XXI Senbatsu : The Predictable Unpredictable

Pengumuman senbatsu untuk 21st single Nogizaka mungkin adalah satu-satunya yang tidak kuikuti dengan antusias sepanjang tahun ini. Lebih karena senbatsu 21 Nogizaka46 ini sudah keburu bocor duluan, sampai tempat MV juga. Jadi, aku lebih memilih untuk main Nogifes ketimbang menonton live Kojichuu.

Well, sebenarnya tidak salah juga infonya sudah bocor. Karena dilakukan di Vietnam, kemungkinan untuk menyebarnya informasi memang lebih kecil, tapi jangan lupa juga kalau Nogi mungkin salah satu idol paling terkenal di luar Jepang yang fanbase-nya menyebar.

 

21-nin senbatsu, jumlah paling aman untuk saat ini

Yang membuatku cukup iri adalah orang pertama yang menyebar foto itu punya keberuntungan yang besar, bisa berada di waktu dan tempat yang sama dengan saat shooting MV.

Sementara itu, prediksiku tidak melenceng jauh kali ini, malah sekitar 90% benar. Mulai dari jumlah, 21-nin senbatsu, sampai kemungkinan siapa saja yang masuk. Langsung saja, ini dia pendapatku tentang senbatsu 21 Nogizaka46.

3rd row

Pertama, tidak ada perubahan besar. Dan benar saja, perbedaannya dari senbatsu Synchronicity hanya sedikit; Sayu, Maichun, Kaz, Hoshi,dan Yumi masih tetap ada disini. Artinya, posisi 5 perma-senbatsu tidak berubah. Sesuai prediksi, Chima dan Ranze akan kembali ke Under.

Yuttan, sesuai prediksi, meski odds-nya kecil, benar-benar kembali ke senbatsu. Natsu no Onna memang punya magis sendiri tiap summer single. Kiichan juga tidak kembali ke senbatsu, yang mana adalah langkah bijak untuk saat ini.

Highlights tentu saja untuk Aachan yang akhirnya benar-benar masuk senbatsu. Meneruskan tradisi Under Center. Dan sebagai pengingat, dia menjadi member Gen 2 pertama yang masuk senbatsu setelah Ranze di Influencer.

Di selang waktu itu, ada 4 member Gen 3 yang sudah merasakan senbatsu, enam malah kalau menghitung single 21 ini.

2nd row

Sedikit kejutan terjadi disini. Sebelumnya kubilang 2nd row mungkin yang akan menjadi yang paling membosankan. Ternyata perubahannya termasuk yang paling mengejutkan. Tidak ada lagi Ikoma dan hiatusnya Kuboshi digantikan oleh dua member Gen 3 sekaligus.

Ume memang sudah bisa diprediksi bisa masuk, apalagi setelah lagu ini nantinya akan menjadi theme song Nanatsu no Taizai dimana Ume menjadi pemeran di live action stage. Yakali LLC mau melewatkan kesempatan promosi besar seperti ini.

Apalagi, mengutip kata-kataku sendiri dari prediksi; “Jika ada dua Maiyan di panggung, berapa banyak orang yang akan tertarik?”

Untuk Renka, ini yang benar-benar kejutan. Aku sama sekali tidak memasukkannya dalam bursa member yang berpeluang senbatsu, karena memang tidak ada faktor yang menurutku bisa menjadi pendukung.

Ya kecuali menghitung dia menjadi center untuk Tokitokimekimeki dan ikut di stage Little Prince, honestly, I would favor other member though. Tapi yah, mengingat video Nogikoi Cafe 7 Stories dimana dia ada dengan Ashurin seingatku punya jumlah views cukup tinggi, bisa sedikit menjadi oke.

Front row

perma-front row masih ada, dan formasinya juga tidak berubah. Bedanya hanya Ikuchan yang kali ini di pojok, yang mana masuk akal karena dia akan sibuk di waktu promo single ini. Berada di pojok kurasa tidak ada bedanya dengan turun ke 2nd row.

Mizuki bertahan di ujung lain, dan Yoda kembali ke front row. Artinya, kombi MomoYoda dan KuboShita tidak lagi fix, yang mana ini bagus, karena jujur saja, membosankan juga melihat mereka seperti paket sendiri-sendiri.

