Sakamichi Review : 302 Goshitsu

Brand new unit, mungkin bisa dibilang kombinasi yang tidak pernah terpikirkan olehku. Habu dan Pon dalam unit Senkou Shimai membawakan lagu berjudul 302 Goshitsu di 7th single ini. Nah, unit ini mungkin akan berada dalam bayang-bayang unit Pon sebelumnya, tapi kita lihat saja.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk 302 Goshitsu.


Setelah berita Hello Goodbye kemarin, prospek akan hilangnya kesempatan Pon untuk terus unjuk gigi di single Keyaki seolah tertutup. Well, untungnya, di Ambivalent ini dia masih mendapat jatah lagu, hanya bukan lagi dengan nama Yuichanzou.

Dengan Mizuho, unit mereka dinamakan Senkou Shimai. Selain lagu, 302 Goshitsu juga mendapat MV.  Sutradanya dipegang oleh Tsukita Shigeru yang pernah menyutradari MV MARRY, jadi aku tidak berharap banyak dari track record-nya. Kalau dari Nogi, dia paling baru menyutradarai Sankaku no Akichi.

302 Goshitsu dibuka dengan adegan bird eye dari sebuah rumah tradisional. Penggunaan drone kali ini jelas jauh lebih baik dari biasanya Keyaki. Digambarkan kamera masuk dari langit ke dalam rumah dan penggunaannya 360 a la VR.

Secara garis besar, tidak ada storyline dari MV ini, hanya drone yang terus mengambil gambar secara kontinyu. Interior rumah dan legs, lot of legs, menjadi main point dari 302 Goshitsu. Hanya ada dua dance scene disini yang menurutku malah merusak estetikanya.

Sudah oke menampilkan pemandangan dan kehidupan khas musim panas, kenapa malah ditambah dance yang random? Jujur saja, bagian itu membuatku paling meh selama menonton MV ini. Lebih dari sekali pula.

Selain dance scene, kupikir secara keseluruhan 302 Goshitsu adalah MV yang bagus. Konsepnya fresh modern, hal seperti ini tidak akan bisa dilakukan 5 tahun lalu sewaktu drone belum sepopuler sekarang. Ini adalah aspek paling kuat di MV ini.

Teknik sinematografi kece seperti ini benar-benar baru dan berhasil membawa keluar warna yang ingin ditonjolkan. Kita sebagai penonton ditempatkan dalam posisi sebagai nyamuk yang berkeliling rumah yang secara kebetulan ditempati Senkou Shimai -ada yang tahu alamatnya?-

Warna yang kumaksud di MV ini adalah warna musim panas, karena hal khas musim panas seperti soumen, kembang api, senpuuki, dan yukata juga ditampilkan. Penggunaan drone menangkap semua itu menjadi lebih natural, apalagi sebagai nyamuk.

Kalau kubilang, ini adalah MV terbaik musim panas 2018. Minus di cerita, tapi konsep pengambilan gambar dan eksekusinya menang besar. Untukku nyaris sempurna, nilai 4.5/5 untuk MV. Kemana hilangnya 0.5 poin sisanya?

Hilang ke dance scene yang masih, menurutku mengurangi estetika musim panas yang sudah oke. Kalau dance-nya tidak begitu berbau Keyaki dan lebih ke Bon Odori sih masih oke ya, tapi ini terlalu modern dan menghilangkan kesan vintage keseluruhan dari MV ini.

Bicara soal vintage, kostum yang dipakai juga terasa demikian, terutama dari dress polkadot biru yang dipakai Pon. Hal yang sama untuk Mizuho meski miliknya sedikit lebih terkesan modern. Yang paling jomplang tentu yang dipakai di dance scene kedua, terlalu modern untuk MV ini.


Overall, 302 Goshitsu adalah MV yang oke terutama dari konsepnya. Salah satu MV terbaik Keyaki dari segi konsep, benar-benar fresh dan eksekusinya mantap. Ini MV yang paling membuatku semangat saat mereviewnya di musim panas ini.

Yah, tidak ada lagi yang bisa kukatakan. Minusnya storyline pun jadi tidak berasa lagi karena permainan kameranya sudah top notch. Urusan fanservice pengundang iler pun sudah berhasil dilakukan dengan baik. Siapa yang setelah ini akan mendukung Senkou Shimai?

MV-only, this one is gold.

Harus kubilang, ini MV yang lebih dari layak sebagai debut unit, tapi ini sih tergantung sutradaranya juga. Apakah layak untuk menantikan kelanjutan Senkou Shimai? Sementara ini aku akan menjawab, nikmati saja secara penuh 302 Goshitsu.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

13 Replies to “Sakamichi Review : 302 Goshitsu”

  1. The reason to watch this MV is 🙂

    Memang bagus kali ini MV nya, lbh santai ntn nya dan segar saja lihatnya wkwk

    apa mungkin jd unit numpang lewat saja atau akan berlanjut.. cukup menarik hahaha

    1. Is….what? 😀

      Seger karena apa? 😀

      Belum bahas lagunya, kalau udah mungkin ane bisa kasih gambaran kelanjutan unit ini 😀

  2. Basah basah basah….
    Lagi2 MV “basah” disingle ke 7 ini 😀

    MV nya musim panas sangat, ane gak ada keluhan sama MV ini, lokasinya, storynya, kameranya, fashionnya dll. 4,99 deh buat nilai MV nya 🙂

    1. Kenapa harus basah buat ente? 😀

      Itu aspek yang bikin ente basah gak masuk? 😀

  3. Knp gak boleh basah buat ane? 😀

    Dahlah pak, paket komplit itu yg 4,99 😀

    1. Oh iya, serigala mah bebas ya 😀

      0.01 nya kemana? 😀

  4. Iyain ajalah 😀

    0,01 nya terbang bersama nyamuknya 😀

    1. Cie mengalihkan pembicaraan 😀

      Nyamuk atau nyamuk? Iri sama nyamuk? 😀

  5. Nahkan, diiyain salah, tar ane jujur ngebantah salah jg TT

    Hina x ane klo sampe iri sma nyamuk, ane iri sama kipasnya 😀

    1. Kan emang selalu salah 😀

      Kipas yang mana? 😀

  6. TT

    Males jawab pertanyaan yg malesin buat dijawab 😀

    1. Kenapa? Takut HBD-nya ketahuan? 😀

  7. . . . . . . . . . . . . .

Leave a Reply