Sakamichi Review : Student Dance

Coupling dari Ambivalent, Student Dance, dirilis sekitar seminggu sebelum review ini rilis. Well, seri Sakamichi Review memang sedang terlambat akhir-akhir ini karena kondisiku tidak memungkinkan. Sekarang sudah mulai membaik dan untuk beberapa hari kedepan, tiga Sakamichi Review terakhir dari Ambivalent akan rilis.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Student Dance.


Jujur, aku tidak mengikuti pendapat netizen yang budiman karena saat MV ini rilis sedang “mencapai puncak” tapi dari beberapa yang kudengar, banyak yang tidak menyukai MV ini. Sebagian bilang karena musik, sebagian karena MV yang terlalu artsy seperti biasanya Keyaki.

Well, kita lihat saja bagaimana pendapatku di akhir review. Oh, MV ini kembali ditangani oleh Ikeda Kazuma. CV-nya dalam MV Keyaki sudah tidak perlu dipertanyakan. Beberapa adalah fans favorite, jadi kalau mengkritik MV ini jelek, mungkin ada yang salah.

Dibuka dengan timer yang dimulai dari menit 05.28.18, entah apa maksud dibalik angka ini. Member berada dalam sebuah lingkaran dengan angka di depan mereka. Dan satu lagi enigma adalah hanya angka 1-12, inverted 12-1 untuk bagian dalam.

Di luar lingkaran ini, adalah fandom yang selalu memata-matai grup. Sementara di dalam, scene berubah. Ada yang bertarung di atas meja -Captain Uma & Drill Sergeant- ada yang berdiskusi yang mirip dengan adegan Neru dari Getsuyoubi -Yone & Mizuho- ada yang malas-malasan -Neru-

Oda yang sendirian berjalan di luar, Ue, Nijika, dan Naako yang digambarkan sebagai… apapun itu, mereka bertiga bermain seperti bocah. Di bagian ini berakhir dengan Mizuho memberi Yone surat setelah mengelilingi stage satu kali. Adegan beralih ke stage lain dengan member yang berbeda.

Dan aku malas untuk menghitung siapa lagi yang ada, yang jelas ada 9 orang di scene ini, menari dengan dance yang tidak kurang aneh dari Eccentric dan ditambah kaca. Yang menarik mata jelas Oda yang juga ada di bagian ini. Kenapa aku bisa melihatnya? Karena dance-nya terlambat satu langkah.

Beralih ke scene yang sama-sama dengan lingkaran dan papan angka itu. Bedanya kali ini background-nya adalah persimpangan jalan. Ada Risa-Mii dan Tecchi-Neru disini. Hmm, jujur aku tidak paham dengan bagian ini. Belum sempat mencerna, sudah pindah scene lagi.

Bagian selanjutnya cukup creepy, terutama karena senyum member yang dipadu lighting dramatis, dance yang menurutku agak ofensif, bahkan untuk ukuran Keyaki. Ofensif dalam arti yang tidak bisa kukatakan secara gamblang, intinya, tidak salah kalau kubilang Student Dance ada di level gelap yang berbeda.

Dance scene di MV ini memberi efek yang paling kena untukku dari MV Keyaki sejak Getsuyoubi. Tidak, ini benar. Karena itu adalah satu-satunya Sakamichi Review yang masih kuingat cukup detil sampai sekarang untuk MV Keyaki, MV-MV selanjutnya bagus, hanya tidak bisa “mengena” sampai sedalam itu.

Student Dance merubahnya. Untukku, formasi 4 orang Tecchi-Neru-Risa-Mii adalah yang paling memorable, lebih lagi karena selama ini kupikir Mii tidak terkenal lewat dance bukan? Dan tentu, kredit lebih untuk Tecchi dan empat yang ada di scene yang menggunakan air; Suzumon, Fuuchan, Yuipon, Nijika?

Urusan sinematografi, dulu aku sering dibuat kesal kenapa Keyaki tidak menerapkan konsep 360° di MV mereka, eh sekarang, malah mereka keterusan. Beberapa MV terakhir Keyaki selalu memakai 360 dan Student Dance bukan pengecualian.

Jadi, memang agak membosankan, tapi untungnya, MV ini oke. Tidak bisa kubilang seratus persen seleraku, tapi impact Student Dance untukku menghapus minus dari 360 yang membuat pusing. Untuk aspek lain -memangnya ada?- kurasa tidak banyak keluhan.

Oh, kalau untuk screentime, ya jangan berharap banyak, lebih tepatnya, telan saja apa yang disuguhkan. Sejak kapan MV Kanji memuaskan untuk urusan screentime? 

Kostum di Student Dance, jelas, jelas sekali, terinspirasi dari satu adegan dari A Clockwork Orange. Kalau kalian pernah menonton film ini, selamat, artinya kalian pernah mengalami masa-masa sebagai edgy atau pecinta teori konspirasi.

Film karya Stanley Kubrick ini adalah salah satu film yang bagiku, benar-benar membuat perasaan campur aduk. Kostum ini digunakan dalam adegan-adegan paling…..well, involves sex and murder as long as I remember.