Center. Nah ini yang mengejutkan. Oh, jujur saja, aku lebih ingin melihat Naachan atau Miona yang jadi center kali ini. Naachan sebagai center akan membuat drama yang selevel Produce 48 sementara Miona punya momentum yang jarang kulihat.

Well, tentu aku tidak mengeluh Ashurin menjadi center. Seperti yang kubilang saat prediksi, ini mengulang cerita Naaachan dan Itsudeki, menjadi center di waktu yang sama dengan saat rilis film. Prediksi hasilnya?

Bisa jadi lebih oke dari Asahinagu. Ashurin menjadi satu-satunya cast dari Nogi, lead role pula. Ini juga remake dari film populer, meski ada kemungkinan backfired, kurasa lebih bisa menjangkau penonton yang lebih luas ketimbang Asahinagu.


Conclusion

The predictable unpredictable menjadi kata yang cocok untuk senbatsu 21 Nogizaka46 ini. Seperti abu-abu susah diprediksi, tapi hasil akhirnya seperti sudah bisa ditebak. Masih 21-nin, formasinya juga masih staple.

Tapi yang menarik, melihat formasinya, Aachan, Ume, dan Renka ada di posisi center. Meski dari segi estetika jelek sih, Ume terlalu tinggi untuk ada di tengah-tengah, apalagi diapit dua member pendek, belum lagi trio di belakangnya yang tidak kalah pendek. Er, Ashurin juga…

Melihat posisi single ini sebagai summer single, kurasa sudah cukup bagus. Ashurin ada pengalaman sebagai center, dan pilihan membernya juga cukup bahaya karena latar belakang MV ini nanti adalah pantai. Femme Fatale.

Overall, tidak ada kejutan, dan juga tidak ada keluhan untuk senbatsu 21 Nogizaka46 kali ini. Semuanya sudah masuk kategori “main aman” tapi juga memasukkan tiga member baru ke senbatsu, yang selalu jadi pertaruhan. Okelah.

Setelah kebocoran informasi, kuharap MV bisa cepat rilis saja, daripada digantung, nantinya keburu basi. Dan keburu malas untuk mereview, karena banyak grup yang akan comeback di bulan Juli ini, menawarkan konsep yang lebih oke pula.

Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

40 Replies to “XXI Senbatsu : The Predictable Unpredictable”

  1. Anakamirikaru says: Reply

    Ada yg tau orng yg nyebar foto syuting MV pulang lewat mana? Ngerusak suasana aja.
    Dah lah soal Nogi bocor, ditambah nnton motoGP yg awal hingga nyaris jelang akhir buat nafas gk beraturan tp ujung2nya menghela nafas jg di akhir, asem bener.

    Selamat buat Ayane yg dah bocor atau ketebak sejak tulisan mobame Miona klo gk salah.
    Selamat buat Ume yg jg dah ktebak sjk berita c/w jd theme song anime.
    Selamat buat Renka yg dah ketebak sejak….. Hmmmm?????

    Soal jumlah senbatsu, ane termasuk yg mlih 21 krena pngen bnyak gen 2 yg blm snbatsu bsa jd momen lewat single ini, ternyta…., yah ttp bersyukur ada gen 2 yg naek meski bukan MIRIA, tp ttp salah satu dri mmber Purinkai, Ayane.

    Moga MV n lagu bagus, udah gtu aja.

    Untuk Under, center bnyak plihan nih, center baru kah atau pake stok lama (hinachima, ranze, miria) utk mngobati hati yg terluka?
    *sambil mengadahkan tangan, berdoa smoga Miria, yah minimal Riria atau Reno jg boleh 🙂

    1. Malah curhat, ane sih bahagia ya, Seb Vettel dapet pimpinan klasemen F1, tim (lumayan) favorit ane melaju di world cup 😀

      Bocor dimana2 ya, gak pake aquapr00f kali 😀

      Nah kan, ente gak belajar dari pengalaman sih, jangan jagoin Miria kebangetan tingginya, dia di ambang batas tuh kan 😀
      Atau dukungan ente malah bawa sial kali 😀

      Kayanya jelas stok lama. Chima udah pengalaman di segi ini, tapi kalau ane, mending new face lah.

