Sakamichi Review : Kokoro no Monologue

Kokoro no Monologue, lagu unit dari Double Suns ini adalah coupling dari 21st single, Jikochuu de Ikou. Aku baru melihat MV ini hari ini, karena alasan yang sama dengan Ambivalent. Langsung saja deh, ini dia Sakamichi Review untuk Kokoro no Monologue.


Sutradara Asahinagu, Hanabusa Tsutomu berada di balik kemudi kali ini. Untuk pertama kalinya dia menyutradarai MV Nogi. Well, mungkin style-nya akan mirip dengan Asahinagu, kita lihat nanti.

Kokoro no Monologue dibuka dengan konsep prisoner. Tahanan nomor 0240081 M. Shiraishi dan nomor 0220016 N. Nishino. Apa ada arti dibalik angka ini? Hmmm…..

Sejujurnya aku tidak menangkap konsepnya dari awal. Dari tahanan, berlanjut ke kehidupan sehari-hari sebagai idol. Highlight-nya jelas adalah rivalitas, jealousy, hal semacam itu. Kupikir ini tema yang bagus, akhirnya diangkat secara gamblang.

Well, itu pembahasan untuk nanti. Sekarang, kita lihat per scene. Setelah sebagai tahanan, muncul dance scene yang menarik. Yah, setidaknya bisa dikatakan sebagai ciri khas Nogi. Ehm…. you know what I means, seolah memberi tahu kalau inilah Nogi. Lebih lagi, Double Suns.

Lalu ke bagian dimana Naachan menjadi senpai yang lebih populer daripada Maiyan. Kenapa Renka dan Christie yang muncul disini agak aneh sih, karena aku belum melihat interaksi lebih mereka dengan senpai-senpainya. Atau karena Momo Yoda lebih sering terlihat dengan Maiyan dan Naachan.

Kuroishi yang muncul kembali dengan memberi paku payung di sepatu Naachan, untukku sendiri mengingatkan pada satu chapter dari manga School Rumble. Yeah, this is about 20-years-old-manga. Komedi dan plotnya sama sih. What the hell I’m talking about here?

Adegan pertarungan a la Kung Fu Hustle juga ditampilkan. Tapi bagiku jatuhnya terlalu biasa, serius tidak, humor juga tidak. Terlalu di tengah-tengah. Dan saat menggunakan sapu, yang terpikirkan olehku jelas. Asahinagu.

Adegan Naachan yang cemburu karena Maiyan lebih banyak diwawancara ini, kalau ingat Kojichuu beberapa tahun lalu, juga pernah dibahas. Tapi setidaknya Naachan tidak mencampur tabasco ke dalam minuman di dunia nyata. Efek komiknya cukup oke sih.

Lanjut ke perkelahian fisik selanjutnya, di tempat parkir. Disini setidaknya lebih humor ketimbang yang pertama. Maiyan yang salah tembak orang -siapa yang ada dibalik topeng Naachan? Anggota Yoshimoto?- juga balok besi yang gagal dijatuhkan Naachan…

Maiyan dengan ajaib punya kekuatan yang mirip dengan Vision -atau salah satu anggota Teen Titans-. Dan kenapa Naachan tidak digambarkan punya kekuatan yang sama itu aneh sih. Kecuali kalau adegan sebelumnya bisa dihitung sebagai kekuatan Naachan, body double? 

Di akhir video, digambarkan kalau mereka beradu mulut di belakang panggung, tapi di depan orang lain berlaku sebagai duo yang harmonis. Well, this may be or maybe not the real things, though.

Membicarakan konsep, rivalitas Double Suns ini jelas ada dong. Tidak mungkin tidak ada. Rewind 5-6 tahun ke belakang, dua orang ini juga tidak bisa dibilang sahabat baik. Setelah sama-sama menjadi center dan lainnya, jelas mereka menjadi dekat.

Kalau seingatku, masa-masa dimana Double Suns ini menjadi dekat mulai sekitar masa-masa concurrency Ikoma dan Matsui Rena. I don’t have the energy to search the archive but as long as I remember, that is. The rest is history.

Dance scene disini cukup elegan, meski tidak se-memorable Ano Kyoushitsu. Tempo yang cukup lambat, a bit dreamlike, sayang mudah dilupakan karena adegan berantem yang pakai wire works itu. Overall, biasa saja.


A secret makes a woman woman

Overall, Kokoro no Monologue adalah MV yang oke. Sisi humornya menang disini, dan jujur saja, aku lebih suka ini ketimbang IGAI Break. Karena yah, ini adalah sisi lain Double Suns, pertama-tama. Intrik semacam ini lebih oke karena ada latar belakangnya.

Well, aku tidak dalam mood untuk berspekulasi tentang hubungan mereka. Yang pasti, dualisme ini tidak terpisahkan dari Nogi, Kokoro no Monologue hanyalah semacam homage untuk itu. Dan ini juga membawa warna Asahinagu yang kental, tidak kurang dari sutradara yang sama.

