Velociraptor, the Overrated

Jika membicarakan dinosaurus, apa yang pertama kali terpikirkan? 99% jelas akan menjawab Jurassic Park, kemudian pemeran utama, teror sejak kemunculannya di mega-hit movie ini, Tyrannosaurus Rex. Tapi berapa banyak juga yang ingat akan satu dino yang juga mencuri perhatian di film ini; Velociraptor?

Salah satu dinosaurus paling terkenal di dunia berkat perannya sebagai teror dalam scene dapur yang terkenal di Jurassic Park. V. Mongoliensis yang muncul di film itu sebenarnya adalah jenis lain, Deinonychus yang hidup sekitar 30 juta tahun lebih dulu dari Velociraptor dan dua kali lebih besar.

Meski terkenal lewat Jurassic Park, sebenarnya Velociraptor berasal dari era Cretaceous. Lewat film ini, raptor menjadi scene stealer dengan penggambaran cerdas, mematikan, dan haus darah. Tapi sebenarnya, sama sekali tidak seperti yang digambarkan di film Spielberg.

Jenis karnivora paling kecil, ukuran Velociraptor sebenarnya hanya setinggi 50 cm. Bukan dua meter seperti dalam film. Tapi jangan salah, raptor adalah jenis dino terpintar. Dengan ukuran otak yang besar, kemampuan berburu mereka termasuk canggih; satu ekor akan menjadi pancingan untuk mangsanya agar waspada sementara yang lain akan mengepung dari belakang.

Native dari modern Mongolia, dromaeosaurid atau running lizard ini, seperti sudah kukatakan diatas, ukurannya diperbesar dan menghilangkan karakteristik unik mereka; bulu warna-warni menjadi bersisik hijau a la reptil di film. Panjang dua meter dan tinggi tidak sampai semeter, ukuran mereka hanya setara terrier.

credit : wikipedia

Kemampuan berburu Velociraptor sebagian besar mengandalkan kecepatan yang bisa sampai 64 km/j, bisa menempuh jarak yang jauh, dan kuku tajam sepanjang 9 cm. Jelas, dari karakteristik ini, mereka tidak akan pernah mencoba memburu T-Rex yang bisa mencapai panjang 9 meter meski berapapun jumlahnya.

Velociraptor hilang bersamaan dengan kepunahan massal Cretaceous-Tertiary sekitar 65 juta tahun lalu. Satu miskonsepsi adalah kita belum tahu apa faktor pasti yang membuat dinosaurus punah. Yang kita tahu hanyalah memang ada meteor jatuh di waktu itu, tapi sebab pastinya belum diketahui sampai saat ini.

Seperti kebanyakan dinosaurus lain, anatomi Velociraptor bisa kita lihat dalam bentuk burung modern. Dinosaurus adalah nenek moyang dari sahabat terbang manusia modern.

Peran Velociraptor yang diabadikan meski dengan penggambaran yang tidak akurat, menegaskan posisinya sebagai salah satu bintang bagi setiap anak ingin menjadi paleontologist. Spesies yang menggambarkan bahwa di dunia “memakan” atau “dimakan” pun, ukuran kecil bukan berarti harus menjadi yang terbawah di piramida.


Membahas salah satu dino paling terkenal, maka cocoknya kita juga membahas tentang salah satu kasus tentang salah satu member yang terkenal. Bukan karena adalah member paling tenar atau berbakat, tapi karena kisahnya yang mungkin hanya akan terjadi sekali.

Member satu ini adalah satu-satunya member yang mendapat push dengan level tertinggi di sejarah Nogi. Bukan, bukan You-Know-Who yang sudah seharusnya kita kenang sebagai salah satu member paling berperan. Member satu ini malah lebih lagi, apalagi jalan naiknya ke atas langsung meroket.

Well, mungkin sudah ada yang menebak nama Manatsu. Tapi bukan juga. Karakternya sampai di titik ini memang sama, tapi hasil akhirnya berbeda. Sama seperti raptor, secepat apapun karirnya melesat, jika takdirnya memang kecil, tetap tidak akan bisa melumpuhkan T-Rex.

