Sakamichi Review : Hashiridasu Shunkan

Hiragana Keyaki akhirnya merilis album mereka; Hashiridasu Shunkan pada 20 Juni 2018. Ini adalah album pertama Hiragana, khusus Hiragana yang melibatkan 20 member H1 dan H2. Karena lagunya banyak, maka aku tidak bisa langsung mereview sehari jadi.

Well, 18 lagu baru. Itu masih dibagi 3 type. Untuk satu type saja butuh setidaknya satu jam. Jadi ya maklumi saja dan sekarang sudah jadi, so, check this out. Sakamichi Review, Hashiridasu Shunkan.


Covers Coverage

Mungkin salah satu cover art paling oke belakangan ini. Efek brush stroke diatas foto dan background putih memberi kesan modern. Efek coretan membuatku penasaran apa ini adalah kepingan puzzle dari gambar yang lebih besar.

Kesan yang kudapat adalah polaroid modern, font yang digunakan juga menambah kesan itu. Overall, ini memberi warna baru bagi cover art Keyaki. Cover favoritku? Tentu saja Type B karena ManaMiku ada disitu.

Selain itu, lebih baik ketimbang Type A yang terlalu candid dan Regular yang full shot, jadi sedikit susah melihat membernya.


Tracklist

ALL Versions:

1. Hiragana Keyaki
2. Dare Yori mo Takaku Tobe!
3. Bokutachi wa Tsukiatteiru
4. W-KEYAKIZAKA no Uta
5. Eien no Hakusen
6. Chinmoku Shita Koibito yo
7. Soredemo Aruiteru
8. NO WAR IN THE FUTURE
9. Ima Ni Mite Iro
10. Hanbun no Kioku


Type A

M11:期待していない自分 / Kitai Shiteinai Jibun

Main song dari Hashiridasu Shunkan. Yang bisa kukatakan adalah lagu ini jelas berbeda dibanding Kanji. Well, kata-kata “Hiragana lebih ceria” bisa tercermin dari lagu ini. Arrangement wise, not so much differ, the vocal did the works.

Kupikir perbedaan dengan Kanji adalah temponya lebih lambat dari Garasu, dan aransemen tidak terlalu keras. Tapi memang berisik, tidak jarang vokalnya tertutupi. Nah, vokal yang relatif lebih lembut ini yang jadi poin pembeda.

Bisa jadi karena musiknya juga, tapi keseluruhan oke. Still, I didn’t feel this song, just average. Well, tidak buruk juga sih, apalagi kalau diingat Under Album Nogi lebih jelek dari ini.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M12:線香花火が消えるまで / Senko Hanabi ga Kieru Made

Petikan gitar membuka lagu yang dibawakan oleh trio Miku, Suzuka, dan Konoka. Yang mengejutkan adalah berat vokalnya. Masih sulit untuk membedakan siapa yang mana, tapi kurasa vocal range yang ditunjukkan lewat lagu ini cukup untuk menjadi pembeda.

Di awal cukup berat, mulai tengah sampai akhir lagu cukup tinggi. Di bagian ini jujur saja, bagiku terasa off beat, rasanya sedikit maksa. Music wise, ini seperti touch up dari lagu Yuichanzou, sedikit retro, dengan tambahan instrumen klasik yang umum ditemui di musik dance.

Rate : ♥♥♥1/2

[collapse]
M13:未熟な怒 / Mijukuna Ikari

Lagu baru H2 setelah Hanbun no Kioku. And I still impressed by them. Dominan akustik yang entah kenapa membuatku ingat pada Kakumei no Uma, sedikit terasa nuansa etnik. Recorder.

