The Blinding Beauty and Misconception of Nefertiti

Apa yang akan terpikir pertama kali kalau mendengar nama Nefertiti disebut? Hanya sedikit yang akan langsung paham. Tapi kalau kusebut Cleopatra, pasti langsung membayangkan gambaran ratu Mesir yang kebanyakan hasil dari penggambaran Elizabeth Taylor dari layar perak. Kecantikan dan kekuasaan. Tapi Nefertiti?

One of the most powerful woman in ancient Egypt. Orang mungkin lebih mengenal Cleopatra sebagai pharaoh wanita, tapi dia adalah orang Yunani, bukan Mesir asli. Dan juga bukan pharaoh yang berhasil, karena dia menutup sejarah ribuan tahun peradaban Mesir kuno dengan bunuh diri.

Tidak. Nefertiti, mungkin salah satu sosok dari Mesir Kuno yang paling terkenal juga, kalau bisa kubilang, setelah Cleopatra VII dan Tutankhamun, adalah epitomi dari kecantikan Mesir kuno. Hal ini terbukti dari peninggalan Nefertiti yang paling terkenal; bust sculpture.

The world has been blinded by her beauty through bust sculpture 3 millennium ago. Lihat saja, jika tidak dibilang ini berasal dari 3000 tahun SM, mudah saja untuk mengenalinya sebagai hasil karya Renaissance. Terlihat modern bahkan untuk ukuran masa modern.

Pada 1912, Ludwig Borchardt memimpin tim arkeologi Jerman menemukan lebih dari 50 artefak di bekas kota kuno Amarna. Ruang penyimpanan yang tidak tersentuh selama ribuan tahun setelah Tutankhamun memutuskan untuk meninggalkan kota itu.

Dari artefak yang ditemukan, satu yang paling menarik perhatian adalah patung dada tanpa nama, yang diidentifikasi sebagai istri dari Pharaoh Akhenaten, yaitu Nefertiti. Hal ini diketahui berkat mahkota biru yang dikenakannya.

Diukir dari limestone, dilapisi gypsum, diberi warna pink coklat untuk kulit dan lebih gelap di bagian bibir. Kristal menjadi bagian mata dan sekarang bagian kirinya sudah hilang. Patung ini memberi gambaran realistis tentang rupa sang ratu dengan detail, dan standar kecantikan yang tinggi bahkan untuk zaman sekarang.

Thutmose dikreditkan sebagai pembuat patung ini, meski bisa jadi ini bukan hasil karyanya sepenuhnya. Penemuan patung dada Nefertiti bukanlah penemuan Mesir kuno terbesar di masanya. Gelar itu jatuh pada penemuan makam Pharaoh Tutankhamun. Dan secara kebetulan, dia adalah queen consort dari ayah Tutankhamun, Akhenaten.

Tapi berkat itu juga perhatian publik tersita pada apapun yang berbau Mesir kuno. Beberapa bulan setelah ditemukan pada 1912, patung ini berada di Museum Neues di Berlin, style yang sesuai dengan art deco sesuai dengan selera publik waktu itu. Dan segera saja, replikanya melakukan tur dunia seiring demam akan Mesir Kuno.

Kenapa patung Nefertiti bisa mendapat perhatian besar, apakah semata karena mania Mesir kuno? Lebih dari itu. Diatas sudah kukatakan kalau Nefertiti adalah epitomi kecantikan Mesir kuno. Lebih sains lagi, wajah simetris dianggap atraktif, syarat yang dipenuhi oleh patung dadanya.

Selain itu Nefertiti dianggap sebagai ratu yang menjembatani era Akhenaten dan Tutankhamun. Juga sosok yang sangat berpengaruh di masa transisi. Ini pendapat umumnya, tapi benarkah begitu? Akhenaten merubah struktur religi di Mesir Kuno menjadi satu ketuhanan; Aten. Hal ini membuat Akhenaten dan Nefertiti menasbihkan diri menjadi anak Aten, menggantikan dewa-dewi tradisional.

Tapi dia sendiri bukanlah yang pertama. Tiy, istri Pharaoh Amenhotep III sudah lebih dulu mengasosiasikan diri sebagai dewi. Jadi dia bukanlah sosok yang sangat berpengaruh. Posisinya tidak lebih tinggi dari Akhenaten. Selain itu, tahun-tahun terakhirnya sebagai queen consort menghilang begitu saja dari catatan sejarah.

