Sakamichi Review : Jikochuu de Ikou MV

Pada 20 Juli 2018, Nogizaka46 merilis Jikochuu de Ikou MV. 21st single ini menjadi single dimana Ashurin menjadi center untuk kali kedua, dan single dimana banyak nada miring menyertainya.

Nada miring seperti apa? Terima kasih pada pemuja spoiler diluar sana, banyak yang bilang kalau lagu ini mirip dengan Sukinanda dari AKB. Meski bagiku tidak berpengaruh -karena bahkan aku tidak ingat lagunya seperti apa- itu adalah hal yang menjengkelkan.

Well, karena review selalu jadi jelek kalau mendengarkan setengah-setengah, makanya aku menahan diri sampai MV ini rilis resmi. Apa mirip atau tidak dengan Sukinanda, langsung saja ini dia Sakamichi Review dari Jikochuu de Ikou MV.


Pertama-tama, karena ini summer single, dan sudah bocor sejak lama kalu shooting dilakukan di Vietnam, yaitu di Da Nang, quite a hot spot for tourism, maka bisa dibilang ekspektasiku cukup tinggi. Overseas shooting pertama, tapi kenapa di Vietnam?

Well, sebagai duta pariwisata Thailand sejak tahun lalu, aneh rasanya. Apa mungkin kontraknya sudah habis, atau tidak ada alasan spesial dibalik pemilihan Da Nang? Entahlah. Dari berita yang belum bisa dipastikan validitasnya, pengambilan gambar juga dilakukan di Hoi An.

Pertama-tama, jelas kita bisa lihat kalau lautnya kali ini biru, bukan butek seperti dua musim panas yang lalu. Sedikit kemajuan setidaknya dari segi lokasi. Selain pantai Da Nang, ada juga pemandangan flea market, some kind of a temple ruins, lampion festival, fireworks, & Hoi An.

Well, benar kalau MV ini juga diambil di Hoi An, terlihat dari separo akhir MV. Oke, TWICE pernah kemari dan pemandangannya familiar. Bisa disimpulkan kalau memang benar ini di Hoi An. Nah, nanti aku akan membahasnya lebih jauh.

Kemudi untuk Jikochuu de Ikou MV kembali diambil oleh Nakamura Taikou setelah banyak MV Nogi yang lain. But he’s never directed a MV with such advantage in scenery though. So we’ll see.

Skip soal pemilihan lokasi, kita beralih ke storyline. Rasanya tidak ada yang cukup untuk dikatakan, karena memang minus storyline. Di opening scene ada Ashurin di pantai, lalu Naachan dan Maiyan yang bertemu di flea market, kemudian member-member lain mulai muncul di lokasi yang sama atau berbeda.

Timeline disini dibagi dua; satu saat siang, dalam scene yang kusebut diatas, dan satu saat malam di rooftop waktu menonton fireworks, dan satu lagi di sungai saat naik kapal, juga festival lampion. Transisinya? Jelas dance scene di pantai dengan kostum etnik itu.

Storyline memang tidak menarik, dan sejak Nigemizumain single Nogi tidak main di sisi kuat ini. Itsudeki jelas hanya menggunakan format film, sementara Synchronicity lebih bermain di simbologi. Sayangnya, Jikochuu tidak membawa kembali sisi ini, malah terkesan plain, karena temanya hanya liburan.

Well, sama seperti Hadashi memang, tapi rasanya Jikochuu kehilangan magis Nogi. Untuk minus dari segi ini, kurasa sedikit banyak faktor sutradara, karena Nakamura memang bukan tipe direktur yang menekankan aspek storyline, lebih main ke camera angle.

Lanjut ke sinematografi, Jikochuu bisa kubilang berhasil memanfaatkan scenery, kekhawatiranku di awal tidak terbukti. Tapi karena sedikit terlalu fokus ke scenery, ingat tragedi drone di Sekai ni wa Ai Shikanai? Terulang lagi di Jikochuu de Ikou MV.

Panning yang menurutku sedikit kacau di beberapa bagian, time jump yang bikin pusing karena peralihannya lompat-lompat dari siang ke malam menjadi dua aspek yang mengesalkan. Belum lagi dance yang jelas meh setelah Synchronicity. Untung pemandangannya bagus.

Member front row mendapat jatah screentime sangat lega disini. Untuk 2nd row, aku suka bagaimana mereka memberi lebih untuk Renka-Ume-Momo. Untuk 3rd row, aku malah bisa bilang jatuhnya murah hati, cukup banyak dapat screentime loh.

