TWICE : BDZ Review

TWICE baru saja merilis album Jepang pertamanya, BDZ. Singkatan dari Bulldozer, kupikir BDZ jelas jauh lebih baik kedengarannya dibanding Bulldozer kan? Rilis lewat official Youtube channel pada 17 Agustus lalu, baru sekarang aku sempat menulis review dari single ini.

Ini dia review dari BDZ, check this out.


BDZ MV Review

Untuk pertama kalinya TWICE mencoba konsep yang out of the box, dari biasanya yang cute, sugarcoated bubblegum image menjadi sexy. Yah, itu juga kalau bisa dibilang sexy, karena toh levelnya beda dari usual sexy we can see in KPop scene.

Lebih ke konsep yang berbeda, yaitu konsep girl crush yang sekarang sedang digemari. Artikel selanjutnya akan kubahas satu grup yang jadi favoritku sekarang ini. Kembali ke BDZ, lagu ini termasuk di full album Jepang pertama TWICE, dengan 10 track berbeda. Salah satunya I Want You Back kemarin.

Dibuka dengan Sanabbyong yang berjalan melintasi chaos, menuju markas dari pasukan(?) TWICE yang merencanakan untuk membobol suatu tempat. Nah, they won’t do robbery. Jungyeon sebagai pengawas tinggal di van yang jelas terinspirasi dari acara TV Amerika.

Dia mengirimkan sinyal video, mulai dari Jihyo untuk membuat para penjaga jadi ngiler bagai serigala dan tidak fokus berjaga. Terasa familiar? Ini membuat member lain sukses untuk menyusup masuk. Momo dan Tzu sukses membuat KO salah satu penjaga dengan membuat tangga dilapisi lilin.

Chaeng dan Dahyun “meracuni” pizza untuk penjaga, yang ini mengingatkanku pada adegan dari Mr. Bean the Movie, karena caranya hampir mirip. Disaat bersamaan, Minari yang bertugas mengambil kunci nyaris gagal, dan apa yang dia lakukan di saat-saat terakhir? Aegyo yang…. really, do appear more on variety, Minari. 

Untungnya trio Nayeon-Sana-Jihyo datang di waktu yang tepat untuk menyelamatkan Minari. Akhirnya mereka berhasil menemukan apa yang mereka cari. Ada di sebuah ruangan dan begitu dibuka…. makhluk kecil yang dipenjara di dalamnya lari keluar.

Whatever that little creature are, alarm berbunyi begitu mereka bebas dan sebagai gantinya malah TWICE yang terkurung. Kembali keberuntungan datang, Jungyeon mendobrak dinding untuk menyelamatkan mereka. Tebak dengan apa, ya, bulldozer.

MV ini selesai dengan adegan dimana makhluk-makhluk kecil yang mereka bebaskan ternyata punya kekuatan untuk membuat orang berpelukan menghilangkan kebencian dari diri mereka dan digantikan oleh cinta. Oke… yang pasti, ending MV ini terlalu klise.

Meski aku berharap, makhluk kecil dengan kekuatan besar seperti mereka ini benar-benar ada. Karena sekarang, di dunia nyata keadaannya pun serupa…


Well, BDZ hanyalah MV yang membawa kesan berbeda, dengan konsep yang juga tidak beda jauh dari usual TWICE. Hmmm, untuk dibilang girl crush, jelas tidak bisa. Kurasa tidak ada yang akan bilang ini sexy juga, karena toh tidak ada dance yang ditampilkan, aspek penting untuk menilai konsep lagu.

Harus kubilang, aku cukup kecewa setelah melihat MV ini, karena teaser yang dirilis seolah mengisyaratkan kalau ini akan menjadi lagu dimana akhirnya TWICE akan breakthrough dari image yang itu-itu saja. Girl crush hanya di teaser sih sama saja bohong.

Okelah, MV ini juga sebenarnya fresh untuk level TWICE, warna yang lebih gelap, mengutip quote salah satu Youtuber, #matteblackeverything, tren MV yang kulihat belakangan ini, baik dari Jepang maupun Korsel, they go for a darker side.