Masa berkuasa Akhenaten adalah 17 tahun, dan terakhir kali Nefertiti terlihat adalah di mural yang ada di makam Meryre II, tertanggal tahun 12 Akhenaten berkuasa. Referensi terakhir adalah di tahun 16, di sebuah graffito. Tapi, banyak sejarawan yang sepakat kalau Nefertiti menghilang setelah tahun ke-12.

Ini sebenarnya bukan kejutan, karena sejarah Mesir Kuno penuh dengan queen consort yang menghilang begitu saja. Antara meninggal atau menghilang dari kehidupan publik, adalah hal yang wajar. Tapi kenapa kasus ini berbeda? Mudah saja, apa yang kita bayangkan dari bust sculpture sudah lebih untuk menolak kalau Nefertiti mendadak dihapus begitu saja dari sejarah.

Nefertiti selalu masuk dalam daftar “Pharaoh paling terkenal” tapi faktanya, kita tidak punya satu hal pun yang membuktikan kalau dia lebih dari sekedar queen consort, satu dari yang paling berkuasa selain Tiy dan anaknya sendiri, Meritaten. Dan jelas, Nefertiti bukanlah Pharaoh seperti Cleopatra VII.


Sama seperti misconception yang umum tentang Nefertiti, bahwa kecantikan dan kekuasaan berjalan bersamaan untuknya, kita masih sering melihat kesalahpahaman yang sama menghantui idol. Well, contoh paling mudah sih, popularitas di fandom=popularitas di luar grup. Begitu juga sebaliknya. Padahal dua hal ini sangat berbeda.

Paling baru di acara Warattekoraete, Ikuchan tidak dikenali sebagai member Nogi. Setelah hint sekalipun malah salah menyebut Keyakizaka. Masih banyak sih yang lain, tapi karena mana mungkin aku menyebutkan variety dimana Nogi melakukan eksperimen publik seperti ini satu-satu, that’s 7 years worth of material, ambil saja yang mudah.

Atau dari Nogibingo season awal-awal, ada juga. Yang perlu digarisbawahi adalah sebagai idol group, kesempatan bagi tiap member untuk bersinar di luar grup akan terbatas. Yah, terbatas ini pun harus digarisbawahi. Kasusnya tidak demikian untuk beberapa orang. Yang paling mudah tentu, Sasshi. She’s outgrown herself, beyond the usual boundary and defies the science.

Bahkan bisa dibilang lebih terkenal sebagai talent ketimbang sebagai idol. Tapi bagaimana dengan Sakamichi? Bukan Ikuchan, bukan Tecchi, bukan Neru, bahkan bukan Double Suns. Maiyan. Cuma dia yang bisa membuat orang langsung paham siapa dia, bahkan orang awam sekalipun. Well, tidak perlu kujelaskan lagi tentang pencapaiannya kan?

Well, untuk ada di posisi itu, jelas bukan hal mudah. Kemampuan semata tidak cukup. Ikuchan bermain di banyak stage play, tapi siapa yang akan peduli selain penikmat musikal dan fans idol? Naachan salah satu pelopor Modelzaka, tapi berapa banyak dari pembaca majalah yang bukan casual fans? Atau Tecchi, karena terlalu misterius, orang hanya akan mengingatnya saat dia berdiri di panggung bersama Keyaki.

Intinya, sama sekali tidak aneh kalau seorang idol tidak lebih besar dari grupnya. Dengan beberapa pengecualian tentu. Apa ini situasi yang menyedihkan? Sama sekali tidak, karena di semua bidang juga demikian. Hanya jangan pernah berharap banyak seorang idol akan di-notice oleh publik yang bukan fans idol.

Kenapa aku menulis ini, karena diluar sana tentu ada yang berpikir “bagaimana mungkin orang Jepang tidak kenal Ikuchan atau Nogizaka?” dan masih di fase baru kenal idol. Don’t worry, you are not alone, everyone gone through this phase. 

