(G)I-DLE Rise to Popularity

(G)I-DLE atau lebih umum dipanggil Idle (aidel) adalah salah satu debutan terpanas di dunia K-Pop tahun ini. Sebelumnya aku juga sudah menulis sedikit tentang mereka. Dan kebetulan, grup ini punya kisah yang ingin kuangkat seiring “kekecewaan” akan Produce 48.

Miyeon, Soyeon, Minnie, Shuhua, Soojin, Yuqi

Dimulai dari latar belakangnya dulu. Sudah kubilang ada benang merah dengan Produce 48, apa itu? Tidak lain dari latar belakang membernya. Leader Soyeon adalah peserta dari Produce 101 Season 1, trainee yang populer, kalau bisa kutambahkan. Selalu ada di top rank, masuk episode final dan harus puas di rank 20 di akhir.

Sudah jelas, dia gagal debut dengan I.O.I sebagai grup pemenang Season 1. Setelah itu, dia ikut survival show lain, Unpretty Rapstar dan meski kembali gagal menang, dia debut sebagai solois akhirnya. Baru pada 2018 ini dia debut kembali dengan (G)I-DLE sebagai leader & rapper. Gagal di Produce bukan segalanya bukan?

Belum semua. Beralih ke member lain. Miyeon gagal debut dengan Blackpink di menit akhir, sebagian karena skandal sebelum debut dengan Idle. Soojin juga sebelumnya nyaris debut tapi gagal di menit akhir. Lalu tiga member non-Korea, Shuhua, Minnie, Yuqi juga punya background yang berbeda-beda.

Pada pertengahan 2018, mereka debut dengan nama (G)I-DLE dibawah Cube. Agensi yang sama yang kembali menghasilkan kuda hitam di Produce 48, Han Chowon -ada rumor yang mengatakan kemungkinan Chowon akan menjadi member baru Idle, hanya sebatas rumor-

Single debut LATATA menjadi rekor lagu debutan tercepat yang memenangkan music show di Korea, hanya 20 hari setelah LATATA rilis. Faktor nama-nama “tenar” dalam susunan member jelas membantu, tapi harus diingat, materi yang dibawa Idle terbilang kuat.

Setelah rekor kemenangan tercepat, mini album I Am berhasil masuk Billboard 50. Bisa dibilang, (G)I-DLE sukses menjadi fenomena baru. Yang harus digarisbawahi, selain TWICE dan I.O.I yang berasal dari survival show, dan Blackpink, tidak ada girl group debutan yang berhasil mencuri perhatian seperti Idle dalam tiga tahun terakhir.

Ini berbicara fakta saja. Sejak 2016, girl group seperti WJSN, Momoland, grup “lulusan” Produce 101 seperti Gugudan, Pristin, dan Weki Meki belum mencapai kelas I.O.I juga grup reboot seperti Dreamcatcher hanya punya popularitas alakadarnya.

(G)I-DLE sudah merilis dua single dan sejauh ini bisa dibilang popularitas mereka terus menanjak. Memang sih, kelasnya masih medioker, tapi itu juga karena mereka dibawah Cube, bukan Big 3. Sejak era B2ST-4Minutes selesai, Cube belum bisa menemukan lagi kelasnya yang dulu.

Idle juga menjadi idol paling cepat populer dari Cube belakangan ini. LATATA menjadi trend dimana-mana, dalam waktu seminggu sudah ditonton 5.9 juta kali dan flashmob mereka di New York bulan Agustus kemarin menjadi bukti popularitas Idle di komunitas K-Pop internasional.

Mungkin salah satu faktor kenapa Idle menjadi populer adalah konsep girl crush mereka yang lebih kuat dari yang lain, lagunya mirip 4Minutes di menjelang bubar, dan juga, -ini sih pendapat pribadiku- satu-satunya girl group sekarang ini yang punya konsep head to head dengan Blackpink.

Nah, lagu baru mereka, Hann, didasarkan pada Hanja atau Kanji (δΈ€) yang berarti satu, rilis pada 14 Agustus 2018. Comeback pertama sebagai grup makin membuat Idle menanjak popularitasnya. Sebelumnya LATATA butuh waktu seminggu untuk mencapai 5.9 juta views, Hann hanya butuh 24 jam.

Berhubung aku belum sempat menulis review tentang LATATA, bahkan Ddu-du-Ddu-du saja akhirnya terabaikan karena banyaknya berita Sakamichi saat itu, maka mumpung ada kesempatan aku akan mereview singkat tentang Hann. Ini dia.

Haan memiliki konsep eerie, dengan konsep a la padang pasir dan kalau bisa kubilang, cara paling mudah untuk membayangkan Hann adalah MV yang setipe dengan Keyaki -Kanji tentu, bukan Hiragana- yang ditambah bumbu visual yang jauh lebih bagus.

