XXII Senbatsu : Deja vu

Setelah satu minggu penuh penantian, prediksi, dan enigma, akhirnya senbatsu untuk 22nd single Nogizaka46 ketahuan juga. Seperti biasa, Nogichuu menjadi tempatnya. Well, untuk 22nd single senbatsu ini sejujurnya…..

Sangat-sangat membosankan. Bukan soal susunannya yang sesuai prediksi, tepat 100% tapi soal bagaimana 22nd single senbatsu ini akan menjadi era transisi Nogizaka. Well, setidaknya demikian.

Mungkin sudah tahu kalau saat artikel ini naik, ada satu lagi yang mengumumkan graduation, jadi tidak berlebihan kalau akhir tahun ini kukatakan sebagai masa transisi. Well, ini akan kubahas berikutnya, kali ini untuk 22nd single senbatsu saja.


3rd row

Pertama, untuk 3rd row. Tidak ada kejutan berarti. Terlebih karena memang pada akhirnya, Aachan pasti tergeser untuk memberi ruang bagi rotasi Gen 3. Dan siapa yang kali ini beruntung? Sudah kukatakan saat prediksi, dan sekali lagi; Denchan dan Riria.

Masuknya dua member ini bisa dibilang rotasi itu nyata akhirnya. Turunnya Momo memang sedikit banyak sudah bisa ditebak, tapi aku tak mau berspekulasi dengan mengatakan kalau ini hanya “tukar guling” dengan Yumi.

Yuttanagainst all odds, masih bertahan. Sepertinya teori trio Nana-Kaz-Yuttan untuk single terakhir benar-benar terjadi. Sementara untuk Maichun, Sayu, dan Kaz, tidak ada yang bisa dikatakan bukan?

2nd row

Cukup mengejutkan perubahannya. Selain 4 penghuni tetap 2nd row, kembalinya Hoshi, Miona, dan Yumi ke 2nd row bagiku cukup menggembirakan. Oke, oke, pasti di-bully karena kurang dari 24 jam setelah senbatsu, Yumi juga mengumumkan graduate.

Well, untuk itu, bisa jadi masuk artikel selanjutnya, dan jelas bukan sekarang. Bukan karena aku meratapi nasib, tapi malas merubah draft yang sudah hampir kelar. Nah, teori tentang kenapa Yumi bisa ada di center 2nd row tidak akan jauh-jauh dari graduation.

Tidak menyalahkan yang berpikir demikian, tapi toh tidak ada argumen lain yang terpikirkan, jadi aku ikut saja lah. Melihat peran Yumi sejauh ini, malah keterlaluan kalau berharap dia akan menjadi center meskipun ini single terakhirnya.

Tapi berharap boleh dong, apalagi center 2nd row dan front row kali ini juga pernah, sering malah, duet maut. Please let it be a coupling at least. The long awaited sequel or an entirely new story.

Front row

Bagiku kejutannya adalah….. tidak ada. Tridente nyaris mustahil untuk tergoyahkan. Iku masih sangat menjual. YodaMizuki juga bisa dibilang face dari Gen 3. Centernya apalagi, sudah kubilang saat prediksi kalau presentasenya 50%.

Mungkin masuknya Ume sedikit banyak akan membuat flow untuk Gen 3 akan berubah. Bisa dilihat kalau sekarang dia ada di posisi yang sebelumnya milik Momo. Perubahan yang sejujurnya tidak mengejutkan, dan always welcomed sebenarnya.

Aku tetap menolak seseorang menjadi center di single terakhirnya, dan Naachan bukan pengecualian. Well, semua sekarang melihat apa lagunya akan sesuai ekspektasi, itu juga kalau masih punya ekspektasi.

Conclusion

Aku tidak banyak menulis soal 22nd single senbatsu kali ini karena 80% hanya menulis ulang kesan dari 21st single senbatsu. Makanya judul artikelnya juga deja vu. Karena memang datar saja kesannya, pengumuman senbatsunya juga kehilangan suspense.