Miskonsepsi kalau idol populer=selebritis papan atas adalah wajar terjadi. Banyak yang tidak ambil pusing dengan segala sesuatu yang terjadi di entertainment. Kalau pertanyaannya dibalik, berapa banyak dari kita yang ngidol, yang tahu bahkan update dengan informasi entertainment dalam negeri?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

23 Replies to “The Blinding Beauty and Misconception of Nefertiti”

  1. Saat pertanyaan di balik…
    atau saat genre musik di rubah..

    jujur gua aja gak tau lagu barat apa sih yg lagi hits untuk sekarang ini??
    lagu taylor swift yg trakhir apa sih..
    ke genre yg deket apa jpop yaitu negeri tetangga

    Gfriend, twice, etc etc etc etc etc etc suju etc etc etc … lagu trakhir nya apa ya.. member siapa aja dan brp total member nya

    wkwkw saat pertanyaan di balik. gua gak bsa jawab apa” . i know nothing 😀

    —-

    ya jd emng gk kaget sih bahkan grup pemenang juara 1 … hmm gua lupa acara musik pas akhir tahun kmrin itu, Nogi – Influencer nya menang juara 1

    bahkan gk begitu dikenal publik…
    gk heran.. karna g aja gak tau apa” tentang dunia entertainment indo 🙁

    1. Nah, jadi kaya gitulah orang yang gak ngikutin sesuatu sampe jeblos ke dalem. Contoh lain, urusan sepakbola. Kalo ngomongin itu sama penggemar balap, ya jangan harap bisa nyambung, seberapapun populer topiknya 😀

      Apaan acara musik? Kohaku?

  2. Yg gak tau Ikuchan trus nyebut dia keyakizaka, semua berakhir dengan tragis ditangan dukun2 ane. Pelajaran buat semua pihak yg gak ngenalin bidadari2 ane 😎

    Ane jg kdang heran knp bisa gtu, kyk pernah nnton acara NMB, trus mreka bereksperimen nanya ke masyrakat tau gak klo mereka (mmber ) itu sapa, atau tau gak grup yg bernama NMB, ternyata bnyak yg gak tau dan parahnya eksperimen itu dilakukan di Namba, markas NMB sendri.

    Klo di Nogi selain Maiyan kyknya Ikoma ya, pas di nogibingo season 1 ja wajah dia yg paling cepat dikenali sma masyrakat. Bahkan pas di season 9 ya klo gk slah yg dia didandani ala gadis2 gyaru(2) dengan make up super menor tp tetep ada yg kenal.

    Mungkin krn msyarakat jepang yg gila kerja jg x ya jd gk bnyak konsumsi dunia entertain.

    1. Masih aja di dunia hitam? Gak tobat2 😀

      Kenapa kaya gitu? Yakali harus ane tulis lagi kenapa 😀

      Ikoma out of question lah, sama kaya bandingin mantan seseroang dari grup sebelah 😀

      Gak juga, bukan masalah workaholic atau enggak, tapi pasarnya kan emang beda.

  3. Masalahnya adalah orang Jepang sibuk bukan main gan, gak ada waktu buat ngidol, kecuali wota. Tapi seenggaknya kalo pengalaman ane nih ya, semua orang jepang tau nogizaka sama keyakizaka karena promosi lagunya kenceng dan sering jadi bintang iklan juga, tapi mereka kebanyakan gak tau nama cuma inget muka. Sekelas miona aja gak ada gan yang tau kalo gak wota, maiyan masih mending karana mukanya ada di chain toko obat/kosmetik terbesar di jepang, matsumoto kiyoshi.
    Sebentar lagi techi jadi overlord sih gan, filmnya costar shun oguri dan kalo ane liat sih hylenya gede banget

    1. Nah itu dia, jadi gak aneh kalau sampe salah grup, apalagi kalau bukan member yang super duper populer.

      Kalo dibandingin, Hibiki sama filmnya Ashurin?

  4. Balik utk saat2 genting saja 😀

    Ya heran aja, pdhal idol di jepang sana dah kyk budaya, ternyta group populer masih jg ada yg gak tau 😀

    Loh, rasis nih, masak Ikoma dibedain 😀

    Nah itu komen gan Riduch, lagian acara2 idol itu sndri pada tengah malam sih, muncul di acara2 prime time cma sbgai guest n itupun cm bbrp menit kyk acara musik. Faktor mmber yg bnyak jg x ya, jd group populer tp blm tntu sma wajah mmbernya.

