Sakamichi Review : Jikochuu de Ikou!

21st single Nogizaka46, Jikochuu de Ikou! akhirnya dirilis pada 8 Agustus 2018. Dan karena belakangan ini bukan waktu yang memungkinkan bagiku untuk menulis review tepat waktu, ditambah banyaknya berita-berita unexpected, maka baru hari ini review untuk lagu-lagunya rilis.

Aku sendiri baru mendengarkan lagunya secara penuh sekitar dua hari lalu, sebenarnya Sakamichi Review kali ini tidak terlalu detil juga sih, karena aku tidak sedang dalam mood untuk mendengarkan single ini dengan amunisi lengkap, karena toh telingaku juga masih agak mampet.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Jikochuu de Ikou!


Covers Coverage

Seperti biasa, ada lima cover, bedanya kali ini Type A bukan lagi privelege center, karena tridente ada disini. Type B diisi oleh Iku, Yoda, dan Kaz, dan ini benar-benar membuatku ingat akan Red Flavor-nya Red Velvet. Type C dengan konsep diving.

Type D diisi oleh member “dewasa” dan mungkin banyak yang akan ngiler dengan Capt, sekali lagi. dan terakhir Type Regular oleh member 3rd row dan ini adalah cover dimana mishap terjadi dengan jelas. Cover kali ini membawa warna-warna pastel yang lebih dari tahun lalu, dan jelas menarik perhatian untuk dibeli.

Tapi, untuk urusan sesuai atau tidak dengan lagunya, baca saja review sampai selesai 😛

Tracklist

ジコチューで行こう! Jikochuu de Ikou! 

Sakamichi Review : Jikochuu de Ikou MV

Main single yang membuat Ashurin menjadi center untuk kedua kali. Jikochuu de Ikou! akan selalu dibandingkan dengan Hadashi karena centernya sama. Dan untukku, Jikochuu berbeda dari Hadashi apapun pendapat orang. Jikochuu terdengar lebih matang dari segi musik maupun centernya.

Akustik terdengar dominan, tapi menurutku bass juga terlalu dominan disini. Disini membuatku agak kesal, karena kesannya jadi saling tabrakan. Efeknya? Vokal jadi terdengar mendem, dan kalau EQ ku-set ke treble boost, hancur suaranya.

Seperti Hadashi, disini vokal center tidak terlalu diutamakan, itu bagian coupling. Hasilnya, meski aku ingin mendengar Ashurin lebih banyak, harus menerima kalau ini win-win solution. Untungnya, secara keseluruhan Jikochuu de Ikou, biarpun masih belum bisa menghapus kutukan summer single, bisa kunikmati penuh.

Rate : 💜💜💜💜

空扉 Sora Tobira

Sakamichi Review : Sora Tobira

Sebagai coupling senbatsu, Sora Tobira membawa nuansa yang berbeda dari Jikochuu. Lagu ini lebih menekankan pada tempo yang lebih cepat. Memang sedikit saja, tapi untukku kedengarannya membuat dua lagu ini terasa sangat berbeda.

Mungkin pengaruh dari center juga, aku merasa vokal lagu ini paling-bukan-Nogi dari single ini. Bagaimana menjelaskannya… mungkin karena vokalnya tidak terlalu familiar. Aku masih bisa mendengar member lain, tapi rasanya saat Ume dan front row, ada yang aneh di telingaku.

Membicarakan musik, seperti sudah kubilang, tempo yang cepat membuat lagu ini enak didengar. Bisa kubilang, kompensasi kelemahan di vokal dibayar lewat musik. Tapi jelas, ini subyektif.

Rate : 💜💜💜1/2

三角の空き地  Sankaku no Akichi

Sakamichi Review : Sankaku no Akichi

Under Song kali ini centernya berbeda dari prediksi. Bukan Chima, Ranze, atau Kiichan tapi Kanarin. Dan cukup bagus. Well, dibuka dengan intro piano yang khas Nogi, beat drum masuk dengan cukup intens di awal. Sankaku no Akichi menampilkan suara Under yang beda dengan Kanarin sebagai center.

Menurutku, vokal Kanarin kadang oke kadang tidak, dalam unit juga tidak stabil, untungnya kali ini lagunya cocok. Tapi killing part lagu ini jelas ada pada bagian rap -itu juga kalau bisa dibilang rap- yang adiktif. Selain bagian ini, overall lagu ini membawa beat yang khas Under.

Overall, jelas kalau Under selalu dipuja sebagai “penyelamat” bagi tiap single, tapi harus kuluruskan, ini tidak berarti harfiah. Lebih kepada mereka hampir selalu membawa output sound yang berbeda dari main single, tapi bukan berarti main single juga selalu jelek kan?