Soal graduation, itu ada bagiannya sendiri nanti. Sebenarnya sudah mulai menulisnya juga tapi karena ada tambahan, mungkin beberapa hari lagi. Yang pasti, cry me a river. Build a bridge to get over it. 

I’m not crying. Just hold my tears up.

Kali ini, jujur saja, aku jauh lebih berharap akan lagunya. Mengingat tahun lalu dipenuhi kekecewaan. Dan satu lagi, bagaimana Nana dan Yumi akan memberikan kesempatan terakhir mereka untuk membimbing para kouhai.

Karena regenerasi yang terpenting. Pengalaman mereka tidak bisa dinilai secara material. Sebenarnya ini belum juga awal dari regenerasi, melainkan tahapan menuju kesana.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

40 Replies to “XXII Senbatsu : Deja vu”

  1. ada beberapa point yang w dapat dari senbatsu kali ini

    -tanpa kita sadar manajement pernah mau ngejadiin nanase sama wakasama jadi duo kek double sun skarang.

    -turunnya miona ke 2row benar benar buat kecewa :’)
    nggak tahu miona kedepannya bakalan sama kek waktu single 12th. tapi kalo emang benar terjadi w yakin miona pasti bakalan grad soalnya miona orang yang mudah sekali kepikiran dan depresi.

    -and kenapa bukan ranze yang masuk ? , and why kaede ? manajement seakan jadiin generasi 3 kek tumbal buat senbatsu. contohnya renka and kubo kek nya nasib renka bakalan sama kek hinako , kalau kubo sih bakalan senasib kek miona deh pikir w.

    -turunnya momoko jga buat w terkejut sih soalnya belum lama ini akhirnya w kepincut sama pesona momoko dibanding yoda :v dan w belum tahu alasan kenapa yoda jadi anak emas manajement? , kenapa cuma w yang nggak kepincut sama pesona yoda?

    -naik nya minami fukujin menurut w maksa. itu ajah gambaran yang tergambar di benar w skarang :v

    -naiknya ume sama kek yoda w jga kgk tahu dimana letak pesona mereka berdua :v kalo mizuki okelah tapi kalau mereka…. entahlah

    -bertahannya saito yuri menurut w juga maksa. image yuri benar benar nggak cocok sama fall single ini menurut pandangan wyah. contohnya lagu itsuka dekiru yuri malah jadi kek seksi gituh bukan malah jadi ekspresi sedih :v tapi ini bukan berarti w ngehate yuri yak :v

    -w jga yakin sato kaede cuma jadi bahan percobaan manajement dan juga ito riria , dia kgk bakalan lama berada di senbatsu. yaah… dia senasib kek himetan sih menurut w

    -jujur w lebih pengen mattsun grad dari pada nanase :v jujur akhir akhir ini agak sedikit nggak sreg sama kelakuan mattsun yang sekarang berlebihan , itu jga cuma menurut w yak :v

    -untuk kazumin w harap dia masih tetap tabah yang harus terpaksa jadi tumbal jga buat dedek gen 3 :’) jangan kecepetan grad kek yang lain yak kazumin. mungkin dengan grad waka dia bakalan bisa naik 2row lagi

    -buat maichun dan inoue w sih no comment , entahlah mereka kek cuma jadi sekedar pelengkap senbatsu

    -asuka & maiyan fixs mereka bakalan jadi next double sun pikir w juga sih :v

    -mizuki w senang dia masih tetap di depan bareng iku :*

    -misa , manatan and reika no comment :v nggak ada yang bisa dijelakan

    -satu keluh kesah lagi , kapan hinako masuk senbatsu lagi ? manajement dengarkan suara hati ini. dan juga ranze kapan dia jadi anggota tetap senbatsu ?

