Moon Series : 46 Years Since Our Last Visit

Did you believe in how far human has explored the universe? Jika ya, silakan lanjut. Jika tidak, silakan tutup. Karena aku sendiri tidak ingin menghabiskan waktu berusaha keras meyakinkan orang-orang yang berpandangan berbeda untuk ikut pada pandanganku.

Kembali ke masa setelah PD II, dan era cold war antara dua negara adidaya; USA & USSR. Keduanya bersaing ketat terutama dalam perkembangan teknologi dan space age yang saat itu berkembang pesat. Di dekade 1950, film-film bertema angkasa luar mengilhami manusia untuk benar-benar mencapainya.

Kesuksesan Apollo Program oleh NASA yang dimulai saat space-age 1960-1970, yang meski dipenuhi kontroversi termasuk teori konspirasi, hoax, dan lain sebagainya -itu hak kalian untuk memilih- berhasil mengantarkan manusia melangkah lebih jauh dari yang pernah terjadi.

credit : telegraph.co.uk

Dimulai dari pendaratan penuh cerita Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di permukaan bulan pada 1969, membuat US memenangkan space race dengan Soviet, menjadi cerita newfoundland paling terkenal, terlepas dari kenyataan atau tidak.

Oh, jika aku ditanyai pertanyaan tentang percaya atau tidak tentang Lunar Landing, aku akan menjawab demikian; I do believe itHanya saja, rekaman video yang terkenal itu, aku tidak sepenuhnya percaya. And believe me, I’ve into astronomy since decades ago, I’ve heard and concluded many.

Well, aku tidak sedang dalam mood untuk membahas konspirasi. Yang ingin kubahas adalah mengungkapkan pandanganku tentang luar angkasa, kali ini untuk Bulan. Seri artikel baru Moon Series ini sebagai contoh, dan jika bisa, aku masih akan menyisipkan tentang ngidol-nya.

Schmitt, Cernan, Evans

11 Desember 1972, misi terakhir ke bulan dilakukan oleh Apollo 17 dengan tiga kru; Eugene Cernan dan Harrison Schmitt menjadi orang terakhir yang menjejak tanah bulan, dan satu pilot; Ronald Evans. Empat hari sejak keberangkatan dari Cape Canaveral.

Masih dengan roket Saturn V, Apollo 17 menjadi satu-satunya peluncuran yang dilakukan di malam hari karena ada penundaan akibat ditemukannya kesalahan di jam-jam terakhir. Kru sampai di orbit bulan pada 10 Desember 1972 dan pendaratan satu hari kemudian di area Taurus-Littrow.

Moonwalk dari modul dilakukan 4 jam setelah pendaratan untuk memasang alat-alat, termasuk Lunar Rover Vehicle dan ALSEP. Di hari pertama dari 72 jam di Bulan, Cernan dan Schmitt menghabiskan waktu 7 jam 12 menit di luar modul.

Di hari kedua, penelitian -dan peledakan- lebih lanjut dilakukan. Peledakan dilakukan untuk pengukuran melalui geophones dan seismometer. Kru berhasil mengumpulkan 34 kg tanah dan batu Bulan untuk dibawa kembali, dan moonwalk kali ini menghabiskan waktu 7 jam 37 menit.

13 Desember 1972, hari terakhir. Kru melakukan 9 kali ujicoba gravimeter dan mengumpulkan 66 kg batu Bulan. Cernan menjadi orang terakhir yang menginjakkan kaki di Bulan karena Schmitt masuk lebih dulu ke dalam modul sebelum pulang ke Bumi.

Misi Apollo secara resmi berakhir lewat Apollo 17, kru meninggalkan plakat di permukaan Bulan, dan kata-kata terakhir;


Kini, 46 tahun sejak pendaratan terakhir manusia di bulan, kita belum pernah menginjakkan kaki lagi di satelit alami. Di tahun ini, usaha untuk kembali kesana sudah dimulai dan pada tahun 2018, SpaceX akan mengirim roket berpenumpang ke bulan sebagai dasar untuk koloni bulan.

46 tahun adalah waktu yang lama untuk sebuah penantian. Bahkan orang-orang dari Apollo Program hampir semuanya sudah tiada, dan sekarang, di 2018, Harrison Schmitt adalah satu dari hanya 5 orang yang masih hidup dari 12 orang yang pernah mendarat di bulan, termasuk orang kedua di Bulan, Buzz Aldrin.

