TWICE : Dance The Night Away Review

Akhirnya, atau lagi-lagi, TWICE merilis lagu baru. Kali ini, summer comeback pertama mereka dengan judul Dance The Night Away, atau kita singkat DTNA saja. Rilis pada 9 Juli 2018. Langsung saja, ini dia Dance The Night Away review.


DTNA di-spoiler-kan sebagai MV paling sexy yang pernah TWICE bawakan sejauh ini. Ini yang membuat banyak pihak tertarik, baik ONCE maupun THRICE, golongan yang kedua itu enak digoda, bego sih.

Tapi yang lebih membuatku tertarik adalah songwriter, dimana bukan JYP melainkan Wheesung. FYI, dia adalah salah satu penyanyi ballad paling tenar di Korsel. Dan style yang berbeda dari JYP. Sedikit banyak berharap lah.

Selain itu, posisi DTNA sedikit bahaya sebagai summer song, karena di awal summer, AOA datang dengan Bingle Bangle yang adalah lagu wajib musim panas tahun ini. Lalu ada Blackpink dengan Ddu-du-Ddu-du (reviewnya belum sempat naik, tapi mungkin setelah ini)

Dengan kata lain, DTNA butuh materi yang oke untuk bersaing. Nah, lagu urusan kedua di Dance the Night Away review kali ini, pertama kita bahas tentang MV.

Dimulai dengan adegan member terdampar di sebuah pulau, premis yang mirip dengan lagu Yoohoo dari girl group Secret 5 tahun yang lalu. Tone warna yang digunakan adalah template untuk tiap summer song dari grup K-Pop, cerah dengan background langit yang biru.

And yeah, stranded would be the last word to describe them. Mereka secara teknis terdampar tapi bisa membuat nuansanya menjadi hippies dan hawaiian, tanpa alat bantu. Dan juga tidak ada tanda-tanda akan pertolongan, atau sekedar effort supaya bisa diselamatkan.

Oke. Storyline bukan nilai jual utama tentu, but puh-leezee….. this is just so boring. Apalagi satu tambahan adegan CG, yaitu lumba-lumba, dan CG lain. Duh. Well, sebelum aku diamuk massa, lebih baik kukatakan dulu; summer song butuh lagu yang oke untuk mengimbangi MV.

Nilai plus dari MV ini mungkin ya itu tadi, tone warna yang cerah, membuat MV berkesan ceria. Set-nya bagus, quite an unhabitated island, but that’s basically all. Oke jujur saja, apa daya tarik utama MV ini? Scenery? Tentu saja bukan, tapi menjual konsep “sexy” yang mana hanya menunjukkan lebih banyak kulit dari biasa.

Untuk para serigala ileran yang menonton MV ini, masih bisa bilang kalian tidak ngiler melihat member di DTNA? Yeah, dan Elon Musk hanya penjual sayuran di Afrika Selatan kalau begitu. Sejak teaser, inilah yang menjadi nilai jual utama DTNA.

Untukku, tidak ada yang bisa dibilang sexy kalau hanya menampilkan lebih banyak kulit. Sudah terlalu banyak yang begitu, just boring. Maybe I was over expecting one or two here. Dance the Night Away review masih lanjut, jangan khawatir kalau isinya sejauh ini hanya kritik.

Diatas sudah kukatakan kalau secara garis besar, storyline yang kudapat mirip dengan Secret. Dan harus kubilang, Yoohoo tidak bisa dibilang sukses besar waktu itu. Padahal, periode itu adalah masa keemasan Secret, tapi Yoohoo, malah bisa dikatakan gagal.

Kenapa? Lagunya tidak bisa mengangkat MV yang alakadarnya. Ditambah persaingan ketat, Girl’s Day sedang menapaki popularitas, EXO memulai fandom terbesar, debut SISTAR19, dan the world star, PSY, kembali dengan lagu pertama setelah Gangnam Style.

Situasi TWICE bisa dibilang sama saat ini. AOA memulai summer dengan oke, Blackpink dan Momoland kembali merilis lagu, Fake Love dari BTS baru dirilis beberapa minggu lalu, dan jangan lupa, Produce 48 adalah program paling berpengaruh di Korsel saat ini.

Meski ini TWICE, dan lebih lagi, songwriter-nya adalah Wheesung, harus kuakui, DTNA tidak memenuhi ekspektasiku. Well, memang beberapa lagu TWICE memang butuh beberapa kali dengar untuk masuk sesuai selera, but yeah, last time, What is Love completely spoiled me.

Sebagai summer song, kurang sebuah punchline yang membuat lagu ini oke. Contoh, AOA’s “Bingle Bangle”, Sistar’s “Shake It”, GG’s “Party”, dan lainnya. Let’s dance the night away~~ terlalu panjang. Okelah bisa ditolerir, tapi ini kembali lagi merambah ke lagu keseluruhan.

Harus kubilang, kali ini susah menebak mana yang akan lebih populer; TWICE dengan DTNA atau Blackpink dengan Forever Young. Ya dua grup ini beda, fandom beda dan pasar yang dituju juga beda, tapi merekalah pusat dari girl group saat ini, tinggal kita berada di sisi mana.

