XXII Prediction : Hoopla!

Minggu depan, senbatsu untuk 22nd single Nogizaka46 akan diumumkan. Tentu seperti biasa, lewat Nogichuu. Setelah cukup banyak yang terjadi belakangan ini, graduation dan faktor eksternal, cukup sulit untuk membuat 22nd single prediction. 

Well, mungkin prediksi kali ini tidak akan semenarik biasanya juga. Karena memang sedikit telat. Banyak yang harus dipikirkan tentang senbatsu untuk single ini sih. Langsung saja, ini dia 22nd single prediction.


3rd row

Jikochuu de Ikou 3rd rower

Seperti biasa, 3rd row akan menjadi ajang pertukaran member paling banyak. Pengecualian untuk Jikochuu dimana Aachan menjadi satu-satunya wajah baru di senbatsu. Nah, kali ini akan menarik. Aachan bisa dibilang newcomer paling aktif setelah Ranze.

Bagaimana kira-kira nasibnya di 22nd single? Well, mengesampingkan segala hal, skenario paling mungkin adalah dia turun ke Under, mungkin untuk memberi kesempatan rotasi bagi Gen 3, terutama Kuboshi yang kembali setelah hiatus.

Member lain yang kemungkinan besar akan kembali ke Under jelas YuttanUp & down untuknya selama ini, dan jelas susah baginya untuk bertahan di senbatsu. Kecuali manajemen ingin memberi hadiah perpisahan dengan Nana dan Kaz.

Kaz, Yumi, Hoshi, Maichun, & Sayu jelas masih stay. Naik susah turun apalagi. Nah, jadi siapa yang berpeluang menggantikan Yuttan? Kandidatnya ada Kanarin, Ranze, Kiichan. Untuk nama lain, aku tidak akan bertaruh karena nama yang kuharapkan tidak muncul juga selama setahun terakhir.

2nd row

Kuartet penghuni 2nd row

Untuk 22nd single prediction, bagian 2nd row juga termasuk yang tidak berubah drastis dari Synchronicity ke Jikochuu. Yah, drastisnya dari segi masuknya Ume, dan melihat hasilnya selama 21st single, sulit untuk memutuskan apa dia akan tergeser atau tidak.

Jujur saja, dalam satu kesempatan saja, bagiku Ume memberi impact lebih besar dari Kuboshita dan MomoYoda. Dengan cepat dia menjadi representatif Nogi lebih dari yang dibayangkan. Sama seperti tulisanku saat senbatsu Jikochuu diumumkan;

Membuat dua Maiyan di satu panggung akan menarik mata orang.

Renka menjadi member paling berpeluang digeser, terutama oleh Kuboshi. Not a bad thing, she’s still young. Selain Kuboshi? Well, kalau stick dengan teori Gen 3 akan mendapat rotasi senbatsu, nama yang paling mungkin menggantikan adalah Denchan atau Riria.

Sisanya, sama seperti 3rd row, sudah staple. Misa, Ringo, Capt, Manatsu, & Momo bisa naik atau turun, yah, sejak tahun berganti posisi mereka masih sama, jadi tidak bisa kulihat akan berganti juga di single ini.

Front row

Well, jelas, rasanya tidak akan jauh berbeda dari senbatsu Jikochuu atau Synchronicity. Malah mungkin front row dari dua single ini masih akan tetap sama kali ini. 7 member; Yoda, Mizuki, Miona, Iku, Ashurin, Nana, Mai.

Aku tidak melihat akan ada perubahan, meski itu akan jadi sangat membosankan melihat front row yang sama terus sepanjang tahun. Nah, soal center…. rasanya 97% sudah tahu lah ya siapa yang berpeluang paling besar jadi center.

Selain itu, melihat komposisi tridente selama 2018 ini, hanya nama Nana, Mai, Ashu, dan Iku yang terlibat. Jadi, sudah bisa dipastikan (?) centernya adalah….. Ikuchan. Congratulations!

Ouch. Oke, oke, Nana-fans. Itu tidak akan terjadi. Ada sih tapi persentasenya kecil. Aku tidak melihat Iku bisa berada di posisi zero kali ini. Mudah saja, tidak ada alasan dan momennya tidak tepat. Resikonya juga cukup besar. Ingat saja, grad-nya Naachan jadi headline nasional.

