Destination Moon, To Boldly Back Again

Sejak terakhir kali berkunjung pada 1972, kita sepertinya sudah melupakan tentang Bulan. Menerimanya sebagai satelit kita, menikmati tiap fasenya, dan hanya begitu. Ketertarikan pada Bulan menurun drastis setelah Apollo Project berhasil mendaratkan 12 orang di permukaan Bulan. Tapi, apakah hal itu cukup untuk menjadi alasan kita melupakan Bulan?

Tidak. Kita semata mengalihkan perhatian pada terrestrial object yang lain adalah karena pemikiran “sudah menaklukkannya, jadi kita cari hal menantang lainnya” hasilnya? Mars menjadi tujuan utama yang belum ditaklukkan sampai sekarang, tapi toh itu juga karena dibantu banyak faktor juga. Sementara itu, Bulan menjadi terabaikan.

Final frontier menjadi obsesi kita. Voyager, Juno, New Horizon, Hubble, JWST, semua dibuat demi memuaskan hasrat melihat sejauh mungkin terrestrial object, dan bukannya fokus untuk menaklukkan yang jelas paling mudah. Alih-alih memasang target yang semakin tinggi.

Nah, mulai 2018 ini, setidaknya 8 Lunar missions dimulai lagi untuk satu hal utama; membangun pangkalan permanen di Bulan. Sesuatu yang selalu muncul di SF sejak puluhan tahun silam. Ada tiga fase yang akan dilakukan sejak 2018-2040, waktu dimana kita akhirnya bisa mendirikan lunar base.

  1. 2018-2023 : Eksplorasi permukaan bulan
  2. 2024-2030 : Robot mengambil alih konstruksi dan resources
  3. 2030-2040 : Permanent lunar base

Di fase pertama, kita akan mengirim banyak lunar lander, rover, dan semuanya yang memungkinkan untuk pemetaan lokasi lunar base. Semuanya akan dilakukan secara otomatis, dengan kata lain kemungkinan besar manusia belum akan menginjakkan kaki lagi di fase ini. Meski banyak pihak yang mengatakan kalau ada kesempatan untuk itu, baik NASA maupun private company seperti SpaceX dan Virgin Galactic.

Fase kedua dimana robot mulai mencari faktor pendukung untuk lunar base, termasuk air, metal, dan resources lain. Air menjadi tantangan utama karena peran vitalnya. Sayangnya, secara alami Bulan bukan tempat dimana air bisa dengan mudah berada di permukaan. Perbedaan hingga 286° antara near side & far side dan tidak adanya atmosfer membuat air menjadi susah dicari.

Fase terakhir, permanent lunar base akan didirikan. Dengan material dan resources yang -kita harap- sudah ditemukan saat fase kedua, koloni pertama di luar Bumi sudah bisa kita lihat sebelum pertengahan abad ini. Setidaknya sebelum 100 tahun sejak Apollo 11 berhasil mencapai Bulan untuk pertama kali.

Terdengar sangat lama, tapi sebenarnya tidak. Kalau menurut timeline 2030-2040, paling cepat hanya 12 tahun lagi, sama dengan tahun 2006 kalau kita melihatnya secara terbalik. Tidak lama bukan? Saat ini, tantangan untuk kembali ke Bulan bukan lagi tantangan, tapi langkah yang harus dicapai oleh manusia.


Sama seperti prospek akan kembalinya kita ke Bulan, mengingat kembali akan tantangan yang berat, topik mengenai graduation menjadi tantangan juga. Tantangan dalam hal, seperti yang dikatakan Yumi dalam blog-nya yang berisi pengumuman graduation;

Angin baru Generasi 4 akan berhembus, Generasi 3 telah berkembang, sebuah era akan berubah

Yes. Angin perubahan. Tidak akan berlebihan kalau kukatakan bahwa double graduation dari Nana dan Yumi akan membawa angin perubahan yang besar. Dan bagi Nogi, adalah tantangan yang sama besarnya seperti prospek kembalinya manusia ke bulan; akankah member new generation sanggup untuk menyetujui tantangannya?

