TWICE : I Want You Back Review

Di tanggal 15 Juni 2018, bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, TWICE merilis MV terbaru; I Want You Back untuk pasar Jepang. Judulnya terdengar familiar? Well, ini adalah versi remake dari lagu Jackson 5.

Hari ini adalah hari sibuk karena selain TWICE, banyak yang rilis, dan karena I Want You Back adalah yang pertama, maka ini yang pertama kutulis. Langsung saja, ini dia review untuk I Want You Back.


Pertama, MV ini dirilis sebagai bagian dari OST untuk film Sensei Kunshu. Dan ini adalah proyek OST pertama TWICE sejak debut, plus rilisnya terbilang tanpa spoiler berlebihan. Yah, bisa dibilang pemanasan sebelum comeback Korea mereka bulan depan.

Membawakan remake bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak remake yang berakhir gagal karena lagu aslinya lebih bagus. Dan kupikir kali ini terbantu oleh popularitas TWICE di Jepang karena jujur saja, siapa yang bisa me-remake lagu dari King of Pop dengan bagus?

MV ini dibuka dengan Mina yang melihat poster audisi music & dance. Dari sini kupikir Mina akan menjadi pemeran utama, karena ini untuk pasar Jepang dan lagunya berbahasa Inggris. FYI, Mina juga berkewarganegaraan US selain Jepang.

Lalu beralih ke cafe dimana TWICE menjadi pegawainya. Setelah jam tutup mereka melakukan latihan untuk audisi. Kostumnya mengingatkan sekali pada MV yang seharusnya menjadi breakthrough GG; Dancing Queen. Set-nya juga mirip-mirip. Untuk rilisan kali ini mereka menggunakan konsep retro.

Dari dance scene pertama, Sana-lah yang menjadi center, untungnya Mina ada di sebelahnya. Untuk line pembuka, jadi milik Jihyo, yang wajar karena vokal yang lebih utama. Yang mengejutkan adalah Jungyeon yang mendapat part kedua, dan selama lagu ini, dia mungkin mendapat line terbanyak dari semua lagu TWICE sebelumnya.

Yang sedikit membingungkan adalah waktunya, karena saat Mina memberitahu yang lain tentang audisi, lebih lambat dari waktu tutup cafe. Sedikit saja sih, cuma ini membingungkan. Scene berlanjut langsung ke saat audisi. Entah tidak ingin menyewa extra atau bagaimana, jurinya juga diri mereka sendiri.

Tentu saja mereka lolos dan menjadi pemeran utama untuk sebuah acara. Very simple storyline, di akhir MV adalah rekaman dari latihan mereka dan saat menunggu audisi, dengan scene terakhir memperlihatkan kursi kosong saat mereka audisi.


Well, seperti yang kukatakan diatas, karena ini adalah proyek remake dan OST, maka tidak banyak yang bisa diharapkan, atau di-review. I Want You Back adalah salah satu lagu terbaik sepanjang masa, juga yang membuka gerbang karir seorang Michael Jackson, pada dasarnya, justru malah burden.

Sudah terlalu banyak yang membuat remake I Want You Back, termasuk Little Glee Monster, yang jujur saja, aku tidak bisa membandingkannya dengan TWICE. Bukan apa-apa, karena dari awal vokalnya juga sudah jauh, pronounce LGM terasa lebih oke, versi TWICE ini agak aneh.

Jepang punya eengrish yang lebih susah didengar dari Korea, dan kali ini, rasanya sama saja. Yah, jelas ada pengaruh dari vokal juga sih. Jihyo saja masih blurry, Mina juga, yang lain rata-rata, justru Jungyeon yang terdengar paling fasih. Dubu & Chaeng juga sih, tapi part mereka terlalu sedikit.

Dari segi set, ya bagus sih, dapet dengan konsep retro. Cuma ada beberapa bagian yang terkesan janggal. Contohnya, aku tidak yakin toko di era 50-60 punya barcode scanner sebagus itu. Oke, sejujurnya, aku kurang bisa menangkap dari dekade berapa set ini dibuat, karena barangnya cukup campur aduk.

Kostum sesuai dengan tema retro, sampai bisa dilihat kalau filter yang digunakan juga berkesan vintage. Yah, intinya cukup all-out sih. Cuma sedikit keluhan adalah; ini sesuai dengan filmnya atau tidak?!?

Kembali ke hal dasar, ini adalah OST, kalau tidak dibuat sesuai film sih, maaf saja, nilainya merah, nol besar. Dari trailer pun, aku tidak melihat Sensei Kunshu adalah film bertema retro. Jadi, dari segi ini, aku akan bilang this is all for cash, karena storyline MV ini pun berbeda darif filmnya.


Overall, rilisan kali ini tidak dipromosikan sebaik rilisan-rilisan sebelumnya. Yah, sudah menang di awal karena dipakai sebagai OST juga, jadi tidak perlu berlebihan. Lagipula, comeback Korea mereka jelas lebih ditunggu. Jadi, I Want You Back adalah proyek mengejar keuntungan dan popularitas saja.