Sekarang untuk sisi paling jeleknya. Bagiku MV ini over dalam penggunaan efek. Serius. Flaw pertama dan paling kentara yang kulihat adalah dance scene di pantai. Sekilas terlihat biasa, tapi lihat ke langit dan kita melihat that-f*cking-unnecessarily-meteor-shower-like-what

Jujur saja, pertama melihatnya, kata-kata pertama yang keluar dari mulutku adalah what the f*ck, literally. Okelah, langitnya kosong dengan sedikit awan, tapi gak perlu juga sampai seperti ini. Well, mungkin harus sedikit kujelaskan juga; meteor shower di siang hari itu bisa dan biasa terjadi, hanya saja tidak akan sampai sejelas ini.

Jadi, maaf saja, poin ini menjadi nilai minus besar untukku. Yang kedua, saat scene di perahu dan dikelilingi lampion. Overbright sekali disini, itu juga masih ditambah LED di beberapa titik yang kelihatan jelas. Padahal kalau saja sedikit lebih natural akan lebih oke. Situasinya malam hari, ingat.

Kostum. Ini sedikit menarik. Tentu bukan pakaian casual yang menarik, melainkan yang tradisional. Tapi aku tidak menemukan nama pakaiannya, yang jelas bukan Ao Dai. Memberi nuansa berbeda, dan 3 warna yang dipakai saat dance scene di pantai juga oke, meski bagiku sandalnya agak kurang cocok.


Overall, Jikochuu de Ikou MV ini bagiku adalah step up dari Hadashi. Dalam segi scenery dan sinematografi. Yes, MV ini tidak menarik jika dibandingkan Synchro saja, tidak jauh-jauh. Tapi kalau dibandingkan Hadashi, lebih enak di mata.

Hal sebaliknya dari segi konsep, storyline, dan anehnya, sinematografi lagi. Hadashi kita melihat hippies, di Jikochuu hanya sekelompok cewek yang liburan. Sinematografi lompat-lompat a la manhwa ini juga tidak membantu. Yah, karena bagaimanapun Jikochuu dan Hadashi akan selalu dibandingkan.

Kasus Ashurin berbeda dari center lain karena dua lagu dimana dia menjadi center sama-sama summer single, jadi pasti dibandingkan. Adil atau tidak? Hmmm, sejauh ini, beberapa jam menonton dan mereview, kurasa cukup adil, karena konsep, tempat, dan waktunya, juga centernya pun sama.

this one is good shot

Jadi, apa Jikochuu de Ikou MV ini adalah MV yang bagus, menurut pendapatku? Tidak. Tidak 100% jelek atau 100% bagus, mungkin sekitar 65/35. Terlalu banyak aspek kurang oke dari MV ini untuk diabaikan begitu saja. Apalagi faktor meteor shower itu dari kacamataku…

Kalau dibilang MV ini terlalu mengandalkan scenery….. aku hanya akan memberi kredit separo. Ya, tempatnya berbeda dari biasanya dan pemandangannya memang bagus. Tapi kalau dibilang terlalu mengandalkan, tidak. Harus diingat juga, ini overseas MV pertama Nogi, dan bertepatan dengan summer single.

Dan gosipnya, Ministry of Foreign Affairs, atau kemenlu Vietnam juga bekerjasama di MV ini, sedikit kontradiktif setelah Thailand. Yang bisa kubilang saat ini hanyalah, Asia expansion are true.

Jadi, daripada dibilang terlalu bergantung pada scenery, aku lebih suka bilang kalau Jikochuu adalah bagian dari program pariwisata. Yang mana bisa dibilang cukup berhasil. Jangan pernah meremehkan promosi lewat cara ini (menggandeng bintang dari negara lain)

Bitter smile, folks. That’s my final.

Well, sebagai penutup, aku bilang Jikochuu bukan tipe MV favoritku dari Nogi. It’s bright, colorful, light if I could say, nothing wrong. But just terribly boring with no concept, no puzzles, no side dishes at all. 

Hadashi atau Jikochuu? Beri aku Senpuuki, kalian termaafkan. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

45 Replies to “Sakamichi Review : Jikochuu de Ikou MV”

  1. No comment tinggal tunggu mv kokoro no monologue…

    1. Gak tau soal MV lain, nunggu rilis aja kalau ane 😀

  2. Minus:
    Idem dengan mimin. Kenapa pake meteor shower?! Setelah lumba-lumba CGI, apa nggak bisa dikurangi gitu penggunaan CGI.