Well, ini topik yang kelewat basi sih. Tapi untuk Nogi, jujur saja, tahun ini memang tahun dimana perubahan berjalan. Oke, mungkin untuk bilang “perubahan” masih terlalu cepat. Katakan saja, fase pertama untuk kearah itu. Kenapa demikian?

Graduation bagi old member selalu menjadi fase awal untuk perubahan bagi grup. Dan tahun ini, penuh dengan graduation untuk nama-nama besar bagi grup; Bebitan, Ikoma, Nana, Yumi… belum lagi Rotti dan Io, rentetan graduation terbanyak dalam satu tahun sejak 2013. 2018 akan diingat sebagai tahun sedih…. bagi sebagian orang.

Aku? Tidak. Karena sejak kapan tahun sudah kubilang, kalau mengharap member baru terus dan tidak ada old member yang graduate, itu sih sama saja bohong. Nogi tidak harus punya member segudang, kurang dari 50 saja mereka keteteran. Dan jangan memulai argumen “kenapa tidak meniru sebelah” atau “mulai memuja LLC tanpa cela”

Karena ini hanya fase, lingkaran tanpa awal dan akhir. Harus ada yang hilang untuk memberi tempat pada yang baru. Aku tidak akan bilang graduate-nya Yumi itu tidak menyedihkan, tapi daripada terus was-was tiap kali topik graduation naik dan masuk dunia spekulasi tentang “kapan”, lebih baik sekarang, aku sudah lega.

Bukan tanpa alasan. Selama di Nogi, Yumi sudah mendapat segalanya untuk ukuran member non-front row. Tidak akan kutulis satu-satu karena kepanjangan. Intinya, aku sama sekali tidak berharap kalau dia bisa menjadi center untuk main single, bahkan untuk single terakhirnya. Ada batasan tentang harapan bagi tiap member. Dia menjadi center untuk 2nd row di single terakhir?

Lebih sebagai complimentary. Di posisi ini, dan mengingat aktivitasnya hanya akan sampai November, no concert scheduled, posisinya mungkin akan digantikan oleh Gen 3 untuk masa promosi 22nd single. Jadi aku tidak berharap banyak, mungkin just a little something special, easter eggs for coupling maybe. Or just another duet with Nana.

Jelas, cara-cara konyol untuk mencapai Bulan adalah hal paling buruk yang bisa dilakukan

Well, tantangan sebenarnya adalah setelah Yumi juga pergi. Fase kedua bagi lunar base; mengirim manusia untuk eksplorasi lebih jauh. Lunar base belum akan didirikan, tapi ini adalah langkah untuk menuju kesana. Tidak sejak 46 tahun lalu kita mengirim manusia kesana, teknologi berkembang, begitu juga biaya dan kesulitan. Kesulitan? Tentu saja, kini bukan hanya tentang bagaimana caranya, tapi juga aftereffect.

ISS sudah menunjukkan bahwa manusia tidak semudah itu bisa bertahan di luar angkasa. Apollo Project hanya bertahan paling lama dalam hitungan minggu per misi, tapi untuk jangka panjang, fisik dan mental manusia belum pernah diketahui bisa bertahan selama itu di Bulan. Ini adalah tantangan terbesarnya. Setelah dua nama yang influental dalam fandom pergi, apa Nogi masih akan menarik?

Terlalu cepat untuk menjawab. Itu pertanyaan yang sama sulitnya dengan “apakah Helium-3 benar-benar ada di Bulan” tapi overall, juga semudah pernyataan “Helium-3 akan menjadi sumber energi yang lebih aman” Paham?

Sekedar pengingat saja, yakin tidak mau ada yang graduate saat yang baru datang?

Pada dasarnya, saat banyak old member graduate, saat member generasi baru akan membuka lembaran baru, artinya tombol reset sudah ditekan. Bukan bagi fandom, bukan bagi grup. Tapi bagi tantangannya. Lebih baik daripada terlihat stabil di luar tapi rapuh di dalam.