Yah, tidak banyak yang bisa dikatakan dari Kokoro no Monologue. MV ini tidak begitu memorable, tapi layaklah untuk naik sebagai coupling. Efeknya meski terkesan terlalu maksa juga masih oke.

Well, sebenarnya, selama ada Naachan dan Maiyan di sepanjang MV, apa storyline atau sesuatu yang terlalu serius akan menarik? Tidak juga. Tipe ini adalah yang paling bagus.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

28 Replies to “Sakamichi Review : Kokoro no Monologue”

  1. Anakamirikaru says: Reply

    Ngakak liat MVnya, single summer dgn diselipin MV humor perlu dipertahankan dan dilanjutkan 😀

    Episde brp ya yg Nogidoko nampilin curhatan Naachan yg dia segan dekatin Maiyan, mungkin dri sini hubungan Naachan sama Maiyan mencair 😀

    Untuk adegan fight nya, ane lumayan suka, apalgi bisa terbang2 gtu, agak lebay sih tp buat ane ttp bisa dinikmati, hidupkan kembali Nogizaka Action Club!!!!

    Sama, ane jg mempertanyakan knp Renka sama Ayati yg nongol? Apa cma krn mreka yg pas jadwal buat syutingnya? 😀

    Mnurut ane Maiyan sama Naachan sama2 punya kkuatan esper, Maiyan bisa nahan besi2 yg runtuh, Naachan bisa lihat masa depan x makanya bisa tau pergerakan serangan Maiyan 😀

    Kok bandinginnya sama Igai Break? sama Maa ii ka lah pak, sama2 duet, sama2 nampilin persaingan, sama2 humor 😀

    Bagi ane MVnya memorable pak, yg bgini ini lebih bisa ane nikmatin 😀

    1. Tumben ketawa ente 😀

      Awal banget itu, kalau gak zamannya Seifuku ya Garuru deh.

      Nogizaka Action Club? Apa itu? Temennya Cinq Etoiles kah? 😀

      Mungkin karena anaknya emak-emak di MV ini lagi berguru sama Ashurin 😀

      Kalau Naachan bisa liat masa depan, lah siapa itu yang gantiin dia?!? 😀

      Rewel ya, udah nodong orang sakit mulu, cerewet pula 😀

      Memorable buat 3 bulan doang sih apa bedanya sama yang gak memorable 😀

  2. Pertama kali g ngakak bgt ntn mv nogi

    muka komikal maiyan emng kocak, dan emng sulit bagi naachan bwt ngikutin, tapi senyum manis nya saat naro tabasco.. kerasa begitu jahat wkwkwk

    btw, ane suka MV nya, gak begitu memorable untuk dance nya. tapi kelucuan dr mv nya bsa bkin keinget 🙂

    1. Kayanya selera humor ane lagi rendah ini, banyak yang bilang MV ini bikin ketawa padahal 😀

      Diam2 Naachan itu jahat loh, buktinya ya itu kaya udah biasa nambahin bumbu 😀

      Kalau dibandingin Maa ii ka? kaya bapak kos sebelah? 😀

  3. Nggak tau yang lain tapi lagu dan mv ini lebih enak ketimbang unit asu momo yoda.




    0



    0
    1. Kayanya yang lain sependapat aja, kecuali ane 😀

  4. Pas liat thumbnail dan scene awal kirain mv nya bakal dark, eh gak taunya konyol 😀
    Paling suka ya pas maiyan naro paku sama naachan ngeracunin minuman maiyan 😀 ekspresinya dapet bgt
    Dance scene nya bagus dari outfit member sampe tempatnya
    Agak kurang suka pas mereka berantem, sedikit maksa dan berlebihan, apalagi sampe terbang terbang 😀
    Bazooka dan telekinesis sangat menghibur 😀 unpredictable

    1. Efek komiknya dapet sih emang di MV ini, tapi ya itu, kadang terlalu maksa. Untung gak pake naga atau elang segala 😀

      Yang bikin ane paling kesel sih, apa dan gimana itu mereka bisa masuk penjara? Duelnya aja gak jelas pemenangnya siapa 😀

  5. Shine and Bloom says: Reply

    Pnsaran ja hbgn mereka kyk apa…soalx kykx jarang mreka selfie ato jalan berdua…mereka gg prnah berduaan selain urusan single nogi…

    1. Sering dibahas kok, Naachan lebih ngeliat Nogi dari segi “profesionalisme” Maiyan kurang lebih sama. Lagian lingkup “teman dekat” di Nogi sendiri, dua-duanya juga beda. Normal sih.