Overall, lagu ini bagus, tapi belum bisa menggeser posisi Hanbun sebagai lagu favoritku dari H2. Salah satu yang menentukan, selalu ada sedikit miss pada vokal untuk seleraku.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M14:わずかな光 / Wazukana Hikari

Miipan mendapat lagu solo pertamanya. Ekspektasiku yang cukup tinggi dibayar lunas. Dia mendapat lagu yang pas dengan karakter vokalnya. Tidak ada kesan miss sama sekali yang kutangkap, mungkin karena range ini aman untuknya.

Wazukana Hikari jadi salah satu lagu favoritku dari album ini, apa ya, sesuatu yang hanya bisa didapat lewat album yang khusus seperti ini adalah tujuan paling penting. Sayang ini tidak sering terjadi.

Rate : ♥♥♥♥1/2

[collapse]
M15:ノックをするな! /Knock wo Suru na!

Unit Katoshi, Manafin, Mei, Suzuka, dan Miho. Setelah Miipan, aku tidak berharap menemukan vokal yang oke. Dan benar saja, untuk lagu ini jatuhnya di kategori unik. Tapi anehnya, dipadukan dengan musik, lagu ini terdengar catchy.

Yang pasti, aku tidak bisa menghilangkan bayangan Celeb Five mendengar lagu ini. Jika lagu ini akan dibawakan seperti itu, two thumbs up, y’know.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M16:ハロウィンのカボチャが割れた / Halloween no Kabocha ga Wareta

Lima Cantik mendapat lagu baru. Jika lupa siapa saja membernya, ini dia; Katoshi, Ramen, Gummy, Ayaka, Sarina. Setelah di album Masshirona yang mengecewakan, kali ini, well, tidak jauh berbeda. Yah, masih dalam jalur khas lagu idol.

Easy listening & quite catchy, to be honest. Musiknya kembali dominan elektronik, tapi keseluruhan ini adalah lagu yang oke. Kadar gulanya tidak terlalu tinggi.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M17:約束の卵 / Yakusoku no Tamago

Nuansa W-Keyakizaka no Uta yang diaransemen ulang. Temponya cukup lambat dan tidak terkesan semangat, well, lagu kebangsaan Keyaki tidak pernah sesemangat Nogizaka no Uta. Cukup disayangkan untukku.

Tapi keseluruhan, lagu ini jatuh di sweet spot, apalagi kalau kita kembali ke prinsip “Hiragana lebih ceria” Yah, lagu ini juga tidak akan salah seandainya dijadikan sebagai main song dari Hashiridasu Shunkan.

Rate : ♥♥♥1/2

[collapse]

Type B

M11:期待していない自分 / Kitai Shiteinai Jibun

M12:キレイになりたい / Kirei ni Naritai

Kali ini giliran unit Nao, Nibu, dan Miho. Entah kenapa lagu ini mengingatkan dengan salah satu theme song Sailor Moon. Serius, aku tidak ingat dari seri yang mana, tapi terdengar mirip.

Sedikit berbau anime dari segi vokal, tapi petikan gitar membuat lagu ini tidak terlalu anime-ish. Membicarakan vokal, ada satu member yang entah siapa terdengar sangat miss saat chorus.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M13:夏色のミュール / Natsuiro no Mule

Mao, Kage, Manafin, dan Mei ikut di lagu ini. Awalnya aku tidak paham dengan lagu ini, karena Mule adalah hewan hasil kawin silang keledai jantan dan kuda betina. WTF?

Mengesampingkan judul anehnya, lagu ini cukup decent. Yah, ceria, untuk mudahnya. Memang tidak spesial dan cenderung forgettable, tapi kita tidak bisa mengharap semua lagu akan bagus. Tidak ada yang salah dengan lagu ini.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M14:男友達だから / Otoko Tomodachi Dakara

Katoshi juga mendapat jatah solo, dan sejak awal sudah bisa didengar dia membawa warna yang berbeda dengan solo Miipan diatas.

Overall, Katoshi terdengar beberapa kali kurang bisa sampai di nada tinggi. Atau kadang terlalu tinggi di nada yang harusnya biasa. Hanya saja, pengalaman mendengarkan keseluruhan, dia bisa membawakan lagu ini dengan baik. Well, materi untuk solo di album ini semuanya oke.