Tidak banyak yang bisa kujabarkan, selain karena keterbatasan space, visual dari Hann sendiri sudah cukup untuk membuat melongo –bukan ngiler- selama 4 menit. Jujur saja, bagiku Hann adalah salah satu MV dengan visual terbaik di tahun ini.

Memang tidak ada storyline yang jelas kecuali mereka ada di padang pasir dengan tema yang sebenarnya sudah ada di LATATA. Bagian terbaik dari MV ini selain visualnya? Dance yang ada terlihat elegan, tidak terlalu enerjik malah terkesan slow tapi itu bagian yang oke. Tidak ada tembakan atau semacamnya.

Untuk jelasnya, lihat saja live performance Hann. Kuambil dari Inkigayo yang menurutku salah satu live yang dance-nya paling enak dilihat. Hal bagus lainnya? Well, di MV ini, Myeoni memakai jersey La Vecchia Signora, apa yang lebih bagus dari itu?


Diluar materi musik, untukku (G)I-DLE sendiri sebenarnya masih kurang fun untuk diikuti secara penuh. Dalam artian untuk urusan variety, mereka masih tertinggal. Dari seri Youtube I-TALK masih kelihatan jelas kalau mereka memang masih rookie.

Belakangan ini, maknae Yuqi mulai sering tampil di variety tenar macam Happy Together dan Knowing Bros, dua acara yang bisa membuat idol manapun viral. Yah, memang masih terlalu cepat untuk membicarakan kemampuan variety, Blackpink juga kurang menarik bahkan lewat Blackpink House selama 11 episode.

Baru-baru ini saja Jennie menjadi idol populer untuk urusan variety, tiga tahun setelah debut. Jadi, popularitas dari variety sebenarnya relatif. Bagiku, seiring bertambahnya popularitas, dan tergantung pada kemampuan manajemen, kesempatan Idle untuk populer di kalangan publik semakin terbuka.

(G)I-DLE adalah contoh kalau kegagalan tidak akan selamanya berakhir buruk. Dalam hal ini Soyeon yang sekarang menjadi leader adalah yang paling kusorot seiring “kekecewaan” akan Produce 48. Membicarakan Produce 48, Miyu sekarang menjadi member pertama yang grad pasca-Produce.

Apakah ini akan berarti dia bisa menjadi lebih bersinar diluar 48G? Aku yakin kesempatan itu ada, apalagi kalau mendengarkan gosip-gosip yang beredar untuk trainees dari Produce yang gagal masuk IZ*ONE.

Untuk yang terakhir, alasan kenapa (G)I-DLE layak diikuti adalah, versiku sendiri;

  1. Konsep girl crush yang kuat
  2. Lagu yang easy listening+stage presence kuat
  3. Punya kesempatan untuk menjadi variety-dol, chemistry Shuhua-Yuqi-Miyeon bagus untuk ini
  4. Mendukung sejak awal akan tinggi nilainya di kemudian hari

Tertarik untuk mengikuti (G)I-DLE? Atau sudah? Share your thoughts.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

22 Replies to “(G)I-DLE Rise to Popularity”

  1. Aih, “racun” baru lagi (halah, kyk bkal ngikutin aja πŸ˜€ )

    Itu yg 3 non-korea dri mna? Jepang?

    Inti dri postingan ini adl, kegagalan adl kesuksesan yg tertunda dan usaha keras tidak akan mengkhianati -eaaaa- πŸ˜€

    1. Udah denger lagunya belum? πŸ˜€

      Minnie-Thai, Shuhua dari Taiwan (mirip2 sama member itu tuh dari grup sebelah), Yuqi dari China

      Bukan, tapi intinya itu kesel aja masih banyak yang “mahabenar” soal teorinya buat IZ*ONE πŸ˜€

  2. Yuqi! lol
    Ane selalu lemah dgn konsep girl crush dan aidel otomatis msk list my fave group πŸ˜€

    Kalopun head to head blackpink vs aidel ane sih lebih seneng sama aidel. Fanbasenya blm setoksik blackpink dan ane msh satir sama efek 2ne1 disbandment jd no offense lah ya πŸ˜€

    Ane pikir aidel bakal rilis latata 2.0 dan penilaian ane berubah setelah denger intronya. Ane lebih menikmati rilisan ini apalagi kalo bukan karna mv nya yg memanjakan mata dan ada gurun pasir kesukaan ane πŸ˜€

    Chowon jd 7th member? Pasti bakal pro kontra sih. Bakal byk yg ngebandingin sama kejadiannya yeri jd 5th member red velvet. Ane mah mendukung yg terbaik buat chowon apa pun itu. Berharapnya dia bisa ngikutin jejak soyeon πŸ™‚

    1. Kalau emang bakal ada head2head BP vs Aidel, yang menang tetep Miyeon πŸ˜€

      Sayang, Hann ini cuma single satu lagu doang, kesannya Cube yang maksain comeback πŸ˜€

      Rumor dan gosip doang sih, tapi kayanya sih gak bakal juga. Aidel punya popularitas, beda kaya grup2 lain yang bongkar pasang member tapi gak populer2 kaya DIA. RV masih mending ada dibawah SM πŸ˜€
      Kalau Chowon ngikutin jejak Soyeon, ya palingan dia pindah agensi jadinya. Masuk Aidel rada susah, kalau CLC tau dah.