      1. Anakamirikaru says:

        F1 ane gk ikutin. Tim fav ente mlju di WC? Emang Italia ikutan? #ups 😀

        Tulah, asem bener, dah gtu pngumuman senbatsunya bkan distudio lagi, lengkap sudah 😀

        Bukan gk belajar pak, tp ya mau gmn lagi, ngertiin dong pak perasaan seorang abangnya yg ingin adek tercintanya naek kasta 😀

        Mungkin Riria klo pngen new face

      2. Berkat kekuatan imajinasi, mereka udah pasti masuk final 😎

        Biasa aja kale kalo bukan di studio, kurang2in micin, lebay amat 😀

        Iya deh, mau tisu? 😀

        Bisa lebih realistis? 😀

  2. Shine and Bloom says: Reply

    Wah di pojok brrti sama kayak ditaruh 2nd row ya…
    Sedih sih zukki masih stuck disitu…si yoda ja bisa merapat k tengah…
    La iya ume di taro di tengah bkalan aneh bgt tuh…kmrin pas gantiin si hoshimina aneh bgt ngeliatx…
    Untuk renka mgkin pilihan aman buat penggantinya kuboshi…kagetx bukan riria..

    1. Kurang lebih sama kan, lagian Iku juga mungkin banyak absen lagi buat single ini. Mizuki sementara ini emang paling bagus di ujung sih, kalau buat ane agak overpush juga aslinya.

      Ane rasa karena sekelilingnya pendek-pendek sih, 165 kebawah semua, dia 170 sendiri 😀
      Kepala gundan dia aja ada kali 15 cm lebih pendek 😀

      Ane pikir sih anginnya lebih condong ke Renka belakangan ini daripada Riria, manajemen masih nyimpen ini Pikachu buat belakangan 😀

  3. Turunnya ranze chima sudah bisa diprediksi, hiatusnya kubo bikin harapan adanya nama baru, dan bener ume senbatsu 🙂 padahal ga berharap banyak, pinggiran row 3 juga gak apa.
    Ashu center dan yoda ketengah ane seneng bgt 😀 kurang junna aja jagoan ane yg belum masuk 😀
    Soal ume yg ketinggian kayaknya ga terlalu berpengaruh, apalagi bikin keliatan jelek 😀
    Agak kurang sreg liat yuri, kenapa gak yg lain 🙂 biasanya bareng kanarin soalnya
    Dan ane keseringan sebut riria buat rebutan senbatsu sama ume, eh malah renka yg dapet.
    Oot, pertama ane ga tertarik sama produce 48 eh tapi malah ane ikutin sampe ep3, mao comment tapi lapak produce sepi 😀
    (btw ane kadang kalo koment suka gak masuk komennya, ga tau kenapa 😀 )

    1. Makanya ane kasih judul predictable unpredictable, kaya gak bisa ditebak, tapi ya hasilnya bikin bilang “oh, gitu doang?” 😀

      Soal Ume, ane udah kasih jawaban di komen atas ya 😀

      Yuttan emang unpredictable, flow dia gak bisa ditebak. Baru-baru ini juga beredar soal “PB” dia juga kan 😀

      Komen lah, meski mungkin cuma ane yang bales (gak tau ini pada kemana serigala2 ileran, sama yang masih demen 48G, udah hilang ketertarikan kah?” 😀

      Soal komen masuk atau enggak, soalnya ane pake keamanan+antispam berlapis, jadi harus approve komen manual, maklumi aja kalau suka telat gan 😀

  4. Ashu selamat
    ZukkiKUH makin betah di front row
    Ayane dan Rentan,center yang naik ke senbatsu di next single,kecuali Miria,,,penasaran rencana Manajemen thd Miria,itu beneran next ace nya Nogi?
    Bakal ada formasi Ume’s tower gak nih?

