Sakamichi Review : Ambivalent

7th single Keyakizaka46, Ambivalent, dirilis pada 14 Agustus 2018. Sebagai single ketujuh, Ambivalent menandai banyak hal. Mulai dari berubahnya susunan “senbatsu” untuk pertama kalinya sejak Sekai ni wa Ai ShikanaiBerubahnya jumlah Kanji ini membawa kesan yang berbeda.

Setelah satu minggu, akhirnya Sakamichi Review untuk single ini selesai juga. Well, langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Ambivalent.


Covers Coverage

Seperti biasa, ada 5 cover. Hanya saja kali ini susunan membernya berubah jadi Tecchi-4-5-4-4, menyesuaikan jumlah member yang menyusut. Type A tentu untuk Tecchi. Di Type B ada Mizuho, Suzumon, Pon, dan Risa. Type C untuk Ue, Yuuka, Mii, Neru, dan Naako.

Type D untuk Oda, Aka, Fuuchan, dan Rika. Terakhir Reguler untuk Oz, Yone, Nijika, dan Satoshi. Overall, tidak ada yang spesial, hanya cover art kali ini bisa dibilang yang paling stylish sejak debut Keyaki. Permainan warna yang simpel, dan bola-bola yang asli, ini jauh lebih baik dari cover-cover Keyaki sebelumnya.


Tracklist

Ambivalent

Sakamichi Review : Ambivalent MV

Sebagai main single, Ambivalent rasannya membawa nuansa yang masih sama dengan lagu-lagu Keyaki sebelumnya. Green belt? Yah, masih sama dengan single sebelumnya. Tapi untukku, lagu ini lebih oke dari sebelumnya.

Porsi rap di lagu ini meningkat pesat, dan untuk level summer single, ini adalah yang terbaik bagi Keyaki. Yah, saingannya hanya Sekai ni dan Getsuyoubi. Nuansa summer terasa di single ini lewat beat dan rap yang kental. Jangan lupakan bebebrapa bagian handclap yang jelas terdengar.

Memang sih, bagian “blah blah” itu sedikit mengganggu, tapi keseluran tidak terlalu mengganggu. Beat lagu ini sudah lebih dari cukup untuk menutupi bagian itu. Overall, nice music.

Rate : 💚💚💚💚

Student Dance

Sakamichi Review : Student Dance

Di intro dan shouting “rock this” aku merasa seperti mendengar Hyuna. Lagu ini paling electro dari single ini, temponya lambat untuk ukuran Kanji. Yah, ini sudah terbayar di MV yang oke, tapi untuk lagu, aku kurang bisa menikmatinya.

Penyakit utak-atik EQ seperti Jikochuu kualami di lagu ini, karena distorsinya cukup mengganggu. Overall, Student Dance bukan tipe lagu untuk semua orang, butuh waktu lebih untuk suka atau sekedar mendengarkan lagu ini secara penuh. Untukku, sedikit miss untuk lagu ini.

Rate : 💚💚💚

I’m out

Beda dengan lagu sebelumnya, lagu ini lebih bermain di akustik, meski di tengah tetap saja EDM-nya masuk dengan masif. Khusus untuk lagu ini, aku merasa musiknya terlalu menutupi vokalnya, dan ini jelas kekurangan. Karena untukku, I’m Out sebenarnya masuk kategori enak.

Temponya cukup lambat, biasanya lagu seperti ini lebih oke saat live. Tidak sabar melihatnya. Kekurangan lain lagu ini adalah ad-lib yang aneh di verse 2. Kenapa tiba-tiba jadi ada suara Transformers di bagian ini? Overall, aku sedikit kecewa dengan lagu ini dari musiknya.

Rate : 💚💚💚1/2

ハッピーオーラ Happy Aura

Sakamichi Review : Happy Aura

Sejujurnya, bagiku ini mungkin salah satu lagu  Hiragana paling lemah. Tidak menghitung Hashiridasu Shunkan, porsi Hiragana di single selama ini kurang lebih sama seperti Under di Nogi, sering menjadi pembawa angin yang berbeda. Kali ini masih sama, tapi….

Happy Aura tidak memberi kesan demikian. Bagian refrain menjadi yang terlalu biasa, rasanya terlalu flat. Tidak ada perbedaan dari keseluruhan, kalau tanpa “yeah yeah” dan “happy happy aura” aku tidak bisa membedakannya. Tapi selain bagian ini, sebenarnya lagu ini oke.