Dan akhir kata, congraduations Yumi. Kata apa lagi yang paling tepat selain ucapan selamat, dan sukses bagi tantangannya sebagai grup.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

29 Replies to “Destination Moon, To Boldly Back Again”

  1. Nogizaka D. Luffy says: Reply

    “angin baru generasi 4 akan berhembus, generasi 3 telah berkembang, sebuah era akan berubah”
    agak sedikit penasaran kenapa gen 2 tdk disebut?

    kalau bahas soal graduation pasti bakal ada rasa nyesek, apalagi kalau kita liat dari sisi masing2 per individu.. yang paling tdk bersinar pun ttp ada warna tersendiri & kesan yg pada satu titik kita akan merasa kangen saat mreka sdh g ada lg d grup

    tp dr beberapa waktu yg lalu ane coba ubah sudut pandang ngidol bkn lg lihat individu per individu tp lihat secara global.. nogi sebagai 1 kesatuan y nogizaka46
    dan ternyata jauh lebih seru.. graduation bkn lg sebagai hantu yg ditakuti tp lbh sebagai proses & bumbu tmbahan yg membuat ngidol g membosankan krn kedepannya jd g bisa ditebak sehingga layak buat ditunggu..
    pohon aja agar bisa lebih hijau & bertumbuh, harus menggugurkan daun lamanya kan?

    1. Karena gak ada anginnya 😀

      Buat ane sih enggak. Justru liat karir ex member yang, biar emang kurang kedengeran, tapi mereka keliatan jadi diri sendiri. Lebih outgoing dan relax, dan gak harus terus terikat sama grup. Ya gak semuanya juga sih.

      That’s the point 😀

  2. Gua ikut prihatin, karena oshimen mas yg harus lulus kali ini. Gua juga pernah ngerasainnya. Jadi, ya sama bingungnya.

    Gua rasa sejak keluluskan kalo nggak salah Kawamura, udah tujuh member yg lulus tahun ini. Gila, tujuh member pada saat menginjak usia tujuh tahun. Tahun-tahun kritis kalo regenerasi dan reset lambat dijalankan.

    Tahun ini juga, member2 berbakat yg lulus, Bebitan dgn sense of fashionnya, Nishino dgn kemampuan ngengambar dan wajah yg unik, dan kali ini Wakatsuki yg bagi gua punya sense of art mumpuni serta gender-fluid yg bikin ngeri. Iya sih gegara dansho atau baru-baru ini Richard.

    Waka mampu meneroka diri dalam Nogi, entah seninya, aktingnya, atau yg agak gimana gitu. Bagi gua udah waktunya untuk eksplor diri lebih lanjut pada tingkat yang lebih luas.

    Kalo Nanase, Kaz yg bakal kehilangan banget. Sedangkan bagi Wakasama, bukan hanya Gundan-nya yg bakal bubar di tengah jalan, Sakurai yg selalu dibilang ya taulah sama Manatsu yg akan ngerasa kehilangan. Itupun gegara tau pas nonton dokumenter mereka dan pengamatan jarak jauh sih.

    1. Kenapa harus prihatin? Ane sedih2 amat juga enggak 😀

      Emang udah waktunya juga, jadi, ya que sera sera.

      Kalo dibilang member artsy yang grad, bener. Tapi toh masih ada Picasso dan van Gogh di Nogi 😀

      Kaya yang ane bilang, hole yang ditinggalin dua member ini bakal lebih kentara, tapi toh dua2nya juga “udah” nunjuk suksesor, yang mana pasti dicariin fans meski gak ada faedahnya juga. Yang paling kerasa jelas efeknya buat kouhai karena dua2nya termasuk yang dijadiin patokan.

  3. Ya, nggk ada urutan pasti soal kelulusan. Tebakan orang yang ini, malah yang lulus duluan.

    Tinggal mampu menerimanya atau nggak. Bakal susah.