Yep. Sagara Iori. Kasus push paling intens bagi member Under dan Gen 2, kecuali Miona. Dan berakhir dengan….. begitu saja. Bagi yang sudah mengikuti Nogi di era Inochi, Io adalah member yang digadang menjadi penerus Manatsu. Dia baru saja kembali sebagai full member, dan dengan cepat merasakan senbatsu.

Reaksi fandom? Jika kubilang, cold rage. Seperti sudah sering dikatakan, fandom Nogi relatif lebih resistan pada airdrop push, dan Iori bukan pengecualian. Lebih lagi, dia tidak mendapatkan perhatian yang sepadan untuk ukuran member yang langsung senbatsu mendahului Gen 2 yang lain.

She was hated, of course. Well, mildly. Tidak separah saat Manatsu, karena Io lebih dilihat sebagai next “it” member atas alasan dia memiliki visual yang lebih. Ada yang bilang tidak? Di 2015, kasusnya demikian. Untungnya, Gen 2 lumayan mendapat kesempatan lebih, denyut regenerasi kuat waktu itu.

Jadi, Io mendapat kesempatan cukup banyak lewat gravure, bahkan termasuk yang paling berani. Sayangnya, daripada aku disalahkan dengan alasan “bikin puasa batal” jadi aku memutuskan tidak memberi koleksi gravure Iori secara lengkap.

Setelah Inochi yang tidak bisa dibilang menggembirakan, Io harus turun ke Under dan posisinya digantikan Maichun. Di momen inilah Io seperti mandek sampai akhirnya memutuskan graduate. Padahal, push untuknya tidak berhenti. Di tahun yang sama, dia mendapat acara sendiri, co-host dengan Badboys’ Kiyoto.

Acara yang…. well, aku sendiri lupa seperti apa. Kalau tidak salah hanya bertahan sekitar 10 episode. Di 2016-2018, menyedihkan. She was just being Under, and her HS sales did reflect. Outside job kembali hanya alakadarnya, HS yang parah, aku merasa manajemen terlalu cepat menyerah untuknya.

Hell yeah, melihat seseorang pernah menjadi calon member masa depan berakhir di Under itu menyedihkan. Well, ini Nogi. Kasusnya biasanya “sekali push jalan terus” atau “jangan di-push sekalian”, Io ada di tengah-tengah, dan kasusnya ekstrim. Karirnya sedikit naik lagi berkat MRG.

Happy moment with MRG

Ya, meski hanya sekali, tapi itu cukuplah membuatnya diingat lagi. Sayang, tidak ada kelanjutan MRG sampai akhirnya dia mengumumkan grad. Dan, melihat Io selama ini di Nogi, rasanya memang sudah mentok. She wasn’t born idol. Bagaimana dia naik turun selama di Nogi sudah membuktikannya.

Sisi kuatnya, seperti yang diakui, adalah modelling. Dan itupun dia tidak mendapat kesempatan sebagai official model. Satu hal ini membuatku geregetan. Kita tidak bisa mengharap selalu yang terbaik itu terjadi pada idol. Yah, aku hanya bisa berharap yang terbaik untuk Io.

Dia bisa dibilang member overrated memang, karena semua yang didapatkannya di awal adalah keberuntungan. Tapi, mengingat LLC sendiri selalu punya alasan unik untuk push, dan mayoritas masuk akal, kupikir jelas, Io dianggap layak menyandang status itu di awal.

Io adalah kasus unik, barangkali tidak akan pernah terulang. Live fast, work hard, and die young. Contoh pahit akan betapa push itu adalah kata yang tidak sembarangan di Nogi. Sekali gagal, bisa jadi itu adalah vonis mati.

Io adalah Velociraptor, dalam arti dia punya kelebihan di push, visual, dan mungkin, akan menjadi “nenek moyang bagi burung” di masa depan. Tapi, karena takdirnya memang kecil, dia tidak bisa berbuat banyak.

congraduation, it was for a better tomorrow

Arrivederci, Iori.