Kali ini, Hiragana tidak membawakan lagu yang impact-nya sama seperti sebelumnya, meski Happy Aura juga tidak bisa dibilang jelek. Lagu ini hanya membawa minus yang kurang sesuai dengan seleraku.

Rate : 💚💚💚

302号室 302-Goshitsu

Sakamichi Review : 302 Goshitsu

Duet Senkou Shimai yang bisa dibilang unit baru yang bisa berakhir sebagai one shot unit atau lanjut terus. Kupikir semua itu bergantung pada lagu ini. 302 Goshitsu mendapat nilai lebih untuk MV, tapi bagaimana dengan lagunya? Pon selalu dilihat sebagai vokalis, Mizuho bukan.

Berubah dari folk yang biasanya, kali ini lebih terdengar retro. Dengan bumbu modern yang kental. Campur aduk jadinya kurang bisa dinikmati, 302 Goshitsu bukan jenis lagu favoritku. Tapi perhatian utamaku untuk unit ini adalah vokal, bagaimana duet baru ini akan tampil?

Pon tidak perlu ditanyakan. Yang kudengar Mizuho masih dengan karakter vokalnya yang anime-ish. Mendengarkan lagu ini, apa yang bisa kukatakan, saat menyanyi sendiri-sendiri, that gap is sure… but it’s got a little better when they’re sing together. For now, I’ll hold up.

Rate : 💚💚💚

音楽室に片想い Ongaku Shitsu ni Kataomoi

Sakamichi Review : Ongaku Shitsu ni Kataomoi

Masih sama seperti Bathroom Travel, I couldn’t bear it more than twice. Still too sugary, I think better avoid this one if you’re watching your sugar level. Mendengarkan Ongakushitsu di tengah-tengah dua lagu dengan nilai vokal yang lebih tebal, jangan berharap dengan lagu ini.

Well, lagu seperti ini selalu punya penggemarnya sendiri, tapi orang itu jelas bukan aku.

Rate : 💚💚💚

日が昇るまで Hi ga Noboru Made

Hello Goodbye

Sebagai lagu terakhir Zuumin dalam nama Keyakizaka46, Hi ga Noboru Made tidak jauh berbeda dengan solonya yang lain seperti Natsu no Hana wa, Himawari Dake ja Nai. Kental dengan alunan piano dan menonjolkan vokalnya. Lagu ini tidak terlalu easy listening dibanding Himawari, tapi lebih kuat dari feel.

She’s drawn me in quite so. Ini nilai paling kuat dari lagu ini, meski jelas tidak bisa dibilang solo terbaiknya. Masih ada ciri khasnya yang sedikit susah mencapai range tinggi dari lagu ini, sesuatu yang membuat posisinya sebagai vokalis kurang kredibel.

Dan jujur saja, lagu setipe ini tidak akan banyak membantunya kalau dia serius berkarir juga sebagai solois nantinya.

Rate : 💚💚💚1/2


Conclusion

Having mixed feelings or contradictory ideas about something or someone.

Begitulah referensi atas makna Ambivalent. Makna yang sesuai dengan single ini secara keseluruhan. Pertama dari jumlah member, ada yang pro dan ada yang kontra, dan ada worshipper dengan segala kebenaran kata-kata mereka. Maha benar netizen.

Kedua, dari member-member tertentu, dari yang hiatus sampai yang grad, ada pendapat ini dan itu, dan biarpun itu tidak berpengaruh pada single ini sendiri, perbedaan pendapat selalu ada. Ketiga, ini dariku pribadi, S&F still don’t know what to do with Hiragana, at least for today.

Kita tahu audisi bersama sudah selesai dan kini tinggal menunggu pengumuman siapa saja yang akan masuk Kanji dan Hiragana, pun demikian dengan status generasi keberapa. Kalau Hiragana masih hanya mendapat satu jatah lagu per single, rasanya tidak ada gunanya.

Yah, kuharap solusinya bisa segera ketahuan. Toh kalau dipikir, Hiragana lebih banyak outside job belakangan ini. Stage play menjadi contoh nyata. Cash yang mereka alirkan juga tidak sedikit, album kemarin juga sukses. Membicarakan album, penjualan Ambivalent sedikit menurun.