    Bocornya dimana yah?ane malah baru tau sekarang,berarti ane beruntung gak kena spoiler ya

    Lapak pd48 dimana ya?sebenarnya gak terlalu tertariknya tapi anehnya ane malah ngikutin dari eps 1 sampai yang terakhir kemaren

    1. Lah kok malah masuk komen ini,,,kirain gagal,makanya ane bikin yg di bawah

      1. Email ente terumasuk yang sering masuk folder spam, dan itu dari bawaan wordpress, gak tembus ke antispam level dua. Makanya sering gak masuk.
        Jangan keseringan serigalain adek ane makanya 😎

        Diatas sendiri ada itu tulisan Produce 48, langsung kesini nih Produce 48

  5. Ashu selamat ya
    ZukkiKUH makin betah di front row
    Ayane dan Rentan,center yang naik ke senbatsu di next single,kecuali Miria,semoga jadi center under(lagi)
    Ume jadi poros,mungkin mau bikin Ume’s tower sebagai tandingan si adek

    Bocor ya?ane baru tau loh,wah beruntung ane baru tau jadi gak kena spoiler,jadi deg2an nya berasa

    Lapak pd48 dimana ya?gak terlalu tertarik sih awalnya tapi anehnya ane ngikutin dari eps 1 jadi sekarang penasaran ama tuh acara

  6. Gua ini kali ini gak kaget sama sekali ….
    memang g berharap center kali ini baru, entah dr Under atau 3rd row senbatsu..
    walaupun asuka oshi gua,, tp rasanya bakal lebih fresh kalo muka baru yg jd center..

    dr pada SIAPA yg center, gua selalu trtarik, dengan SIAPA org baru yg masuk senbatsu,,,
    ayane ume renka… well gak heran bila ume masuk.. YOU KNOW RIGHT??
    hahahaha

    Renka sepertinya populer di kalangan fans ya. sbg member trmuda dan bisa dblng imouto chara yg cukup kuat dr 3rd gen…
    well skip tentang renka…

    AYANE MASUK SENBATSU,,, akhirnya org akita yang satu ini bisa masuk senbatsu. semoga dia brtahan sementara untuk 2 single kedepan… krna sepertinya management juga mulai bermain di gen 2…

    kalau di pikir” udh brp lama gen2 exist,,, tp trnyata masih banyak yg blom prnh senbatsu dari gen 2…

    1. Siapa muka baru yang cocok jadi center? 😀

      Karena Ume udah bisa ditebak, jadi ya gitu deh, Aachan juga. Renka kejutan. Udah gitu aja 😀

      Cuma separo dari Gen 2 yang udah senbatsu. Dari 2013 sampe sekarang. Kejutan kan? 😀

      1. Chris Tofer says:

        Iya wkwkw
        yg lbh mengejutkan fakta bwt baru separuh gen2 yg prnh masuk senbatsu
        hope the time will come sooner…

        but the wave of the new gen is near..

        muka baru ya…
        g suka bila emng dikejutkan dengan Miria center, atau Reika center, waka atau minami..

      2. Sadly, maybe wont, ever. Waktu untuk Gen 2 udah bisa dibilang habis.

        Gen 4 juga sebentar lagi, meski belum tau konsepnya. 😀

        Susah emang milih center 😀

  7. Anakamirikaru says: Reply

    Allhail spongebob sensei 😀

    Kan pngen tau tanggapan mmber apalgi skrng sub tersedia gk kyk dlu yg pake bhasa batin 😀
    Tp mungkin klo distudio trus nyusahin mmber jg ya gra2 harus mikir mau komen apa 😀

    Ember ada ember?

    Itu dah realistis, bintang stageplay hoshi no ojosama, maen sailor moon, + biasnya ane, realistis kan? 😀

    1. Bergurulah pada Rocky 😀

      Nah itu tau, emang mau ngomong “ganbarimasu” doang? Udah jadi trademark tuh 😀

      Di sebelah banyak 😀

      Terserah lah, sebelum ane nendang laptop kaya Tecchi nih 😀

  8. siape jagoan ente di produce48 bro?

    1. Jepang 1, Korea 1, ini yang dari awal. Gak tau deh kalo entar nambah 😀

  9. Anakamirikaru says: Reply

    Loh, kok jd disni komen ane?