Untuk urusan sinematografi, yah, tidak ada yang bisa dikeluhkan. Konsepnya yang sekali lagi, cukup punya storyline ketimbang MV TWICE pada umumnya, BDZ menarik mata sekali lihat, karena otomatis membuat penonton penasaran “ini benar TWICE” seperti itulah.

right, the first time I watch this MV, I did exactly like this

Soal lagu, ini sisi paling lemah dari BDZ. Seperti… JYP hanya mendaur ulang lagu dari beberapa tahun lalu. Kinda different feels than usual. Not bad, still sounding like JYP but just a bit different. Maybe personal preferences matter.

Membicarakan JYP, rumornya mereka sedang mempersiapkan girl group baru untuk debut tahun 2019 mendatang. Beberapa nama sudah muncul sebagai kandidat kuat, dan coba tebak, beberapa member 48G yang ikut dalam Produce 48 masuk dalam rooster. 

Lebih lagi, kemungkinan mereka akan dikontrak eksklusif, dengan kata lain grad dari 48G untuk debut sebagai K-idol, bagaimana kedengarannya? Produce may did not exactly like what I wrote before.

All hail Sanabbyong!!!

Kembali ke BDZ, overall, ini MV yang oke. Menampilkan sisi lain dari TWICE yang biasanya selalu tampil cute over the top, konsep seperti ini seperti gong yang akhirnya kejadian. Merubah image menjadi girl crush yang sedang populer adalah langkah beresiko.

TWICE selalu ada di sisi yang lebih girly dibandingkan Red Velvet dan Blackpink, dimana dua grup lain ini selalu menawarkan konsep beda tiap rilis single baru dan satunya lagi adalah epitomi girl crush. Sudah paham kan dimana resikonya?

Memang BDZ untuk  pasar Jepang, tapi ini masih berbenturan dengan Blackpink. Yah, untukku, BDZ bisa jadi stepping stone bagi TWICE untuk akhirnya breakthrough dari image yang makin tahun tentu akan makin tidak relevan dengan usia member.

Akhir kata, aku menikmati BDZ secara penuh. MV, lagu, dan Sanabbyong. Memang ada misharmoni antara MV dan lagu, tapi toh membahas TWICE, itu akan dibayar lunas dengan hal-hal yang eye candy.

Bagaimana dengan kalian?

Atau hanya bisa mangap dengan iler menetes saat melihat MV ini?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

23 Replies to “TWICE : BDZ Review”

  1. Basah basah basah….. 😀

    Lagu ini pasti terinspirasi dari kendaraan yg paling disukai mantan a.k.a kapten Reika sejak kecil 😀
    https://bit.ly/2wpRMaR

    Dasar 4 penjaga amatiran, gampang banget ileran, gak kyk ane 😎

    Sayang, baju dah hot gtu tp scene dancenya kurang 😀
    Tp oklah, bagus kok MV nya, gak bias krena iler loh penilaian ini 😀

    Play lagi ah ntar MV nya, blm puas lihat sekali 😀

    1. Kok ane kaget ya 😀

      Ya ya ya, bodo amat, mancing kok dimari 😀

      Kayak ente udah banjir kemana2 ini MV 😀

      Kurang apanya? 😀

      Liat sekali atau cuma buat pause liat scene2 tertentu? 😀

  2. Ane baru ngeh pas baca review agan kalo BDZ itu buldozer lol

    Mungkin karna not my cup of tea ane gak nonton mv ini sampe habis. Lagunya pun gak nyantol kayak lagu2 mereka sebelumnya. Hm mungkin konsepnya terlalu gantung. Gak gitu jelas di mata ane. Agak susah sih kalo udah masalah selera mah 😀

    Itu yg rumor JYP beneran gan? Ane pikir cuma bahan candaan. Ceritanya ane lagi sebel somi dilepas JYP jadi males percaya rumor aneh2 kalo bkn berita resmi..

    Ditunggu review HANN (-) gan! 😀

    1. Kalau soal lagu… ya gitu deh. Tapi kalau buat ane pun, lagu nihongo TWICE itu seringnya miss. I want you back kemarin juga gak beda. Masalah klasik sih, kaya kurang bisa nerjemahin ekspresinya ke bahasa yang pas gitu 😀

      Masih rumor, ane coba update terus soal itu, tapi belum ada berita lanjutan. Soal Somi, ane malah seneng sih. Daripada gak jelas di JYP ya mending cabut. Kalaupun dia masuk rooster buat girl group baru, itu juga masih tahun depan, jeda 3 tahun dari IOI, lah emang publik masih tertarik?
      Buat ane sih, Somi udah bener cabut, kalau masih niat jadi idol cari agensi lain, kalau enggak, cocoknya jadi TV personality, mentok2 jadi aktris 😀

      HANN dalam proses, tapi bentrok dikit sama Sentimental Train, gak tau mana yang bikin ane mood ngerjain dulu 😀

  3. Loh, kok ane kaget ya mngetahui ente kaget? 😀

    Bukan mancing, hnya skedar mengutarakan anlisis ane yg berpendapat lagu ini mungkin terinspirasi dari kapten 😀

    Curhat ya?