    -kalau center no comment , soalnya dah ketebak. menurut w nanasa nggak akan nolak posisi center dah

    sorry min kepanjangan :v

    1. YumiNana Double Suns? Nah, that’s stretching it too far 😀

      Miona no comment ah 😀

      Kan udah dibilang, rotasi jadi alasan utama. No hate dong, apalagi kalo liat masih banyak yang salty sama kata2 “rotasi” apalagi kalo Gen 2 udah dibawa2. Lah ini opini fans udah didengerin, makanya Gen 3 dirotasi, kok masih protes? 😀

      Soal anak emas atau apalah itu, ya emang waktunya regen. Yakali mau terus2an ngandelin Gen 1. Ini udah ane bahas lebih jauh di artikel selanjutnya sih 😀

      Nah, untuk urusan grad, itu sih diluar kuasa fans lah ya. Prinsip ane sih Bhineka Tunggal Ika ya, fanbase boleh beda, fandom tetep sama. Ngehate member lain gak bikin fans member bersangkutan malah jadi ngefans sama oshi kita juga 😀

  2. Karena ane tau beberapa hal ekstrim dan gelap di fandom jepun sana, ane cuma bisa bilang:

    Nogi bakal longkap tulang punggung dari 1st gen langsung ke 3rd gen. Ga semua 3rd gen sih, cuma sekarang bakal dirotasi dlu. Dan itu bukan cuma kemauan management.

    Kalian yang lidahnya masih lantang dukung 2nd gen, coba cari teman seperjuangan dari sekarang. Ga guna suara hati kalian kalau masih minoritas. Kalian kira opini di international fandom sama persis dengan yang bakar-bakar uang di sana?

    Sekian.

    1. Silent Majority

      atau

      I Wanna be the Minority, I don’t need your authority
      Down with the moral majority, cause I want to be the minority

      Ane sih mending jadi kapitalis yang jual korek, tabung gas, kompor, garpu rumput, terus ane tinggal mancing 😀

  3. Pertama-tama dan yang paling utama, Min,….
    Sehat?
    Aman?
    Terkendali?
    😀

    Selamat buat RIRIAkuh, dan Denchan.
    Next single mungkin gen 3 bakal sapu bersih semua dah nyicip Senbatsu, tinggal 3 mmber kan? RENOkuh, Tamaku eh Tama, sama Hazuki.
    Atau gen-4 yang katanya cuma 4 orng langsung di gas? 😀

    Selamat juga buat yg bakal grad, apa mreka dpt grad song atau dibikin mini documen buat bonus?
    Ente sbg pihak yg “terkait”, pilih yg mana? Dpt grad song atau dbikin kyk mini doc yg x ini bonus single bklan berformat Bluray?
    Ane gak ada niatan ngompor atau mancing loh ya 🙂

    Buat gen-2, tinggal satu harapan, moga x ini mereka kembali dpt jatah song+mv n klo perlu dpt jatah jg di bonus single, eh sabar-sabar, ane harus bisa mengendalikan harapan klo soal mereka 😀

    1. Salah tempat komen begini nih, padahal udah dibilang ini soal senbatsu, bukan soal Yumi 😀

      Ente ngelupain Christie? 😀
      Itu emang udah pasti 4 orang?

      Grad song jelas out of question, kecuali LLC bener2 lagi high kaya pas Ikuate no nai Bokutachi. Bonus juga, liat temanya kan. Gak bisa diharepin juga.