Sakamichi Review : Hashiridasu Shunkan

Dibandingkan dengan Garasu, penjualan minggu pertama Ambivalent lebih rendah. Dari 833.846 berbanding 811.684 versi Oricon. Apa ini efek badai yang menerpa, ditambah hiatus dan graduation? Kalau itu jelas, malah kalau dipikir realistis, ini malah naik. Kok bisa?

Karena 3 member absen total tapi selisihnya hanya sekitar 20K, ingat, jatah HS tiga member ini besar, nama mereka juga favorit fandom. Keseluruhan, ini membuktikan popularitas Keyaki masih kuat meski tanpa tiga member. Jadi kalau ada yang bilang single ini ngos-ngosan, itu keliru.

Overall, single kali ini memang ambivalent. Suka atau tidak, ya ini Keyaki. Warna mereka, musik mereka, drama mereka. Apalagi yang diharapkan?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

19 Replies to “Sakamichi Review : Ambivalent”

  1. Overall single ini lumayan bagus buat summer. Tipikal summer keyaki.

    Hiragana kayaknya bakal ngumumin independent deh setelah new members masuk. Dan berharap namanya jangan hiragana keyakizaka lah, krna mereka kalo ga ganti nama bakal di overshadowing sama kanji terus.

    1. Summer yang gelap? 😀

      Independen sih jelas enggak mungkin, nama Hiragana udah tenar. Mungkin sekedar bakal dapet status otonomi khusus 😀

  2. Pertama kali saat denger semua lagu nya,
    ambivalent bener” pas bgt ama taste ane,
    tp dr pada itu lbh demen sama lirik nya wkwkw, serasa yg nulis lirik itu anak SMA atau remaja yg mulai bosan ama pergaulan yg semakin menjijikan hahaha

    anggap lah gua orang yg baik hati dan chin chai lah ya,
    1. Ambi – 5/5
    2. Student Dance 2/5
    3. I’m out 3/5
    4. Happy Aura 3/5
    5. 302 Goshitsu 3/5
    6. Ongaku Shitsu ni Kataomoi 2/5
    7. Hi ga Noboru Made 5/5

    Overall single ini ckup ok untuk summer kali ini.
    dan sejak audisi nya udh slesai…?!
    sekarang nunggu gimana nasib para SISWA BARU itu di kanji/hira 🙂

    1. Belum liat liriknya, dan setelah baca komennya jadi makin gak pengen cari tau arti liriknya 😀

      Wah nilainya Student Dance sama Ongakushitsu sama? 😀

      Tinggal nunggu kepastian mereka masuk grup mana, dan setau ane masih ada 6 yang gantung nasibnya, belum ada kejelasan kan?

  3. Sepertinya bukan tipe yg suka lirik kyk gitu ya hahaha
    its okay

    Mungkin karna memang kurang demen, jadi nya aku kasih nilai sama aja,
    itu nilai nya 1-5 kayak (Gak suka, Lumayan, Okeiiii, Leh uga, Nice!)

    Nah iya, masih belom jelas juga nogi, kanji, hira… masing” ambil berapa dr total yg lolos itu

    1. Enggak tahu gimana liriknya juga mana bisa bilang gitu 😀

      Ambivalent jadi single yang beneran ambivalent 😀

      Hmm, #ditunggu aja, kapan lagi bisa ngomong begini 😀

  4. Cover
    Cover terbagus Keya sejauh ini, black tp dihiasi bola yg colorful.
    Rate: 4.9/5

    Tracklist
    — Ambivalent
    Masih nafas Keya, dan yah bukan lagu tipe kuping ane, tp emang lebih enak ktimbang main song 2 single sebelumnya.
    Ane malah suka bagian bla bla nya 😀
    Rate: 3 / 5

    — Student Dance
    Pertama x dengerin, kurang sreg, malah lebih kurang sreg ktimbang lagu ambivalent, tp pas dengerin kedua x pake headset sambil mejamin mata, jd agak sedikit suka. Aransemen gitar listriknya jadi poin utama yg ngerubah pnilaian ane sma nih lagu. Bisa dibilang pengaruh gitar kasih 90% pnilain positif ane sma nih lagu 😀
    Rate: 3.5 / 5

    — I’m out
    Lagu yg mnurut ane masih setipe SiMajo atau Getsuyobi dari warna musik n aransemennya. Akustik nya masih terasa.
    Rate: 3.3 / 5

