak paham, kawago panik abis. Andai ada yg mau sub nih epiolsade biar ane paham apa yg mereka ketawain
    *malah ngelantur kmna-mana, terbawa suasana ane 😀

    Sssstttt 🙂

    1. Bukan, ati2 aja tukang buah ketemu tukang air 😀

      Mereka yang gak keliatan jalan kalo pake sunglass 😀

      Ngikutin Nogiten aja ente, kirain cuma Nogifes 😀

      Ente sendiri yang ngomong 😀

  5. 😀

    Ya kan dancenya jg gak ada pake jalan kesana kemari atau grasak grusuk. Jadi gk msalah pake kca mata hitam.

    Ngikutin dong, apalgi klo ada bidadari2 ane 😎

    Ya gak perlu ente perjelas lagi lah 😀

    1. Lah disini aja adegan pake sunglass dikit, itu aja udah kaya tukang …… 😀

      Setahun sekali berarti? Atau sering? 😀

  6. Makanya, maunya pas part dance jg pake kca mata biar keren, biar ak klihatan kyk tukang…

    Ente bahas apa sih? 😀

    1. ….Pijet? 😀

      Bahas apa ajalah 😀

Leave a Reply