      Mari berdoa saja pada Yang Mulia Lord Kotoko 😀

  4. Hmmm
    2 nama tiba” umumin grad, well well well, not even surprised
    Tahun ke 7 … ? setelah mereka masuk nogi dulu,
    Gen1 dengan segala macam Keunikan dan respon publik yg besar trhadap bberapa orang spesifik dr sana, dan tiap dari mereka jg masuk ke ckup banyak genre…
    Mereka strong, tp karna mereka strong yg d bwh nya mau di naikin sulit, gak di naikin jg gimana….

    but its here now. finally the 4th gen will come soon enough. MUNGKIN gen1 sadar udh saatnya g caw, biar tempet gua di ambil yg lain, biar yg lain bsa naik.
    Tapi ya ini adalah awal nya, ini kick off nya, tahun ini bener” kerasa pergeseran nya sudah di lakukan sedikit”
    so gua setuju bgt, demi group bisa masuk ke tahap baru, Hal kyk gini penting dan emng harus dilakukan,
    we will miss them but for sure, the new face will come

    Berkali kali grad gen1, banyak yg bakal bilang, ini saatnya gen2 masuk.. Benarkah? i dont think so 🙂
    Under nogi gak lemah… bahkan di bberapa single, gua ngerasa under’s song lbh cocok masuk main single hahaha,

    2 spot permanent senbatsu kosong di next single, so ini pertanda bakal ada yg ngisi atau bisa jadi spot untuk rotasi member gen2 /gen3 atau mungkin kita bakal kena tampar oleh gen4…

    apapun itu, awal tahun depan, lebih tepatnya single pertama tahun depan. Nogi bakal punya banyak hal baru yang enak buat di perbincangkan.

    goodbye waka, naachan, miss this handsome and this lovely girl

    *smoga ada sedikit info tentang koner grad waka…
    *semoga para alumni ntn grad con mereka 🙂
    ♥nanamin ♥himetan ♥maimai ♥ikoma(btw kyknya yg ini fix bakal ntn kalo dia sempet soalnya naachan oshi nya dia wkwkwkw)

    1. Soal graduate2 ini ada di artikel selanjutnya ya *ini kenapa pada ngomongin grad ya, padahal udah ane tulis ini khusus review senbatsu, pada gak sabaran atau apa 😀

      Nah, senbatsu yang diikutin pengumuman gede gini juga bikin prediksi 23rd bakal sedikit lebih asyik. Gen 4 ane belum mau spekulasi soalnya selentingan kabar soal mereka aja belum ada.

      Grad concert? Ane belum cek jadwal sih, tapi rasanya udah gak ada jadwal konser atau tur di akhir November.

  5. Krn dulu juga ngetroll bapak kosan sebelah, ga afdhol kalo disini gak.
    “Tolong jauhi tali, pisau, baygon, dan benda2 berbahaya lain ya om” wkwk…

    Menurut gw jg senbatsunya jg dah mentok sepertinya, ya semoga member2 under punya stage lain, nogibingo misalnya.

    1. Ini postingan senbatsu, soal graduation di postingan baru 😀

      Soal Bingo, kayanya tetep senbatsu yang jadi highlight dari previews 😀
      Under masih ada Nogiten dan kadang2 Gakutabi. Tapi ya mentok disono doang 😀

  6. Shine and Bloom says: Reply

    Aq juga trmasuk yang masih bertanya2 knp manajemen favoritin yoda…entah untuk menjadi wajah baru nogi aq punya feel dia bukan orgx…
    Apalagi ume… walopun mirip maiyan kw.. tp dia bukan karakter yg bakalan jd ace sekalipun… mgkin statusx bakalan kayak nanamin..
    Tapi gg tw kedepanx ya.. waktu yg bkalan menjawab…kayak kasusx ashurin…siapa sangka member gen1 termuda ini sekarang jadi tridente terkuat.. yang push nya ja kalah start dari miona…

    1. Ane merasanya, karakter Yoda ini kebalikan 180 dari Ashurin beberapa tahun kemarin. Ya rasanya semua udah tahu gimana Ashurin ya, tapi sebelum jadi center, gak jauh2, dia belum punya karakter Do-S sekuat sekarang, soalnya waktu itu masih ada Nana-mean. Soal timing push itu juga ngaruh.