    1. Karena itulah, ane jarang bikin prediksi siapa yang bakal lulus duluan 😀

      Tergantung individu lah kalau itu. 😀

  4. yaps gen 3 memang berkembang pesat dan benar benar di push habis-habisan oleh manajement. tapi yang gue takutin setelah masuk gen 4 , gen 3 bakal bernasib sama seperti gen 2. yah tapi lihat dulu seperti apa push manajement ke para member gen 4 nanti. gen 3 bisa bersinar karena gen 3 punya segalanya .
    -stage play
    -MV gen indivudual
    -HS yang hampir seluruh member gen 3 laris
    -mini konser khusus gen 3
    -photoshoot khusus gen 3
    -setelah jadi member langsung dapet mv tanpa ada status kenkyuusei dan promote

    dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan, menurut gue gen 4 bakalan bisa bersinar jika prilaku ke gen 3 diulang ke gen 4

    kenapa gen 2 nggak disebutin min ? apakah sebegitu kelamnya gen 2 sampai sampai admin tak terlalu peduli lagi ?
    gen 2 kek gini karena kurang nya push pada mereka. yang di push cuma miona dan jga hinako jga pernah eh habis itu dibiarin aja. manajement waktu itu masih terlalu fokus sama gen 1. dulu waktu awal masuk gen 2 masih pakai sistem kenkyuusei kek akb48 dimana dulu cuma miona di promote alias per member dan member yang di promote yang bisa masuk ke single dan MV sedangkan yang belum di promote kosong melompong dan mereka cuma menunggu di promote. ini terjadi pada ranze , ayane , rena dan miria. dan juga pada member gen 2 grade duluan seperti yada risako dan yenetani kyoka yang menurut gue bakalan jadi member yang bakalan di push manajement. tapi karena manajement masih terlalu fokus ke gen 1 mereka yahh akhirnya ndak sabar menunggu jadilah mereka grad dengan alasan pendidikan.

    jujur pas awal masuk gen 3 dengan banyak nya push manajement ke gen 3 hampir membuat gue jadi haters nya gen 3 , tapi untung akhirnya w bisa menerima dan akhirnya pasrah dengan keadaan gen 2. gue akui gue fans berat gen 2 . di pengumuman senbatsu kemaren diturunin miona ke 2row gue rada takut posisi dia malah jadi semakin kebelakang dan balik jadi under , alhasil pastilah dia bakalan grad pupus lah sudah harapan gen 2. dan gue iklas kalau gen 2 grad berjamaah. sebab perih banget hati ini liat mereka di nogi :’) apalagi kek karin , junna , kotoko dan rena. masuknya gen 4 mereka nggak ada harapan buat masuk senbatsu. hinako yang sampai sekarang yang tidak terlalu diperhatikan lagi. ranze yang cuma buat single spring doang. manajement kejam terhadap gen 2 :’)

    dan apa cuma gue yang ngerasa gen 2 nggak terlalu akrab ke gen 3 :’) bahkan ke gen 1 pun mereka sampai skarang pun tak juga terlalu akrab. mereka akrab dg satu sama lain aja :’)
    ayo gen 2 cepat grad berjamaah supaya manajement kebingungan buat nyari member under, beri mereka pembalasan :’)

    maafkan uneg uneg saya yang gaje ini min :’)

    1. Dapet push besar karena satu hal; diproyeksikan jadi suksesor langsung. Masih anget2nya menjual, begitu Gen 4 datang, Gen 3 udah matang dan langsung ngegantiin old members.

      Gen 2 ane sih udah gak mood bahas panjang2 lagi lah ya, udah bosen 😀
      Yang jadi masalah buat Gen 2 jelas sistem KKS yang gagal, rotasi senbatsu yang ditunda2, sebelum akhirnya fix gagal. Jelas gak mau ngulang kesalahan yang sama dong. Cukup satu generasi aja. Hal yang sama juga ada di AKB.

      Gen 2 yang udah promosi jadi member langsung senbatsu? Enggak, ada pengecualian juga. Dan ini, nambah panjang kegagalan manajemen sama Gen 2; airdrop push yang paling ancur. Apalagi masa2 dimana Gen 2 paling berpeluang di-push, malah barengan sama AKB thing yang jadi pedang dua sisi.