Jadi, kalau  bukan Nana yang akan jadi center seperti perkiraan banyak orang, pilihan paling rasional adalah membuat Gen 3 jadi center, dalam hal ini kesempatan besar untuk Yoda-Mizuki. Gen 3 center di saat salah satu nama paling besar graduate akan menjadi PR yang sangat-sangat bagus.

10. 9. 8. 7. 6. 5. 4. 3. 2. 1. Lift off.

Hal itu akan menegaskan kalau transisi berjalan dan itu juga, adalah taruhan besar. Kalau lagunya bisa oke sih jelas bukan masalah. Tapi kalau seperti beberapa single terakhir yang kurang bisa menggambarkan purple line, bahaya juga. Image Nogizaka dipertaruhkan.

Untuk kandidat lain, susah untuk bilang. Ashu sulit untuk jadi center fall single. Miona juga kehilangan momentum. Bagaimana dengan prospek Nana WCenter lagi dengan MaiyanI won’t bet on that. Finalnya, 50-50 untuk Nana sole center atau WCenter dengan atau tanpa Nana.


Well, memang sih, 22nd single prediction kali ini sedikit hambar. Bagaimana lagi, dari awal senbatsu Nogi sudah stabil, bahkan terlalu stabil sejak 2018 dimulai. Jadi tidak banyak yang bisa diutak-atik. Terutama karena 21-nin senbatsu terbukti sudah paten.

Ini juga yang membuat mengerjakan artikel prediksi jadi semacam rutinitas saja, bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan semangat. Bagaimana mau semangat kalau anginnya begitu-begitu saja? Tidak seperti tahun-tahun lalu saat senbatsu masih dinamis.

Pendapat fandom tentang 22nd single prediction juga hanya berkutat seputar “cocok tidak Nana jadi center?” yang mana hanya topik yang didaur ulang sejak grad-nya Maimai. Untukku, sudah jelas, aku tidak mendukung ide tentang menjadi center di single graduation.

Sorry, Nana. Tapi kepentingan grup lebih utama daripada menjadi sentimentil. But let it aside, aku akan berubah pendapat tergantung pada lagunya, karena itu faktor utama. Jadi yah….

Intinya, soal senbatsu aku kurang excited, tapi untuk lagunya, jelas menggantungkan harapan besar. Bagaimana dengan kalian? Suka dengan drama atau relatif lebih “adem” menghadapi 22nd single prediction ini?

Dan bagaimana dengan Nana-oshi sendiri?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

40 Replies to “XXII Prediction : Hoopla!”

  1. Biar ga kayak rutinitas dan rasanya ga hambar, ane coba bikin komen yg bersemangat nih. 😀
    Prediksi Senbatsu dgn Center Naachan:
    21nin
    Ranze-Kana-Miria-Rena-Tamami-Yumi-Reika
    Momoko-Manatsu-Kaz-Ringo-Misa-Iku-Ume
    Zukki-Maiyan-Miona-Naachan(c)-Asuka-Yoda-Kubo

    Senbatsu kalo Naachan nolak Center macam Ikoma.
    WCenter (Yoda & Asuka)
    Ranze-Kana-Miria-Rena-Tamami-Yumi-Reika
    Momoko-Manatsu-Kaz-Naachan-Ringo-Misa-Iku-Ume
    Zukki-Maiyan-Yoda(c)-Asuka(c)-Miona-Kubo

    Senbatsu Idaman ane. 😀
    21nin
    Kaz-Riria-Ranze-Miria-Renka-Rena-Ume
    Reika-Ringo-Misa-Iku-Maiyan-Momoko-Yoda
    Kubo-Kawago-Yuttan-Naachan(C)-Karin-Junna-Yumi

    Riria kayaknya bakalan lama di Under, krna ane liat dia punya kesamaan sama Himetan, dalam hal karakter yg agak ga pas dengan imej dewasa Nogi. Tapi, kalo keputusan mnjmn nahan Himetan di Under gara2 bipolar dia, ya kemungkinan besar Riria bakalan masuk di single ini atau kalo ga, ya secepatnya deh. 😀
    Ane sok-sokan kayak ahli idol aja. 😀 Sejujurnya, ane terima apa adanya deh, susunan Senbatsunya ntar. 😀 Yg penting, kalo lagunya enak, didengerin. Kalo ga, diarsipin. 😀