Rate : ♥♥♥♥

[collapse]
M15:最前列へ / Sai Zenretsu e

H2 on the roll. Lagu kedua mereka di album ini. Dan berbeda dengan Mijukuna Ikari, lagu ini lebih bermain di vokal. Yang mana, juga jadi titik lemah.

Separuh bagian awal lagu ini seperti mendengar musikal, sayangnya di pertengahan terdengar generik. Vokal masih kurang saat bagian awal, intonasi dan pengaturan nafas. Harus digarisbawahi; tidak sejelek itu kok.

Rate : ♥♥♥

[collapse]
M16:おいで夏の境界線 / Oide Natsu no Kyokaisen

Tidak mau kalah dari H2, giliran H1 dengan lagu baru. Dibuka dengan nada minor, lagu ini juga berkesan mirip theme song dari shoujo anime.

Bagian refrain jelas bagian paling catchy dari lagu ini. Nadanya memberi semangatOverall enak didengarkan, tapi  sekali lagi, banyak lagu yang forgettable di Hashiridasu Shunkan.

Rate : ♥♥♥1/2

[collapse]
M17:車輪が軋むように君が泣く / Sharin ga Kishimu yo ni Kimi ga Naku

All member menyanyikan lagu ketiga. Nah, lagu ini masih bernuansa slow seperti Yakusoku no Tamago.

Entah aku yang sudah bosan mendengar sampai titik ini atau bagaimana, kesan yang kudapat tidak sekuat itu. Mungkin juga karena tidak ada yang spesial dari lagu ini.

Rate : ♥♥♥

[collapse]

Regular

M11:期待していない自分 / Kitai Shiteinai Jibun

M12:三輪車に乗りたい / Sanrinsha ni Noritai

Kombi Memiipan menunjukkan karakter vokal yang berbeda. Memi sedikit nasal ketimbang Miipan, dan ini terasa sekali di awal. Tapi keseluruhan, kombi ini menunjukkan potensi.

Duo ini masih belum bisa disamakan dengan Yuichanzou, tapi kedepannya, kurasa aku bisa berharap mereka bisa lebih banyak muncul. Sementara lagunya sendiri cukup santai, kental nuansa akustik.

Rate : ♥♥♥1/2

M13:こんな整列を誰がさせるのか? / Konna Seiretsu wo Dare ga Saseru no ka?

H1 juga mendapat 2 lagu di Hashiridasu Shunkan. Genre yang lebih EDM ketimbang lagu lain di album ini, menjadi pembeda karena terdengar cool. Kesan ini kudapat dari lagu ini saja.

EDM yang ditampilkan tidak sekental Kanji, tapi melihat ini adalah lagu pertama Hiragana yang setipe ini, menarik untuk ditunggu apa mereka bisa membawakan ini dengan baik saat live. H1 sendiri rasanya belum pernah kulihat perform lagu Kanji yang bisa mendekati.

Rate : ♥♥♥1/2

M14:居心地悪く大人になった / Igokochi Waruku Otona ni Natta

Sudah bisa ditebak, Ramen juga akan mendapat solo song disini. Dan uniknya adalah langsung lompat ke lagu tanpa intro apapun. Aku sempat mengira ini kelanjutan dari lagu sebelumnya.

Karena ini Ramen, apa yang bisa diharapkan selain vokal oke? Cek. Sebagai member dengan vokal paling distinguishable dia mendapat lagu yang sesuai dengan vocal range-nya. Within Keyaki, you can’t help but love her voice. You can’t say Yuichanzou are the double suns here.

Rate : ♥♥♥♥

M15:割れないシャボン玉 / Warenai Shabontama

Unit terakhir diisi oleh Hina, Hiyotan, dan Manamo. Sebenarnya, aku tidak berharap banyak melihat membernya. Dan benar saja, musiknya seperti 8-bit sejak awal. Dan kalau begitu, aku tidak bisa bilang jelek.

