Sakamichi Review : Sankaku no Akichi

Sankaku no Akichi adalah Under MV untuk 21st single. Dirilis pada 3 Agustus lalu, berbarengan dengan Sora Tobira. Seperti biasanya Under MV, lagu ini cukup dinantikan untuk alasan yang sudah jelas. Dan dari pemilihan center sudah kelihatan akan berbeda.

Seperti biasa juga, maaf untuk keterlambatan review. Ini MV pertama yang kureview setelah pulang. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Sankaku no Akichi.


Kanarin menjadi center untuk lagu ini, lead role pertamanya seingatku, karena dia sebelumnya tidak pernah menjadi center kecuali sebagai Fukujin di Oide, Shampoo. Quick fact check, dia juga center untuk Haru no Melody, sekitar 5 tahun lalu.

Sutradara MV Muhyojou, Tsukita Shigeru kembali menangani MV Nogi setelah 3 tahun. Shooting dilakukan di Yokohama, meski tidak ada info yang lebih rinci tentang tempatnya. Yang pasti, tempatnya cukup tua.

Dibuka dengan flashback laki-laki tua dan seorang anak perempuan. Diceritakan itu adalah Kanarin yang sejak kecil sudah sering datang ke dance hall dan saat dewasa, tempat itu ditutup. Sebagai penampilan terakhir, Under tampil tanpa penonton.

Sebenarnya aku cukup bingung dengan storyline Sankaku no Akichi, karena cukup aneh melihat anak yang mungkin diceritakan sebagai Kanarin kecil dan laki-laki tua itu. Entah itu ayah Kanarin atau direktur dari dance hall ini. Porsi mereka juga cukup besar dan tidak dijelaskan lebih jauh.

Menurutku, laki-laki tua itu adalah direktur dari Rock Bancho, nama dari dance hall itu. Terlihat dari pengumuman yang ditempel di awal MV dan juga palang nama besar di dalam dance hall. Dan mungkin dia mengenalkan Kanarin pada show business atau masih kerabat. Well, semacam itulah yang kudapat.

Kenangan masa lalu itu menjadi vivid di masa sekarang setelah tempat ini akan ditutup. Bisa disimpulkan kalau Kanarin dewasa bekerja di tempat ini?

Storyline hanya berkisar disini, bagaimana kenangan akan tempat itu berpengaruh besar bagi Kanarin, tapi anehnya tidak untuk member lain. Ini yang membuatku bertanya-tanya apa peran yang lain? Dancer, atau hanya pemeran tambahan dalam kenangan Kanarin?

MV ini lebih banyak di dance scene sih. Dan kupikir porsinya tidak mengecewakan. Konsep a la era Gold Rush, atau Tokyo pasca PD I ini cukup menarik. Kostumnya sudah dapat sih, cuma aku tidak terlalu suka dengan warna rok yang terlalu berwarna, padahal untuk top sudah bagus seragam hitam.

Kesanya jadi terlalu gyaru, padahal yang didapat dari set dan pengambilan gambar sudah vintage. Yah, mungkin warna memang diperlukan, tapi ini kurang oke untukku. Selain itu, untuk outfit tidak ada masalah lagi.

Background set sudah oke, dance hall kuno memang begini dan rasanya mereka memaksimalkan space yang ada. Penggambaran backstage, bar, lorong, dan lain, karena ini menggunakan tempat asli, memberi nuansa yang beda dari hanya sekedar set.

Satu yang tidak kusukai hanyalah di stage lighting, terlalu cerah dan mencolok seperti Nigemizu. Akan lebih bagus kalau lighting natural saja, tapi ini mereka menambahkan disana-sini dan membuatnya tabrakan. Yang paling jelas saat kamera menyorot stage dari atas, duh.

Untuk sinematografi, siapa yang tidak akan setuju kalau kubilang MV ini menang banyak dalam hal screentime per member? Bicara soal keadilan….not yet, actually. Nilai hampir penuh dari sisi ini. Sementara untuk pengambilan gambar lain, rasanya tidak ada masalah.

Sementara untuk pemandangan set, kurasa Sankaku no Akichi adalah salah satu yang terbaik. Tidak berlebihan dan tepat, dalam arti mereka mengambil gambar Rock Bancho seperlunya di waktu yang benar. Misal saat Kanarin kecil dan Kanarin dewasa muncul di satu scene di stage saat awal MV.

Jikochuu dan Chikyuu berlebihan dalam mengambil background, atau setidaknya cukup sering mengambil long shot/bird eye view. Di Sankaku, karena background-nya juga indoor sih, lebih oke menurutku. Paling jauh diambil dari tingkat 2 menuju stage.


dunno why but this looks like a scene from a horror movie

Overall, Sankaku no Akichi adalah tipikal Under MV, selalu membawa sesuatu yang beda, dan generally speaking, better in terms of quality. Like the director know how fans gonna react and decided to go with the flow.

Tidak ada keluhan berarti, hanya beberapa yang minor seperti lighting dan lainnya, tapi keseluruhan, aku tidak punya kritik berat untuk MV ini. Bicara urusan memorable atau tidaknya, well, kurasa Sankaku no Akichi akan masuk kategori pertama.