Karena dari segi lagu, aslinya dibawakan Michael Jackson, apa yang bisa diharapkan?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

20 Replies to “TWICE : I Want You Back Review”

  1. Alamak, rajin bener! 😀 Jadi prihatin mikirin proyek sub ane. 🙁

    Pertama, ane setuju kalo pengucapannya aneh. Kalo versinya Jackson 5 ane bisa ngerti seluruhnya. Kalo ini, mungkin 5-10% yg bisa ane tangkep. 😀 Tapi, apapun itu, ini Twice gitu loh. Jadi, fokus ane tentu aja ke membernya. 🙂

    Soal waktu yg membingungkan, semua kejadian ini kan ada di mimpinya Dahyun, pas dia tidur waktu menunggu giliran audisi. Wajar membingungkan, lah wong yg mimpi aja member koplak. 😀

    Soal kualitas suara, jelaslah LGM lebih bagus, dan tentu aja ga ada yg bisa menyaingi yg aslinya, si Jackson 5. Jihyo enak, tapi dia ga bisa 1 oktaf lebih tinggi, pas bagian duet sama Jeongyeon. Cuma 2. Kalo bisa, manteb tuh. 😀

    Tapi lumayan puaslah dengan mv dan lagunya. Lagunya ane suka, yg ngebawain ane cinta. Kurang apalagi coba? 😀

    1. Lanjutkan 😀

      Sayang banget ini lagu, MV sama film gak nyambung 😀

      Gak semua orang bisa nyamain range vokal seorang MJ, cewek sekalipun 😀

      Kurang iler dijaga biar gak tumpah kemana2 😀

    2. Udah. 😀

      Yg ane liat, malah beritaTwice ngecover lagu ini lebih ngehit daripada berita soal filmnya. 😀

      Iyalah, itu udah jelas. Tapi, kalo ane terlalu serius ngebandingin, jadinya ga bisa nikmatin. Prinsip ngidol dibawa asyik ga bisa jalan. Jadi, nyantai aja, dan ane juga ga punya kompetensi buat mengkritik kualitas suara dan MV mereka. Ane nikmati dan seneng2 aja deh. 😀

      Iler ane bak air pembawa puncak kenikmatan bagi para member Twice. Jadi, ga perlu ane jaga, dan biar member Twice menikmatinya bersama ane. 😀

      1. Enggak juga, rasanya cukup adil. Cast-nya juga kayanya cukup terkenal.

        Tetep aja kalo suaranya ya gitu deh, mana bisa dinikmati 😀

        Habisin dulu jajanan lebarannya 😀

  2. Anakamirikaru says: Reply

    Ada alasan knp mmilih lagu ini buat di-remake? Ya “aneh” aja, buat pasar jepang trus buat ost film jepang tp malah remake lagu jackson 5?!
    Kan lebih masuk akal remake lagu populer Jepang 😀
    * ane aja yg aneh, malah berpikir keras soal ini, efek kbnyakan ngemut kue lebaran ini 😀

    Ntah listening ane yg parah atau emang pronouncenya yg “asing” ditelinga, ane bnyak gak tau mreka nyanyiin lirik apaan 😀
    Listening ane x ya 🙂

    Bagus, gtu aja deh 🙂
    Nunggu review soal comeback bulan juli yg lata bpk srigla dunia bakal bikin mimisan aja deh 😀 😀 😀

    1. Ente kebanyakan ngemut toples 😀
      Dari awal proyek ini kan udah dibilang cuma ngejar duit 😀

      Kuping ente ditutupi tutup toples kali pas ngedengerin ini 😀

      Gitu doang? Apa kata NayTzu? 😀
      Banyak comeback nih, cuma bingung mau nulis yang mana 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Curhat lagi, haduh haduh haduuuh 😀
        Ya justrubitu, ngejar duit kok remake lagu luar, apalgi klo targetnya kalangan muda, dah lah lagu asing terlalu jadul pla 😀

        Iya x ya, kbnyakan makan kue kuping gajah 😀

        Takut klo bnyak komen malah iler yg terlihat mnonjol 😀
        Nay sma Tzuyu ok2 aja, mreka mah nurut aja 😀
        Siap2 balsem lah klo gtu 😀

      2. Nogifes udah paham hitungannya? 😀
        Masa iya sih harus dijelasin? 😀

        Kuenya atau toplesnya? 😀

        Gak pernah gak keliatan 😀
        Nurut ama siapa? 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Apaan tiba2 bhas nogifes.

        Kuenyalah, emng kyk ente, toples nya diemut 😀

        Masak sih 😀
        Sama ane lah, pangeran berkuda putih mereka 😎

      4. Ya, tuh card miria dapet gak? 😀

        Curhat? 😀

        Zaman ya kuda putih? Dasar orang zaman old 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Alhamdulillah dapet, rezeki anak soleh 😀

        :-_!)@__-)!==

        Jadi kuda apa, kuda my little pony? Gak bsa ngimbangi maco nya ane 😀

      6. Kok bisa dapet, kan yang harusnya dapet tuh sampe rank 5K-10K, bingung ane 😀

        Kudanya Yuuka kek 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Tau ah gelap, intinya ane dapet 😀

        Tar Yuukanya ikutan minta ditunggangi 😀

      8. Masih bingung gak? 😀

        Ente demen juga sama kuda? 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Jgn samakan antra diriku dgn dirinyq 😀

      10. Emang sama 😀

      11. Anakamirikaru says:

        TT

  3. Anakamirikaru says: Reply

    Ane ja gk pham smabyg ente tanya 😀

    Klo Yuuka yg jd “kuda” nya, ya demen lah, kyaaaaaaa…!!!!! 😀 😀 😀

    1. Apa2 diilerin, kaya BSN 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Duh, salah reply lagi

Leave a Reply