    Sekarang, balik bermimpi dulu sama 7 bidadari. 😀

    1. Oddsnya berapa sih, tiga muka baru sekaligus di senbatsu, dari Gen 2 pula? 😀

      Semoga aja teori soal rotating members buat Gen 3 beneran sih. Soalnya kecuali yang empat, lima malah sekarang, ya gak mungkin dapet senbatsu kalau gak gitu.

      Salah pendapat ente. Lagu yang utama? Lord yang utama 😀

  2. 97% nana center.. kalo 3 % kmungkinan nana menolak center berarti emg gen 3 yg bklan jadi center… pastix yoda zukki..wlopun gg wcenter ttp bkaln d front row.. liat HS mereka dibawah tridente ma ikuchan…liat juga yoda masih jd kesayangan push manajemen dan zukki yang udah jadi langganan cover majalah setiap bulanx…
    Kmgkinan kuboshi masuk renka out… klo ume agak ragu juga ya… kalopun masih stay mgkin kbgian 3rd row
    Miona udah kehilangan momentum y?? Sbnarnya status dia apa sih??dipush trus tp gg pernah dapet jatah center lagi..malah ashurin yg gg pernah dipush malah dapet jatah center udh 3 kali..

    1. Soal menolak center atau enggak, itu privelege dia. Soal sentimental sama realita gak bisa disatuin disini, jadi yah….

      Centauri sekarang udah terlalu kuat, jadi mungkin harus dibikin artikel revisi 😀

      Bukan momentum push atau apa, malah sekarang dapet durian runtuh lagi kan dianya? Tapi momentum waktu yang paling pas dia jadi center. Ini sih sulit kalo dijelasin satu dua paragraf, tapi intinya; banyak aspek yang bikin momentum member dapet push, dan sekarang, bukan waktunya Miona.

  3. Prediksi ane juga gak bakal beda jauh dari senbastu sebelumbya, kemungkinan out cuma ayane, renka, yuttan, ume sisanya bisa dipastikan permanen. Soal pengganti, paling gak jauh dari ranze, chima, dan kembalinya kubo 🙂

    Pertanyaan setuju gak kalo nana center? Setuju aja, ane gak permasalahin center. Di senbatsu pun harapan ane gak muluk muluk, cuma berharap ume stay 😀 (karna asuka, hoshi udh permanen dan junna sulit buat naik)

    1. Stabil oh stabilnya kondisi senbatsu, beda sama situasi realita di suatu negara *eh 😀

      Yakin gak permasalahin center? Oke, ambil popcorn dan silakan nonton drama 😀

  4. Nyimak aja deh,,,akhir2 ini lebih menikmati baca komen2 yang maha benar,komen dari para fans yang mungkin(mudah2an ini beneran) bagian dari 1M penjualan single Nogi

    Mudah2an untuk senbatsu kali ini,ada chaos juga,jadi makin asyik baca komen nya

    1. Sungguh sindiran yang ngena 😀

      Chaos? Bah, ambil aja Naachan milih gak berpartisipasi, itu baru berita 😀

  5. setuju lah nanas center. wong kalo lagu fall lagu sedih emang cocok nya dia yg jadi center, kapan lagi coba lagu lagu sedih yg mengiris kalbu ? :v

    senbatsu prediksi sih

    inoue-shinuchi-takayama-ranze-wakatsuki-hoshimina-kitano
    sayurin-manatsu-kubo-umezawa-ozono-reika-misa
    yoda-miona-asuka-nanase(c)-maiyan-ikuta-mizuki

    dan mudah mudahan lord kotoko sama sakaguchi tamami bisa masuk senbatsu

    Kotoko-takayama-wakatsuki-ranze-tamami-hoshimina-shinuchi
    sayurin-manatsu-kubo-umezawa-ozono-reika-misa
    yoda-miona-asuka-nanase(c)-maiyan-ikuta-mizuki

