AKB48 Sentimental Train MV Review

53rd single AKB48, Sentimental Train dirilis pada 19 September 2018. Untuk MV, sudah rilis pada 23 Agustus kemarin. Dan berhubung aku sedikit kerepotan melanjutkan draft lain, dan ada permintaan juga, jadi yah, singkat saja, kucoba untuk melihat MV ini sekali dua kali.

Setelah melihatnya, kupikir memang tidak ada salahnya. Dan ini juga sebagai pemanasan sebelum episode final Produce 48, makanya baru kurilis hari ini. Langsung saja, ini dia review singkat dari Sentimental Train.

….tidak kupikir akan membuat review MV AKB dua kali berturut-turut.


Sentimental Train dibuka dengan notifikasi tentang absennya Jurina dan digantikannya dia dengan CG. Well, memang setelah Produce 48 episode 5 dia menghilang dari publik? Dilanjutkan dengan adegan observasi astronomi oleh Sakura dan Tomu.

Altair, Vega, Antares, Sagittarius A* disebut. Well, aku tidak melihat korelasi ketiganya karena bukan juga Summer Triangle, dan Sagittarius A* sendiri adalah sebutan untuk perkiraan posisi supermassive black hole di pusat Milky Way, beberapa teori mengatakan Sagittarius A* adalah black hole itu sendiri.

Selain Sakura dan Tomu, Juri dan Okada Nana ada di bagian ini. Apa ini posisi mereka saat SSK? Lalu ada scene dimana Jurina digambarkan sebagai animasi, bisa dibilang kreatif sih di bagian ini. Tapi aku tidak paham apa makna dimasukkannya halo matahari di scene ini.

Selanjutnya, dance scene. Disinilah Jurina dimasukkan sebagai CG dengan konsep AR. Memang masih terkesan terlalu kartun, tapi mungkin juga aku yang terlalu membayangkan CG disini kelasnya akan selevel Eguchi Aimi. Sebagai selingan, ditampilkan member-member lain yang sepertinya berlatar belakang kampus atau SMA?

Agak membingungkan sih storyline di MV ini, kecuali untuk bagian dimana Jurina adalah murid pindahan yang suka mengambil foto murid lain dan bisa main piano. Tapi ini juga membuatku bingung di akhir karena di akhir MV, dikatakan Jurina akan pindah, jadi dia itu murid pindahan atau bukan dari awal?

Overall, storyline yang kudapat adalah mereka menghabiskan hari-hari terakhir bersama Jurina sebelum kepindahannya, dan secara simbolis dia menghilang di akhir seperti alien, menyesuaikan dengan tema astronautical di MV ini.

Kalau untukku, tidak banyak yang bisa kukatakan. Kalau dibandingkan MV Nogi yang punya storyline panjang, Sentimental Train jadi terasa biasa saja karena tidak ada perkembangan cerita, malah rasanya terlalu panjang di prolognya.

Sebelum dikritik balik, yang kumaksud MV Nogi dengan storyline panjang itu yang seperti Imahana, atau ambillah yang kurang lebih mirip, Garuru. Sentimental Train jadi terasa bland, tapi toh kalau dibandingkan beberapa MV terakhir Nogi, jelas lebih oke ini dari segi storyline.

Setelah storyline, bagian lain yang kurang pas untukku adalah penggambaran astronominya, terutama saat di akhir mereka melihat bintang bersama. You just can’t see a star with gas around it so densely with open eyes. Satu-satunya kesempatan kita bisa melihat gas seperti ini adalah….tahu kan maksudku dengan gas?

Simply can’t do it by the law of physics

Stars are made from gas; helium and hydrogen, fused, generates magnetic field… selanjutnya adalah proses fisika yang akan panjang penjelasannya, tapi intinya itu. Nah, gas seperti yang terlihat di scene ini hanya bisa terjadi saat supernova atau lahirnya bintang baru.

Dan di latar belakang, terlihat blue hypergiant, most likely to be Deneb, Alpha Cygni yang akan membuat formasi Summer Triangle dengan Altair dan Vega. Nah, untuk membuat gas seperti itu di sudut pandang yang sama dengan Deneb, adalah mustahil.

Space are vacuum place, a very very empty fabric with 95% invisible matter. To have such sight from earth, we’re also in danger by the energy release of a supernova. Oke, sampai disini saja uneg-uneg soal scene terakhir ini. Selanjutnya, kenapa Altair, Vega, dan Antares yang dipilih?

Altair dan Vega, bersama dengan Deneb (?) di akhir adalah bagian dari konstelasi Summer Triangle. Antares adalah salah satu bintang paling terang dari Bumi, yah, untuk yang ini aku juga masih belum paham. Sementara Sagittarius A*, seperti kubilang diatas, adalah supermassive black hole.

Jadi, penggambaran Jurina yang tidak ada di MV ini disimbolkan dengan Sagittarius A*, sampai disini aku paham kenapa. All we know about it still can’t find majority vote.


Overall, ini MV yang jauh lebih baik ketimbang Teacher TeacherKenapa aku bilang begitu? Jelas bukan karena faktor astronominya. Karena ada beberapa penggambaran yang tidak pas juga, tapi keseluruhan, ini jelas lebih bisa dinikmati. Tidak ada adegan muter-muter gak jelas disini.

Tidak ada CG berlebihan, pemilihan tempat juga oke, storyline yah, ceritanya sudah kuat tapi ada bagian-bagian yang kurang digambarkan jelas. Soal Jurina dalam bentuk sketch & CG, menurutku tidak ada keluhan banyak, actually, this is good marketing strategy.