Kalau saja ada cane di MV ini, kemiripannya akan semakin kentara. Yah, membicarakan Clockwork Orange, Student Dance, aku merasa sutradaranya terlalu terpengaruh oleh Kubrick. Selanjutnya, kuharap konsep A Space Oddyssey akan digunakan kalau dia menggarap MV Keyaki lagi.


Overall, Student Dance adalah MV yang berkesan untukku. Ya, memang untuk kali ini, preferensi pribadi berperan banyak. Karena aku sedang ingin melihat quality MV setelah Jikochuu de Ikou kemarin, Student Dance seolah berada di level yang berbeda.

Student Dance membuatku berpikir, meski konklusinya tidak ditemukan. Teka-tekinya terlalu random, yah, seperti biasanya Keyaki. Tapi nilai paling oke dari MV ini jelas adalah visual. Bukan visual pengundang iler seperti kesukaan kalian, tapi visual yang lebih ke arah artsy.

Yah, pendapat kalau MV ini terlalu artsy jadinya memang tidak salah. Yang pasti, aku mereview MV ini dengan singkat, karena memang membuat semangat. Kurasa pendapatku akan menjadi minoritas. Dan karena ini late, late review, bagaimana pendapat kalian? Masih ingat MV-nya atau sudah lupa?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

19 Replies to “Sakamichi Review : Student Dance”

  1. Basah basah basah… 😀
    Apa cuma ane, krn dance di lagu ini lebih bisa dinikmati dan diamati ktimbang dance yg grasak-grusuk biasanya, jd klo ada yg agak telat dikit gerakannya, klihatan.
    Trus ane gk tau sapa itu, di menit 02:51 yg disamping suzumon, kakinya gak nendang 😀

    1. Iler iler iler? 😀

      Soalnya slow dance, ya iyalah gampang keliatan, apalagi kameranya pake muter2 😀

      Siapa yang di satu scene sama Suzumon itu misteri, tebakan ane masih sama 😀

  2. Apa yg mau diilerin? 😀

    Berarti emang ada yg telat kan? Bkn cma prasaan ane? Soalnya slm ini kbnyakan grasak-grusuk n gk bgtu merhatiin dancenya gra2 konsen buat nangkap momen2 bidadari2 ane nongol 😀

    “tebakan ane masih sama” ← Hmmm??????

    1. Entahlah, biasanya kan ente ada aja yang diilerin 😀

      Bukan ada lagi, banyak 😀

      Ya itu diatas ane tulis siapa aja kira2 membernya.

  3. Oh iya ada, pas momen wajah UEkuh tersorot kamera, chu chu chu 😀

    Hahaha, berarti klo dance bkn grasak-grusuk skill kekompakan Keya masih perlu dipertanyakan lah ya? 🙂

    Oh, bilang dong yg jelas 😀

    1. Ue doang? 😀

      Buat MV sering kok, cuma kalau pas live ya agak ketutupan 😀

      Ente aja yang gak paham 😀

  4. Kesan pertama cool aneh kayak biasa… Dan liat komen-komen ini kayak film clockwork orange dan search apa film itu… Wtf, Baru dah ngerasa creepy wkwkwk

    Dance not bad… I hope perform live nya bagus, kayak ambivalent gua meremehkan dance nya waktu di MV setelah liat perform live jadi wah liat nya… Juga di dance ambivalent dumasukin dance single 1 sampai 6 untuk yg suka mengenang masa lalu :v

    Untuk arti lagunya… Hmmm Ok no comment… :v
    Selebihnya guuud

    1. Jenis film yang bukan untuk konsumsi umum. Tapi gak ada salahnya sutradara ngidolain Stanley Kubrick 😀

      Ane belum liat live Ambivalent, gak tau deh kemarin2 ngesave link video masih hidup atau enggak 😀

      Belum liat juga arti liriknya 😀

  5. Berika sama Neru tak sejelas kyk UE 🙂

    Berarti ane aja yg gak perhatiin n tumben2nya x ini merhatiin 😀

    😀

    1. Kemana mereka? 😀

      Keliatannya ente kurang kerjaan 😀

  6. Eh Meru lmayan klihatan wujudnya meaki mukanya gk aejelas UE, nah Berika yg ane gak lihat pasti, tp ntahlah, cma 2 x lihat MV nih, itupun yg satunya dicepet2in 😀

    Kebalikannya malah, sepertinya ane terlalu kerja keras 😀

    1. Neru gak jelas? Ente yang rabun atau gimana? 😀

      Sama2 gak jelas 😀

  7. Tp gk sejelas UE kan, yg terlihat giginya, bibirnya, hidungnya, matanya, alisnya, poninya, intinya kecantikannya klihatan jelas 😀

    😀

    1. Mau ngeludah enaknya dimana ya 😀

  8. Biasanya ente ngeludah dmn? 😀

    1. Di kosan sebelah 😀

  9. Nyesel ane nanya ‘~’@*$-_♡●→¥©↑©→©

  10. Pake nanya lagi TT

Leave a Reply