Yang membuatku betah menonton DTNA? Tentu saja….

Overall, Dance The Night Away review kali ini jauh dari biasanya dimana aku menilai tinggi TWICE, aku merasa nilai paling tinggi kali ini hanya 3.5/5. Pada dasarnya aku kurang suka dengan konsep MV, dan lagunya tidak menolong, makanya lebih baik tidak berharap ketinggian.

Sebagai usaha pertama untuk summer song, DTNA tidak jelek, hanya konsepnya yang sepertinya terlalu “maksa” untuk dibilang “sexy” menjadi nilai minus. Yah, TWICE masih butuh waktu untuk coba-coba dengan konsep lain.

Punya pendapat lain tentang MV ini? Atau hanya sekedar ileran tak terkendali saat melihat MV-nya? Share it below.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

29 Replies to “TWICE : Dance The Night Away Review”

  1. Anakamirikaru says: Reply

    Ini syuting MV nya dmn?

    Sblum download, ane dah baca dlu sedikit artikel ini, dan yah, harus ane akui kalimat “MV paling sexy” paling buat ane tergoda sama nih MV, plus buat ane kecewa jg, hahahahaha.

    Storyline nya jg biasa aja, ada MV NMB atau bahkan =LOVe yg punya story serupa, cm klo yg NMB klo ane gk salah selain mreka berusaha utk berthan di pulau antahberantah, mreka jg mikirin cara kluar dri pulau, nah beda sama MV ini, dri terdampar sampe malam hari cma mikirin berthan hdup dan ujung2nya di pagi harinya malah ogah kluar dri tuh pulau 😀
    Dan yg lucu n ternyta di artikel ini jg ada gambarnya, ada kayu sakti krn masih utuh diantra tumpukan kayu yg terbakar bekas api unggun 😀 😀 😀

    Lagu biasa, dance biasa, MV jg biasa, ke-sexy-an? jg biasa. Jadi klo boleh kasih nilai: 3 / 5 🙂

    Kira2 Nogi bisa jg gak ya bikin “MV paling sexy” kyk gini utk summer single??? 😀

    1. Gak ada info, palingan di studio 😀

      Ente kecewa dari storyline sama setting, kalo dari member, ileran kan? 😀
      Apalagi itu tuh, T sama N 😀

      Yakin ente mau Nogi bikin MV kaya gini? 😀

  2. MV
    Senyuman Dahyun + pandangan tajam Jeongyeon + Momo banyak diclose up = 5/5 —-> karena ada lumba2 + lighting kurang di scene dance terakhir + pergerakan kamera yg agak ga enak = 3/5 😀

    Lagu
    Lumayan safe, tapi mungkin ga akan ane replay terlalu sering. 2.5/5 😀

    Ini feeling ane aja kali, ya. Rasanya, Twice terlalu banyak mengandalkan rasa cinta fans ke membernya, daripada kualitas satu paket singlenya. Bisa dibilang, Twice ini GG korea rasa idol Jepang. Ane ga yakin, mereka bisa bertahan lama, kalo mereka pake formula ini terus. Semoga aja ditahun ketiga ini, keinginan mereka buat produserin musik mereka sendiri bisa terwujud. Dan, mungkin aja, fans bisa liat+denger musik yg beda. 😀

    Btw, komen disini sekarang langsung ilang, ya. Biasanya muncul dipage, dan ada tulisn awaiting for moderation sebelum ke post. Kemaren ane komen sampai 3x karena ane pikir gagal submit. 😀

    1. Paling enggak udah banyak member yang nulis lagu sendiri, termaasuk di album ini. Tapi ya jangan harap bisa independen, karena image itu segalanya.

      Langsung ilang? Gak ada yang ketahan di spam kok. Kalo wait for moderation itu antispam level 2 emang, tapi langsung ilang?

  3. Dari dulu cuma baru tau satu doang,yang tengah atas,,,si koplak,yang lainnya gak hapal2

    1. Bukannya semboyan kaum serigala itu “hafal gak hafal yang penting iler”? 😀

  4. Anakamirikaru says: Reply

    Soalnya mirip2 pulau pribadi ane 😎

    Yah pak, ileran pun dah gak terlalu nikmat krena mrasa tertipu berujung rasa kkecewaan yg mendalam gra2 kalimat “MV paling sekusih” 😀
    TzuNe, kyaaa 😀

    Maksudnya busananya, kan kostum Hadashi de summer putih biru yg utk perfotm jg agak terbuka di bagian pinggang, nah kira2 klo kostumnya kyk di MV Twice ini bsa gak? N bakal ngebuat fans ngeluarin bacot no jutsu gak? 😀

    1. Baru main monopoly pak? 😀

      Yakin? Ane sama sekali enggak 😀

      Tergantung lagunya juga lah. Udah banyak yang keluar “keyboard no jutsu” kan 😀

  5. Scene siang, katanya di salah satu pulau di Okinawa. Kalo scene malam, kemungkinan studio.

    Nogi bikin kayak gini, bakal ada parade Heso. Masih mau? 😀

    1. Masih rumor itu, belum ada konfirmasi kan.

      Ente yang bakal paling gembira 😀

  6. Anakamirikaru says: Reply

    Pantes gak asing, di okinawa toh, jgn2 pulaubpribadi dedek Riria atau = pulau pribadi ane 😀