    Yang bagian perahu lentera diambil dari atas (2:24, 2:40-2:43), itu langitnya juga CGI ya? Di kota sebesar itu dengan polusi cahaya yang tinggi, ane rasa sulit untuk lihat langit malam penuh bintang atau bahkan tampak macam galaksi gitu.

    Pengambilan gambar dengan drone juga setuju. Terlalu cepat jadi member yang kecil jadi kayak nggak berarti. Cuma seperti bilang ada member disitu.

    Plusnya:
    Suka dengan tema jalan-jalan, apalagi yang bagian santai-santai di pasar. Oke banget!

    Pemandangan candinya juga oke. Apalagi sampai keliatan gunung di belakangnya.

    Scene terakhir yang keliatan sunset/sunrise(?) dan members jalan-jalan santai di pantai, ane suka banget. Enak gitu rasanya.

    Untuk Kostum, ane suka yang buat menari di depan candi. Kostum yang paling ane suka, kostumnya Ikuchan. Dia kelihatan cuantik banget dengan kostum merahnya. Subhanallah!!! 😀 Dan ane baru sadar ternyata Sayunyan juga ikutan. Ga banyak keliatan di MV ini. 😀

    Member yang keliatan oke banget di MV ini:
    – Yumi (nge-KO hati ane setiap dia muncul) 🙂
    – Meme (senyum sampai hidung mengkerut bikin ane jatuh hati) 🙂
    – Renka (bikin ane lupa umur dia) 🙂
    – Zukki + tiang + hotpants = manis sekali!
    – Ikuchan dan kostum merahnya! 🙂

    Member yang bikin ane kecewa:
    Miona (MANA HESONYA!!!) 🙁

    Nilai MV ini: 3/5

    Btw, ente ngambil videonya pake apa min? Kok jadi MKV gitu?

    1. Mari berharap CGI yang bagusan untuk selanjutnya 😀

      Kalau buat ane, ada kemungkinan asli. Bukan cuma faktor polusi cahaya doang yang menentukan soalnya. Di tempat ane, kalau ke daerah pinggiran juga masih bisa liat bintang.

      Jadi, emang bisa dibilang Nakamura Taikou berhasil memanfaatkan scenery sepenuhnya. Ya, kalau ane, pendapatnya masih belum berubah dari review sih.

      Yak, ember mana ember, tisu mana tisu…. 😀

      Pake desktop apps, bukan android 😀

  3. kalo 48 group (selain international sister group) pernah shooting MV overseas jg?

    1. Sering kan, AKB pernah di Guam, terus ada SKE atau NMB dimana gitu.

  4. ane juga berharap mv kali ini rich storynya hehe untung membernya cakep cakep jadi gpp liat member ketawa juga termaafkan

    1. Ya mau gimana lagi, kalau udah urusannya sama pariwisata ya telan aja 😀

  5. Soal storyline, karna ini summer single jadi termaafkan, sepertinya buat single akhir tahun bakal berat di storyline 🙂
    Scenery jauh lebih baik dari hadashi
    Screentime merata, member cantik, kostum bagus + ganti ganti kalo gak salah
    Minusnya, yg seperti mimin bilang perubahan dari siang ke malam sedikit bikin pusing
    Dan… METEOR, kalo di twice ada lumba-lumba nogi gak mau kalah pake meteor. Kenapa jadi kena virus ind*siar semua gini 🙁 🙁 🙁
    (semoga komen kali ini masuk)

    1. Termaafkan karena membuat ngiler? Dasar penghuni sebelah 😀

      Kostum cuma ganti dua kali. Satu yang pas siang, dua yang tradisional, tiga yang pas fireworks.

      Mari berharap Keyaki gak ketularan 😀
      Komen pasti masuk, cuma emang ada dua tahap antispam, kalau lolos yang pertama tinggal ane approve, dan itu emang makan waktu kok.