All images and used is credited to it’s respective owners

36 Replies to “Velociraptor, the Overrated”

  1. Iya, aku jg melihat Io kyk bgtu,
    walaupun dia UNDER, tp wajah nya hampir gak asing di media. pdahal gak senbatsu loh.
    PUSH nya memang kuat, tp ya tiba” mantek gt aja,

    sangat di sayangkan sih, tp ya memang seperti ini, saat di push bisa maju, tp kalo engga ya bgini..

    Semoga stelah caw dr nogi, dia bsa dpt modelling yang dia inginkan!

    atau seperti ichiki rena yang kabarnya jd announcer di salah satu stasiun tv yg terkenal di jpn..
    🙂

    1. Dibilang gak asing…. ane gak bisa sependapat sih.

      gimana lagi, dia selalu di-push untuk modelling, tapi hasil akhirnya gak pernah sesuai ekspektasi. Sampe dari Bingo juga. Well, meski karir sebagai ex-Nogi itu gak mentereng-mentereng amat, banyak contoh yang bisa dia ambil.

  2. Kasian Io,disaat member2 lain di ibaratkan sama bintang2,ini malah sama velociraptorkeren juga sih,tapi kan hew..

    Semoga karir Io di luar Nogi cerah,,,eh ya,karir Io ni nantinya ke arah mana ya?model,artis atau penyanyi?

    1. Kenapa enggak? Gen 2 yang pernah ane tulis kan hubungannya sama yang aneh-aneh 😀

      Dari blognya sih, dia bilang tertarik sama modelling.

  3. Anakamirikaru says: Reply

    Eeeeeh, diposting tgl 3 juni? Kok gk ada notif ke gmail ane ya? Apa kehapus sma ane atau gmn ini? Tp kyknya gk khapus, hmmm…

    Acra sma kiyoto itu maksudnya acara yg ada kaitannya sma dunia lawak bukan? Soalnya si iori suka duni alawakkan klo gk salah, ane jg cma nyicip 2~3 episode trus ntah knp gk lanjut, kyknya susah nyari linknya x waktu itu.

    Moga sukses deh kedepannya. Dia blang jg masih pngen lnjut berkarir di dunia entertain. Cma blm ada gmbran dia bkal fokus kmn ntar, mdah2an jd model fashion gtu

    1. Hmmm…. jadi siapa pelakunya? MIsteri…. 😀

      Lupa juga, file-nya juga udah gak ada dimana2, kehapus kayanya. Link kalo gak salah dapet dari 48douga waktu itu.

      Rasanya sih banyak yang berharap di fashion, soalnya kalo variety kaya Ikoma gitu, kurang sih dia.

      1. Anakamirikaru says:

        Apa slah satu efek ente kotak-katik template?

        Gk ada yg sub jg, jd males ngelanjutin nhikutin linknya, sma kyk acra lord LTK sma ayane yg agen2 itu, putus ditengah jlan ane 😀

        Tp bisa aja sih klo variety atau acra2 talk gtu, dia ini kyk Kojima haruna jg, cantik2 tp agak2 airhead gtu, bsa jd nilai jual tuh klo dikasih ksmpatan n dikembangkan 😀

      2. Gak ada hubungannya kayanya 😀

        Hazap masih jalan kan. Gak ngehargain Lord ente 😀

        Kojiharu mending, dilepas aja karakter bakanya, lah Iori masih malu2 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Iyakah, trus tuh sailor moon kok ke up lgi di twiter, trus yg 46 bla bla yg di lock, postingan lama itu kan? Atau gmn.

        Kmarin ane ikutin, tiba2 48 douga kyk ngendet, blog lokal gk ada yg up, jd males ngelanjutin lagi 😀

        Hahaha. Atau ntar iori pnya acra jln2 gtu, kan dia suka jln2 sampe pernah jln ke australi sndri. Yah pkoknya jgn belok aja, apa lagi belok tajam yg ada krikil2nya *apaan 😀

      4. Ya enggak gimana2 😀

        48douga masih sering masalah sama server sampe sekarang kan.

        Banyak yang khawatir kalo belok2, padahal kalo belok beneran juga pada bakal rame (minta link) 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Hmm, aneh

        Ya sblum mslah itu emng hazard agak ngendet2 gtu upnya, jd ane tinggalin deh 😀

        Ya klo soal link itu… tergantung lah 😀

      6. Biarkan itu menjadi misteri 😀

        hazard?