Rate : 💜💜💜💜1/2

自分じゃない感じ  Jibun Janai Kanji

Lagu Gen 3 kembali hadir. Kali ini dengan nuansa electropop & funk yang entah headphone punyaku yang bermasalah atau memang lagunya punya beberapa bagian distorsi yang agak aneh. Cukup sering terdengar di awal sampai chorus, seperti suara member dan musiknya berbenturan.

Ada juga suara laki-laki yang masuk di lagu ini, mungkin maksudnya untuk ad-lib tapi kok jatuhnya malah sama sekali gak nyambung. Overall, lagu ini bukan favoritku dari Jikochuu de Ikou!, tidak ada kesan berarti yang bisa kudapat dari lagu ini. Dan ini sedikit mirip dengan lagu dari Keyaki yang aku lupa judulnya, dari album kalau tidak salah ingat.

Sebenarnya, lagu ini mengingatkan pada lagu-lagu semacam Saturday Night, enak tapi butuh waktu lebih untuk grow on me. Setelah mendengarkan lagi, aku menambahkan paragraf terakhir ini sebelum artikel ini rilis. Serius, dua paragraf diatas kutulis dua hari sebelumnya.

Rate : 💜💜💜1/2

心のモノローグ  Kokoro no Monologue 

Sakamichi Review : Kokoro no Monologue

Duet Double Suns untuk pertama kalinya dalam sejarah Nogi. Dan setelah MV, kurasa aku sedikit banyak kurang semangat untuk lagunya saja. Benar saja, aku sampai harus mengeset equalizer menjadi bass boost untuk mengurangi distorsi yang berlebihan.

FYI, aku jarang memainkan EQ tiap mereview lagu karena itu mengganggu keluaran suara aslinya. Tapi untuk Kokoro no Monologue, mau tak mau aku jadi mengutak-atik karena levelnya sudah mengganggu. Kokoro no Monologue bukan satu-satunya lagu dimana aku harus men-set EQ.

Membicarakan mengganggu, aku tidak yakin vocal range Maiyan dan Naachan setinggi ini sih kalau melihat lagu-lagu mereka sebelumnya. Hanya di beberapa bagian, terutama rap, mereka terdengar kehabisan nafas, tapi tetap saja…. Karena vokal mereka secara keseluruhan sudah kudengar stabil.

Rate : 💜💜💜

地球が丸いなら Chikyuu ga Maruinara 

Sakamichi Review : Chikyuu ga Maruinara

Ashurin & The Kids. Beranggotakan Ashurin, Yoda, dan Momoko, trio ini mendapat MV paling meaningless dari Jikochu de Ikou! dan lagu yang juga agak annoying. Well, tidak separah itu juga sih, karena aku suka Seifuku wo Nuide Sayonara wo, tapi Chikyuu ga Maruinara berbeda.

Vokal unik Ashurin sama-sama menjadi poin di dua lagu ini, tapi aku merasa ada sesuatu yang aneh dari sini. Ashurin seperti hanya ada di vocal range bawahnya, menyeseuaikan tempo lagu yang lambat. Tidak bisa bilang aku suka, karena lagu ini terlalu “main aman” dan cenderung datar tanpa up & down. Bukan selera sih.

Yoda dan Momo juga seperti dipaksa ikut di range yang sama, datar saja. Padahal lagu ini jelas membuat suara mereka terdengar jelas, bagiku lebih daripada Nigemizu, tapi karena faktor lagu, jadinya kok sayang. Sekali dua kali mereka berdua terdengar oke, terutama Yoda.

Rate : 💜💜💜

あんなに好きだったのに・・・ Annani Suki Datta no ni… 

Kalau diatas kubilang vokal unik Ashurin menjadi poin utama, di lagu ini efeknya lebih lagi karena langsung kena di intro. Well, harus sedikit keras untuk adik satu ini, tapi memang vokalnya bukan tipe yang bisa membuat orang langsung suka lagunya. Annani Suki Datta no ni bukan pengecualian.

Sebagai lagu yang dipakai untuk Odaiba Minna no Yume Tairiku, Annani sebenarnya sudah oke. Meneruskan peran Boku dake no Hikari yang juga salah satu lagu favoritku dari 2016 dan Hito Natsu no Nagasa Yori, kesan yang kudapat sama. Lagu ini upbeat, cocok untuk summer, tapi seperti beberapa lagu lain, Annani sulit dinikmati tanpa utak-atik EQ.

Rate : 💜💜💜1/2


Conclusion

Overall, Jikochuu de Ikou! sedikit berbeda dari summer single biasa. Dari main single, menurut pendapat pribadiku, Jikochuu mungkin salah satu summer single yang paling easy listening untukku. Ada sesuatu yang beda dari Jikochuu secara lagu, dan dari single keseluruhan….