  6. 4/5 dari ane buat mv ini

    Ntah kenapa suka aja ama mv ini, dari lagu, ekspresi Maiyan ama Naachan yg memorable, konsep dark yg dibuat jadi lelucon 😀 pokoknya prok prok prok dah

    Soal Christie ama Renka ane pass aja dah, wong awalnya aja ane ngira itu bukan mereka berdua 😀

    Tapi kalo ane pikir2, scene yg Maiyan punya kekuatan gravitasi gitu agak aneh karena Naachan sebelumnya gk ada kekuatan apa2 (apa kekuatannya 1000 bayangan ?) Ama adegan berantemnya agak cringe sih ane apalagi yg bagian lompat itu Ya Tuhan tinggi beud.

    Akhir kata ini MV yg sukses buat senyum ane selalu terpatri di wajah tampan ini. Sekian

    1. Mungkin keseringan dikasih yang gelap2 sama Keyaki, jadinya ketemu humor dikit langsung aktif 😀

      Lah emang dikira siapa itu dua orang? 😀

      Kalau ane inget2, dulu banget kayanya pernah baca komik DC yang mirip2 gini sih kekuatannya, cuma ane lupa siapa. Mungkin ngambil referensi dari situ kali 😀

      Yang terakhir, boleh ane ke belakang? 😀

  7. Emang sih dari dulu maiyan ama nanase itu kurang akrab. Akrabnya pun yah kalau bisa dihitung bersih pas single ke 13 menurut ane. Dan maiyan ama nanase itu dua org yg berbeda. Kuroishi is real.

    1. Itulah kenapa ane pake terminologi Double Suns, bukan Twin Towers 😀

  8. Kok tumben? Hari2 ane kan emang selalu bhagia ngundang senyum n tawa, emangnya ada berita yg bisa bikin ane sedih? 😀

    Perlu bongkar folder nogidoko kyknya 😀

    Temannya cingq etoiles, sodara jauhnya purinkai, puas?!

    Atau Naachan bisa bca pikiran, jd dia tau rencana yg ada dlm pikiran maiyan, fix maiyan anak didik magneto, naachan anak didik prof.x 😀

    Bukan cerewt, hanya mengarahkan, dasar orang tua, sensitipan amat 😀

    Yg penting ada predikat memorable 😀

    1. Yakin mau dibahas? 😀

      Awas encok, bongkar2 segala 😀

      Kurang jelas, bisa lebih jelas 😀

      Jawab dulu pertanyaannya, itu siapa yang gantiin naachan 😀

      Udah untung gak ane cekik, manas2in orang sakit 😀

  9. Sekarang udah ga zaman naga sama elang, sekarang zamannya lumba-lumba atau meteor di pantai 😀

    Jelas lah masuk penjara, percobaan pembunuhan sampe pake bazooka segala 😀

    1. Oh my God, ternyata Nogi udah sejauh itu 😀

      Lah, terus siapa yang ngelaporin ke polisi? Christie? 😀

  10. Mungkin lagi gak happy kali gan wkwk

    lol sudah sangat trbiasa nambahin tabasco,, jgn” di

    hmm ma ii ka juga ane suka sih, tapi kalo harus pilih salah satu..
    hmmmmm

    pakai skor aja deh
    max 10 point
    pilihan lagu : 2 (kokoro or Maa ii ka)

    Kokoro (10 point)
    Maa ii ka (8,9 point)

    1. Emang lagi gak bisa happy 😀

      Ternyata Naachan itu chef 😀

      Jadi, tergantung teman duetnya Maiyan ya 😀

  11. Anakamirikaru says: Reply

    Why not? *siapin ember dan tisu 😀

    😀

    Ente sehat dlu lah, biar lbih mudah memahami komen ane yg dah jelas 😀

    Gak tau jg, gak ngundang iler sih jd gk ane cari tau 😀

    Dasar orng sakit, gampang amat panas 😀

    1. Males ah, unfaedah 😀

      Sehat tapi nodong mulu, gimana coba 😀

      Kalau produce, ngundang iler dong 😀

      Oh iya pasti 😀

  12. Anakamirikaru says: Reply

    😀

    Kan itu kewajiban ente, jd bukan nodonglah, skedar mengingatkan 😀

    Ngundang nguras dompet 😀

    -____-“

    1. Alasan model bekas siswa2 tukang ngeles pas ditanya ada PR 😀

      Hubungannya apa coba 😀

  13. Paham bener, lagi berbagi kisah masa lalu ente ya?

    Ya buat dapetin file pd48 kan ane harus ke warnet, bayar sea warnet, beli cemilan, bensin motor, semua itu kan gk dibayar pake daun pak 😀

    1. Ane gurunya 😎

      Lah, bukannya ente biasanya bayar pake daun juga, pake sihir tanuki 😀

  14. Pantes banyak generasi micin, gurunya ente toh 😀 😀 😀

    :<)!_<*-)!'?}_!)!

Leave a Reply