      Apa yang bisa dilakuin ke Gen 2? Ngebiarin begitu aja atau malah berharaap grad masal? Jujur aja, dua2nya gak ngaruh sama prospek Nogi kedepan. Masa depan di tangan Gen 3, bukan Gen 2. Mereka mau grad masal juga, berapa banyak yang sependapat sama opini i-fans yang gak ketemu langsung atau HS sama member? J-fans, sejauh yang ane tau, emang lebih ngedukung Under ketimbang mikirin senbatsu buat Gen 2, makanya Under Live tetep punya prestige yang gak kalah.

  5. Tahun ini emng berasa bgt grad nya, dan yg grad adalah member” lama,
    udh seharusnya memang, para pengganti sudah didatangkan, namun belom semua bisa dipakai, karna yg lama memang masih memegang peran besar,

    Tapi secara perlahan udh muali di tukar”, aku rasa mulai dari maimai, walaupun tidak sekencang 2018, tapi grad nya para member lama mulai terjadi

    Aku suka dengan naachan yang berani untuk grad, aku rasa dia pasti sadar kalau dirinya adalah pillar yg cukup penting bagi nogi, berani angkat kaki dan bilang CUKUP, itu sangat dihargai,
    Begitu jg dengan waka, bagi member yang gak selalu fukujin namun bsa d blng hampir selalu senbatsu.. hampir…
    dia dapat JATAH cukup banyak, yang jadi tantangan adalah apa dia bisa keluar dari nogi dan memanfaatkan semua jatah nya itu
    Semoga sukse di dunia entertainment, mungkin akan rajin di stage atau drama” kecil dan jg smoga ttp lanjut di …. itu loh acara yg dia suka masukin hasil gambar nya gua lupa namanya wkwk

    Harapan bagi member yang grad cuman 1, semoga tetap dipakainya mereka di dunia entertaiment stelah mereka grad, bukan sekedar panas” tai ayam hahaha

    gen4 masuk, wajah baru lagi, gen3 yg di tuning dengan baik diharap bisa membantu nogi tetap stabil, ace yang di tuning perlahan (asuka) semoga bsa jd face yg kuat di piblik bagi nogi..

    amin!

    😀

    1. Itulah, regenerasi ya kunci ngikutin J-idol. Kalo gak kuat iman, ya mending ke negeri sebelah yang gak pake sistem beginian 😀

      Emang gak terlalu kedengeran, tapi nada miring soal Gen 1 yang masih jadi majority senbatsu itu juga cukup jadi cibiran loh. 7 tahun bukan waktu sebentar.

      Soal lanjut di entertainment atau enggak, mayoritas ex member Nogi masih wara-wiri di bidang ini. Teraakhir Maimai dapet awards, Bebitan ada proyek solo, Renarin jadi anchor, Rotti sibuk tur kayanya, Ikoma apalagi, Nanamin di balik layar jadi produksi. Yang soal miring2 juga ada. Intinya sih, kalau punya cukup fanbase, kemungkinan masih lanjut.

  6. Kalo misalnya bayi tumbuh sejak dini distasiun luar angkasa gimana tuh? Apa bisa membuat mereka berkembang dan jadi adaptif terhadap kondisi disana? Atau, emang ga mungkin kayaknya bawa ibu hamil ke luar angkasa. Kalo gitu, pake bayi tabung yg ditnmkan dirahim astronot wanita yg tinggal di iss, mungkin bisa juga.

    Soal Yumi, sedih pastinya, tapi lega juga, akhirnya bebas. 😀 Tambah lagi, masih ada bidadari2 ane lainnya, jadi kayaknya masih lama ane. 😀
    Lalu ada gen 4 pula, ane cari member dengan bibir tebal macam Yumi dan Jun. 🙂 Dan, semoga aja ada member yg suaranya bisa ane dengerin tanpa mengaktifkan idol mode dikuping ane. 😀

    1. Bakal adaptasi. Less gravity means evolution, a new breed of human. Gak bakal ekstrim, tapi mereka bakal susah hidup di Bumi nantinya.

      Gen 4 ya? Masih rumor doang, belum ada info yang lebih valid jadi nunggu juga lah 😀

  7. “Apa Nogi masih akan menarik?” ← Ternyata pertanyaan kekhawatiran ini udah dijawab sama Jonshon, di Nogi banyak member yang menarik, member menarik = Nogi menarik. Allhail Jonshon.