    1. Genting kok sering 😀

      Budayanya wota pak 😀

      Ente yang gak paham, ngebandingin kok sama face-nya grup 😀

      Kalo dibilang gegara overpopulasi member, bisa jadi. Soal minim kesempatan di acara prime time, kayanya gak berlaku buat Nogi deh

  5. Oo baru tahu kalo pelopor modelzaka itu trxta naachan bukan maiyan.
    Idol mah emg blum bisa selevel artis papan atas jepang. Kalo idol mah cmn satu lingkup yang cmn suka ngidol. Kalo artis jepang pasti se jepang bakalan taw baik artis ato penyanyi. Sulit emang kalo mo levelx kayak sashi. Maiyan. Ato yg udah keluar dunia idol dan eksis di dunia keartisan kayak hashimoto kannna.
    Maiyan mah emang udah populer bgt y. Mgkin bentar lagi ashurin nyusul liat cf x bejibun.

    1. Salah satu loh ya, bukan pioneer 😀

      Nah, makanya, kalo ada yang masih ngeributin soal kenapa mereka gak bisa ngenalin Ikuchan, yakali kan semuanya pada ikutan HS Nogi dlsb? 😀
      Masih banyak yang gitu, entah baru kenal budaya ngidol atau kebanyakan dikasih garamicin sama kos seebelah 😀

  6. Ashurin costarnya kurang terkenal. Jelas filmnya techi lebih menarik perhatian.

    1. Hmmm, tinggal liat gimana performanya aja kan. Cast gak selalu ngejamin.

  7. sulit,, masalah nya film asuka itu hype ampe ke temen” gua yg makanan nya cuman film” mandarin, gua bingung merek ampe ngobrolin tentang film itu di kantor wkwkwk , seketika gua kaget

    but hibiki,,, gua sndiri bahkan baru prtama kali denger itu judul, cmn krna yg main hirate dan kesan dr trailer nya itu ckup menarik untuk di ikutin jadi g pgen ntn jg..

    btw film asuka kyknya gk masuk indo ya wkwkw, bener kga dah?

    1. Gimana lagi, remake dari film fenomenal. Sama kali efeknya kalo ATM Rak Rak Error dibikin remake 😀

      Ane jarang nonton film belakangan ini sih. Lagi tertarik sama The Meg juga belum sempat nonton. Trailer Hibiki sih tau cuma gak diliat juga 😀

      Kayanya belum ada informasi sih.

  8. Sering? Perasaan bpake saja 😀

    Loh fak voleh dibeda2in gtu lah, Maiyam sama Naachan jg bisa dibilang face group sjk era Ikoma gk nyenter lagi, ente sensian ya sama Ikoma? *emotmancing 😀

    Knp gk berlaku sama Nogi?

    1. Iya sih, perasaan emang gak sering, tapi tepatnya gak jarang dukun bertindak kalo ente 😀

      Wah iya, baru tau ya? *mancing 😀

      Lah, liat frekuensi seringnya Nogi jadi guest di acara2 yang populer kan? BIarpun soal slot waktunya gak tau, tapi efeknya itu loh.

  9. Ane baek, mmbuka lapangan kerja buat mreka 😀

    Dasar pilih kasih 😀

    Acra populer? Bisa kasih contoh acara apa? Mste n acra musik gk masuk ya soalnya nongol kan klo rilis single atau album ja.

    1. Ngebukain jalan ke hal yang buruk 😀

      Yang pilih kasih juga sekarang udah…. 😀

      Lupa nama acaranya, yang pasti yang ada prank hantu2an itu, yang 007-something, yang kemarin Ikuchan diabaikan juga 😀

  10. 😀

    Ane gak nangkep maksud pancingan ente 😀

    Ya susah sih klo cma skedar guest, bukan reguler. Knp ya acra variety idol gk ada yg di primetime? Atau ane aja yg gak tau?

    1. Kura2 dalam perahu 😀

      Kenapa gak ada? Siapa yang mau nonton? 😀

  11. Serius, gak paham ane 😀

    Ya ane lah 😀

    1. Ya udah, biarkan berlalu bersama angin 😀

      Makin gak ada faedahnya 😀

  12. TT

    TT

Leave a Reply