  6. Anakamirikaru says: Reply

    Pertama-tama dan paling utama, mari kita (ane aja x) panjatkan puji syukur atas satu framenya IKU-MIO, puja bidadari terindah ane, ulululuulululululululu 😀

    Soal sukinanda, dibagian mana nya ya? Soalnya ane kyk ente min, lupa lagu sukinanda kyk gmn, pdhal ane inget klo sukinanda tuh lagu yg enak (menurut ane) tp bisa2nya ane lupa gmn tuh lagu 😀 Ane malah anggap nih lagu ada kesan kyk lagu AKB eien pressure, apalagi pas bagian wow wow wow nya 😀

    Soal minus MV ini, setuju, hujan meteor di siang harinya jd nilai minus, bisa dan emang biasa tp di MV ini kesannya jd kyk maksa buat bikin pemandangan yg wow, klo dikasih pas adegan malam hari mungkin agak lumayanlah, ada kesan2 wow n romantic nya, mungkin gra2 lampion n kembang api dah direncanakan utk malam makanya hujan meteornya dikasih ke siang 😀

    Yah, tp ane gk ada masalah yg gmn2 sih sma nih MV, intinya ane dah terpuaskan sama kberadaan IkuMio, soalnya posisi senbatsu gk sebelahan, di cover jg gk satu tipe tp namanya rezeki anak soleh, di mv mlah satu frame, tp dibbrp scene Yoda sama Zuki ngeganggu aja 😀

    Klo ane kasih nilai, 7,01 / 10 🙂

    Penampilan 3 mmber baru senbatsu gmn?

    1. Gitu doang? Ah gak kaget sih 😀

      Sama2 lupa ya gak usah tanya juga kali pak 😀

      Di malam hari juga ada kan (deduksi mastoppu), tapi ane gak masukin karena itu kelasnya masih possible.

      Seharusnya ane yang bilang kalau IkuMio itu ngerusak solo shot Mizuki pak, ente maksa ih 😀

      Udah ane bilang kayanya, tapi kalau harus dibilang lagi sih, jelas lebih bagus dari senbatsu non-perma yang biasanya.

  7. no one realize it ehhh?

    coba ntn scene pas mereka pindah ke atas perahu itu sekali lagi,

    perhatikan langit nya 🙂
    yes..
    yess…
    yes…

    but this time, trlihat lbh mending dr pda starfall siang hari

    1. Loh, di komen mastoppu diatas kan udah 😀

      Dan ane bilang lagi, it’s plausible. Dari polusi cahaya sampe letak geografis, mungkin aja starry night bisa dilihat di Hoi An.

  8. Anakamirikaru says: Reply

    Ya apalagi yg lebih penting selain kegembiraan perasaan ini lhat 2 bidadari ane dlm satu frame 😀

    Ya mana tau ente pnasaran trus jd ngedengerin lagu sukinanda, klo ane gk pnasaran jd gk mencoba dnger ulang tuh lagu 😀

    Iya kah? Tar ane cob aliat ulang 😀

    Ente yg maksa, mana ada IkuMio ngerusak solo shot Zuki, dah jelas2 ada Yoda jg dstu, jd emng mereka berdua yg ngerusak shot IkuMio 😀

    Kyknya gk ada ente bhas soal penampilan pertama renka, ume, ayane di mv senbatsu pertma mreka, ente cma bhas soal jatah screen time 😀

    1. Isi dompet ente? 😀

      Males nyarinya, mending nonton produce 😀

      Ada lah. Makanya jangan ileran mulu 😀

      Master Yoda itu eksistensinya sebagai penyeimbang the force, jadi gak masalah dia ada 😀
      Gak keliatan juga, kependekan 😀

      Ya emang beda gitu antara penampilan sama screentime? 😀

  9. Emang bagus kok 😀 ini ditambah Twice berhasil bikin ane ngerasain summer 😀

    Mungkin waktu bikin mv synchro sengaja dihematin buat nabung untuk mv ini 😀

    Kayanya emang gak masuk, ga tau salah dimana, padahal ane komen di review twice sama artikel produce

    1. Boleh gak percaya kan 😀

      Nabung? Hasil dari penjualan single/album/dvd kemana aja 😀

      Komentarnya mengandung unsur serigala kali, makanya gak masuk 😀

  10. Wah… Hampir semua ane setuju sama pendapat ente, dan bodohnya ane berekspetasi lebih sama dance setelah liat synchronicity :’)

    Tiap liat MV ini betah aja liatnya apalagi setelah nonton MV againts yg bikin pusing :v dan lagunya lebih bagus daripada hadashi, suka banget bagian zutto kakaeteta (0:43) sama ending lagunya… Dan bagian Yameyoooo sedikit mengganggu di telinga ane :v i don’t know why

    Overall it’s not bad, walau dance nya kurang masih bisa cuci mata :v wkwkwkwk 75/100




    0



    0
    1. Dari awal, summer single emang gak nonjolin dance, storyline, atau apapun kan. Dari awal ane gak berharap banyak sih.