Justru malah unik, tapi “ooohhhh” itu yang bikin lagu ini jatuh nilainya untukku, apa Manamo pelakunya? Selain bagian ini, lagu ini oke dalam arti ini seperti Kanjou Rokugousen, punya output yang unik.

Rate : ♥♥♥

M16:ひらがなで恋したい / Hiragana de Koi Shitai

Sudah dibawakan di Hiraoshi, lagu ini bisa dibilang yang paling ceria dari semua lagu all member di album ini. Mungkin juga efek karena sudah melihat live mereka sih.

Yang pasti, ketimbang Yakusoku no Tamago atau Sharin ga Kishimu yo ni Kimi ga Naku, jelas aku lebih suka lagu ini karena satu alasan simpel; lagunya lebih ceria dari dua sebelumnya. Apa istilahnya, menunjukkan warna Hiragana mungkin.

Rate : ♥♥♥1/2


Conclusion

Hashiridasu Shunkan adalah album yang lengkap. Dalam artian memberi kesempatan yang adil bagi tiap member Hiragana di semua lagu. Ada yang lebih malah. Ini jumlah partisipasi member di album, mengecualikan lagu H1 & H2, juga lagu all member.

  1. Katoshi – 3
  2. Miipan, Ramen, Miho, Mei, Suzuka, Manafin – 2
  3. Miku, Kage, Hina, Nao, Akari, Sarina, Memi, Manamo, Konoka, Hiyotan, Mao, Gummy, Ayaka – 1

Katoshi mendapat solo dan dua unit, yang menurutku agak aneh kenapa dia jadi yang paling banyak ada di tracklist ketimbang Miipan yang center kali ini. Miipan dan Ramen sama-sama 1 solo dan satu unit.

Sementara Miho, Mei, Suzuka, dan Manafin ikut dalam dua track. Manafin menurutku sedikit mengejutkan, mengingat dia masih di ambang terbawah untuk popularitas. Strategi untuk menaikkan popularitasnya, kuharap.

Membicarakan popularitas, ini adalah info dari HS ronde terakhir Hashiridasu Shunkan, dikutip dari Stage48.

5th round

01. (01.) 12/12 (+00) Saito Kyoko (2nd round sold out)
02. (02.) 12/12 (+00) Kato Shiho (3rd round sold out)
02. (02.) 12/12 (+00) Kageyama Yuka (3rd round sold out)
04. (04.) 12/12 (+00) Kanemura Miku (4th round sold out)
04. (04.) 12/12 (+00) Kawata Hina (4th round sold out)
04. (04.) 12/12 (+00) Kosaka Nao (4th round sold out)
04. (04.) 12/12 (+00) Watanabe Miho (4th round sold out)
04. (04.) 12/12 (+00) Higashimura Mei (4th round sold out)
09. (09.) 12/12 (+01) Nibu Akari (5th round sold out!)
09. (10.) 12/12 (+02) Ushio Sarina (5th round sold out!)
11. (10.) 11/12 (+01) Takamoto Ayaka
11. (12.) 11/12 (+02) Kakizaki Memi
13. (12.) 09/12 (+00) Miyata Manamo 
13. (12.) 09/12 (+00) Tomita Suzuka 
13. (15.) 09/12 (+03) Sasaki Mirei
16. (16.) 06/09 (+02) Matsuda Konoka
17. (16.) 04/12 (+00) Sasaki Kumi
18. (18.) 03/09 (+00) Hamagishi Hiyori
19. (19.) 02/12 (+02) Iguchi Mao
19. (19.) 02/12 (+02) Takase Mana
Total: 186/228 (+15 since 4th round) [81.6%]

1st Gen: 99/132 (+12[75.0%]
2nd Gen: 87/96 (+3[90.6%]

Adalah sesuatu yang unik. Miipan bisa dilihat masih belum SO, padahal dia center. Ini tidak bisa dilihat di Nogi, kecuali menghitung mereka yang absen sesi HS. Oh, sudahlah, HS jadi sedikit rumit akhir-akhir ini.