    — Happy Aura
    Sampe skrng ane masih pnasaran, apa cma prasaan ane atau emang aranaemen musik awal lagu ini ada mirip2 sma lagu MUSE, mslahnya ane gak punya lagi file lagu2 Muse lantran dah ganti HDD krn HDD yg ada lagu2 zaman sblm ngidol rusak.
    Intinya suka sma lagu ini, apalgi pas bagian “ye~ iye…HEY!” Bikin happy n semangat 🙂
    Pas bagian lirik, “Mi..inna, minna…” jd keinget lagu kluarganya Chiichan 😀
    Rate: 4 / 5

    — 302 Goshitsu
    Musik intronya ngecohin 😀
    Udah, habu sma Goninbayashi aja. Hdupkan n kasih MV goninbayashi 🙂
    Raye: 3 / 5

    — Ongaku
    Masih setipe Bathroom, bhkan klo ane disuruh nilai mna yg lebih enak antra Ongaku atau Bathroom, gak bisa milih 😀
    Klo dri segi vocal, kyknya sedikit lebih mendingan lagu Ongaku
    Rate: 3 / 5

    — Hi ga Noboru
    Klo ane ngoshiin Zuumin, mungkin bakal nangis guling2 dengerin nih lagu, tp berhubung enggak, jd hanya skedar, “wah berat nih feel lagu buat Zuumin oshi”.
    Rate: 3.3 / 5

    Akhirnya kelar juga, dah berjamur notif nih postingan di inbox ane 😀

    1. Oh, kirain lagi sibuk talak bini2 dari Keyaki soalnya udah bosen sama grupnya 😀

      Ane udah lupa-lupa inget lagunya kaya gimana, jadi responnya besok2 aja sehabis Produce kelar 😀

  5. Perasaan ke grup dan perasaan ke bidadari itu 2 hal yg betbeda pak, jgn disatuin 😀

    Gak usah direspon jg gk apa2, ane jg gk inget2 x 😀

    1. Oh beda toh 😀

      Kenapa? BOsen? 😀

  6. Sangat amat teramat berbeda 😎

    Gak ada yg msuk list HP ane, jd gak pernah dengerin lagi, bukan cma lagu keya, lagu Nogi jg, 2 single sakamichi x ini kurang ngejreng, kcuali sankaku no akichi yg ttp bisa masuk ke list HP ane 😀

    1. Boku wa iya dah 😀

      Oh, jadi udah sampe titik bosen nih buat Sakamichi? 😀

  7. Ya iya dah, masak ya iya ding 😀

    Klo bosan mana mungkin lagu UNDER masuk list, eh sma lagu Hiragana, lupa ane 😀
    Cuma 2 lagu itu yg bershabat sama kuping 😀

    1. Lagu Under sama lagu Hiragana? Itu sih palingan buat iler material doang 😀

  8. File mp3 apa nya yg mau diilerin pak?

    1. Entahlah, tanyakan pada duta iler nasional 😀

  9. -__________-“

  10. First listening, single Ambivalent kukira bakal setingkat sama SekaAi. setelah didenger berkali-kali, ternyata Ambivalent tidak lebih dari Silent Majority, kuat di main single, weak di coupling nya. sorry untuk kekejaman kata-kataku selanjutnya, tapi (sorry) that damned unit Nerue Oze Koike yang bikin memperparah single ini (walaupun harus diapresiasi perubahan yang terlihat dari lagu pertama mereka ke lagu ini, dari yang candy-candy jadi girly-girly). tidak lupa juga sama lagu terlemahnya Hiragana, one strike unit, dan solo nya Zomen yang uhh kebanyakan, bikin bosen (though I enjoy every single of Zomen songs tho). Hal yang (mungkin) menjadi kelebihan dan hal baru bagi Keyaki dari single ini menurutku cuma Student Dance nya yang electro sangad dan liriknya agak nganu. ternyata emang belum ada yang bisa ngalahin Sekai ni Wa Ai Shika Nai secara keseluruhan single ya 😀

    1. Mungkin karena itu juga, 8th single bakal rilis tahun depan. Dari segi materi Keyaki lagi down sekarang ini, belum lagi drama dimana2.

      Kalau nyari single terbaik, susah untuk bilang sih, soalnya kalo gak ngedengerin lagi semuanya, gak bisa bilang mana yang paling oke, ingetnya pasti dari main single-nya doang 😀

Leave a Reply