    1. Kapan ya? Kayanya kalo main single emang gak pernah sih yang sedih dari melodinya 😀

      Lord mungkin lebih sibuk ngurusin pasukan beruang & rubah sekarang. Momennya ada sih, tapi jelas masih lebih berat ke Aachan dibanding Lord. 😀
      Tama, well, dia satu2nya anggota WG yang belum senbatsu, long shot, mungkin 😀

  6. Nogizaka D. Luffy says: Reply

    kalo ane berharapnya semoga d next single ini yg blm pernah masuk senbatsu bisa digilir satu2

    apalagi setelah iori grad, berasa ditabrakin k kenyataan kalo gen2 pun bisa grad kpn aja

    kasian aja masak blm pecah telor tp udah grad macam yukkiina

    1. Harapan itu tinggal berlaku buat Gen 3 aja. Gen 2? Pikir2 dulu 😀

      Old members jangan dibawa2 please 😀

  7. Untuk gen 3..Centauri emang kuat bgt…. tapi masih da momoko yang selalu menghantui…. terkadang emang enak jadi favorit manajemen daripada ngandalin popularitas fans… jadi ume yang lumayan tuh impactx bakalan kalah dr momo kalo manajemen suruh milih diantara mereka yg harus masuk senbatsu..
    Tp nogi masih mending sih drpda akb…yang push x kebangetan trkadang gg masuk akal sama skali….

    1. Masalahnya itu cuma satu; Momo & Ume sama2 terikat sama satu member senior yang sama. Jadi sebenernya buat ane, Ume vs Momo itu sama kaya Civil War. Tinggal pilih, di pihak Captain America atau Iron Man 😀

  8. IMHO

    Sejak ikoma blng dia gk akan ambil center di single yang mana dia akan grad (Graduation single)..
    gua setuju dan sepemikiran dengan dia, pada satu alasan.

    – Bila mungkin lagu nya nanti bakal bagus, trkenal dan HITS,, bisa aja ada peluang besar bakal di tampilkan di banyak event kedepan nya, spa tau.. dpt #1 JRA lagi nantinya pakai lagu itu. Nahh dari pada dia center dan akhirnya nanti malah kosong posisi nya, mending biar yg lain yg belom bakal grad dan punya potensi jadinya juga saat di tampilin nanti senbatsu nya bsa d blng complete, ya walaupun g nya grad..

    so yaa karna ikoma, g jd brfikiran objektif, its okay naachan gak center mlah g setujju kalo dia gak center, gak heran gak bingung normal” aja

    pilihan vote nya kurang,
    harusnya Yes, No, Neutral
    wkwkwkwk

    1. Itu skenario yang dari dulu ane jadiin poin keberatan “kenapa graduation single itu bukan seharusnya jadi main single” and vice versa. Contohnya udah jelas lah ya, Harujion sama SayoImi sekarang kalopun dibawa pas konser, kesannya beda banget. Ya ada efek juga dimana itu karena centernnya emang cuma sekali jadi center, tapi kasusnya beda sama Naachan. Dia punya 3 solo center, kalaupun ditambah ini jadi 4, efeknya bakal beda.

      Jadi, ane gak ada gimana2 kalaupun dia terima atau tolak posisi center.

  9. Eh bentar… the centauri versi terbaru agan mac siapa nih??? Kalo aq dri dulu julukin momo yoda ma kubo shita fantastic 4 soalx hhe…
    Kalo mnrutq brdasarkan popularitas untuk sekarang zukki yoda..tp kalo versi manajemen sih kayakx masih cenderung momo yoda…jadi aq nganggepx sih kenapa zukki skarng ditaruh di frontrow dan jadi pemeran stageplay zambi malah bukan momo padahal si momo dulu pernah nyenter.. gara2 popularitas zukki emg menanjak…

    Mohon pencerahanx agan mac… soalx ngefans nogi masih seumur jagung… kalo emang niat artikel revisi…aq bkln seneng bgt hhha

    1. Tunggu aja artikelnya, itu juga kalo bisa ngerjain 😀

      Pencerahan atau enggak, ya balik lagi soal artikel. Kapan rilisnya, well, sebenernya ane lebih tertarik sama Gen 4 sih kalau buat Nogi, jadi mungkin soal Centauri Gen 3 ini sebelum mereka resmi dikenalin deh. 😀

  10. Coba membawa topik yg sdikit beda dri yg dah komen sebelumnya (gak beda2 amat sih).
    Apa cuma ane yg nebak/prediksi atau apalah itu klo selain Renka yg kmungkinan turun, Momo jg bisa turun dri senbatsu di single ini.