      Yoda, di sisi lain, kaya versi chibinya Naachan. Dari penampilan luar sampe karakter, ya enggak 100% juga mirip, tapi kesan keseluruhannya sama. Jadi jelas kenapa dia dapet push yang cukup gede. Faktor “uwu” jadi alasan utama, ini bukan karakter yang sebelumnya ada kuat di Nogi. Kalau Ume, jelas emang bukan all-rounder kaya Maiyan.

  7. Jefry Prasetya says: Reply

    regenerasi dan pergeseran generasi ok tapi tentu saja manajement bakal bermain cantik buat mengganti wajah2 lama dgn wajah2 baru taulah ada beberapa fans yg punya tipikal susah moveon XDXD

    1. Main cantik tanpa konspirasi lebih tepat.

  8. Barangkali itulah alasan Wakatsuki jadi centre bayangan di belakang Nishino. Terjawab sudah.

    Kemasukan Dengan dan Riria benar benar ngikutin. Ada dua nama di luar dugaan. Ume, Yoda, dan Mizuki udah mulai mapan, Momoko pun tergeser.

    Sekarang akankah Sayonara no Imi Seri Kedua berulang? Kemungkinan besarnya iya

    1. Pasti ini konspirasi 😀

      Diluar dugaan atau enggak? Hmmm 😀

      SayoImi v2.0? Ane berharapnya enggak 😀

  9. Yah habis mau komen dmn? Artikel galaunya gak nongol2 jd mancing dmn aja lah 😀
    Tapi jawab dlu, Aman kah? Terkendali? Kekurangan apa ente? tali? kursi? tiang penyanggah? 😀

    Ya Allah, pantes pas ane nulis ini, kok kyk ada yg ngeganjel, tak taunya klupaan Ayano 😀
    Kabar burung, tunggu beneran burungnya leqat ajalah 😀

    Ya kan ane nanya klo dri harapan ente gmn, mau grad song atau dbikin di bnus single? Fokus sama pertnyaan ane dong pak, galau boleh tp fokus harus ttp dijaga 😀 😀 😀

    Takutnya KTK-sama yg bakal sibuk gak sempet mikirin hal remeh kyk bginian 😀

    1. Ente lagi nulis barang2 yang ente butuhin ya? 😀

      Alasan aja 😀
      Burungnya siapa yang ngasih kabar 😀

      Ente yang kurang paracetamol, udah dijawab gede juga; gak ada yang bisa diharepin. Masih kurang jelas? 😀

      Sibuk apaan 😀

  10. Shine and Bloom says: Reply

    Aq stuju kalo yoda emg mirip ma naachan…Tp mnrutq karakter yoda agak nyimpang gg sih dari ace2 sblumx.. maksdq kalo dibandingkan tridente ya…yg cocok bgt buat nerima baton kayakx mizuki deh.. kalo emang ingin mempertahankan image nogi yg skarang y… tp gg taw juga kalo manajemen pingin da perubahan image dari nogi dgn ngepush yoda atopun momo. Yang kasusx momo ini..dari awal emg gg sreg ma dia.pas pertama jadi centerx gen 3 masih biasa ja..tp pas di nigemizu dia seakan2 dtunjuk jd suseccorx si maiyan…kalo yoda ma naachan emg da miripx…la momo dari segi apa? Masa cman karena dia deket ma maiyan.
    Diantara gen 3..Mizuki mnrutq pas bgt sbnarx… dari wajahx koq aq dah liat aura aura yg aq liat di naachan ma ashurin…aura yg kayakx emg gg bisa dipaksain..dan keluar secara alami dengan sendirix yaitu aura center. (Sebenarx kalo mo bilang yang punya aura center 100% cman 3 orang yaitu acchan oshima yuko ma techi. Sebenarx sakura juga trmasuk. Kalo dia gg terlalu ambisius Hhaha)..kalo aura kayak maiyan sulit..soalx dia udah ada di level yg sulit buat dijangkau member lain.
    Apakah opiniq trlalu bias? Gg juga.. secara aq ja bkn fans x tridente..dulu malah nge oshiin ikoma…tapi aq mengakui the power of tridente.
    Apakah aq berharap zukki bisa jadi ace nogi?tentu iya…tapi aq gg maw berharap trlalu tinggi…pengalaman q ngikutin akb udah ngasih aq banyak prlajaran. Salah satunya Gg semuanya terjadi sesuai dgn yang kita inginkan. Hhaha. Jadi penilaianq kayakx masih termasuk objektif.