Kembali ke album, overall Hashiridasu Shunkan bisa kubilang lebih baik dari Masshirona Mono wa Yogoshitaku naru. Dalam artian dirilis di momen yang tepat plus materinya oke. Hiragana sedang dalam momentum dan lagunya cocok dengan apa yang mereka ingin tampilkan.

Terlebih untuk lagu solo. Ini harus digarisbawahi. Semua solo di album ini nilainya 4/5 dan jelas menunjukkan berapa banyak perhatian untuk album ini. Belum lagi untuk promosi.

Iklan di koran hanya sebagian, karena juga ada kerjasama dengan Tower Records, Twitter, dan lainnya. Yang jelas memunculkan tanda tanya tentang “apa Hiragana ini sebenarnya” karena levelnya sudah sama dengan Kanji.

Well, pertanyaan retoris yang tidak perlu dijawab, karena toh jawabannya tidak jelas. Yang pasti, Hashiridasu Shunkan adalah album yang nyaris sempurna, semuanya ada dan nilainya oke.

Bagaimana dengan kalian? Sudah dengar atau belum?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

22 Replies to “Sakamichi Review : Hashiridasu Shunkan”

  1. Anakamirikaru says: Reply

    Kitai Shiteinai Jibun
    Musik intronya kyk pernah dgr di lagu Kanji, apa cuma prsaan ane aja ya? Lagu yg ane anggp pembuktian Hiragana jg bisa kyk Kanji, klo bnyak yg bilang mirip baik lagu maupun dance, ya ane anggp resiko dari kberanian sbuah pembuktian, halah 😀
    Rate: 3.5 / 5

    Senko Hanabi ga Kieru Made
    Gak bisa bedain sapa yg mana. Yg jelas dngerin lagunya bkin ingin menjentikkan jari, dan menghentakkan kaki 😀
    Rate: 3 / 5

    Mijuku na Ikari
    Mantaplah Gen-2, bagus vocal nya, musiknya ane jg suka, yahut. Suara suling (?) nya bikin mata terpejam. Lagu yg layak dapt Mv inimah.
    Rate: 3.5 / 5

    Wazuka na Hikari
    Maen aman. Lagunya pas dgn warna krakter Miipan n gk nuntut oleh vocal yg lebih. Kirain bakal dpt lagu yg musiknya lebih ceria, rupanya yg agak medayu-dayu.
    Rate: 3.5 / 5

    Knock wo Suruna
    Bukan lagu yg sesuai selera ane. Ntah knp pas bgian reffnya kyk ada yg kurang sama arnsmen musiknya. Bingung mau jelasinnya 😀
    Rate: 3 / 5

    Halloween no Kabocha ga Wareta
    Jauuuuuuh lebih enak lagu yg di album Kanji. Yg di album kanji lebih soft musiknya. Klo mnurut miminnya yg di album Kanji mngecewakan, klo bgi ane mlah salah satu lagu yg enak di album Kanji 😀
    Rate: 3 / 5

    Yakusoku no Tamago
    Mnginagtkan ane sama lagu Seifuku to taiyou, apalagi yg pas bgian mau reffnya, sama persis 😀
    Rate: 3.5 / 5

    Kirei ni Naritai
    Kirain lagunya lbih idolish, lebih centil krena jdulnya yg spserti itu. Tak taunya….
    Gawat, lagu unitnya Miho gk ada yg dapt pnilan bagus ditelinga ane TT
    Rate: 3 / 5

    Natsuiro no Mule
    Lagi2 pnilain ane akn jdul gk sejalan sama lagunya, kurang ceria 😀 Suara Mao jg gk seseram yg ane bayangkan 😀
    Rate: 3 / 5