    Mau, asal para srigala dibumi hanguskan dulu 😀

    1. Bensin mana bensin 😀

      Lah, kosan sebelah juga dong 😀

  7. Anakamirikaru says: Reply

    Maen ular tangga -_____-”

    Yah kapan sih ente percaya sma kejujuran ane? TT

    Klo dah sedikit lebih bnyak ke bula, paling soal kualitas lagu agak disampinglan, lbih fokus ke kostum, cm pda nerima atau pda protes ya kira? Klo aneEsndri masih ragu, pngen protes tp pngen nerima jg 😀

    1. Dasar tua 😀

      Nah itu tau, gak pernah soalnya kejujuran ente dipertanyakan 😀

      Kalo ane jadi pengen dosa tapi takut ngatain 😀
      Coba aja photoshop gitu, liat gimana responnya 😀

  8. Anakamirikaru says: Reply

    Ane adanya minyak tanah, mau? 😀

    Kandangnya, susah 😀

    1. Ketuaan pak, gak level 😀

      Oh, kenapa ente belain? 😀

  9. Yah, udah dari kemaren2 member nulis lirik sendiri. Tapi, nentuin genre, jenis musik atau imej comebacknya masih ditangan jyp. Kalo ga salah, baru setelah artisnya jalan 3 tahun, jyp berani ngelepas.
    Yg jelas, menurut kuping ane, comeback kali ini lebih lemah dibandingin What is Love. 3 lagu dialbum ini terdengar biasa banget. What is Love kemaren oke banget, lagu utama dan couplingnya oke punya.

    Ilang, maksudnya ga keliatan dipage ini. Kalo sebelum ini kan, setelah nulis, submit, bentuk komennya keliatan di page tempat komen, trus diatasnya ada tulisan awaiting for moderation. Baru setelah ente approve, komennya keliatan untuk public. Kalo yg ini, ilang sama sekali. Mungkin langsung masuk inbox ente, baru setelah diapprove, muncul dipage ini. Simpelnya, ga ada preview komennya.




    0



    0
    1. I don’t care soal aturan 3 tahun atau apalah, yang jelas, track record JYP untuk girl group setelah 3-4 tahun pertama itu jelek abis. Antara berusaha terlalu keras atau malah ditinggal gitu aja dan beralih ke yang baru.

      TWICE? Masih satu-satunya grup JYP yang sukses sekarang ini, comeback gak berhenti, pindah2 Jepang Korea, formula terus sama. The end is near. Udah ada rumor grup baru JYP, termasuk Somi. Jadi ya udah….

      Kayanya emang harus di-reset total ini, liat dulu deh.

  10. Anakamirikaru says: Reply

    Sok2an, pdhal itu yg nhebuat maaa kecil entw sedikit bhagia 😀

    Gak belain, tp dah nyerah, sulit bin mustahil 😀

    1. Coba ente yang paham dijelasin, bahagianya gimana ya 😀

      Dasar lemah, nyerah sebelum bertempur 😀

  11. Anakamirikaru says: Reply

    Ane hnya mencoba mlestarikan permaenan yg kaum ente dlu maenkan 😀

    TT

    Masih aja bhasa ente seribet hdup ente 😀
    Ane gk pande photoshop pla, pake paint bisa gak? 😀

    1. Pura2 aja 😀

      Dasar gak gaul 😀
      Bisa aja, pake batu tulis lebih cocok lagi kalau ente yang edit 😀

  12. Anakamirikaru says: Reply

    😀

    Malah curhat:D

  13. Anakamirikaru says: Reply

    Ane manatau, zaman ane kan zaman gadget 😀

    Ya coba deh klo gtu ente yg nanganin, ente aja masih bergantung sma makhluk2 aneh 😀

    1. Mentang2 puasa udah lewat, boong terus 😀

      Gak kebalik tuh 😀

  14. Shine and Bloom says: Reply

    Prediksi q selama twice gg ngeluarin something new….gg lama lagi mereka bkln dikalahin ma girlgrup yg lain…red velvet masih mending walo gg semelejit twice tp setidakx mv konsep dan album always beda dan kualitasx gg sembarangan

    Klo dulu GG always ngasih konsep yg selalu berbeda tiap rilisan mereka sehingga mpek 10 tahun mereka masih eksis..

    1. Soal dikalahkan atau enggak, ini susah. Karena pasar gak bisa ditebak. Konsep cute gini gak pernah salah sih, cuma bakal kalah sama faktor bosen aja.

      GG juga butuh waktu lama untuk breakout dari konsep lama, malah harus pake konsep super drastis di 2010 😀

  15. Anakamirikaru says: Reply

    Asem 😀

    Nah kan, tak sadar diri, hhhh

    1. Lah emang 😀

      Lah emang (2) 😀

Leave a Reply