    Ditunggu Gen 4 nya, peran apa yg merka emban dan seperti apa perlakuan yg akan mkreka trima dri mnjemen. Apa benar mereka akan membawa angin baru atau mnjen ttp fokus ke gen 3 dlu dan gen 4 hanya mngulang kisah klasik gen 2 🙂

    Btw, baru tau ada postingan ini, gak ada notif.

    1. Segampang itukah? 😀

      Yakali, Gen 2 itu kisah klasik untuk masa depan 😀

      Mandiin kembang 666 rupa dulu device sama sekalian orangnya yang punya 😀

  8. Waduh, abstrak banget Picasso. 😀
    Mereka sudah menjadi role-model bagi kouhai-nya, dengan segala plus-minusnya.
    Berat juga beban kouhai untuk mampu meneruskan capaian itu.
    Soal kelulusan, fans meraba-raba (menebak), member dan LLC yg memutuskan.

    1. Buang yang lama, liat cuma buat kedepan. Itu sih gampangnya. Ane gak bakal ngebandingin pencapaian member baru kalo dibandingin sama yang lama, kecuali buat lagunya bagus atau enggak 😀

      Jangan lupakan perintah Lord Kotoko selalu paling utama 😀

  9. Klo lord dah menjentikkan jarinya 😀

    Ya manataukan mnjemen lebih tertarik sma Riria n Reno n nganggurin gen 4 nya 😀

    Jgn salahin konsumen, produsennya dlu yg membenahi dri 😀

    1. Kapan? Lagi sibuk sama Fairy Tail itu 😀

      Ngarep? Sekalian yang tinggi biar jatuhnya mantep 😀

      Tipe konsumen minta disemen terus ditenggelemin ke laut begini nih 😀

  10. Tinggal pake kagebunshin, jd wujud asli sibuk sma stage play, bayangan sibuk urusin internal group, jgn sepelekan lord 😀

    Pak, gak ada ngarep tertinggi selain menggantungkan harapan ke LLC. Jadi itu ane dah ngarep sangat tinggi itu. Oh satu lagi, ngaflrep sama seed&flower jg, cma sdikit dibawah ngarep llc lah 😀

    Nahkan, dkiritik n dikasih saran malah konsumennya disikat TT

    1. Levelnya terlalu tinggi untuk sekedar kagebunshin 😀

      Manajemen2 lucknut 😀

      Ngeselin sih konsumennya 😀

  11. Biarlah seleksi alam bekerja dengan semestinya, dibuang mah sayang banget.

    OK, My Lord, you’re the one and the only 😀

  12. Biarlah seleksi alam bekerja dengan semestinya. Kalo dibuang mah sayang.

    Bakal susah lepas dari dibanding-bandingin, prestasi sebelumnya senatiasa jadi patokan.

    OK, My Lord, we heard your call 😀

    1. Daripada seleksi alam, atau ngebanding2in, ane milih ngidol yang gak plastik2 amat 😀

      Sekarang diem2 Lord udah melebarkan sayap ke animanga 😀

  13. btw oh iya daya tarik nogizaka itu yahh the true power of japanese girl,anggun,lembut,kirei,tradisional,sopan XD sejauh ini saya kok merasa nogizaka itu lebih jepang banget di banding idol group2 lainnya yahh itu memang poin plus juga di saat idol group2 lain mengusung konsep lolita,seksi gothic ala eropa western

    1. Yeah, right. whatever.

  14. Nah dah tau level lord tinggi, ente pake sepele pula menganggap lord gak bisa mngerjakan 2 atau lebih kerjaan skaligus 😀

    Allhail LLC, Allhail S&F, ulululululululu 😀

    Emosian sih produaennya 😀

    1. Entar cakranya cepet abis soalnya 😀

      Itu doang? 😀

      Gimana gak emosi, baca keluhan konsumen yang typo mulu 😀

  15. Malah sepelein lagi, mau dikutuk ente? 😀

    Iya, ululululuulululu 😀

    😀

    1. Coba lah 😀

Leave a Reply