    1. Kalau buat ane, dari segi karakter, buat kedepannya juga, Yoda>Mizuki. Jujur aja, ngelihat Mizuki jadi future ace malah kurang pas buat image Nogi. She didn’t have the uniqueness, more of an ortodhox type of idol. Tipe2 tsurishi kaya Manatsu yang selalu sedikit terpinggirkan buat Nogi.

      Momo pun bisa jadi lebih menjual dari karakter. Dia tipe yang dikit2 mewek kaya Naachan diawal, tapi sekarang jadi karakter airhead. Perubahan ini yang bikin ane liat dia lebih oke daripada Mizuki yang stay sama karakter tsurishi-nya. Dari tiga member ini, kalau ane bilang yang paling kerasa aura ace-nya, #1 masih Yoda. Untuk aura center, belum ada yang terlalu menonjol sih.

  11. Dejavu – https://youtu.be/BBX_DKc5t3s 😀

    Semoga lagunya enak, dan KTK-sama juga meng-acc dan suka lagunya. 😀

    Yumi I love you! 🙂

    1. Masih aja, gimana Siyeon? 😀

      All hail Lord 😀

  12. Jefry Prasetya says: Reply

    XD jika nogi itu ibarat di resident evil=umbrela corp wkwkwkw
    gen1(gen2 yg senbatsu)=Tyrant T-001 dan T-002
    gen2(gen1 non-senbatsu)=zombies dan monster2 menengah mcm lickers,hunters dan masuk makhluk mutasi gagal lainnya
    gen3=T-1003 MrX mass production XD
    gen4=nemesis?T.A.L.O.S? wkwkwkw

  13. Ternyata ente masih terguncang jiwanya 😀

    Burungnya Asuka, atau merpatinya Naachan 😀

    Sabar pak sabar pak, emosian aja nih, kendalikan emosi dan perasaan ente disaat2 banyak yg mancing eh disaat2 berkabung seperti ini 😀

    Sibuk maen rubah2an lah 😀

    1. Kayanya ente yang jauh lebih terguncang 😀

      Udah tau malah mancing 😀

      Oh, lagi belajar jadi Kurama mode toh 😀

  14. Shine and Bloom says: Reply

    Kalo bgtu.. aq nangkep klo mnrut agan ace x nogi kebanyakan punya karakter yang lemah dan shyness yg kuat dlm diri mereka yg dinilai lebih menjual.. iy gg??jadi kayakx agan mac cmn fokus di karakter sehari2 ato pun pas nongol di tv… knp gg mempertimbangkan karakter mereka pas performa di panggung atopun ketika mereka di single. Aq liat para ace ini emang bilang ace sebenarx mereka emang bersinar lebih dripada yang lain saat perform. Bukan gara2 skill dance ato nyanyi nya. Tapi emg bakat alami di atas panggung. Dan mnrutq knp harus karakter trtentu yang bisa jadi ace. Karena aq liat dulu acchan dan yukoo bisa sama2 jadi ace wlopun mereka punya karakter yg bertolak belakang. Atopun naachan ma maiyan kan juga beda bgt.. tpi yang satu masih dapat push..yang satu diakui karena pengaruhx emg luar biasa.
    Momo ma yoda selama ini mnrutq blum bisa mmbuktikan klo memang benar mereka the right choices untuk jadi fav manajemen… mungkin untuk sekarang posisi mereka kayak miona. Masih beruntung gara2 mereka fav manajemen.
    Kalo zukki sih menurutq kalo disamain dangan manatsu kayakx gg deh…jauh bgt gg sih…(jujur ini komen agan yang bikin aq agak sensi hha) mungkin emg iya zukki gg punya keunikan kayak yoda atopun momo…mungkin dya tipe2 idol regular yg biasa2 ja… tp bukan brarti dia gg menonjol drpd yg lain. Cz pas liat pv sanbame cmn dia lo yg buat aq feeling klo gen 3 gg main2