    Kurang adegan yg ngebuat ane nge-pause atau ngeslowin nih MV 😀

    Ah biarlah itu jd rahasia pribadi ane 😀

    1. kirk

      Alasan aja, dasar suka mancing di air butek 😀

      Halah, palingan juga ente screenshot dari awal sampe akhir 😀

      Rahasia yang bukan rahasia, palingan HBD-in 😀

  4. Ane kan seringnya mancing dikosan ente, berarti kosan ente…. 😀

    Oh, jd itu yg ente lakuin sma nih MV, nge-SS dri awal sampe akhir 😀

    Klo gtu ngapaen (pura2) tanya lgi pak -____-“

    1. Mancing mania mantap, sejam 200K 😀

      Ente pura2 polos atau niat mancing yang gak ahli? 😀

      Untuk menjelaskan saja tanpa ditutup2in 😀

  5. Menurut ane bkn Twice aja sih gan. Kebanyakan rilisan jepang dari artis JYP juga gitu di telinga ane, paling lemah diantara big 3..

    Ditunggu follow up beritanya gan 😀
    Ane sebelnya sama JYP. Udah debut ioi masih dianggurin. Tambah sedih liat somi ikutan di unnies masih juga dianggurin. Moga dapat agensi yang lebiiih baik dari yang lama ya dek 🙂

    Lagi kesambet apa gan? Ane pikir review akb berakhir di teacher-teacher 😀

    1. Tapi gitu2 juga 2PM sukses2 juga debut di Jepang, tapi yang solo sih 😀

      Masih dipantau 😀
      Gabung sama Yuehua, bikin visual group sama Yiren & Sihyun 😀

      Ya karena besok udah final Produce, sekalian lah, masa grup utamanya enggak 😀

  6. Ane kira mv nya bakal dark gitu, eh ternyata engga 😀 tapi secara keseluruhan bagus storylinenya cuma kurang di ending aja, padahal udah keren dibobol pake buldozer ane kira endingnya bakal keren eh cuma gitu doang 😀

    Kalo soal lagu enak enak aja menurut ane, like a buldozer like a tank langsung nyangkut di kepala 😀

    1. Tertipu oleh teaser 😀
      Endingnya udah mulai kelihatan gak bakal beres pas penjaranya dibuka 😀

      Lagu ane belum dengerin lagi setelah review, mungkin entar kalau udah rilis full. 😀

  7. 200k? Sbesar uang sarapannya beruang KTK-sama tuh 😀

    Terserah ente mau nafsirin gmn 😀

    Indonesia bnget ente, ngelakuin hal yg sia 😀

    1. Oh iya emang, soalnya sekarang ane punya yang sejenis 😎

      Yang pasti, ngiler kan? 😀

      Yang pasti, ngiler kan? 2 😀

  8. Punya ente masih level cetek itu, jgn samain dgn lwvel punya KTK-sama 😀

    Terserah penafsiran ente (2) 😀

    Terserah penafsiran ente (3) 😀

    1. Wah menghina 😀

      Ini postingan TWICE malah bahas Lord, gimana sih 😀

  9. Udahlah, ente sama Mizuki urusin ayam aja, beruang gak bakal sanggup 😀

    Kok kaget ente? pmbhasan soal postingan kan cuma 1~2 komen, selebihnya ngelantur kmn-mna 😀

    1. Iri ya pak? 😀

      Ya paling gak sesuai artikel lah. Soal iler kek, Nay kek, Tzu kek 😀

  10. Apanya pak yg mau diirin? 😀

    Klo itu biarlah jd rahasia ane 😀

    1. Kami mau buka kebon binatang 😀

      Rahasia apaan coba 😀

  11. Kemudian, ane besera bidadari2 ane kudu cakap “wow” gtu? 😀

    Rahasia yg tak rahasia 😀

    1. Wajib 😀

      Dasar Pemuja Rahasia 😀

  12. Maksa 😀

    😎

Leave a Reply