      Against aja lupa2 inget ane, hampir gak pernah nonton MV lagi kalau udah direview 😀

      Semua pada komen “termaafkan karena pemandangan” atau “termaafkan karena bikin ngiler” gak ada alasan lain gitu? 😀

  11. Anakamirikaru says: Reply

    Mau tau banget atau mau tau aja? 😀

    Gak usah bhas Produce deh, baca kata itu jd kyk ada beban ane 😀

    Terlalu fokus sama IkuMio sih, walau ada 2 mmber yg ikut2an 😀
    Pkoe mereka berdua ikut2an aja, atau jgn2 itu cra appeal mreka ke ane biar list ane bertambah? Hmmmm 😀

    Ya bedalah pak, maksud penampilan dsini misal ekspresi, dance, style, dsb, klo screentime kan soal jatah waktu 😀

    1. Gak sih, daripada ane miris kalau tau fakta tentang ente 😀

      Produce Produce Produce Produce 😀

      Tolong lah, jangan kebanyakan minum pembersih porselen 😀

      Ya, ente bisa nyimpulin dari screentime 10 detik itu? 😀

  12. waktu ni mau comment tapi tiba2 koneksinya keputus 🙂
    sekarng lupa mau komen apa 😀

    aaa iya
    lagunya menurut saya bagusan sunny summernya gfriend 😀 (yaiyala beda pasar)

    tapi pemandangannya disini bagus baaanget dan lautnya JERNIH (kecuali efek CGInya bikin cringey) 🙂

    adegannya banyak yg bisa di ss jadiin wpp 😀 😀 😀 thanks llc

    kostumnya bagis lah ya 😀 tidak terlalu minim dan warnanya colorful dan tyda norak (cantik2 siya) 😀

    overall lumayan si (walaupun bagian tepentingnya b aja ) seenggaknya mata saya seger kembali 😀
    jadi 7/10 lah dari saya

    1. Pake koneksi kartu serigala ya? Panteslah 😀

      Sunny Summer? I only listened to MAMAMOO 😎

      Apa? Dijadiin bahan iler? Kok ane gak kaget ya 😀

      Dan terjadi lagi….iler dimana2 😀

  13. Anakamirikaru says: Reply

    Cur.. Ah sudahlah 😀

    Asem, dah sampe epiosde 6 ya, 5x800mban= 4gb-an, blm lagi bdrip zenkoku tokyo dome, file laennya, hhhh… berjamur n nge-bon lagi ini ke warnet TT

    Ini analisis yg brilian, ini ibarat analisis shinichi+hattori+seira digabungin 😀

    Hahahahha, ya kesan dikit ja, gak usah terlalu gmn2 😀
    Misalnya Ayane, mungkin gugup sampe ada yg tumpah dri gelas minumannya, selesai. Nah kan bisa, brrti kesannya Ayane masih gugup 😀

    1. Akhirnya menerima kenyataan 😀

      Download, tonton, terus ileran gih sono 😀

      Kenapa harus Seira? Jangan2…. 😀

      Yang ane tangkap dari Aachan:gede. Ume:maiyan double screentime. Renka:ksgk. Udah 😀

  14. Ane suka lagunya sejak denger pertama kali sih 😀 dan mvnya pun bagus dan sangat memanjakan mata 😀 makin plus lah nilainya 😀

    Gerakan nanase salah gerakan emang keliatan banget sih , rada ganggu juga jadinya, terus lipscene nya yoda kurang sesuatu, entah apa :v

    Dan bodohnya ane masih nyari Kubo :lv walaupun tau dia lagi Hiatus 🙁 cepet balik ya Kubo sayang :lv

    Nilai akhir sih 8.5/100 lah, first impression terhadap mv ini jauh lebih bagus daripada nigemizu taun kemaren sih 😀

    1. Nilai umum buat MV ini: eye candy 😀

      Karena ini Nogi, kenapa harus heran ada salah gerakan di MV? 😀

      Kalau dibandingin sama Nigemizu, ane susah sih. Soalnya beda pembawaan 😀

  15. Anakamirikaru says: Reply

    Apaan 😀

    Udah download cma gak tau kpn bisa di play, file yg 20~30menitan aja masih bnyak yg ngantri, ini 2 jam pula 😀

    Knp harus sera? Ya biar asyik aja ada ceweknya 😀

    Kata “gede” nya bisa dijelasin lebih lanjut biar tidak ada salah paham kedepannya 😀