  3. Belum πŸ˜€
    Eh yg latata udah pas postingan kemarin, yg video diatas yg blm πŸ˜€

    Waduh, non jepang rupanya πŸ˜€
    Bnyakkah gadis non korea yg jd bgian girl group korea?

    Hahahha, jgn kesel2, inget umur pak πŸ˜€

    1. Tonton dulu baru komen πŸ˜€

      Banyak, cuma yang bener2 populer palingan cuma satu dua. Kalo yang dari Jepang sih, ya cuma trio TWICE doang.

      Debut juga belum padahal πŸ˜€
      Ane nungguin debut variety mereka πŸ˜€

  4. Wah bakal lama klo komennya nunggu ane nonton dlu πŸ˜€

    Maksud populer dsini, scr individu kan?
    Kirain sulitnya (yg ane denger2) buat berkarir di korea bkal susah buat berkarir dsana buat orng2 non korea, ternyata bnyak ya, walau gk populer.

    Kasih link ntar, ane mau coba nyicip jg πŸ˜€

    1. Gak ada kuota ya? πŸ˜€

      Gak ada sulitnya sih, malah banyak idol sukses dari Thailand juga. CUma kalo dari Jepang, emang susah, antipatinya masih rada gede.

      Ada tuh bocoran CM baru mereka di youtube, buat game kalo gak salah πŸ˜€

  5. Lebih suka La ta ta daripada Hann. Hann terdengar lebih western.

    1. Dengerin juga toh? πŸ˜€

  6. Ha?! Apa itu kuota?! 😎

    Welahdalah, thailand ya, ane kira tuh ngeri gkbpopuler soal idol, sampe ane heran knp si babe buka cbang dsana, ternyata πŸ˜€
    Wah wah wah, brrti klo orng jepang bsa tmbus pasar korea termasuk luar biasa lah ya πŸ˜€

    Langsuh kasih link lah, biar ane gak repot2 πŸ˜€

    1. Sesuatu yang kayanya ente jarang punya πŸ˜€

      Emangnya bayangan ente soal thailand cuma itunya doang? πŸ˜€
      Ya kecuali ada blasteran Jepang Koreanya, ya dikit kesempatan.

      Mau sih, tapi ane bikin orang males jadi tambah males πŸ˜€

  7. Sepertinya ente mencuri ksempatan dlm ksempitan utk curhat ya πŸ˜€

    Begitulah πŸ˜€
    Dikit wak πŸ˜€

    Tak apa, anggap aja menolong orang males, menolongkan perbuatan baek πŸ˜€

    1. Curhat kebiasaan ente ya? πŸ˜€

      Apa yang ente bayangin soal Thailand? πŸ˜€

      Menolong fakir kuota pemanfaat fasilitas enggan ane πŸ˜€

  8. Ente tau kebiasaan ane? Perhatian sekali ente *wueeek* πŸ˜€

    Gajah! πŸ˜€

    Bilang aja ente jg males, males triak males πŸ˜€

    1. Segitunya minta diperhatiin πŸ˜€

      Itu doang? πŸ˜€

      Males bantuin orang males πŸ˜€

  9. Maksa πŸ˜€

    Berhubung ane lugu n polos, ya cma tau itu aja πŸ˜€

    Dikatain males sma orng yg males πŸ˜€

    1. Lugu dan polos? ente? Kucing siapa yang percaya? πŸ˜€

      Dan yang dikatain emang males πŸ˜€

  10. Baru update kpop abis produce48. Gidle paling mantap sih diantara semua rookie, kedua pristin, tapi kalo ane paling suka fromis_9, konsepnya mirip nogizaka, cewek2nya cakep2 banget juga.

    Penasaran sih ini aftermath produce48 kayak gimana, kalo dari season 1 akhirannya tragis2, banyak yang tenggelem abis ioi bubar, cuma chungha aja yang lebih besar dari ioi sama jieqiong paling. Weki meki, gugudan gak banget dah flop itu.

    1. fromis_9 belum ketemu menariknya dimana sih. Belum ada lagu yang bener2 bikin ngedengerin lebih lanjut.

      Aftermathnya jelas tergantung gimana perfoma IZ*ONE, syukur2 kaya Wanna One sih, toh durasi kontraknya sama. Tapi jelas, yang paling utama gimana performa di variety+gak ngedebutin mereka di grup lain selama IZ*ONE.

  11. Kucing garong 😎

    Dan yg ngatain emang males πŸ˜€

    1. Pantes πŸ˜€

      Kan sering dibilangin, males sama orang males πŸ˜€

Leave a Reply