Sejak Apollo 17, dan Cernan sebagai orang terakhir di Bulan, manusia masih stuck untuk kembali kesana. Legacy dari Apollo 17? Memimpin misi terakhir ke satelit kita, dan berhasil dengan sukses.


Membicarakan kepemimpinan dan kesuksesan, ada satu hal yang tidak bisa dilewatkan. Baru-baru ini, leadership di Keyakizaka46 mendapat tambahan baru. Resmi. Hiragana Keyaki akhirnya mendapat captain setelah dua tahun eksistensi. Sasaki Kumi terpilih menjadi captain untuk Hiragana.

Got a Jedi license

Tidak terdengar exciting memang, karena sejak awal memang dia adalah salah satu yang selalu menjadi kandidat terkuat untuk menjadi captain Hiragana. Alasannya? Well, kurasa sudah jelas; dia adalah yang terlihat paling mature dan tidak jaim.

Tidak jaim? Well, kubilang demikian. Jika dilihat, Gummy lebih gila daripada Yuuka yang juga menjaga image sebagai ojou-sama jadi kesannya tidak lepas. Gummy? As far as I see it, she’s quite hilarious. Ya, memang tidak sampai level Reika.

Selain itu, Gummy juga sudah merasakan melakukan Zenkoku Tour disaat Hiragana harus kehilangan Neru, hanya dengan 11 orang dan untungnya berjalan baik. Seperti bisa dilihat di preview dari trailer Zenkoku Tour 2017 yang sudah di-sub oleh WeTried Subbing ini.

Pengumuman Gummy diangkat sebagai captain dilakukan pada 3 Juni lalu lewat SHOWROOM -yeah, dimana lagi Keyaki akan menggunakan media lain- sekaligus pengumuman Keyaki Republic 2018. Nah, ini mungkin bisa menjadi momentum.

Hiragana akan merilis album, dan single baru Kanji belum diumumkan. Bisa jadi mereka menjadi pemeran utama. Well, ini bahasan untuk lain waktu sih. Kembali ke peran baru Gummy sebagai captain.

Diatas aku membahas tentang Apollo 17 dan tiga awaknya; Schmitt, Cernan, dan Evans. Jika diibaratkan, Yuuka adalah Schmitt, orang kedua terakhir yang menginjakkan kaki di Bulan. Perannya sebagai geologist yang meneliti Bulan dengan pergi kesana masih menjadi salah satu acuan penelitian Bulan.

Gummy sebagai Cernan, orang terakhir di Bulan, komandan dari Apollo 17, memiliki kemiripan, setidaknya menurutku, dari segi optimisime. Gummy, kita sudah tahu, sementara Cernan melontarkan kata ini sebelum kembali ke Bumi; – but we believe not too long into the future 

Lalu siapa yang cocok dengan Evans, pilot dalam misi Apollo 17? Siapa lagi kalau bukan seseorang lagi yang menempati posisi leadership, vice-captain Kanji, Aka. Evans tidak mendarat di Bulan, Aka tidak menjadi captain, peran mereka sama-sama sebagai penyokong. Dan ini adalah sosok yang tepat.

Well, terpilihnya Gummy sebagai captain Hiragana memang tidak mengejutkan atau jelek atau bagus. Semua baru dimulai, hanya melihat track record, jelas Gummy adalah pilihan terbaik.

Bagaimana dengan kalian? Punya kandidat captain sendiri atau setuju dengan Gummy?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

24 Replies to “Moon Series : 46 Years Since Our Last Visit”

  1. Gimana yah, berat buka suara kalau tak ada rasa di dada… 😛

    1. Kalo ada Hiyotan baru deh buka suara 😀

  2. Anakamirikaru says: Reply

    Selamat buat Kumi, moga bisa mnjalankan amanah sebaik yg bsa dilakukan 🙂

    Dan knp Hiragana agk ada wakil kaptennya? Apa krn ngurus Hiragana gk seribet Kanji?! *pagi2 dah bikin komen memancing ja nih 🙂

    “Bgimna dgn kalian? Punya kandidat captain sndri?” <- Sbenarnya sih pngennya antra ramen atau Mirei (emot pancingan ikan) 😀