Honestly speaking, I didn’t quite remember, had Nogi ever did a more mature concept? 

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

17 Replies to “Sakamichi Review : Sankaku no Akichi”

  1. Tbh gw suka sama MV ini sama entah kenapa lagunya selalu terngiang di kepala gw.

    Menurut gw lagu yang ini nuansanya “berat” buat lagu musim panas tapi karena itu gw suka, berbeda dari yang laen wkwk

    Kanarin juga keliatannya auranya wah banget apalagi pas dancenya. Dan yang pasti ririan lucu! *Ririan-oshi




    0



    0
    1. Hmm, bukan karena faktor iler kan? Kaya serigala2 yang berkeliaran 😀

      Riria ya? *makanpopcorn 😀




      0



      0
  2. Anakamirikaru says: Reply

    Pertama-tama dan paling utama (akhir2 ini ane suka pake kalimat ini ya 😀 ), mari kita mengucapkan, Allhail UNDER, ulululululu, lagi2 jd penyelamat (meski ane blm dengerin 1 lagu lagi yg ada di tipe reguler). Lagu suka, MV jg OK 🙂

    Klo teori ente Kanarin dewasa kerja di dance hall ini, ane nebak hubungan Kanarin sama member laen ya rekan kerja, terlihat dari member yg juga punya tempat rias masing2, mungkin karena Kanarin lebih mngenal tempat ini sejak kecil, jd dia lebih punya hubungan emosional sma tuh tempat ktimbang mmber laen, alhasil Kanarin minta bantuan sama yg laen buat bikin persembahan terakhir.

    Mv dengan konsep mature? Ushinaitakunai Kara dandanan nya mirip di mv ini, yg hitam2in mata 😀
    Tachinaorichuu, gitu bukan yg ente maksud konsep mature? 😀




    0



    0
    1. Allhail Under DOANG? Nikmat mana lagi yang ente dustakan 😀

      Nah, bedanya apa pak sama teori ane? Intinya ya sama2 Kanarin kerja di Rock Bancho kan?!? Soal member lain itu teman kerja atau gimana, ya intinya sama kan.

      Konsep, bukan tampilan. Konsep pak, konsep, coba diselami lebih dalam 😀




      0



      0
  3. Suka sama MV nya, lagu nya jg.
    Dance nya pun sama.

    setuju untuk review nya.
    Kayaknya single” belakangan ini, Under nogi semakin enak dan enak untuk di ikutin…
    walaupun lagu sebelumnya atarashii sekai, kurang srek wkwkw

    tp yg ini ntabs !




    0



    0
    1. Cuma di single belakangan ini? 😀

      Semua berkat Lord, allhail Lord 😀




      0



      0
  4. Soal storyline karna ane gak ngerti apa yg mereka omongin jadi skip 😀 tapi garis besarnya sedikit paham.
    Suka bgt sama kostumnya, dan nilai tambah buat kanarin yg ekspresinya selalu dapet.
    Soal lightning di dance scene gak masalah, screentime juga adil.
    Paling suka scene dance kana, riria, hinachima itu keren bgt dan mv ini lbih baik daripada kokoro sama unit ashurin 🙂




    0



    0
    1. Lah, ngomongnya juga cuma prolog Kanarin di depan 😀

      Ada apa dengan kostum? 😀

      Buat ane sih itu ganggu banget, tapi ya review2 gini subyektif sih. Soal MV terbaik dari Jikochuu, kayanya yang belum ane rilis 😀




      0



      0
  5. Anakamirikaru says: Reply

    Allhail Kanarin, mantan 🙂

    Loh ente kan bertanya-tanya, jd ya ane menjawab-jawab menurut ane 😀

    Ya 2 MV yg ame sebut konsepnya mature jg itu 😀 😀 😀




    0



    0
    1. Main nambah mantan aja dasar serigala ileran 😀

      Sayang gak bisa nabokin online 😀

      Ya udahlah daripada ane makin pusing 😀




      0



      0
  6. wkwkw sudah titah lord, semua akan jalan seperti titah nya
    LOL




    0



    0
    1. Orang paling kuat kedua di hirarki manajemen Sakamichi loh 😀




      0



      0
  7. Lebih baek ane yg mancing duluan ketimbang ente 😀

    Samperin langsung dong 😀

    😀




    0



    0
    1. Gak ada niat mancing padahal, doi kan cuma orang yang ente pengen roknya doang 😀

      Kaya gak ada tempat lain yang lebih bagus buat disamperin 😀




      0



      0
  8. Ya ya ya, jurus ente dah kebaca 😎
    Pngen roknya jg utk dikasih ke bini ane 😀

    Yg disamperin kok rumah sakit 😀 😀 😀




    0



    0
    1. Itu bukan alasan yang ente utarakan pas dulu 😀

      Kamvret 😀




      0



      0
  9. Ya ngapaen ane kasih alasan yg sejujurny ke ente 😀

    Selera tempat hiburan ente emang luar biasa 😀




    0



    0

Leave a Reply