    1. Karakter macam itulah yang jadi ciri khas Nogi kan? Bukan kebetulan Naachan yang dipilih manajemen, ngegantiin Ikoma sebagai face. 😀

      Ada alasan kan kenapa Double Suns itu Double Suns? Kayanya ane juga pernah bilang, satu-satunya member Sakamichi yang “paling” punya aura center itu ya cuma satu. Yang lain, masih butuh “dukungan” dari member lain. Kalau ane bilang, sekarang ini, current senbatsu aja, aside from Nana, Mai, Iku, I could name nobody fit to be an “ace”, a “center”

      Capt, Misa, bisa jadi kandidat, tapi mereka gak pernah sekalipun dapet kesempatan sebagai center, bahkan buat coupling. Can’t say much about them. Yang lain, segmentatif. Ane bisa bilang Ranze atau Aachan cocok jadi center, cuma buat lagu yang dark. Chima & Miria oke buat lagu yang bright. Itu faktor yang bikin Under selalu lebih variatif.

      MomoYoda dapet perlakuan sama kaya Miona, I do agree. Same thing for Ume & Mizuki, but always remember, they skipped one generation and treated 3rd gen just like 1st gen. So it’s basically non-arguable. But for something as prestige as “ace” or “center”, it’s still hotly debated. For me, it’s not a letdown, I’d like them to not focused only to one member.

      Masih panjang dan kemampuan sebenernya Gen 3 baru bakal muncul pas Gen 4 datang. Mark my words. 😀

  15. Sayangnya, arusnya mengarah demikian.

    Lumayan nyenengin fans sekali-sekali.

    Gua aja nggak ada tren berulang kayak tahun lalu.

    Bakal pusing LLC buat lagu, soalnya nambah lagi yg lulus (sejauh ini genap delapan member, Johnson)

    1. Konspirasi dimana2, pasti ini semua karena Lord 😀

      Banyak yang protes juga kan tapi 😀

      Kenapa harus pusing? Ane gak lihat itu jadi halangan, toh jelas gak bakal dapet juga buat member remahan Under. Paling banter juga bonus video. 😀

  16. Ah iya, diriku terguncang 😀 😀 😀

    Distulah sensasinya, dah tau tp ttp mancing 😀

    Kuramanya yg blajar sama lord 😀

    1. Kapan enggak? Emang pernah? 😀

      Kalau disingkat, gak bisa baca sikon 😀

      All hail Lord 😀

  17. Bukti ane punya perasaan yg rapuh sangkin berjiwa lemah lembutnya 😀

    Ya emang gtu, klo bisa baca sikon bukan tukang mancing namanya 😀

    Ulululuululululululululu 😀

    1. Bener2 muka te…. 😀

      Salah, yang penting cara mancing yang tepat 😀

  18. …rlalu tamvan 😎

    Mamcing mania, mantap! Mata pancing, yes! 😀

    1. Muntah dulu muntah 😀

      Tapi mancing ente kurang greget 😀

  19. Tanda2 penyakit hati 😀

    Krena ane emang gak bakat jd tukang mancing, ane bakatnya menyayangi dan disayangi 😎

    1. Mual baca sesuatu yang bikin eneg 😀

      Mual lagi, muntah lagi 😀

  20. Ckckckc, dah akut sekali tuh penyakit hatinya 😀

    1. Jagalah hati~~~ 😀

Leave a Reply