    Otoko Tomodachi Dakara
    LAgunya amsih setipe lagu Miipan, yg mendayu-dayu. Sama kyk Miipna, dgn krakter Katoshi yg agak2 ane pikir bkal dpt lagu yg sesuai krkater dia.
    rate: 3 / 5

    Saizenretsu e
    Klo boleh milih, masih enakan Mijuku. Maish tergolong enak tpi lagunya.
    rate: 3 / 5

    Oide Natsu no Kyoukaisen
    Gak dapat feelnya. Skedar bagus.
    Rate: 3 / 5

    Sharin ga Kishimu You ni Kimi ga Naku
    Ntah knp, sampai sejauh ini lagu yg ane denger di album ini kyk gk jauh2 beda tipenya. Hmmmm..
    Rate: 3 / 5

    Gak usah ditanggepin dulu Min (sapa jg yg mau langusng tanggepin) krena ane blum dngerin yg reguer. Sisanya ane lanjut besok. mata dan telinga dah gk kuat lagi 😀

    1. Anakamirikaru says: Reply

      Sanrinsha ni Noritai
      Suka sama lagu ini, terutama irama lagu awalnya. Suara memi enak juga ternyata, jrng fokus sama suara nih anak 😀
      Rate: 3.5 / 5

      Konna Seiritsu wo Dare ga Saseru no ka
      EDM, ane angin2an sama musik bginian, dan untuk lagu ini, yah sekedar bagus. lagu ikyk gini enaknya dinikmati sambil lihat video perform, klo cuma dngerin lagunya agak susah, setidaknya buat ane.
      Rate: 3 / 5

      Igokochi Waruku Otona ni Natta
      Ntah, bgi ane suara backing vocal nya terlalu keras terdengar apalagi pas bagian reff, suara cowok pula klo suara cwek mungkin lbih enak soalnya suara si kyoko sndiri dah berat kyk suara cowok 😀
      Rate: 3 / 5

      warenai Shabondama
      Wah, miminnya nyerang scr personal nih 😀
      Lagi2, gak jelek, skedar bagus, udah gtu aja. habis dengerin lagu ini ntah knp ane langsung pngen cepet2 dengerin lagu Balet to shounen 😀
      Rate: 3 / 5

      Hiragana de Koishitai
      Setuja, nih lagu mendingan ketimbang 2 lagu Hrgna lainnya. Musiknya lebih rame dan klo lebih menceritakan Hiragana itu sndiri.
      Rate: 3.5 / 5

      Conclusion
      Album ini buat ane hanya sebatas bagus (mau nulis biasa2 aja, gak tega), banyak lagu yg bagus tpi mentok dstu, lagu2nya cenderung forgettable. Klo boleh dibandingin sama album Kanji, dgn berat hati ane lebih mmilih album kanji klo dari sgi lagu2nya. Bnyak lagu di album kanji yg bisa langsung ane suka n ingat gmn lagunya, hal yg gk terjadi di album hiragana.

      Moga 1st week mlesat pesat penjualannya.
      Gana Gana Hiragana Gana! Ei, ei, Oooooo…!!!

      1. Emang dasar manusia, dikasih disqus masih aja komen di WP 😀

        Jadi… gimana?
        Ada penyesalan tersendiri buat mereka yang dapet solo? 😀

        Ternyata cinta ente ke hiragana cuma berkisar bintang 3 😀

      2. Anakamirikaru says:

        Gk pernah komen di disqus jd ragu, ntar klo ane komen di disqus trus ente blas, ada notifnya gk di gmail ane?

        Nyesal sih enggak, biasa aja lah.
        Solo album kanji kmarin jg biasa aja, gk ada yg twrlalu wow.

        Yah mau gmn lagi, hnya brusha swobjektif mungkin. Lagu2nya bagus tp ya itu, forgetbl. Bahkan gk ada lagu yg bikin ane sampe buru2 cari kabel data buat copy lagunya ke hp ane.