Ini bukan tipikal summer song yang akan kumasukkan dalam playlist. Well, tahun ini, negeri sebelah memberi lagu-lagu bertema summer yang ngeri, mungkin ini berefek pada selera pribadiku. Dan juga, LGM juga baru merilis single yang seperti biasa, membuat grup lain akan terdengar biasa.

Tapi memang, untuk Jikochuu de Ikou!, kali ini rasanya Nogi tidak membawa promosi khusus seperti tahun lalu. Malah rasanya kupikir tanpa promosi apapun. Nigemizu diberi embel-embel single pertama dengan center dari Gen 3, hype besar, dan jangan lupa, tahun lalu ada promosi Wonder Woman.

Kali ini, tidak ada yang seperti itu. Rasanya malah proyek seperti Zombie dan stage play, baik grup maupun individual yang lebih menonjol. I don’t understand it fully, me still lying on bed but why Nogi did the same?

Penjualan single ini di hari pertama juga seperti merefleksikan itu. Ini single pertama sejak Natsu no Free & Easy yang penjualannya turun dari single sebelumnya. Sama-sama summer single, kutukan atau tidak, yang pasti, secara komersial, Jikochuu de Ikou! bisa dibilang gagal, untuk level Nogi.

Akhir kata, bagiku single ini hanya seperti selayaknya Nogi, purple line yang masih digambar jelas, hanya tanpa hit yang sesuai seleraku paling tidak. Lagu bagus tentu ada, hanya tidak bisa kubilang adiktif untuk saat ini.

Bagaimana pendapat kalian? Atau sudah lupa karena ini late, late review?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

29 Replies to “Sakamichi Review : Jikochuu de Ikou!”

  1. Bukannya nigemizu juga turun yah?

    1. Is it? Ane lupa2 inget sih, soalnya pas review Nigemizu tahun kemarin, rilis pas di hari pertama jadi hasilnya belum keluar.

  2. Single yg easy listening ya,
    Setuju banget, untuk yg HYPE bgt sih engga ada, tp kalo gua kasih rank
    1. Sora Tobira
    2. Annani
    3. Sakaku
    dll

    suara ashurin emng gmn ya,, gk cocok bgt untuk di SOLO in, tp ya kadang musik nya ngebatu jdnya enak wkwkw

    ditunggu review AMBIVALENT nya,
    walaupun g kga brharap AMBIVALENT bakal dpt review yg LUMAYAN, karna kyknya bnyk bgt yg kurang SREK dengan si ke 7 ini hahaha

    🙂

    1. Lah main singlenya malah gak masuk? 😀

      Soal cocok gak cocok buat solo sih, tergantung musiknya ya kalau ane bilang. 😀

      Ambivalent baru mulai ambil MV-MV yang belum kereview. Deadline minggu depan sih buat yang lagu, soalnnya udah ada antrian TWICE sama Idle juga 😀

  3. Cover
    Bikin iler dah kyk hujan rintik2 😀

    Tracklist
    Jikochuu: Sekedar enak, gak ada yg spesial menurut ane. Jd klo urutan ver ane, hadashi, girls rule, jikochuu dst 🙂
    Rate: 3,5 / 5

    Sora Tobira: Sama kayak jikochuu, skedar enak 😀
    Rate: 3,5 / 5

    Sankaku: Dari awal ja dah suka sama gitar akustiknya + piano, trus disusul ketukan drum, simple is the best, halah 😀
    Dan ya, yg adiktif dri lagu ini ya bgian rap di reffnya 😀
    Rate: 4 / 5

    Jibun: Ada dpt info soal sapa centernya?
    Soal lagu, bukan selera ane, bagi ane lagu ini berada di peringkat bawah diantra lagu gen 3 sebelum2nya, tapi setidaknya gen 3 dpt lagu yg lebih bervariasi genrenya, gak kyk gen 2 😀
    Rate: 3 / 5

    Kokoro: kuat di MV nya buat ane, soal lagu sama kyk jikochuu sama sora tobira 🙂
    Rate: 3,3 / 5

    Chikyuu: Maaf sebelumnya, ane biasanya jrang bcr soal kualitas vocal klo soal grup besutan aki-p, tp pas denger lagu ini, hhhhh.. ada rasa pnyesalan n kkcewaan knp lagu unit Ikuchan, Reika n Misa malah gk dpt MV 😀
    Rate: 3,3 / 5

    Anna: Ntah, lagunya pling lemah ktimbang hito apalagi sama hikari. Upbeatnya kyk gak kerasa aja buat ane.
    Rate: 3,3 / 5

    Conclu: Lagu disingle x ini sekedar enak, gak ada yg terlalu spesial, UNDER sang pnyelamat, lagi! 🙂

    1. Hujan rintik2 DOANG? 😀

      Center dari Jibun? Perform aja belum kan setau ane? Mana bisa tau 😀

      Halah halah, penyesalan soal vokal, coba itu diantara Yoda Momo diganti Pikachu, pasti demen juga 😀

      Intinya, masalah dari lagu ini datang gegara pas campaign malah ada yang absen+lupa doanya, bukan salah lagunya 😀

  4. Versi bookletnya bidadari2 ane baru bikin hujan badai 😀

    Ya mana tau ada bocoran misalnya ada member yg cerita di blog. Klo Riria makin jrng update blog, klo Reno gk ada.