    1. Kura2 dalam perahu 😀

      Berlagak, toh nonton juga palingan dicepet2in terus ngiler 😀

      Masa cuma karena itu doang 😀

      Emang kalau cuma bilang “gede” bisa bikin salah paham? 😀

  16. Anakamirikaru says: Reply

    Ngapain ruh kura2? 😀

    Ente pasang cctv dirumah ane ya? Kok tau? 😀

    Ya emang cuma krena itu, ente aja yg terlalu berpikir keras 😀

    Bisalah, apalagi klo yg menafsirkannya srigala, untung ane bukan 😎

    1. Lagi pesiar kali 😀

      Dih yakali gak ada yang lebih penting 😀

      Harus itu, daripada gak pernah mikir 😀

      Tapi kok ente minta penjelasan lebih panjang? Dasr serigala 😀

  17. Gua sih ngeliat mv ini kayak promosi pariwisata Viet Nam, karena pertama kali udah bocor duluan dan mv dibuat atas kerja sama Kementerian Luar Negeri Viet Nam.

    Ya, Viet Nam ngeliat kesuksesan promosi pariwisata Thailand setelah Nogi dipilih sebagai duta pariwisata Thailand kemaren. Barangkali kontrak mereka sudah selesai atau apalah, nggak paham di balik tabir.

    Kalau dibilang cuma pemanis mata, anggapan itu benar. Kalau soal lagu, ia cepet inget dalam benak. Ia gabungan gubahan Girl’s Rule dan beberapa lagu dari lapak sebelah, khususnya HKT. Yang gituan sih nggak usah heran, la wong produsernya sama. Lain cerita kalau beda produser.

    Kalau yg riweuh-riweuh teknis, gua nggak ikutan komentar. Nggak paham amat sama gituan.

    1. Entahlah, kalau dibilang promosi juga ane ngeliat kurang total.

      Soal lagu, ane belum ketemu info siapa songwriter/arranger jadi belum bisa komen deh 😀

  18. Anakamirikaru says: Reply

    😀

    Cie malu2 gtu 😀

    Pikiran sia2 😀

    Ane cma minta pnjelsan detil biar gk ada yg salah paham 😀

    1. Ane bilang iya aja nih? 😀

      Penjelasan detil biar gak ada yang salah paham? Pikiran ente terlalu berlebihan 😀

  19. Kalo lagunya gw lebih pilih Hadashi de Summer, min ! Lebih powerful & enerjik gitu lagunya…agak2 EDM gitu

    Kalo tempat shooting MV nya sih lebih bagus Jikochuu, karena Hadashi de Summer kita liat aja ,lautnya butek.

    1. Soal lagu ane belum bisa nilai sih, karena review lagu entar terakhir 😀

      Iyalah, beda tempat, beda kualitas. 😀

  20. yang suka di mv
    – adegan di pasar mai sama nanase
    – adegan ikumio metik bunga kertas?
    – adegan saat renka,momo,ume makan apa sup?
    – trus si reika kok makin cantik bat yah
    – adegan pas di candi oke banget
    – bagian di atas hotel yoda,iku,mio,zukki generasi baru nogi!!
    – trus bagian kembang api
    – dan bagian member jalan di pantai sore, disini waka-sama cantik! moga masuk fukujin lagi

    minus
    -ayane ekspresinya kurang , kek nya single selanjutnya dia bakalan turun ke under.

    menurut w lebih bagus masukin si ranze/hinachima dibanding ayane. yah w seneng sih ayane masuk senbatsu. tapi di single yang salah
    ayane lebih enak kalau masuk single fall/winter

    1. Masih drop jadi gak bisa bales panjang2 😀

      Jelas sih, siapapun yang masuk senbatsu non-perma, pasti jatahnya kecil. Kalaupun ranze/chima yang masuk juga, jelas gak bakal banyak bedanya kok. Beda lah sama Under MV 😀

  21. Anakamirikaru says: Reply

    Pertanyaan gak penting 😀

    Mash mending mikir berlebihan ktimbang males mikir *serasa dejavu 😀

    1. Emang sih, kaya yang ditanya 😀

      Teringat masa lalu ya 😀

  22. >-:@)@__-!(=->_?’~’

    Teringat celoteh seorang orang tua 😀

    1. Curhat dari diri sendiri di masa depan toh 😀

  23. Anakamirikaru says: Reply

    -_____-“

Leave a Reply