    Ume dah kyk yg ente bahas. Yoda sama Zukki masih wah sejauh ini, majalah, bahkan stagaplay zambi mreka yg maen. Momo kyk tertinggal satu langkahbja gtu dibelakang Ume, Zukki n Yoda.
    Jd klo ane coba berani n ngawur, prdiksi yg turun selain Renka ya Momo. Ayane ane abu2, soalnya job dia ok jg. jd ntahlah, berthan atau turun

    Yuttan mungkin ditahan klo kyk ente bilang, lantran single terakhir Naachan.
    Kubo kyknya dipanasin dlu di under, jd center mungkin.
    Yg naek Miria, Riria, (masih blm kapok jg berharap banyak) n kanarin 😀

    Yuph itu lah ngawur2an nya ane 😀

    1. Kalau Momo, ane gak tau dah. Gak mau ngelangkahin kata2 emaknya (dan tentu aja, kuasa Lord) 😀

      Yuttan Kanarin, masih sulit dilihat, tapi ya gitu deh. 80% mereka bakal….. 😀

      Kalo soal Iku? 😀

  11. Nogizaka D. Luffy says: Reply

    atau prediksi yg lbh ngawur

    karena ini single grad nya nanase
    mungkinkah semua anggota suika masuk senbatsu?
    atau mungkinkah wcenter kazumi nanase?

    hahaha

    1. Ane gak bakal nolak. Karena apa? Itu bakal bikin efeknya ke prediksi 23rd single lebih seru dibanding setahun terakhir ini 😀

      Ane masih berharap center baru tentu. Misa, Kaz…. 😀

  12. asuka pernah di push kali gan
    pas jadi center di hadashi de summer. kalau bukan karena itu mungkin dia gak bakalan se terkenal ini
    sedangkan miona push nya cuma bentar doang di single ke 7. dan agan nggak ingat betapa kejamnya manajemen ke gen 2 dengan melempar miona ke under? dan di single ke 13 dimana sama sekali tidak ada gen 2 seakan akan gen 2 nggak dianggap sama sekali dan dianggap tidak menjual ? dimana ito karin sampai merasa gen hanya sebagai pelengkap undermember? banyak orang yg nyayangin keputusan manajement pas miona di tendang dari senbatsu. ya walaupun posisi nya di under cukup bagus sih yaitu center

    1. Ane gak bilang Ashurin gak pernah di-push loh 😀
      Dan push yang berhasil ngangkat nama dia luar fandom, aslinya ya udah populer tapi ya cuma di kalangan fandom doang 😀

      Kalo ngebahas soal nasib Gen 2, ane angkat kaki aja lah. Setahun dua tahun lalu sih masih pantas, sekarang ya cuma jadi running gag doang 😀

  13. Kemungkinan besar, sesuai ekspektasi fans, Nanase jadi centre. Tapi mending nyari yang greget misalkan centre-nya (suika), nggak ambil privilese, atau centre-nya baru.

    Nanase udah terlalu sering menjadi centre. Kejutannya udah memudar.

    Susah juga Umezawa head-to-head sama Momoko, yang satu kayak ‘adik beneran’ sedangkamn satu lagi lengket kayak perangko.

    Untuk baris ketiga, Ayane, Renka, Yuttan harus turun panggung dulu, tinggal liat comeback Kubo, Ranze, KTK (gua pengen dia masuk), atau Hinachima yang bakal gantikan posisi itu. Nurunin Momoko, Yoda, Zuki, dan Ume bukan pilihan tepat. Senbatsu udah kepalang mapan dibongkar-pasang.