        Tergantung apaan dasar HBD 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Se-misteri isi dompet ente 😀

        Hazap maksudnya 😀

        Curigaan aja 😀

      8. Curhat lagi 😀

        Typo belum sembuh juga? 😀

        Oh iya dong pasti, soalnya lawan bicaranya orang mencurigakan 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Dompet itu apa? 😀

        Dah gk bsa sembuh lagi 😀

        TT

      10. Oh lupa ane, ente gak punya ya 😀

        Banyak2 berdoa 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Iya gak punya, cma punya benda berbentuk persegi pnjang, tipis, cra makenya digesek 😀

        😀

      12. Anakamirikaru says:

        Persegi panjang pak.
        Per…se…gi…pan…jang…………….!!!!!

      13. Anakamirikaru says:

        Dasar sales pisau dapur _~”[=-(+_!^!)!_</'~_$ u

      14. Mau ane tusuk? 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Dasar sales pisau dapur 😀

    2. Anakamirikaru says: Reply

      Persegi panjang pak.
      Per…se…gi…pan…jang…..!!!

      1. Anakamirikaru says:

        Eh taktaunya komennya dah muncul diatas, ane cari2 kirain gak masuk komen ane 😀

      2. Anakamirikaru says:

        Tusuk apa? Tusuk sushi? 😀
        Kok jd saling nimpa gini ya komennya 😀
        Ribet seribet hdup ente 😀

      3. Ente yang lempar batu, eh sembunyi tangan 😀

  4. Rada parah itu nasib acaranya Iori. Budget-nya digelapkan producer, dibawa lari pula. Sampai Keisatsu(Polisi) terlibat.

    Momen pushnya juga sebenarnya ngekor sukses push Manatsu yang notabene member gen 1.5 yang diharap bisa diduplikasi Iori yang gen 2.5 (Cek aja sejarah Nogi). Jadi alasan airdrop resisten di fandom sebenarnya salah kaprah. Lebih ke I(diot)ri yang memang ga sesupel Manatsu buat urusan fanservice dan lawakan.

    Yah mau gmana lagi?

    1. Udah lupa sih ane, tapi sampe separah itu? Ane ingetnya cuma distop di tengah.

      Ya…. diantara Manatsu sama Iori kan ada kasus yang beda 😀

      1. EinhanderX says:

        Kasus lama sih, ane maklum kalau sudah banyak yang lupa

        Poin utama sih sama, management Nogi masih mabok airdrop waktu itu. Belum sewaras sekarang.

      2. Lama dan under yang gak populer pula 😀

        Ya…gitu deh 😀

  5. Grad yg bikin skandal Naachan jadi sekedar angin lalu buat ane. 😀

    Ane setuju sih, kalo dibilang Iori ga bisa pake push yg dia dapet. Terlalu introvert mungkin. Ada satu adegan di koujichuu yg masih inget, pas episode member nunjukkin baju dan piyama mereka. Pas ditanya Shitara soal piyama dia, dia ga bisa ngefollow percakapannya. Cuma bilang sou desu ne. Jadi awkward gitu.

    Ada kemungkinan ga dia bakalan ngegarpu, macam Nene? Karena, ane liat Iori punyanya cuma disitu. Akting, nyanyi, lawak, dan komunikasinya ga terlalu bagus. Ga tau juga kalo sampe belok.

    1. Masa sih 😀

      Ya, kalo soal introvert gak introvert, toh ada juga karakter yang sukses pake cara itu, cuma ya emang gak berlaku untuk semua orang 😀

      Ya malah kemungkinannya paling besar disitu, antara gravure & modelling 😀

  6. Udah kasus lama sih, ane maklum kalau sudah banyak yang lupa.

    Poin utama sih sama, manajement Nogi lagi mabok airdrop waktu itu.

  7. Manatsu, Iori, dan Neru punya cerita yg serupa. Sayang justru yg ‘paling punya modal fisik’ yg gagal.

    1. Sayangnya, modal fisik gak berbanding lurus sama modal nonfisik 😀

Leave a Reply