    1. Kalo gak bisa amanah? 😀

      SIapa yang cocok jadi vice capt coba? 😀
      *paling komennya MiKo, ayo coba 😀

      Pancingannya gak mutu ah, udah basi 😀

      1. Anakamirikaru says:

        #2019GantiKapten 😀

        Ambil dari gen-2 pastinya. Yaitu…
        Miiiiiiii………HOOOOOOOOOO!!!! 😀

        Udah basi ya, ya udah sushi aja deh, sushi pujiastuti. Ada mmber yg gak nurut, tenggelamkan! 😀

      2. #pantangmundursebelumPB *loh 😀

        TUh kan 😀

        Ente emang layak ditenggelamkan sih 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Dasar HBD 😀

        Tuh kan apa? Tebakan MiKo entekan salah 😀

        Ditenggelamkan dlm prasaan saling mnyayangi, sushi, oh sushi 😀

      4. Ya masa kalah mulu dari Kanji, seenggaknya harus sama dong 😀

        Itukan entenya aja yang typo 😀

        Laper pak? Percuma puasa 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Ya udah mari berdoa smg sushi similikiti weleh2 dpt PB dluan mwakili hrgna 😀

        Maksa 😀

        Iri ya~?! 😀

      6. Udahlah, punya penyakit typo udah jadi rahasia umum juga 😀

        Iri sama orang mencurigakan? 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Tenggelamkan dlm rasa saling mnyayangi? 😀

        Klo nulis nama bidadari2 ane gk pernah typo 😎

        ngaku ajalah 😀

      8. Miho? 😀

        Sering bukannya? Gembel 😀

        Ngaku deh; amit2 iri sama ente 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Apaan bawa2 miho?

        Emang gk pernah 😎

        🙂

      10. Kenapa ya? 😀

        Gak pernah tapi sering 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Dsini bawa2 Miho, di HO bwa2 foto bini ane, pulang lwat jln mana? 😎

        Boku wa iyadah 😀

      12. Terbang 😀

        Emang iyakok 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Terbang lewat udara mana?

        Jd malu ane dipuji gtu 😀

      14. Lewat jalur Avatar Aang 😀

        Kebanyakan makan toples 😀

  3. Pas misi terakhir Apollo, umur ente berapa min? 😀

    Ane setuju2 aja sama Kumi. Dan kayaknya member udah milih dia dari jaman dahulu kala. Hanya mngmnt aja yg waktu itu sibuk ngurusin Kanji, jadi ga sempet buat resmiin Kumi. 😀

    Kalo wakap, Yuuka, Sari, Konoka, atau Miku. Tapi, kayaknya Hiragana ga butuh itu. Mereka udah menyatu. Kan anak Hiragana ini perwujudan nyata dari moto Keya, Humility, Kindness, Bond. Jadi, satu leader udah cukup. 😀

    Btw, Hiragana bakalan ikutan tradisi Sakamichi pake cara ekstrim buat promosiin album mereka. 😀 Kayaknya ini bakal jadi debat seru, buat pilih sapa yg bakalan coba bungee jump, macam Nogi di Doko dulu. 😀

    1. Baru sekian ratus deh, lupa 😎

      Jadi de facto juga akhirnya 😀

      Kalau misal harus ada, siapa yang paling cocok?

      Info dari mana nih?

    2. Ane belum lahir waktu itu. 😀

      Sudah ada kapten sendiri, artinya udah dicap sebagai grup yang beda. Sekarang tinggal tunggu, apakah mngmnt bakalan buat single buat H atau ga. 😀

      Kan udah ane sebut, Yuuka, Sari, Konoka atau Miku. Mereka yg pas kayaknya. 😀

      Dari sini http://www.tv-tokyo.co.jp/hiraganaoshi/

      1. Boleh gak percaya kan 😀

        Kayanya gak bakal mungkin, timelinenya gimana dong 😀

        Kage hiatus kan?

        Bungee ya? Kira2 dimana tuh? Macau? 😀

  4. Andhika Tanaka says: Reply

    eksplorasi bulan cuma hasil photoshop !1!1!1!1! jk 😀 😀 😀

    kayaknya kanji nanjaknya terlalu cepet dan sekarag kayak terjun bebas 🙁

    gaada tanda2 mau rilis single astaga 🙁 🙁 🙁

    gaterlalu ngikutin hira jadi ya semangat bertugas captain kumi 😀 😀

    1. Ya udah 😀

      Dari segi apa 😀
      Rilis single doang? 😀

      Gak ngikutin Hiragana? Fix emo 😀

Leave a Reply