    Gua sih berharap teori fall single = graduation single nggak jadi konvensi tak tertulis nogi sih (kecuali Maimai, first and last only centre saat rilis pada musim semi)

    Semoga

    1. Center baru dari Suika? Oddsnya lebih kecil dari kemungkinan tiba2 netizen indonesia jadi pinter 😀

      Patut ditunggu apa duel Ume-Momo bisa ngalahin duet YodaZuki atau Kuboshita 😀

      Fall single biasanya main aman, senbatsu ya gitu2 aja jadi ane gak berharap banyak soal senbatsu. Berharap lagunya aja 😀

      Ane sih kembali lagi, peduli amat sama graduation main single, yang penting lagunya bagus, itu pertama. Yang kedua, jangka panjangnya harus dipikirin 😀

  14. Emaknya? Maiyan?
    Loh emangnya ente bikin prediksi gini gak ngelangkahin kuasa lord? mana nama beliau gak ente sebut2 lagi di prediksi entw 😀

    Yuttan ane yakin ttp senbarsu, halah 😀

    Iku sma Miona ya masih ttp baris depan lqh 😀

    Baca2 di S48, ada bbrp mmber yg gak ikut HS single ini ya? Duh, siap2 mendung lagi nih kyknya TT

    1. Lord udah tenang di Under Realm, jadi gak usah dipusingkan urusan duniawi senbatsu 😀

      Jadi bukan spesialis Natsu no Onna lagi dong 😀

      Minta dilempar bata ya? 😀

      Lah, udah biasa, mana kejutannya 😀

  15. Weduh, jangan matikan harapanku gitu dong min. 😀 Dengan banyaknya push di gen2 sekarang ini, boleh dong prediksi max 2 dari mereka masuk. 😀

    Semoga aja. Tapi, ane masih liat semua gen3 disenbatsu belum cukup memuaskan. Penampilan & komunikasi mereka kurang enak aja diliatnya.

    Alamak, kok ane sampai lupa sama Kotoko sayang. 😀

    1. Realita > delusi 😀

      Masih harus banyak belajar, tapi emang Nogi kan bukan tipikal smooth talker 😀

      Puja Lord ajaib!!! 😀

  16. Iya lord gak perlu dipusingkan dgn urusan dunia, tp dunia bakal pusing tanpa diurus lord 😀

    Ya utk x ini, faktor Naachan juga 😀

    Loh, nanya, di jawab mlah esmosi, dasar orang tua 😀

    Ane bukan bilang mana kejutannya, tapi belm rela, ridho dan ikhlas 😀
    Yg gak ikutan 4~5 mmber loh klo gak salah ngitung kmarin 😀

    1. Makanya ente gak perlu mikir aneh2 soal Lord. Pamali 😀

      Kita liat entar malem 😀

      Mancing sih 😀

      Halah gayanya kaya yang ikutan HS 😀

  17. Sapa yg mikir aneh2, ente yg berpikir aneh2 ttg ane dan lord 😀

    Nah kan 😀

    Bisa kepancing jg toh ente 😀

    Bukan soal HS nya lah pak, tp klo bneran ini tnda mereka bkal grad TT

    1. Lord itu harus suci dari yang bernoda 😀

      Nah kan…apanya 😀

      Sekali2 biar yang niat mancing seneng 😀

      Grad grad mulu, perasaan ada yang tiap komen ngomongnya ngidol dibawa asik, eh ada topik grad malah baper 😀

  18. Harus suci dri ente do g 😀

    Ya itu 😀

    Oh, atau ada perguncangan jiwa yg terjadi? 😀

    Loh beda lah pak, yg dibawa asyik itukan dlm mnyikapi hal2 negatif, ini grad, byangin pak, yg biasanya liat si dia ngedance bareng mmber laen sambil make plindung lutut, tp bbrp hari kedepan tak akan lagi mlihat momen sperti itu, sedih kan ? 😀 😀 😀

    1. Bener2 gak merasa invertebrata satu ini 😀

      Ente kalo mau mancing, tolonglah, umpannya yang enak dikit. Masa mancing paus umpannya cacing? Gak mempan 😀

  19. 😀

    Ane gak mancing, ane cuma minta ente ngebayangin sperti apa perasaan yg ane rasakan saat ini 😀

    1. Sebelum sok2 perhatian, bayar dulu royalti pake kata2 orang seenaknya 😀

  20. Perasaan bpk aja itu, gk ada yg perlu dibayar 😀

    1. Dasar mental subsidi 😀

Leave a Reply