      3. Ada lah, login aja bisa pake gmail 😀

        Di depan ngomong gitu, di belakang nangis guling2 😀

        Ah, ente aja yang lagi kena pilek negeri sebelah 😀

      4. Anakamirikaru says:

        Oklah, klo ada postingan baru, ane komen di disqus.

        Ente x yg kyk gtu 😀
        Tp hrapan nut hrgn tmpil di Mste masih blm terwujud TT

        Curigaan mulu, hhhhh

      5. ……..

        Apa hubungannya sama ane ya, emang centernya siapa? 😀
        Gampang, entar langsung Kohaku 😀

        Emang enggak gitu? 😀

      6. Anakamirikaru says:

        Malah dihapus ya disqusnya???

        Ini soal apa sih? bingung ane 😀
        Aaamiiinn 😀

        Emng gk gtu!

      7. Ya, alasannya udah dibilang kan.

        Kura-kura dalam perahu 😀
        Terus Kanji? 😀

        Oh, terus? 😀

      8. Anakamirikaru says:

        Duh, pdhal baru aja mau komen pake disqus, mlah dihapus 😀

        Ane kan lugu 😀
        Kanjibya? Tampil jg lah bias bsa lihat 3 bidadari ane yg ad dsitu, tp jgn tmpil 2 x, tar ada “drama” akhir thun pla lagi 😀

        Tetus2, kyak tukang parkir ja ente 😀

      9. Disqus jadi masalah karena masalah kemarin

        Mau nabokin, susah kalo online 😀
        Oh, drama kan keharusan 😀

        Curhat ya pak? 😀

      10. Anakamirikaru says:

        Cri yg gampang tp bisa upload gmbar, biar makin hdup kolom komennya 😀

        Makanya jgn hobi nabok 😀
        Drama yg romantis lah jgn asyik yg sedih mulu 😀

        Iya, curhat ttg ente 😀

      11. Enak ente bilang, kalo ada error comment malah marah2, kan kamvret 😀

        Sekarang hobi bacok 😎

        Drama yang anarkis? 😀

        Ngapain ane dicurhatin? 😀

      12. Anakamirikaru says:

        Loh, pngunjungkan adl raja, raja dah tentu mau yg enak2 n ngomel klo gk enak 😀

        Hobi tuh yg bgus ngerumpi 😀

        Drama yg mnenangkan hati 😀

        Soalnya ente gk pernah sdar sri 😀

      13. Admin have the rights to kill bad customer 😎

        Dasar TTG 😀

        COntoh? 😀

        Curhat pula 😀

      14. Anakamirikaru says:

        Sungguh teganya..teganya..teganya 😀

        Apa pla itu? Tampan Tampan Gaul? 😎

        Misal stelah slesai perform lagu, trus tiba2 ada vtr pngumuman UE jd cwnter next single 😀

        ?<)!:+_[

      15. Sekarang harus tegaan 😀

        Tua Tua Gosip 😀

        Berharap boleh, tapi harus dalam batas wajar 😀

      16. Anakamirikaru says:

        Skarang? Dri dlu x ente tegaan 😀

        Kirain Tamvan2 Gaul 😎

        Berharap? Sapa yg berharap? Kan ente tnya soal contoh, jd ya ane kasih contoh, sebatas contoh TT

      17. Baru tau ya? 😀

        Menghibur diri sendiri? 😀

        Iya lah iya 😀

      18. Anakamirikaru says:

        Iya x ane baru tau TT

        😎

        Tumben bkn “boku wa iyadah” 😀

      19. Oh beneran baru tau 😀

        Bosen, lagian di acaranya juga gak menarik 😀

  2. Anakamirikaru says: Reply

    _})!:-*#_-?!(-?<)@/}{_!)!=-

    😀

Leave a Reply