    Allhail rocky, allhail gary, ululullulu 😀

    Atau cra ngumuminnya deh yg beda, misal kyk single 1 yg pake ditelpon ke hp, tar bisa dites umuminnya lewat koran 😀

    Disebelah yg bnyak iler bukan ember 😀

    Yosh, ane yakin, Riria center
    *ngegantung leher sendri

    1. Setdah, sistem komen wordpress bawaan aja jadi kacau, harus ane reset ini.

      Kalau Mystery? 😀

      Setdah, yakali, itu pas mereka belum seukuran debu, nah sekarang kalo gitu? Bisa dibayangin gimana efeknya? 😀
      Apalagi kalo korannya itu Bunshun 😀

      Oh, kok tau? 😀

      Ane bantuin sini, ane kan ringan tangan 😀

  10. Anakamirikaru says: Reply

    Sekacau hdup yg punya 😀

    Itu punya Yuuka, ojosama 😀

    Ya gk dibunshunlah, enak bener mereka. Nogi kan ada koran sndri, nogi shinbun, nah umuminnya disitu, atau kerja sma lagi dgn anan 😀

    Taulah, kan ane yg ngalamin 😀

    Gak perlu, klo ente bantuin ntar kacau pla 😀

    1. Lagi curhat ya pak 😀

      Oh sekarang udah pindah ke darat 😀

      Kenapa harus anan? Ente pasti HBD 😀

      Ane bantuin talinya dari rantai kapal 😀

  11. Anakamirikaru says: Reply

    Ya, curhat ttg ente 😀

    Masih di laut, klo Yuuka maen ke laut atauvpantai, nah baru maenya sma si myatery 😀

    Dripda bunshun kan mnding anan, friday jg boleh, atau mau di weekly playboy? 😀

    Pake tali rapia jg dah cukup 😀

    1. SKSD 😀

      Kirain penjaga lautnya itu Aoko 😀

      WPB masih kecil itu, masih parah Friday 😀

      Leher ente ringan pasti 😀

  12. Anakamirikaru says: Reply

    Apa itu, ane taunya cma SNSD 😀

    Aoko ntah punya sapa, di keyaroom hiragna dia jg nongol, jd pliharaan tak bertuan dia kyknya skrng 😀

    Nah makanya annan aja, friday kan dah ada nogi satsu, atau mjalah tempo? 😀

    Yabiyalah ringan, emang ente, berat dosa 😀

    1. Nah kan sok tau pula 😀

      Bukan jadi kepala keamanan lagi toh? Wah Lord President bentar lagi pensiun nih 😀

      Dasar orang tua, dari korannya aja keliatan 😀

      Lagi2 curhat 😀

  13. Anakamirikaru says: Reply

    Skedar tau, gk terlalu memahami 😀

    Ibrat pmain bola, aoko itu statusnya bebas transfer, kontrak gk diperpanjang tp blm jg dpt tim baru 😀

    Loh, orng berkelas mah maenannya ya tempo, emang ente, buku TTS 😀

    >?!)@&+?/{)~(#_+([

    1. Oh, kasian amat Aoko, habis film langsung dibuang 😀

      Meremehkan TTS ente 😀

  14. Anakamirikaru says: Reply

    Dah biasa itu mah 😀

    Bukan ngeremhin TTS nya, tp gambar cover buku TTS nya yg jadi cikalbakal lahirnya srigla2 ileran nasional 😀

    1. Udah biasa? Udah biasa? Jadi bisa dianggap Keyaki itu penista binatang 😀

      Kalo TTS gambar Dance the Night Away? 😀

  15. Anakamirikaru says: Reply

    Jgn mnyalahkan keyaki scr ksuluruhan dong atas perbuatan tercela Berika 😀

    Klo gtu beda lagi ceritanya, bolehlah 🙂

    1. #2019BerikaGrad 😀

      Mau? 😀

  16. Anakamirikaru says: Reply

    Berika grad, keya bubar 😀

    Mau tp gk berharap, apalagi berharap dri ente 😀

    1. Kan ada penggantinya 😀

      Bagus deh 😀

  17. Anakamirikaru says: Reply

    Sembarangan ja klo komen, makhluk satu2nya tih, gk ada yg bsa gantiin 😀

    _-(!?-~~?+*$(#_@;<"_

    1. Oh, dia-yang-bisa-berubah-jadi-kumbang? 😀

  18. Anakamirikaru says: Reply

    X ini bhas apa lagi ente, gk pham ane 😀

    1. Lihat dengar dan rasakan aja 😀

Leave a Reply