Tidak perlu kujelaskan banyak soal itu kan. Yang pasti, Sentimental Train sudah masuk kategori enjoyable MV. Dan aku tidak bercanda mengatakan ini, tapi jelas juga, kalau bukan karena Produce 48, kurasa aku tidak akan pernah mereview MV ini.

Untuk urusan lagu, biasa saja menurutku. Kalau dibilang mirip SayoImi, yah, ada benarnya juga tapi toh rata-rata musik idol itu ya cuma daur ulang, jadi apa yang bisa diharapkan? Mending kalau ngomongin LGM.

Ciao, sampai ketemu di final Produce, dan satu artikel sebelum final hari Jumat.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

21 Replies to “AKB48 Sentimental Train MV Review”

  1. Ciee bahas MV AKB lagi,
    Ciee sdh bnyak nama mmber yg diinget,
    Ciyee dah inget lagi sma adegan muter2 teacher2 yg kmarin2 ane bhas ente mlh gk inget,
    Cie cie cie 😀

    Soal astronomi ane gk pham lah, waktu plajaran IPA ane nitip absen, atau izin ke toilet tp gak balik2. Ente nulis supermasive black hole, yg terlintas dipikiran ane bkn soal astronomi tp malah MUSE 😀

    MV ini serasa bkn MV kmenangan SSK, yah minimal MV yg memperlihatkan keceriaan lah ala summer, tp serasa MV klulusan.

    1. Ciee ciee, cuih 😀
      Dikasih cie cie gak dikasih nagih dasar micinman 😀

      Gak usah nostalgia masa sekolah ente yang udah berpuluh tahun lalu, ane jadi malu bacanya 😀

      Kenapa harus kelulusan? Karena di bagian terakhir? 😀

  2. thanks gan akhirnya dibikin review-nya.
    tumben di cover ga ada logo Mac-nya.

    akhirnya tau itu konstelasi apa. berharap ngliat kyk begituan pas stargazing haha~
    karena digarap sama Takahashi Eiki, berharap punya storyline ala Gingham Check yang juga single SSK, tapi nunggu center-nya comeback dulu lah biar dpt feel-nya. gambarnya Takako-Sensei bagus, tapi agak ganggu sama arsiran rambutnya, coba dibikin kyk di Koiiji pasti tambah keren.

    selalu suka sama MV berisikan gadis2 berseragam sekolah, jadi ane kasih 3/5.
    klo lagu 4.5/5, langsung nyantol pas pertama denger.

    1. Ini yang dari kos sebelah kah? 😀
      Enggak ada logo, karena ini bukan Sakamichi Review.

      Satu lagi faktor minus, light pollution di background set MV ini gak memungkinkan juga buat stargazing sampe sejelas itu.
      Gingham Check ane rada2 lupa, tapi yang ada godzila-nya itu bukan?

      Soal lagu, gimana katanya soal miripnya lagu ini sama Sayonara no Imi?

  3. Cie cie, emosian, ngambek, lagi dapet, lagi darah tinggi, cie cie cieee 😀

    Knp ente malu, ngalamin jg di miliaran tahun lalu? 😀

    Iya, storynya yg jg ttg bakal berpisah/pindah, ya bener2 kyk “sayonara no imi” lah 😀

    1. Udah tua gak inget umur ente 😀

      Pernah liat yang model begini, gedenya jadi juragan micin 😀

      Emang ada berita dia mau lulus?

  4. iya gan dari kos yang itu 😀
    yang ada Godzilla-nya itu punya Joseph Khan gan, yg Takahashi Eiki yang time machine.

    lagu ga masalah, kyk yg dibilang di atas, daur ulang. yang penting lagunya ga mirip sama … (nyari lagu Nogi yang laen, tapi ga ada yang ga enak :D)

    1. Kandang serigala ya 😀

      Lupa ane yang mana, entar lah kalau ada waktu nonton lagi 😀

      Kirain bakal ada kesan sendiri soal lagu yang mirip, banyak yang sensi soal ini sih kayanya 😀

  5. Ngacaan pak 😀

    Takpa, yg penting juragan wak 😀

    Sejauh ini gka ada, ini cuma kesan yg didapat dri MV ni aja 😀
    Tp ya ntahlah, tau sndri klo dah kena hiatus lntran kesehatan bisa saja ujung2nya…

    1. Sering 😀

      Gak lama dipenjara dengan tuduhan membodohkan bangsa 😀

      Ane malah liat postingan di IG yang bilang dia bakal balik 😀

  6. Oh berrti emng dasar gak sadar diri 😀

    Gak keren amat, dah lah bod*h bangsa, yg disalahin micin pula 😀

    Iya, sepertinya gtu, gak pake lama 😀

    1. Sadar sesadar2nya 😀

      Cie ngebelain profesinya 😀

      Tapi pas balik malah ngumumin…. 😀

  7. Iya aja lah 😀

    ><'~;$&!)}/'~:

    …rilis single solo, eaaa 😀

    1. Bukan, balik2 udah pake cincin di tangan kiri 😀

  8. Turut berbghagia klo gtu 😀

    1. Masak? Pengaalaman ya? 😀

  9. Yah klo ente nanya ke ane soal pengalaman ane akan kebahagiaan, emang berpenglaman x ane 😎

    1. Kebahagiaan ente ada pahit2nya gitu ya? 😀

  10. Jgn keseringan curhat mslah pribadi pak, apalgi klo yg miris2 😀

    1. Ane cuma pendengar yang membetulkan yang salah 😀

  11. -_____-“

Leave a Reply