    Knp yg diganti MomoYoda? 😀
    Suara Riria lumayan loh 😎
    Pnyeselannya gra2 lagu kumoni gk dpt MV 😀

    Ini ente lagi bcra campaign di koujichuu ya? Ane blm nnton 2~3 episde blkangan ini. Bnyak yg perlu dicicil ini 😀

    1. Cetar membahana ya pak? 😀

      Lha ente yang biasanya update blog member malah tanya orang 😀

      Karena ngeganti Ashurin sama aja kaya bikin Star Wars tanpa Darth Vader 😀

      Kenapa? Ngebut nonton Produce? 😀

  5. Cuma bisa bilang, kebahagiaan dan keindahan yang hakiki 😀

    Ya kan ane cuma mantau blog reno n riria dan dah ane bilang, Reno n Riria gk ada bhs soal lagu baru gen 3 ini, blog gen 3 laennya ane gak tau 😀

    Hadehhhh TT

    Apa yg mau dikebut, dah nnton sampe ep 6 meski dah lupa2, episde selanjutnya blm sedot 😀

    1. Mungkin ada yang belum paham maksud ente, coba lebih detail 😀

      Ente juga salah tujuan blog kali, ya yang diliat itu yang bagian senbatsu dong 😀

      Tinggal dua episode loh, nyesel gak ngikutin 😀

  6. Klo ada yg gak pham, terlalu miris berrti hdupnya sampe gk ngerti prasahaan sederhana itu 😀

    Loh ini kan lagu gen3, semua mmber, gak pake senbatsu2an 😀

    Td baru sedot ep 7, tp blm nonton 😀

    1. Mungkin hidupnya terlalu berwarna, jadi gak bisa liat warna2 gelap 😀

      Maksudnya kemungkinan yang senbatsu jadi center kan lebih gede 😀

      Baru episode 7? Yang bikin ngiler itu 8,9,10 loh 😀

  7. Kebahagiaan kok warna gelap, brrti emng fak pham sma kbhagiaan 😀

    Nah justru itu, jdDmungkin Riria sma Reno yg gak senbatsu mls bhas, jd mana tau dri Zukki ad bhas 😀

    Asem, dikomporin pla

    1. Dark Side selalu lebih menggoda 😀

      Kayanya dari awal ane juga ngomong gitu sih 😀

      Dijamin mancing iler 😀

  8. -_____-”

    Tau ah gelap, nunggu nogishow ja 😀

    Nunggu sampe kelar ja alah biar langsung sedot sekalian 😀

    1. Ente yang ribet, ente sendiri yang gagal paham 😀

      Mana seru, sekarang lagi seru2nya 😀

  9. Itulah hebatnya ane 😀

    Lagi males ke warnet, musim hujan, pngennya nempel mulu sma guling 😀

    1. Saking hebatnya, ente bisa jadi kader parpol. Ngelesnya pinter 😀

      Sama guling? ckckck 😀

  10. Makasih buat pujiannya 😀

    Bidadari2 ane kan lagi pd sibuk TT

    1. Jadi, di dapil mana? 😀

      iknow

  11. Tergantung instruksi KTK-sama aja 😀

    Loh benerkan, ada yg sibuk sma suami baru, ada yg sibuk sma romeo, mozart dsb, puas?!

    1. Dapil Beruang Sehat kali 😀

      Itu bukannya cuma satu orang yang sama? 😀

  12. Tumben g bahas seragam pak?
    Trlalu capek y…. 😀

    1. Pas lagi high waktu rilis ini artikel 😀

  13. Ntar ane maju nyalon berpasngan dgn Mizuki yg dah dipercaya merawat beruang KTK-sama 😀

    TT

    1. Jangan ngajak2 adek ane ke salon, ente gak bakal kuat, apalagi sama kuma peliharaan baru kami 😎

  14. Gininih dampak dari sering izin ke toilet tp gak balik2 lagi pas plajran bhasa 😀

    1. Gak paham ya ente? Ya udahlah, mana ada kagetnya sih ane 😀

  15. . . . . . . . . . . . . . . . .

Leave a Reply